5 Tips Sukses Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja

Oleh Joseph Dotulong

Masuk ke dalam dunia kerja menjadi sebuah tantangan yang tidak mudah bagi sebagian besar tenaga kerja yang baru lulus (fresh graduate). Tentu hal ini sangat berbeda saat masih berada di dunia sekolah, seperti misalnya melanjutkan ke pendidikan ke jenjang perkuliahan. Dunia kerja dipenuhi dengan beragam hal-hal baru dan kebanyakan orang pasti akan mengalami tantangan serius saat memasuki dunia kerja tersebut.

Ketika pertama kali memasuki dunia kerja, pasti ada banyak hal yang masuk ke dalam pikiran seseorang. Misalnya saja seperti rekan kerja yang ditemui, bagaimanakah lingkungan kerja yang akan dihadapi dan masih banyak lagi lainnya yang memenuhi pikirannya. Nah, agar sukses dalam memasuki dunia kerja, khususnya bagi para fresh graduate, berikut ini ada beberapa tips dasar yang dapat dilakukan untuk memasukinya dengan baik dan benar.

  1. Mematangkan Skill dan Keterampilan

Banyak perusahaan pasti memiliki kriteria tertentu dalam mencari karyawan dan kebanyakan karyawan yang diterima adalah mereka yang memiliki skill dan keterampilan yang beragam serta matang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempersiapkan diri sendiri dengan baik untuk mencari tahu hal apa sajakah yang perlu ditingkatkan. Skill yang dibutuhkan dan keterampilan penunjang lainnya. Caranya pun beragam, seperti mengambil pendidikan tambahan yang sesuai dengan keahlian tersebut, mengikuti kursus dan lain sebagainya.

Mengikuti pelatihan karyawan yang diselenggarakan oleh perusahaan juga merupakan cara yang tepat untuk dicoba. Bahkan dengan keterbukaan informasi saat ini, Andapun dapat belajar dengan cara otodidak melalui media sosial (youtube) perihal keahlian apa saja yang dibutuhkan guna melancarkan tugas dan tanggung jawab yang dituntut dari anda.

Mempersiapkan diri dengan pola belajar inisiatif dapat menjadi awal kebiasaan yang baik saat memasuki dunia kerja, sebagai salah satu wujud nyata dari rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang akan dipercayakan nantinya.

  1. Mengamati Lingkungan Kerja dengan Baik

Jika masuk ke dalam dunia kerja, pastilah seseorang akan masuk ke dalam lingkungan yang baru. Kebanyakan, lingkungan kerja dipengaruhi oleh senior atau teman kerja yang telah bekerja terlebih dahulu. Teman kerja bukan hanya teman untuk melakukan pekerjaan, namun mereka juga merupakan saingan di tempat kerja. Karena itulah, terkadang ada teman kerja yang memang baik dan mungkin ada beberapa yang kurang baik.

Apabila Anda menemui seseorang yang kurang baik atau tidak senang pada Anda, maka cobalah mengamati lingkungan kerja anda dan cari tahu hal apakah yang membuat orang tersebut mencoba menjatuhkan diri Anda. Dengan cara itu, kita dapat mengantisipasinya secara baik dan dapat bekerja dengan lebih produktif.

Mengamati lingkungan kerja yang baru membutuhkan kesabaran dan kerendahan hati, oleh sebab itu kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan adalah prioritas utama saat bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja di tempat baru. Dan pastikan kehadiran Anda tidak menciptakan beban yang baru atas performa tim kerja yang sudah berjalan dengan baik.

  1. Mempersiapkan Mental dengan Baik

Dunia kerja akan menghadapkan seseorang kepada banyak hal baru, termasuk bertemu dengan tekanan-tekanan yang mungkin dapat menjatuhkan mental. Sebut saja seperti bos yang perfeksionis dan pemarah. Buatlah mental Anda sekuat mungkin, karena jika tidak maka anda akan mudah jatuh ketika mungkin saat sedang dimarahi oleh atasan. Siapkan mental dengan baik dan redam emosi anda ketika hal itu terjadi. Cobalah katakan kepada diri sendiri bahwa dimarahi atasan itu bukan hal yang baru dan setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda, termasuk bos pemarah. Dengan begitu, hal ini tak akan mengganggu anda dan pekerjaan anda.

Ketahuilah bahwa mentalitas yang tangguh dibutuhkan dalam segala hal, tidak hanya dibutuhkan dalam dunia wirausaha saja, mentalitas yang tangguh sangat dibutuhkan termasuk dalam dunia kerja. Karyawan dengan mentalitas pengusaha adalah mereka yang dibutuhkan oleh semua perusahaan. Kesadaran akan tugas dan tanggung jawabnya dapat memperkuat rasa memiliki atas perusahaan di mana mereka bekerja.

Memiliki mentalitas layaknya seorang pengusaha akan membuat Anda menjadi salah satu asset perusahaan yang berharga dan dipertahankan bahkan akan diperhitungkan di kemudian hari untuk diangkat menjadi bagian dalam manajemen perusahaan. Ketahuilah bahwa kesuksesan Anda dimulai dari PERUBAHAN KARAKTER anda sendiri, karena perubahan karakter Anda adalah lengkah paling awal dari kesuksesan di masa mendatang.

  1. Mencintai Pekerjaan

Untuk menghindari tekanan dan stres akibat pekerjaan, maka berusahalah dan belajar untuk mencintai pekerjaan yang Anda miliki sekarang. Belajar mencintai pekerjaan memang bukan hal yang mudah, terutama jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minat anda. Namun, belajarlah untuk tetap mencintainya dan cukup nikmati saja. Tanamkan dalam diri anda bahwa semua hal yang Anda jalani dan kerjakan dengan penuh tanggung jawab merupakan suatu pembentukan dan persiapan untuk anda lebih maksimal lagi di pekerjaan yang Anda cintai (impikan) pada akhirnya.

Memahami dan menyadari bahwa pekerjaan Anda dapat menjadi “batu loncatan” ke tempat yang lebih baik lagi karena telah didukung oleh kesiapan Anda melewati semua prosesnya. Pada akhirnya di saat waktunya tiba, maka pekerjaan yang paling sesuai dengan minat anda akan lebih mudah dikerjakan dengan penuh rasa cinta dan tanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut.

  1. Belajar Berkomunikasi Secara Aktif

Salah satu kunci sukses di dalam dunia kerja adalah mau untuk terus belajar, khususnya dalam berkomunikasi. Caranya, jangan menjadi orang yang pasif. Sebaliknya, jadilah orang yang aktif bertanya kepada rekan kerja yang lain yang lebih dulu bekerja di sana ataupun pimpinan jika Anda mengalami suatu kebingungan.

Kesadaran pentingnya “Konfirmasi” dan “Koordinasi” saat bekerja menjadi hal prioritas agar Anda dapat melewati masa awal Anda bekerja yang biasa dikenal dengan istilah “probation period” (masa percobaan).

Kelima hal yang dibagikan di atas semoga menjadi saran serta arahan yang baik untuk memulai  karir Anda ke depan nantinya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]
Tentang Penulis
T. Joseph Dotulong  

Consumer Behavior Analist, Character Counselor, Mediator, Community Coach "Tim Solusi Dasyat"

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

5 Tips Sukses Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja

TJoseph Dotulong 3 menit
0