Aplikasi Kredit Pintar Error Saat Pembayaran, Pembayaran Shopintar Dialihkan Sepihak

Saya adalah pengguna dari aplikasi Kredit Pintar dan Shopintar. Sebelumnya saya tidak mengetahui aplikasi ini memiliki kerjasama.

Saya memiliki tagihan di Kredit Pintar sejumlah Rp1.395.300 melalui VA BCA yang sesuai dalam aplikasi Kredit Pintar sudah saya bayarkan di tanggal 25 Juli 2019, jatuh tempo pada tanggal 27 Juli 2019. Saat jatuh tempo, aplikasi tidak bisa dibuka dan selalu terhenti saat loading screen.

Pada tanggal 28 Juli 2019 ada tim penangih. Saya berbicara via Whatsapp menjelaskan bahwa aplikasi error dan tidak bisa dibuka sejak kemarin. Namun tim penagih menyebarkan info tagihan saya ke kontak saya dengan alasan sebagai reminder. Apakah seperti ini SOP penagihan aplikasi yang sudah terdaftar di OJK? Dan karena dalam akun KREDIT PINTAR saya masih terdapat tagihan yang saya sudah bayarkan, lalu pada 26 Juli 2019 saya langsung melaporkan hal tersebut ke AFPI, OJK serta CS Kredit Pintar.

Email balasan saya dapat pada tanggal 27 juli 2019 dimana tagihan saya dan akan diproses dan meminta saya menunggu karena sedang pengecekan sistem. Hingga bulan Agustus tetap saja masih dalam proses dan tim penagih meminta saya membayar tagihan berikut denda keterlambatan yang sudah membengkak, yang mana bukan kesalahan saya, karena saya sudah membayarkan 2 hari sebelum jatuh tempo.

Akibat pembayaran sebelumnya untuk Kredit Pintar melalui VA BCA bermasalah dan belum terselesaikan (di SHOPINTAR saya juga ada tagihan), kembali saya memutuskan membayarkan SHOPINTAR saya melalui Alfamart pada tanggal 25 Agustus 2019. Saya membayar tagihan SHOPINTAR yang jatuh temponya tanggal 01 September 2019 sejumlah Rp1.239.000. Namun ternyata dalam akun masih tertagih sampai saat ini.

Karena Kredit Pintarnya belum terselesaikan dalam sistem dan tidak ada lagi konfirmasi dari CS sebelumnya, maka saat konfirmasi pihak CS menjelaskan untuk pembayaran hanya menerima pembayaran tanggal 25 Agustus 2019 yang berjumlah Rp1.239.000. Dan itu masuknya bukan pembayaran akun SHOPINTAR melainkan akun KREDIT PINTAR, sehingga saya diharuskan membayarkan bunga dan SHOPINTAR-nya kembali. Lalu ke mana pembayaran saya sebelumnya yang saya bayarkan di tanggal 25 Juli 2019 dengan jumlah Rp1.395.300? Saya konfirmasi melalui Halo BCA itu berhasil terkirim ke akun Kredit Pintar. Saya pun masih menyimpan recording Halo BCA VA tersebut berhasil sebagai bukti kuat saya. Namun CS Kredit Pintar menjelaskan yang masuk hanya di tanggal 25 Agustus 2019 dengan jumlah Rp1.239.000.

Luuuuuuuuar biasa sekali jebakan yang diberikan oleh 2 aplikasi ini. Aplikasi error saat pembayaran, menunggu proses pengecekan yang berlarut-larut, pemaksaan pembayaran denda keterlambatan serta pengalihan dana dari aplikasi berbeda. Bagaimana caranya 2 aplikasi berbeda hanya mempunyai 1 akun pembayaran? Saya harap konsumen yang menggunakan aplikasi ini tidak mengalami kejadian yang saya alami.

Berikut juga saya lampirkan screenshoot bukti pembayaran yang katanya tidak masuk dengan jumlah Rp1.395.300 dan jika pihak OJK membaca surat konsumen ini memerlukan bukti lengkap tentang bukti pembayaran akun KREDITPINTAR dan SHOPINTAR, bahkan sampai rekaman Halo BCA yang menyatakan berhasil pembayaran tersebut ke akun Kredit Pintar saya, bukti pembayaran akun keduanya lengkap.

Rika Estiyana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredit Pintar:
[Total:22    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Rika Estiyana

Kepada Yth. Ibu Rika Estiyana, Menanggapi surat Ibu Rika di www.mediakonsumen.com pada tanggal 28 Agustus 2019 berjudul “Aplikasi Kredit Pintar Error...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Aplikasi Kredit Pintar Error Saat Pembayaran, Pembayaran Shopintar Dialihkan Sepihak

  • 28 Agustus 2019 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kasus yang sama,saya sudah membayar shopintar tapi masih muncul tagihan,sudah lapor sana sini tapi masih pengerjaan,kemarin saya ke kantor shopintar juga sama hasilnya nihil. Yang saya takutkan seperti mbaknya,saya juga ada tagihan kredit pintar awal sept yang akan saya lunasi nantinya. Tapi jika masalah shopintar sebelumnya belum selesai,saya tebak pembayaran saya yang niatnya untuk kredit pintar akan teralihkan ke shopintar dan semakin kacau. Jika masalah sini sudah selesai saya sama sekali tidak mau menggunakan lagi dua aplikasi ini.

  • 28 Agustus 2019 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Saya jg sudah melaporkan masalah ini kepihak OJK karena saya sudah TLP berkali kali ke pihak KREDITPINTAR dan email kepihak KREDITPINTAR berkali kali serta melampirkan lampiran secara klw KREDIT PINTAR Jatuh tmpo ditgl 27-7-019 dan SHOPINTAR jatuh tempo ditanggal 1-9-2019sudah saya jelaskan lengkap bahwa tgl 25-7-2019 saya sudah lunaskan pembayaran akun kredit pintar tersebut tetapi pihak kredit pintar hanya menyatakan pembayaran hanya diterima yg ditgl 25-8-2019 dan ada keterlambatn sebulan untu pembayaran KREDITPINTAR ..lohhh ..lohhh lohhh .. ditanggal 25-7-2019 jelas jelas saya bayarkan untuk kredit pintar dan ditanggal 25-8-2019 saya lunaskan untuk SHOPINTAR .. dan skrng saya disuruh bayar kembali tagihan denda keterlambatan KREDITPINTAR dan pinjaman SHOPINTAR .pemerasan ini namanya Krn saya sudah melakukan pembayaran ke2 akun tersebut sebelum jatuh tempo .mending simpan aja bukti bukti pembayaran dan printout mutasi koran transaksi klw memakai tf nya dr perbankan Krn saya memakai tf BCA dan sudah saya printout mutasi koran nya itu berhasil diterima di pihak kredit pintar dan yg melainkan pembayaran melalui Alfa simpan dgn baik Krn sebagai bukti

  • 22 April 2020 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Kepada
    Ibu Rika Estiyana,

    Terima kasih telah menggunakan Shopintar.

    Terkait dengan surat yang Ibu Rika tulis pada https://www.mediakonsumen.com pada 28 Agustus 2019 Dapat kami informasikan untuk pembayaran tersebut masuk ke tagihan berjalan Kredit Pintar Ibu Rika. Kredit Pintar merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan beberapa platform lainnya, salah satunya adalah Shopintar, dimana semua pendanaan Shopintar berasal dari Kredit Pintar. Apabila Ibu Rika memiliki tagihan yang berjalan pada aplikasi Kredit pintar pihak tersebut berhak mengalokasikan pembayaran tagihan sesuai dengan ketentuan dan berdasarkan jumlah tagihan yang dimiliki oleh pihak nasabah dalam jatuh tempo. Pastikan selalu melakukan pengecekan tagihan pada masing- masing aplikasi.

    Semoga informasi yang kami sampaikan bisa membantu Ibu Rika.
    Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Rika untuk senantiasa tetap menggunakan produk Shopintar. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan kembali dengan senanghati kami siap membantu Ibu Rika, silakan menghubungi Shopintar melalui:
    Email: cs@shopintar.app
    Twitter: @shopintar
    Facebook: @shopintar
    Instagram: @shopintar
    Hotline: (021) 5025-1717

    Hormat kami,

    Customer Service Shopintar Indonesia

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Aplikasi Kredit Pintar Error Saat Pembayaran, Pembayaran Shopintar Dia…

oleh Estiyana dibaca dalam: 2 min
4