Surat Pembaca

Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Dana di Shopee Dipersulit

Saya membeli barang di Shopee pada tanggal 23 Mei 2019 dengan no. pesanan 19052311149CQ45. Sebelum membeli barang saya sudah chat penjual perihal barang tersebut ready atau tidak dan dijawab ready oleh penjual. Saya percaya saja karena penjual termasuk star seller berarti barang akan dikirim. Tetapi, pada tanggal 27 Mei 2019 penjual chat saya bahwa stok barang kosong dan hari itu juga saya cancel pesanan saya. Tetapi pihak penjual tiba-tiba no response dan tidak membalas chat saya padahal sedang aktif dan juga tidak merespon pengajuan pembatalan pesanan saya.

Akhirnya saya menunggu saja, karena dalam sistem Shopee apabila penjual belum mengirimkan barang tersebut dan tidak ada respon dalam 3×24 jam maka akan dibatalkan oleh sistem Shopee. Tetapi hingga tanggal 30 Mei 2019 pengajuan pembatalan pesanan saya belum diproses juga.

Seharusnya bila melihat ke dalam sistem Shopee, pesanan saya akan dibatalkan otomatis bila barang belum dikirimkan juga hingga tanggal 29 Mei 2019. Tetapi memang sistem Shopee yang berantakan dan tidak sesuai dengan ketentuannya sendiri sehingga pesanan saya masih terpending tidak jelas dan sepertinya Shopee lebih berpihak kepada penjual dibandingkan dengan pembeli. Investigasinya juga tidak transparan seperti di Tokopedia, yang ketika ada masalah akan ada chat terbuka antara penjual, pembeli dan pihak Tokopedia. Jadi masalah cepat selesai dan tidak dipersulit seperti di Shopee.

Akhirnya saya melakukan pengaduan (komplain) ke pihak Shopee via email pada tanggal 30 Mei 2019, karena status pembatalan pesanan barang masih tidak ada kemajuan. Tapi lagi-lagi disuruh menunggu entah sampai kapan. Padahal sudah jelas sekali di sini pihak penjual yang tidak bertanggung jawab karena barang tidak dikirim (stok kosong) hingga tanggal maksimal pengiriman barang (29 Mei 2019), penjual tidak ada niat baik dengan membalas chat saya padahal sedang aktif. Penjual juga tidak kooperatif dan mengkonfirmasi pembatalan pesanan saya padahal jelas-jelas stok barang kosong dan barang tidak dikirim.

Saya sebagai pembeli benar-benar dirugikan oleh pihak Shopee, sudah barang tidak dikirim, chat tidak direspon oleh penjual, pembatalan pesanan prosesnya lama dan berbelit-belit. Pelayanan Shopee benar-benar mengecewakan dan lebih mendukung penjual yang sudah jelas tidak bertanggungjawab.

Tolong segera proses pembatalan pesanan saya agar dana saya dapat segera saya tarik dari Shopee.

Sofyan Fauzi
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga NO. PESANAN. 2006063JX25Y50 dipesan tgl 06-06-2020 jam 13:16 Sejam kemudian saya ajukan Pembatalan karna saya salah NOMOR sepatu saya pesen 37 padahal niat 39 saya chat TOKO @pavillionshoes , NO RESPON dongg padahal ini toko online mulu, terus saya baca keterangan di shope bakal otomatis batal, ya saya santai aja untung ada shopee heheh, eh ternyata hari ini BARANG DIKIRIM, saya bingung saya uda ajukan kok dikirim sih dan pihak toko gada konfirmasi sama sekali, saya langsung spam chat ke TOKO eh, alasannya "KAMI TIDAK MENERIMA PEMBATALAN APAPUN ALASANYA" ya ampun, merasa emang dipaksa utk beli, saya coba chat shope, dan seperti yang temen-temen bilang gak ada guna nya juga, jawaban berbelit belit dan pesanan saya NO.2006064D0WNMJS dan NO. PESANAN. 20060641ER4KQU di Toko yg sama udah saya batalkan HARI INI 07/06/2020 pihak toko tak menerima pembatalan juga dan chat shpoee katanya akan dibatalkan, kita lihat aja shope benar batalin atau enggak ini atau besok malah barang dikirim !

    • Saya juga sama...order udah seminggu...status masih dikemas dan sepertinya saya atau anda tidak akan dapat barang dan pengembalian dana pun tipis harapan meski sudah banyak usaha...pesenan ku no resi tak terdeteksi oleh JNE...

  • malam mb, saya memesan barang (tanaman hias) dan sudah melakukan pembayaran sebesar 250 rb, namun sampai batas yang ditentukan tidak datang, kemudian saya melakukan konfirmasi pembatalan, dan di setujui penjual lalu uang saya dikembalikan melalui shopee pay, pengembalian terjadi tanggal17, namun ternyata tanpa sepengetahuan saya barang itu tetap didatangkan oleh ekspedisi tgl 19, ada jeda 2 hari dari pembatalan, sementara saya tdk tahu barang itu datang,..bagaimana menurut shopee tentang permasalahan ini

  • Yah shopee mmg lama dlm menanggapi.. dan ada beberapa seller yg seenaknya sj .. klo sy belanja d shopee toko blackmode57 no pesanan210223P2VCQ8B2 sy pesan 10 masker isi 50 pcs yg dtg cm 1 pcs mana sellernya lain bahasan d forum diskusi dan lain lagi d chat.. dn smpe saat ini tim shopee blm menanggapi permohonan pengembalian dana sy.. seller menolak permohonan dana sy dn tnpa konformasi tnpa perstujuan lngsng kirim kekurangannya tp sy blm tau barang yg d kirim seller sdh sesuai jumlahnya barang nya atau bgmna soalnya tiba2 d blg sdh terlanjur d kirim.. jd pengen nanya itu forum diskusi untk apa klo qt cm diskusi sepihak.. dn dari awal sy cm mau dana sy d kembalikan tp d chat seller suruh sy trf dana untk barang yg sy terima (itupun nd sesuai pesanan sy) seller blg klo sy trf bru seller mau lepaskan dana sy.. tp krn sy nd stuju sellernya semena mena pokoknya jgn belanja d blackmode57 dan shopee ntahlah smpe saat ini blm ada tanggapan mana d email jg jawabnya gt2 aja..

  • Daya harus bagaimana uang saya sampai detik ini belum dikembalikan sebesar rp. 4.200.000. Email tidak ada respon, cs jawabannya selalu menunggu2 dan menunggu. Shopeepay saya sudah aktif, jadi apa alasan shopee belum mengembalikan dana saya???? Tolong jawab shopee saya kecewa berat!!!

Penulis
Sofyan Fauzi