Aftersales Kulkas AQUA Japan Mengecewakan

Tanggal 15 Februari saya beli produk Aqua Japan berupa kulkas inverter dua pintu tipe AQR D275R. Di hari itu juga kulkas di antar si penjual ke rumah saya. Sampai rumah saya coba dan kulkas pun hidup. Karena rumah saya belum beres ada tukang yang sedang kerja dan masih acak-acakan juga, maka hari itu juga saya bungkus plastik lagi dan masukan dus lagi kulkasnya.

Akhir Februari rumah saya sudah 90% beres, maka saya buka lagi dus dan plastiknya, saya pasang kulkasnya. Nah malamnya mulai ada keluhan dari si kulkas, kipas di freezer-nya berisik sekali. Saya komplain ke si penjual dan saya kirim bukti video kalau kulkasnya berisik. Si penjual bilang itu karena baut kipasnya kendor! Alhamdulillah, selang berapa hari suara kipas hilang sendiri. Mungkin karena membeku jadi tidak kendor, tapi entahlah.

Nah awal bulan Maret entah tanggal berapa saya lupa, saya dikagetkan dengan tangisan anak saya. Anak saya sedang buka kulkas mau ambil cemilan dia kenapa nangis. Karena anak saya tidak bisa saya tanya karena baru 1,2 tahun. Saya cek kenapa bisa nangis, ternyata setelah saya pegang body kulkasnya ternyata NYETRUM! Sekeliling bodynya nyetrum, hanya body depan yang tidak, mungkin karena dari keramik yang tidak menyalurkan listrik. Untuk ukuran saya yang sudah dewasa saja setrumannya bikin saya kaget, karena lumayan besar setrumnya.

Tanggal 5 saya telepon no telepon yang tertera di body kulkas, saya telepon CS Aqua Japan mengeluhkan soal kulkas yang menyetrum. Si CS bilang kalau produk-produk mereka tidak ada yang menyetrum. Lah terus kenapa ini bisa nyetrum tanya saya?! Si CS bilang nanti akan ada mekanik yang datang ke rumah saya 1-3 hari kerja untuk mengecek.

Saya tunggu sampai 3 hari tidak ada yang datang, satu minggu saya tunggu tidak ada yang datang juga. 1 minggu lebih dari tanggal 5 saya telpon lagi CS-nya dengan sedikit ngegas. Setelah saya telpon lagi baru deh 2 minggu dari tanggal 5 pas saya telpon si mekanik datang. Datang ke rumah, dia cek kulkasnya pakai tangan dan obeng listrik ternyata memang MENYETRUM!!! Berikut kurang lebih percakapan saya dengan si mekanik:

M: Ini kulkasnya dipasang di sini pak?
S: Iya pak di sini.
M: Pak punya paku besar dan kabel?
S: untuk apa pak?
M: Ini kan kulkasnya nyetrum pak, listriknya mesti disalurkan pak!
S: maksudnya gimana pak, saya masih kurang faham.
M: Iya ini pak, nanti kabel dipasang ke kulkasnya, kabel dililitkan ke paku, terus pakunya ditancapkan ke tanah!
S: Lah maksudnya mesti ditancapkan ke tanah itu mesti bobok lantai granit saya?
M: (Sambil senyum). Iya pak. Atau pasang ke tembok pak pakunya!
S: (KAGET) Wah kalau gitu mah saya gak mau pak, apa-apaan masa kulkas baru di kaya gituin pak? Dan itu merusak lantai saya dong, kalau saya mau pindahkan kulkasnya jadi susah dan ribet, masa mesti bobok lantai saya lagi. Ini kan kulkas baru pak, bukan kulkas lama, dan saya beli juga lumayan mahal 3 juta lebih belum ongkos kirimnya juga. Masa after salesnya kayak gini doang?!
M: (mekanik diam)
S: Tidak di bisa di servis aja pak biar gak ada keluhan gini?
M: Mesin sih ga ada masalah pak.
S: Lah terus ini kenapa bisa nyetrum gini pak? Kalau mesti pasang ini itu di kulkas baru saya, saya tidak mau, kalau bisa saya mau tukar unit baru saja yang tidak bermasalah, lagian ini kulkas belum satu bulan juga.
M: Oh iya pak, nanti saya sampaikan dulu ke pusat, paling bapak mesti nunggu lama.
S: Ya kalau bisa jangan lama-lama juga pak, kan kulkasnya mau saya pake.
M: Iya pak saya usahakan. (Mekanik pamit)

Setelah menunggu berhari-hari tanpa kepastian, saya telpon berkali-kali lagi CS Aqua-nya, untuk menanyakan kelanjutan keluhan saya. Yang bikin jengkel jawaban si CS itu seenaknya saja. Si CS bilang, ya kalau mekaniknya bilang mesti gitu ya mesti gitu pak. Pakai menyalahkan instalasi listrik di rumah saya. Si*lan masa penyelesaiannya kaya gitu, kaya bukan kulkas baru dong, ini kulkas baru! Dan instalasi listrik di rumah saya normal normal saja, karena di rumah itu kulkas ada dua, dan yang satu merk Panasonic tak ada keluhan meski sudah berumur lama, tidak seperti merk Aqua Japan ini baru tapi banyak keluhannya. Aftersalesnya juga SANGAT MENGECEWAKAN! saya sampai telpon Head Officenya segala karena jawaban CS-nya tidak memuaskan. Head Office bilang akan menindaklanjuti keluhan saya.

Setelah telepon Head Office, berapa hari kemudian ada WA masuk entah dari siapa, bilangnya dari kantor cabangnya. Bilang akan ke rumah saya hari minggu 24 Maret , tapi sampai hari ini saya menulis di hari Kamis tanggal 28 Maret tidak ada orang itu datang ke rumah saya.

Saya minta tukar unit saja agar tidak ribet, eh si Aqua malah nolak mulu. Apa seperti ini pelayanan Aqua Japan????! MENGECEWAKAN!!! Menyesal saya beli produk Aqua Japan!

Rendi Setiadi
0878284831**
Subang – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Aftersales Kulkas AQUA Japan Mengecewakan

  • 6 September 2020 - (18:05 WIB)
    Permalink

    mampir kesini karena ada masalah yang sama.. freezer bunyi berisik, dan dari kemarin beberapa item tidak membeku, mungkin karena kepenuhan, sudah dikurangin pun masih sama tidak membeku juga.. untuk bunyi dan freezer tidak dingin ini solusinya gimana ya.. sy pemakaian sekitar 1 thn.

    • 6 September 2020 - (18:33 WIB)
      Permalink

      mau info untuk temen2, punya saya alhamdulillah sudah bisa normal kembali, jadi saya lap bagian lubang2 yang untuk kipas, saya lap karet2 pintunya juga.. agak kaget tiba2 kulkas mati, karena sy td lupa ga sy cabut dulu stop kontaknya.. setelah itu sy cabut stop kontaknya, lanjut lap2 lagi, pas sy colokin, kulkas sy sudah kembali normal..

      mungkin bagi yang mengalami hal serupa, bisa ikuti cara saya ya..
      semoga ga terulang lagi deh, sayang2 kalau harus beli kulkas lagi padahal baru di pake..

  • 3 Oktober 2020 - (10:46 WIB)
    Permalink

    betul banget ternyta PRODUK AQUA JAPAN UNTUK KULKAS sangat tidak rekomendasi,
    saya membeli kulkas AQR-D275R pada tanggal 27 April 2020, 2 bulan pertama berjalan lancar semua dingin tidak ada kendala, baru di bulan ketiga muncul masalah suara kipas frezer sangat berisik dan di bulan ke empat kulkas tidak dingin. saya putuskan untuk menelpn customer servis, kata CS coba di cabut dari listrik selama 4 jam lalu setelah 4 jam di colakkan lagi. kata CSnya itu hanya masalah sirkulasi udara. ok masalah selesai kulkas dingin lagi.

    pada tanggal 27 Sept 2020 kulkas kembli tidak dingin, saya berinisiatif untuk melakukan cabut llinstrik selama 4 jam, setelah itu saya colokkan tetapi setelah di tunggu kulkas tidak dingin, akhirnya saya putuskan untuk memanggil teknisi dari AQUA JAPAN tetapi saya sangat kaget karena estimasi dari kedatangan adalah 1-3 hari. 1 hari saya tunggu tidak datang, di hari kedua saya tlpn CS lagi untuk segera laporan saya diteruskan karena di kulkas ada macam-macam makananya yang akan bau jika kulkas tidak dingin. akhirnya kamis tanggal 01 Oktober 2020 baru teknisi datng, kulkas di utak-atik, katanya mesti beli STABILIZER dan katanya kulkas sudah beres tunggu aj nanti dingin, kalau kulkas tidak dingin hubungi saya lagi aj (Kata teknisi) tapi di tunggu sampai hari jumat kulkas tak kunjung dingin, dan alat diminta sudah saya beli kan, dihari jumat saya hubungi teknisi tidak di angkat-angkat. akhirnya saya memutuskan untuk menelpon CSnya kembali untuk meminta teknisi kembali di hari jumat, samapai jumat malam tidak ada teknisi yang datang, sampai hari ini sabtu tanggal 3 Oktober 2020 saya tlpn kembli CSnya tetapi jawabanya sungguh membuat saya kaget katanya hari senin baru bisa datng karena sabtu minggu libur, saya sangat – sangat kecewa karean kedatangan teknisi itu sangat lama.

    mudah-mudahan pesen ini membantu jika orang-orang yang ingin membeli produk AQUA harus mikir-mikir lagi

    • 29 Oktober 2020 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Saya pakai aqr-d260 udah 3 tahun ga ada masalah. Tapi udah seminggu ini tiba-tiba aja freezernya ga bisa beku dan es batu di dalamnya justru mencair semua, padahal suhunya masih dingin kaya biasanya. Dua kali coba matiin dan kosongin kulkas semaleman, bisa normal tapi cuma sehari abis itu kambuh lagi. Padahal udah niat mau nelpon cs nya, kayanya mending ga usahlah bisa-bisa bikin emosi daripada dapet solusi.

  • 16 Desember 2020 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Saya baru beli juga kulkas AQUA dengan tipe yang sama AQR-D275R.
    saya beli hari Senin 14 Desember 2020,baru 2hari pemakaian udah ada keluhan dengan kulkasnya.suara kipas nya mulai bising padahal belinya mahal.
    Kalau soal body nyentrum belum ada sich.
    Saya merasa menyesal membelinya setelah membaca keluhan bapak?
    Mudah²an kulkas saya baik² saja,soalnya uang 3jt lebih itu sangat besar bagi saya.
    Kalau muncul keluhan lainnya dengan kulkas saya,mudah²an pihak AQUA bisa memberi solusi terbaik.
    Karena saya beli kulkas ini memenuhi keinginan anak saya pengen punya kulkas.

    • 5 Januari 2021 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, sy kburu baca ini. Untung ditunda, ternyata skenario Allah…utk mempertimbangkan..

    • 29 Maret 2022 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Menyesal dan merasa tertipu saya dengan branding Japan nya, padahal produk cina, Tv saya LG, Dvd saya LG, kipas saya miyako, mejikom saya miyako, Dispenser saya miyako, semua alhamdulillah belum ada masalah, Cuman ini Kulkas AQUA tergiur karna Ukurannya yang besar eh rupanya baru +- 7 bulanan pakai sudah netes netes air dari atas kebawah dan tidak dingin. Komplen malah disuruh ini disuruh itu, Saya tidak rekomen kan produk ini. Emang mengecewakan.

  • 28 Maret 2021 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Hanya tinggal satu kali klik untuk bayar… mendadak ingin lihat review produknya.. alhasil sampailah disini. Terimakasih atas peringatannya (auto batal beli). Himbauan kepada produsen produk.. selama ini semua brand kenamaan hanya bisa bertahan karena after sales service. Era 4.0 bukan hanya membuat produk mudah dipasarkan.. tapi juga mudah ditinggalkan konsumen.

  • 14 April 2021 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru beli Kulkas AQUA dgn tipe AQR 190 DS tgl 9 April 2021 setelah 4 hari pemakaian, kulkas di bagian bawahnya kurang dingin dan bagian atas(freezer) sangat lama untuk membekukan daging dan es batu. Untuk buat es batu saja harus membutuh waktu 3 hari baru benar-benar beku sungguh sangat disayangkan. Dan akhirnya saya kembali lagi ke toko dan mencurahkan keluhan saya, cece yang jual menyarankan ganti unit dengan merk yang sama, tapi saya maunya diganti unit dengan merk lain saja, untung saja cece mau menukar dan menggantinya dengan merk lain, meskipun harus tukar tambah yang penting hati tenang. Kita kan beli barang elektronik bukan untuk pemakaian 1 atau 2 tahun namun mengharapkan barang tersebut bisa bertahan (mungkin) hingga belasan tahun seperti kulkas Sharp atau LG yang bisa tahan banting dalam waktu yang cuku lama. Dengan adanya keluhan seperti ini saya berharap dan tentunya semua pihak yang telah membeli dan mempercayakan uang mereka kepada Aqua, semoga pihak Aqua bisa meningkatkan kualitas nya.

    • 30 Juni 2021 - (20:40 WIB)
      Permalink

      Wahhh….bener nih, sampe Juni 2021 pun sy beli baru dan barang tidak recomended, BARU loh ya BARU !
      aqua 2 pintu AQR D251, Awal banget aku gunakan tuh Freezer dingin, tapi kulkas bawahnya gak dingin…Nah, gini ternyata Aqua?
      Kalopun kualitas buruk, semoga deh pelayanan aftersalesnya dibagusin, jgn buruk2 amat donk Aqua. Konsumen jd mayoritas kecewa nih.
      Lokasi sy Jogja, beli di toko elektronik terbesar di daerah wirobrajan, juni 2021

  • 18 April 2021 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas informasi informasi dari bapak bapak dan ibu ibu disini.

    Ini hari tgl 18 April 2021 saya sudah siap akan membeli Aqua type D191.

    Syukurlah saya sempat membaca disini. Saya batal beli merk Aqua.

    Terimakasih bapak2 dan ibu2. Terimakasih Media Konsumen.

  • 6 Maret 2022 - (08:11 WIB)
    Permalink

    saya bekerja sebagai service kulkas di sukabumi, memang benar kulkas AQua tipe ini sering banyak keluhan, mulai dari freezer tidak dingin, suara kipas berisik, dan mesin mati yang mengakibatkan kulkas jadi tidak dingin, saya akan membagikan inpormasi tips agar kulkas tidak mudah rusak,
    1.hindari mencabut dan memasang steker listerik dalam waktu singkat, biasakan setelah mencabut steker kulkas beri jarak 3metik jika mau memasang kembali steker ac ke terminal listerik.
    2.jika suara kipas mulai terdengar berisik, coba periksa saluran pembuangan air yang ada di belakang di atas mesin, jika tempat air nya kering itu artinya saluran pembuangan air mampet, solusi cabut dulu steker ac dari terminal listeriknya diamkan selama 3jam, jika setelah 3jam pembuangan tempat air masih tetap kering, coba bersihkan saluran pembuangan airnya sampai airnya menetes normal
    3. hindari penggabungan steker kulkas bersama dalam satu terminal dengan mesin cuci dan pompa air, karena mesin cuci dan pompa air ketika Star mengakibatkan tegangan listerik tidak setabil beberapa detik
    semoga info ini bisa bermanpaat dan membantu sedikit solusi
    Untuk wilayah sukabumi, jawa Barat, jika ada permasalahan kulkas 2pintu saya bisa bantu, anda bisa cari di goole map, SERVICE KULKAS SUKABUMI, (merbabu ac)

  • 1 Juni 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Memang persis banget yg saya alami,,,kulkas aqua memang kulkas sampah..sangat menyesal beli kulkas aqua..dinding nyetrum,,sering mati,,susah nyala,,benar2 kulkas SAMPAH..buat yg belum beli ,,,jangan sampai tertipu beli kiulkas AQUA ******…

  • 8 Desember 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    haduuuuuhhhh kejadian saya juga terkendala kulkas aqua, BARUUUUU, side by side lagi, kan kalo rusak mahal ya buuun ini rugi nya, mana gabisa ganti baru,
    freezer saya gabisa beku, dan chiller ga gitu dingin, pemakaian bentar banget beli bulan Mei, tapi baru dipake bulan Juli karena mau ditaruh di rumah baru. eh sebulan pemakaian freezer ga beku, uda lapor dan diperbaiki trus bertahan sebulan aja trus rusak lagi. lapor lagi diperbaiki bertahan 1-2 hari doang, trus rusak lagi. heran ini kulkas baru looh, di rumah ada 2 kulkas yg satu kecil, dan yg kecil uda lama banget dan ga pernah rusak! heran ini kulkas aqua produk gagal apa gimana siihhhh, mana minta ganti kompresor aja dari awal ga diganti2 sama teknisinya, gila gila mubazir duit dibeliin kulkas aqua

 Apa Komentar Anda mengenai Lemari Es AQUA Japan?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Aftersales Kulkas AQUA Japan Mengecewakan

oleh Rendi Setiadi dibaca dalam: 3 menit
61