Penagihan DanaRupiah ke Daftar Kontak Mencemaskan dan Melanggar Privasi

Berawal dari ketika saya meminjam dana talangan di DanaRupiah untuk biaya kemotherapy ibu saya, sebesar Rp. 1.800.000,- 5 hari telat bayar pihak DC menagih dengan ancaman akan memberitahukan ke kantor dan orang-orang yang ada di data kontak saya bahwa saya berhutang. Dan DC juga bilang akan datang ke rumah.

Sudah saya tanggapi baik-baik bahwa hutang akan saya lunasi, saya cuma butuh waktu untuk mencari uang untuk membayar. Dan sudah saya tanggapi jika ingin bersilaturahmi ke rumah juga boleh, supaya bisa melihat sendiri kondisi kami.

Siang ini pukul 12.30 DC yg mengaku bernama Jackson menelepon salah satu teman saya dan menyuruh teman saya untuk menagih hutang ke saya. Dia juga mengatakan bahwa saya harus membayar siang ini juga pukul 15.00.Dia juga mengintimidasi teman saya dengan bilang bahwa saya menjaminkan KTP dan KK teman saya ke DanaRupiah, padahal saya tidak pernah meminta data KTP dan KK teman saya. Saya juga tidak pernah memberikan nomor telepon teman saya ini.

Yang jadi pertanyaan adalah darimana mereka mendapatkan data KTP dan KK teman saya ini? Dan lagi mereka juga mengatakan kalau saya tidak bisa membayar pukul 15.00 WIB hari ini, akan menyebarkan ke orang-orang lain yang ada di kontak saya.

DanaRupiah menagih hutang dengan cara yang tidak baik, melakukan pencemaran nama baik, mengancam saya dan teman dan keluarga saya, mendistribusikan dan mengakses data kontak saya, mengakses data KTP dan KK teman saya (yg sama sekali tidak ada hubungan dengan hutang piutang saya).

Mohon bantuan pihak-pihak terkait tentang permasalahan saya ini. Saya juga takut masalah ini berimbas pada pekerjaan saya yang bisa malah memperburuk kondisi keuangan saya apabila saya sampai dipecat.

Putri Saraswati
0895619741***
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Penagihan DanaRupiah:
[Total:37    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan DanaRupiah atas Surat Ibu Gendhuk Putri

Menanggapi keluhan Ibu Gendhuk Putri di Redaksi Media Konsumen tanggal 21 Juli 2018 dengan judul “Penagihan DanaRupiah ke Daftar Kontak...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Penagihan DanaRupiah ke Daftar Kontak Mencemaskan dan Melanggar Privasi

  • 22 Juli 2018 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Sama mbak, saya juga baru saja diteror oleh penagih dari dana rupiah. Dan sepertinya sudah banyak juga yang mengeluh tentang cara penagihan yang dana rupiah yang meresahkan, dari pihak dana rupiah pun tidak ada tanggapannya sama sekali. Mari kita laporkan sama-sama.

  • 22 Juli 2018 - (10:22 WIB)
    Permalink

    setahu saya dana rupiah lagi proses ke OJK, lebih baik simpan bukti dia mengancam lewat wa atau sms, tenang aja mba hutang pihutang masuknya ranah perdata, tetapi justru pihak mereka yang bisa masuk pidana dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan Pasal 368 ayat (1) KUHP dan Pasal 29 UU ITE tahun 2008 : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang berisi ancaman kekerasaan atau menakut-nakuti yang dutujukkan secara pribadi (Cyber Stalking). Ancaman pidana pasal 45 (3) Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).
    Jadi enjoy aja mba lebih baik bayar saja pokoknya kalau belum bisa bayar bunga karena setahu saya FINTECH menerapkan bunga tinggi perharinya, apalagi kalau kita sudah pernah membayar pinjamanan masuknya Wanprestasi

    • 23 Juli 2018 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Klo cm bayar pokok ny saja.. Trus bunga ny kan akan trus brtambah.. Itu gmn tuh ka.. Sya pny pinjaman d 5 aplikasi smpe skg blom sya bayar..karena bunga ny nyekek bgt

  • 30 Juli 2018 - (12:03 WIB)
    Permalink

    saya berulang kali mengajukan pinjaman di DanaRupiah, namun aplikasi tidak bisa diproses karena sedang ada pembaharuan system…tiba-tiba sudah beberapa hari ini saya mendapatkan reminder bahkan dibilang hari ini saya sudah jatuh tempo, sedangkan dana tidak pernah saya terima…bagaimana ini ???

  • 8 Agustus 2018 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Sy jg sdh d ancam dan d kta2 i kasar oleh phak dana rupiah,stlh sy email cs nya g ada repon

  • 8 Agustus 2018 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga sudah diancam. Padahal saya sudah bilang kalau saya akan melakukan pelunasan tanggal 27 Agustus 2018 berikut dendanya.

    Tapi pihak dana rupiah malah mengancam kalau dalam 3 hari tidak dilunasi, maka tagihan akan diberikan ke pihak ketiga dan pihak ketiga berhak menghubungi semua contact yang ada di hp saya.

  • 8 Agustus 2018 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Sama saya penagihan yg kasar. Padahal sudah saya jawab behwa sy masih pengajuan koprasi, tetapi tetap aja kata2 kasar dan harus keluar dari penagih.

  • 8 Agustus 2018 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga bukan hanya di dana rupiah tp banyak aplikasih pinjaman lainnya pinjam di aplikasi ini buat bayar pinjaman di aplikasi lain sampai akhirnya numpuk pinjaman saya di banyak aplikasi pinjaman online..

  • 15 Agustus 2018 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Untuk yang bermasalah dengan Dana Rupiah, silakan kirimkan keluhan kalian beserta bukti2 ke email OJK : konsumen@ojk.go.id.
    Danrup sudah terdaftar di OJK, jika banyak keluhan, mereka bisa dikenakan teguran seperti Rupiah Plus.

  • 28 Januari 2019 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga diancam bahwa data saya akan d sebar ke relasi, kerabat, saudara, dan mereka juga menggunakan kata2 yang kasar waktu menelpon, tdk hanya d dana rupiah saja msh ada aplikasi yg lain yg malah sdh menyebarkan data2 saya, pdhl saya sll merespon wa yg mereka kirimkan, kalo tlp mmg saya jarang utk mengangkat, krn saya pekerja lapangan dan bekerja naik motor, jadi klo ada tlp masuk kadang2 mmg tdk dengar, mereka maunya klo kirim pesan atau tlp hrs lgsng di respon, klo harus ya g bisa, krn kita kan tdk sll mantengin ho qt, qt ada kegiatan atau kerjaan lainnya.

  • 12 Mei 2019 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga mempunyai keluhan yang sama di DANA RUPIAH, ..bedanya dg kalian adalah saya telah melakukan pembayaran dana rupiah di BRIVA melalui i-banking BRI. Namun pembayaran yg pertama itu gagal otomatis saya lakukan pembayaran kedua berhasil. Setelah itu saya cek saldo, saldo saya berkurang banyak kemudian saya cek mutasi rekening, dimutasi rekening terdapat keterangan bahwa pembayaran 2 kali telah masuk ke dana rupiah. Setelah tau itu saya hubungi CS DANA RUPIAH saya menjelaskan kronologisnya ke CS setelah itu CS berkata disittem nya hanya masuk 1kali pembayaran lalu saya tidak percaya dong karena saya ada bukti kemudian CS mengarahkan kirim email dan bukti setelah saya kirim email beserta buktinya CS dana rupiah tidak merespon dan di tlfn jg tidak merespon..itu bagaimana yah karena saya berharap uang saya kembali untuk bayar kuliah mohon bantuannya dari pihak-pihak yg mengetahui

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan DanaRupiah?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Penagihan DanaRupiah ke Daftar Kontak Mencemaskan dan Melanggar Privas…

oleh Gendhuk putri dibaca dalam: 1 menit
16