Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Dana di Shopee Dipersulit

Saya membeli barang di Shopee pada tanggal 23 Mei 2019 dengan no. pesanan 19052311149CQ45. Sebelum membeli barang saya sudah chat penjual perihal barang tersebut ready atau tidak dan dijawab ready oleh penjual. Saya percaya saja karena penjual termasuk star seller berarti barang akan dikirim. Tetapi, pada tanggal 27 Mei 2019 penjual chat saya bahwa stok barang kosong dan hari itu juga saya cancel pesanan saya. Tetapi pihak penjual tiba-tiba no response dan tidak membalas chat saya padahal sedang aktif dan juga tidak merespon pengajuan pembatalan pesanan saya.

Akhirnya saya menunggu saja, karena dalam sistem Shopee apabila penjual belum mengirimkan barang tersebut dan tidak ada respon dalam 3×24 jam maka akan dibatalkan oleh sistem Shopee. Tetapi hingga tanggal 30 Mei 2019 pengajuan pembatalan pesanan saya belum diproses juga.

Seharusnya bila melihat ke dalam sistem Shopee, pesanan saya akan dibatalkan otomatis bila barang belum dikirimkan juga hingga tanggal 29 Mei 2019. Tetapi memang sistem Shopee yang berantakan dan tidak sesuai dengan ketentuannya sendiri sehingga pesanan saya masih terpending tidak jelas dan sepertinya Shopee lebih berpihak kepada penjual dibandingkan dengan pembeli. Investigasinya juga tidak transparan seperti di Tokopedia, yang ketika ada masalah akan ada chat terbuka antara penjual, pembeli dan pihak Tokopedia. Jadi masalah cepat selesai dan tidak dipersulit seperti di Shopee.

Akhirnya saya melakukan pengaduan (komplain) ke pihak Shopee via email pada tanggal 30 Mei 2019, karena status pembatalan pesanan barang masih tidak ada kemajuan. Tapi lagi-lagi disuruh menunggu entah sampai kapan. Padahal sudah jelas sekali di sini pihak penjual yang tidak bertanggung jawab karena barang tidak dikirim (stok kosong) hingga tanggal maksimal pengiriman barang (29 Mei 2019), penjual tidak ada niat baik dengan membalas chat saya padahal sedang aktif. Penjual juga tidak kooperatif dan mengkonfirmasi pembatalan pesanan saya padahal jelas-jelas stok barang kosong dan barang tidak dikirim.

Saya sebagai pembeli benar-benar dirugikan oleh pihak Shopee, sudah barang tidak dikirim, chat tidak direspon oleh penjual, pembatalan pesanan prosesnya lama dan berbelit-belit. Pelayanan Shopee benar-benar mengecewakan dan lebih mendukung penjual yang sudah jelas tidak bertanggungjawab.

Tolong segera proses pembatalan pesanan saya agar dana saya dapat segera saya tarik dari Shopee.

Sofyan Fauzi
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Dana di Shopee Dipersulit

    • 1 Juni 2019 - (14:49 WIB)
      Ketika saya menulis ini status pesanan saya masih dikemas ya dan baru hari ini dibatalkan, itu pun setelah komplain berkali-kali. Prosesnya sangat lama, ribet dan berbelit-belit. Padahal saya sudah membatalkan pesanan dari tgl 27 Mei 2019, saya sudah jelaskan alasannya, saya sudah lampirkan bukti chat dengan penjual yang mengatakan bahwa stok kosong, tapi penjual tidak mau membatalkan pesanan tsb. Harusnya dari pihak shopee bisa dengan cepat memprosesnya atau maksimal 3 hari kerja, tapi nyatanya sampai tanggal 30 Mei 2019 status pembatalan saya tetap tidak berubah. Baru deh setelah saya komplain berkali-kali dan menulis ini baru diproses. Pelayanan shopee benar-benar mengecewakan dan lelet, sangat mendukung penjual yang jelas-jelas tidak bertanggung jawab

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Dana di Shopee Dipersulit

Sofyan Fauzi 1 menit
3