Surat Pembaca

Pengiriman Fiktif Shopee Express

Selamat Malam,

Saya Ismail Rizky Harlin. Bila ada pihak yang meragukan kredibilitas saya, silahkan google nama saya.

Saya melakukan pembelian di Unilever melalui Shopee dengan no order: 19082721152MRQY dengan menggunakan kurir ShopeeExpress SAME-DAY service pada Selasa, 27 Agustus 2019 malam hari. Saya memilih Shopee atas rekomendasi istri saya. Sebagai pengguna setia marketplace “sebelah” dengan total transaksi yang tinggi, saya awalnya cukup ragu dengan Shopee karena nuansa situs web yang kurang terlihat serius.

–30 Agustus 2019–
Setelah menunggu lebih dari 2 hari, barang yang seharusnya sampai pada Rabu 28 Agustus 2019, masih belum sampai hingga Jumat 30 Agustus 2019. Saya melakukan komplain dengan menghubungi pihak Shopee melalui telepon CS Shopee di 1500702. CS mengatakan bahwa ia akan memprioritaskan paket saya dan mengusahakan agar paket saya sampai pada hari tesrsebut.

Pada saat malam hari, pihak Shopee Express menghubungi saya dan menanyakan apakah saya bisa menerima paket pada tengah malam. Karena saya tinggal di sebuah apartemen, maka saya mengatakan bahwa akan selalu bisa terima karena ada security yang berjaga 24/7. Pihak Shopee Express berbuat seolah-olah dia akan mengantar barangnya.

–31 Agustus 2019–
Sabtu dini hari saya bertanya kepada security apakah ada paket saya sampai, nyatanya tidak ada. Terus terang saya sudah merasa tertipu. Karena SAMEDAY memiliki arti harfiah “hari yang sama”. Maka jasa SAMEDAY tidak boleh dan akan melanggar apabila waktu pengiriman melebihi 1×24 jam.

–2 September 2019–
Hari ini saya melakukan komplain lagi kepada pihak Shopee pada siang hari dan malam hari. Pihak Shopee memutarbalikan fakta terkait SAMEDAY, ia mengatakan bahwa SAMEDAY juga memiliki leadtime/waktu tunggu dan sebagainya.

Saya hanya mendapatkan permohonan maaf, dan pihak Shopee tidak bersedia melakukan refund segera. Pihak Shopee mengatakan bahwa ia tidak mendapat informasi yang jelas dari Shopee Express dan bahwa seakan-akan Shopee dan Shopee Express adalah entitas terpisah.

Untuk prosedur refund, Shopee mengatakan harus menunggu konfirmasi seller, menunggu 3×24 jam dan sebagainya TANPA bisa memberikan status/kejelasaan keberadaan barang saya.

Hingga saat ini, status barang saya tidak jelas, pengiriman dilakukan oleh kurir yang tidak memiliki nomor telepon (CEK GAMBAR).

Statusnya seakan fiktif. Atau memang benar benar fiktif. Dan pihak Shopee sungguh enggan untuk memberikan keterangan apalagi aksi konkrit sebagai bentuk tanggungjawab.

Saya akan meneruskan laporan ini ke media lain, bahkan ke jalur yang lebih serius, mungkin saya akan mencoba melayangkan surat SOMASI agar penyedia layanan tidak lagi bertindak sewenang-wenang terhadap pelanggan. Karena ini JELAS merupakan PENIPUAN yang dilakukan oleh perusahaan besar terhadap konsumen kecil, dalam bentuk pengiriman palsu dan penahanan uang tanpa tanggung jawab yang jelas.

Terima kasih pembaca dan MediaKonsumen!

Regards.

Harlin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Pesanan Saya Dengan No 200704FNBQE3W8 Pembelian HP Xiaomi , saya lakukan tanggal 04 July 2020 ... Per jam 01 pagi barang sudah diterima di Hub Cimanggis ... Sampai sekarang belum ada update kembali di tracking sistemnya shopee express standart ... Tlg dong pihak shopee memberi kejelasan mengenai hal ini karena ini Handphone barang yang bernilai saya mohon bantuannya untuk segera ditanggapi ya , urgent
      Tlg tim support delivery shopee langsung dpt menghubungi saya hari Senin tanggal 06 July 2020

      Makasih

  • Saya juga belum menerima barang sekitar kurang lebih 5 hari dengannomor resi ID203104545492
    Katanya barang sudah terkirim jam 10 malam.. Padahal saya dirumah. Aneh banget.

  • Shopee express sangat mengecewakan, pesanan saya dengan nomor ID206864403293D telah dari tanggal 25 Mei 2020 pesan tapi hari ini dibilang paket telah sampai dan saya cek bahkan sampe tanya tetangga tidak ada titipan paket.
    Saya belum terima pesanan saya kenapa dikatakan sudah diterima ?
    Saya sampai telepon ke seller nya langsung dan dikatakan sudah dikirim tapi kenyataan tidak saya terima.
    Jika saya memang terima tidak mungkin saya katakan tidak terima
    Saya sudah member gold jadi sudah jelas banyak pesanan saya
    Tolong untuk diproses dan tindak lanjut nya.
    Apabila barang memang belum sampai dan tidak ada segera urus retur uang nya.
    Terima Kasih

  • Pihak shopee tolong segera diselesaikan masalah dengan nomor berikut ID206864403293D

  • Pesanan saya sudah saya terima, setelah kita kontak bagian CS, dan mereka langsung layani dengan baik dan barang saya juga sudah sampai dengan baik... Semoga pesanan kalian juga begitu...

  • No order : 200602QF0VT37P
    No resi : ID20313763580G.

    Barang saya sudah seminggu lebih tidak ada kejelasan. saya membeli buku di shopee dan menggunakan layanan Shopee Express Standard. 14 juni tertulis orderan saya sudah sampai, kenyataannya barangnya tidak ada. saya coba cek di SPX Tracking Website. Informasi paket tertulis Delivered dan sudah diterima atas nama saya. sementara dibagian atas masih dalam kondisi PROSES SORTIR. tertulis [Daan Mogot DC] Paket dalam perjalanan ke []
    tidak tertulis area tujuannya kemana. bukankah ini namanya orderan fiktif? tidak diketahui area tujuan kemana tau status 14 Jun 2020 10:16:13 Paket anda telah terkirim [Yuni Eka Sulastri R] [ Yang Bersangkutan]
    nama kurirnya yang mengantar saja tidak ada. saya coba menghubungi call center shopee, nomernya tidak bisa dihubungi. Mohon Shopee bisa tindak lanjuti

  • Nama saya fitriana dan saya juga mau melakukan complain tentang pengiriman barang saya yang tidak kunjung di kirim oleh pihak shopee. nomor resi saya ID20772089974K. Padahal barang sudah di kirim. Oleh penjual dan sekarang saya belum menerima barang tersebut

  • alhamdulillah, barangya sudah sampai setelah 2 minggu lebih. setelah saya posting di sini langsung ditanggapi pihak shopee paginya, dan besoknya kurir yang antar langsung menelpon. barangnya nyasar d rumaah tetangga dan tetangganya sedang tidak ada d rumah selama minggu.

    oke setidaknya shopee ada niat baiknya. makasih shopeee

  • saya kok pakai shopee express wkt itu pertama kali alhamdulillah baik-baik aja.. bisa dibilang cepat juga bahkan

  • Saya juga mengalami hal yang sama sampai saat ini pesanan saya belum sampai juga padahl statusnya sudah di kurir dri tgl 5 juli 2020, biasanya jkrta-lampung gak pernah lebih dari 3 hari pengiriman. No resi saya ID202725748133 dengan nomer pesanan 200703DWA3H1DT . Semoga pihak shopee cepat menyelesaikan masalag saya ini, dari kemaren ngehubungi cs jwban gitu aja bikin kesen aja.