Smart Fashion bagi Solusi Kesehatan: Smarthealth

Perkembangan “smart technology” telah merambah ke berbagai sektor sebagai penunjang kehidupan manusia. Jika kehadiran smartphone yang dimulai dengan kemunculan iPhone telah merubah tatanan dunia ke arah percepatan digital, maka kelahiran smart technology lainnya tinggal menunggu waktu untuk dapat dinikmati oleh umat manusia.

Apakah anda pernah mendengar istilah smart fashion sebelumnya? Ini merupakan terobosan terbaru dalam dunia fashion, yakni fashion yang dipadukan dengan teknologi. Oleh karena itu, terobosan ini dapat memberikan banyak kemudahan bagi kita melalui beberapa manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah untuk kesehatan. Lalu, fashion apakah yang bisa sangat berguna untuk kesehatan kita ketika sudah digabungkan dengan teknologi modern? Berikut adalah beberapa produk smart fashion penunjang kesehatan kita beserta keluarga.

1. Owlet Smart Sock 2

Produk ini merupakan kaos kaki  yang dapat berguna untuk kesehatan buah hati anda. Sebenarnya, Owlet Smart Sock 2 adalah generasi kedua dari Owlet Smart Sock yang memiliki semua fitur dan kegunaan yang akan anda sukai. Alat ini menggunakan teknologi oximetry tekanan yang digunakan di rumah sakit untuk memantau detak jantung buah hati kita guna memastikan tidur dan nafas tidak terganggu. Produk ini memiliki tiga jenis ukuran yang berbeda, dapat diisi ulang menggunakan stasiun dasar dan disinkronisasi dengan iPhone atau Android untuk mengantarkan data secara real-time atau saat itu juga.

via: owletcare.com

Namun, ada pula beberapa fitur tambahan baru untuk smart fashion ini seperti rentang Bluetooth yang telah ditingkatkan hingga 100 kaki guna membantu anda dalam memperluas jarak aktifitas anda dengan bayi anda. Juga sensor yang diletakkan dengan lebih baik lagi, jadi akan ada lebih sedikit pemberitahuan yang keliru karena peningkatan akurasi dan ketepatan informasi.

Alat ini juga bekerja dengan Platform Owlet yang baru yakni “Connected Care Platform” yang mana akan membantu anda untuk mengidentifikasi isu isu kesehatan yang potensial seperti misalnya gangguan tidur, pneumonia, RSV, Bronkitis, gangguan paru paru kronis dan juga masalah jantung. Sudah waktunya informasi keterlibatan teknologi dalam dunia kesehatan melalui peranan para dokter semakin ditingkatkan, sehingga masyarakat (konsumen) dapat terus memiliki data yang update untuk segala sesuatu yang mereka butuhkan sebagai penunjang kesehatan.

2. Neopenda Smart Baby Hat

Sebenarnya ini bukan murni smart fashion, namun sebuah alat yang dapat ditempatkan secara sempurna pada topi bayi yang baru lahir. Apa gunanya? Alat ini dapat membantu untuk mengukur suhu badan, detak jantung, pernafasan dan juga saturasi oksigen di dalam darah. Alat ini dikembangkan oleh Napenda, start-up kesehatan yang berbasis di New York. Produk ini ditemukan oleh Teresa Cauvel dan juga Sona Shah, keduanya merupakan lulusan insinyur biomedis dari Columbia University.

via: neopenda.com

Hampir 24 topi bayi dapat disinkronisasi dengan teknologi wireless dengan menggunakan Bluetooth ke sebuah tablet yang akan dijalankan melalui software. Ide nya sendiri adalah untuk para dokter dan perawat yang mengecek tanda tanda vital dari keseluruhan ruangan rumah sakit dimana mereka akan mendapatkan tanda ataupun peringatan jika terjadi perubahan akan detak jantung maupun suhu badan yang disebabkan oleh kondisi tertentu. Setelah membuat kampanye yang sukses, tim ini sekarang sedang berada di Uganda membawa penelitian lebih lanjut untuk membuat produk smart fashion ini menjadi sebuah kenyataan pada akhirnya.

3. AIO Smart Sleeve

Teknologi Komodo masih terus mengembangkan sebuah cara untuk meluncurkan produk fashion lengan yang akan menggunakan teknologi ECG atau elektrokardiogram untuk memantau aktivitas detak jantung manusia.

via: http://gearnova.com

Selain memberikan data yang akurat mengenai detak jantung, produk smart fashion ini juga membantu memonitor tidur, intensitas latihan dimana alat ini tersedia dalam dua pilihan model yang berbeda. Produk ini juga ditunjang oleh sensor yang ada untuk memonitor suhu badan manusia, kualitas udara termasuk juga sinar UV yang ada.

Itulah keberadaan 3 smart fashion yang berguna untuk dunia kesehatan di masa yang akan datang. Ada beberapa yang sudah bisa ditemukan di pasaran, namun ada juga yang masih dalam bentuk prototype dan persiapan untuk dapat direalisasi. Yang jelas, teknologi ini akan sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi penunjang kesehatan manusia di masa depan.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]
Tentang Penulis
T. Joseph Dotulong  

Consumer Behavior Analist, Character Counselor, Mediator, Community Coach "Tim Solusi Dasyat"

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Smart Fashion bagi Solusi Kesehatan: Smarthealth

TJoseph Dotulong 3 menit
0