Pemalsuan Data Pribadi untuk Pembuatan Kartu Kredit BANK MNC

Tanggal 17 Juli 2019 saya mengajukan KPR, pihak sales meminta data-data seperti KTP dan NPWP untuk melihat BI Check terlebih dahulu. Tanggal 18 Juli 2019 saya diinfokan oleh sales KPR bahwa Collect 5 Bank MNC. Saya sama sekali tidak ada CC dari Bank manapun.

Tanggal 19 Juli 2019 saya datang ke KCP Wisma Bumiputera di Jl. Jendral Sudirman Kav. 75 Jakarta Selatan. CS Bank tidak bisa bantu perihal case saya. Saya dibantu dihubungkan ke Call Centre Bank MNC dan Pihak Call Centre Bank meminta Data-Data seperti (KTP, KK, NPWP, AKTE, SURAT DOMISILI, SURAT KETERANGAN & SURAT PERNYATAAN *Saya tidak punya CC dari bank manapun). Semua dokumen yang dibutuhkan saya sudah kirim melalui email pada tanggal 19 Juli 2019.

Tanggal 25 Juli 2019 saya langsung ke OJK dan saya diberikan IDEB (Informasi Debitur). Saya kaget, satu nama sesuai data KTP saya (nama dan alamat), dan satu nama tidak sesuai (alamat, tempat bekerja dan ibu kandung). Bagaimana sistem kerja Bank MNC dalam proses pembuatan CC s.d. verifikasinya?? Kok bisa lolos ya?? Dan ini bisa merugikan orang lain.

Berikut nomor laporan saya 2019071810430. Sampai sekarang tanggal 05 Agustus 2019 belum ada update/kabar baik dari Bank MNC. Saya meminta secepatnya ditindaklanjuti dan diberi sanksi tegas terhadap pelaku yang menggunakan atas nama saya. Dan secepatnya diputihkan dan hapuskan segala bentuk CC atas nama saya juga. Terima kasih.

Muhammad Nurdin
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit MNC Bank:
Tanggapan MNC Bank untuk Bapak Muhammad Nurdin

Mohon maaf atas kejadian yang terjadi pada Bapak Muhammad Nurdin terkait adanya kasus pemalsuan identitas tersebut (dengan nomor pengaduan 2019071810430)....
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Pemalsuan Data Pribadi untuk Pembuatan Kartu Kredit BANK MNC

  • 6 Agustus 2019 - (07:54 WIB)
    Lha padahal kartu kredit itu harusnya prudent dalam hal verifikasi data. Kok bank bisa kecolongan fatal seperti ini? 😱
    • 6 Agustus 2019 - (10:17 WIB)
      Cukup banyak lah kejadiannya, secara masing-masing bank juga agak berbeda tingkat ke-ketat-annya. Bisa jadi ini kerjasama antara sales & oknum analis (saling memberi keuntungan). Atau bisa jadi juga yang pake KK tersebut oknum sales nya.
      Apalagi IMO MNC masih tergolong bank yang “perlu pertambahan pertumbuhan nasabah KK.”

      Beberapa bulan lalu kan juga sempat viral di medsos soal seseorang yang identitasnya dicatut di BEBERAPA KK dari beberapa bank.
      Di sini mah nothing is impossible.

      Fyi, saya ada KK dari bank lain (yang jauh lebih besar nama maupun market-nya) di mana yang nelpon untuk verifikasi data adalah orang yang jaga booth yang nawarin saya untuk apply KK tersebut. Memang bisa jadi bahwa pas kebetulan orang tersebut adalah level manager atau apa lah (jadi bukan sekedar sales biasa), tapi tetap saja bikin saya heran waktu terima telepon tersebut.

      • 6 Agustus 2019 - (11:33 WIB)
        Sebenarnya tidak hanya Bank MNC, Bank Citi juga ada nama saya disalah gunakan. IDEB dari OJK ada saya liat Nomor CC ada 5 menggunakan atas nama saya. Saya pengenya bisa lebih cepat Bank nanggapi hal ini dan pelaku bisa diberi sanksi tegas biar ada efek jera buat pelaku.
        • 6 Agustus 2019 - (11:42 WIB)
          Ada 5? Wah, nah ini mirip dengan kasus viral yang saya sebut di atas. Berarti hampir bisa dipastikan ada sindikat pencuri identitas + pengeksekusi approval KK.

          Btw, “masih untung” pencurinya pake alamat lain, jadi paling tidak tidak ada DC yang mengejar-ngejar. Mungkin mereka masih belum sampai pada level di mana bisa memakai alamat penagihan milik pemilik identitas curian, namun KK bisa dikirimkan ke alamat lain. Amit2 kalau sampe begitu…
          Ya memang masuk blacklist BI, tapi yah ada hikmahnya lah walau mungkin hanya secuil.

      • 6 Agustus 2019 - (21:09 WIB)
        Padahal bank adalah industri yg regulasi dan pengawasannya ketat oleh Bank Indonesia dan OJK, masih bisa kejadian kek gini. Gak heran kalo fintech2 yg skrg makin menjamur, dalam pelayanan dan pelaksanaannya amburadul…hehe.
  • 7 Agustus 2019 - (18:01 WIB)
    Mohon maaf atas kejadian seperti ini, kami akan menindaklanjuti terkait Pengaduan tersebut segera mungkin dan akan memberikan penjelasan resmi, terima kasih atas informasi keluhan Anda.
    • 29 Agustus 2019 - (11:00 WIB)
      Kepada Yth. BANK MNC

      Saat ini tanggal 29 Agustus 2019, kami belum dapat update kabar baik nya. Secepat nya dapat ditindak lanjuti. Mohon diperhatikan case ini. Terima kasih

  • 3 September 2019 - (07:19 WIB)
    Sangat MIRIS ya
    Begitu LEMAHnya REGULASI dalam hal ini terkait Perlindungan Data Pribadi.
    #urgentUUPerlindunganDataPribadi

    Yang kita bisa lakukan hanya menjaga DATA PRIBADI kitla semaksimal mungkin, walau itu tidak menjamin kita bisa terhindar dari kejahatan penggunaan DATA PRIBADI oleh oknum2 tersebut.

    Ya itu juga terjadi pada diri saya.
    DATA PRIBADI dipakai beberapa oknum untuk transaksi di 6 prsh dengan total 32 milyar..

    Transaksinya sih lancar jaya..
    Tapi setelah itu masalah perpajakan mendera dan meluluh lantahkan kehidupan saya..
    Kasus sudah berjalan 2th.

    Entahlah harus bagaimana lagi..

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit MNC Bank?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pemalsuan Data Pribadi untuk Pembuatan Kartu Kredit BANK MNC

oleh Moh Ndien dibaca dalam: 1 min
8