Apa yang Dapat Dilakukan Bila Menghadapi Orang Pingsan?

Oleh dr. Fathul Djannah, Sp.PA.

Pingsan adalah keadaan dimana seseorang tidak sadarkan diri, tidak mengenal tempat maupun waktu. Lamanya pun bermacam-macam. Penyebabnya juga sangat bervariatif yang menyebabkan asupan oksigen pada otak menurun sehingga terjadilah pingsan. Sebagai orang awam terkadang kita dihadapkan orang yang tiba tiba pingsan dan kita tidak tahu apa yang dilakukan untuk menolong menyadarkannya segera. Mitos atau kebiasaan yang dilakukan terkadang malah akan membahayakan orang pingsan.

Beberapa Cara Menolong Orang Pingsan

Adapun beberapa cara menolong orang pingsan adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum menolong orang pingsan, pastikan anda tidak sendiri, panggillah orang yang ada di sekitar.
  2. Segera survei daerah sekitar area orang pingsan dengan cepat ketika anda melihat seseorang yang sudah tergeletak pingsan,. Bisa jadi mereka pingsan akibat gigitan beracun, panas yang berlebihan, atau hal-hal yang membahayakan seperti listrik yang terbuka.
  3. Setelah disurvei cepat, pindahkan orang pingsan tersebut pada tempat yang aman.
  4. Miringkan kepala, keluarkan yang ada di mulut seperti muntahan karena bisa mengganggu jalan nafas.

  1. Pastikan tidak ada yang menghalangi jalan nafas seperti tersedak bakso atau makanan lainnya.
  2. Jangan menggerakkan kepala bila pingsan karena terjatuh dari tempat tinggi atau tabrakan atau jika mengetahui ada tulang patah atau cedera pada bagian leher dan kepala karena hal ini bisa menyebabkan cedera lebih serius.
  3. Cek nafas dan nadi di pergelangan tangan atau leher. Jika nafas mulai hilang dan melemah maka segera menelpon bantuan.
  4. Cek respon korban sangat penting untuk melihat apakah korban bisa merespon anda atau benar-benar pingsan, coba panggil nama atau ajukan beberapa pertanyaan. Anda juga bisa menepuk pundak atau pipinya nya beberapa kali.
  5. Berikan percikan air atau bau yang menyengat seperti bawang atau alkohol atau minyak kayu putih adalah salah satu cara yang manjur yang sering digunakan untuk membangunkan seseorang yang pingsan.
  6. Jangan bergerombol sangat penting untuk untuk memberikan udara segar pada orang yang pingsan. Untuk itu jangan mengerumuni orang pingsan dan bergerombol di sekitarnya.
  7. Mengangkat kakinya lebih tinggi dari kepala: Apabila Anda tahu bahwa sang korban pingsan tidak mengalami cedera sama sekali maka anda boleh mengangkat kakinya supaya aliran darah lebih lancar mengalir ke otak dan jantung, hal ini berkemungkinan lebih cepat membuat korban sadar.

  1. Jangan memberikan bantal atau penyangga dengan dalih koban akan merasa lebih nyaman namun sebaliknya hal ini salah satu yang tidak disarankan sama sekali, biarkan kepala korban diletakkan di permukaan yang rata tanpa alas apapun karena aliran darah bakal mengalir ke otak secara lancar.
  2. Mengipasi korban, berikan udara yang lebih yang banyak dengan mengipasinya.
  3. Jangan biarkan korban bangun dengan cepat, saran kepada korban untuk berbaring lebih lama ini dapat membantu aliran darah mengalir ke otak lebih lama.
  4. Topang tubuh mereka: Pingsan adalah tahap akhir dari seseorang seseorang yang kehilangan kesadaran, sebelum orang tersebut benar-benar kehilangan kesadaran diri secara total. Kita sebaiknya menopang agar penderita yang akan pingsan tidak langsung jatuh ke tanah.
  5. Berikan minuman manis ketika korban sudah sadar , terutama pada penderita diabetes yang mengalami hipoglikemia atau rendahnya gula darah.
  6. Di luar negeri, sudah terdapat alat DC Shock di area area publik untuk membantu orang orang yang serangan jantung atau aritmia. Di Indonesia di beberapa tempat seperti bandara alat itu sudah tersedia, namun gunakan hanya oleh yang sudah paham cara penggunaannya.

Beberapa Gejala Sebelum Pingsan

Adapun beberapa gejala yang bisa kita lihat bila ada orang yang akan pingsan adalah:

  1. Wajah terlihat pucat.
  2. Mengeluarkan keringat dingin.
  3. Sakit kepala.
  4. Mual dan ingin muntah.
  5. Pandangan mata mulai gelap.
  6. Detak jantung yang lebih cepat.
  7. Sempoyongan atau keseimbanga badan yang tidak stabil.

Beberapa Penyebab Orang Mengalami Pingsan

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan pingsan adalah sebagai berikut:

  1. Stres berat dan gelisah yang berlebihan karena memiliki pikiran yang berat tentang hubungan pribadi, pekerjaan atau adanya emosi yang tidak stabil.
  2. Kaget atau shock.
  3. Kecelakaan.
  4. Berdiri dalam waktu yang cukup lama.
  5. Efek samping penggunaan beberapa jenis obat.
  6. Mengidap diabetes mellitus yang menyebabkan kadar gula tinggi (hiperglikemia) atau kadar gula yang rendah (hipoglikemia).
  7. Stroke.
  8. Gangguan saraf.
  9. Anemia.
  10. Epilepsi atau ayan.
  11. Serangan jantung.
Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]
Tentang Penulis
Fathul Djannah  

dr. Fathul Djannah, Sp.PA. Alumni FK Universitas Hang Tuah Surabaya dan PPDS Patologi Anatomi Universitas Airlangga Surabaya. - Dosen FK Universitas Mataram, NTB sejak 2003. - Kepala Divisi Laboratorium Patologi Anatomi RSUP NTB sejak 2010. - Peserta Program Doktor (S3) Ilmu Kedokteran FK Universitas Hasanuddin, 2018

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Apa yang Dapat Dilakukan Bila Menghadapi Orang Pingsan?

Fathul Djannah 3 menit
0