Surat Pembaca

Pengiriman Fiktif Shopee Express

Selamat Malam,

Saya Ismail Rizky Harlin. Bila ada pihak yang meragukan kredibilitas saya, silahkan google nama saya.

Saya melakukan pembelian di Unilever melalui Shopee dengan no order: 19082721152MRQY dengan menggunakan kurir ShopeeExpress SAME-DAY service pada Selasa, 27 Agustus 2019 malam hari. Saya memilih Shopee atas rekomendasi istri saya. Sebagai pengguna setia marketplace “sebelah” dengan total transaksi yang tinggi, saya awalnya cukup ragu dengan Shopee karena nuansa situs web yang kurang terlihat serius.

–30 Agustus 2019–
Setelah menunggu lebih dari 2 hari, barang yang seharusnya sampai pada Rabu 28 Agustus 2019, masih belum sampai hingga Jumat 30 Agustus 2019. Saya melakukan komplain dengan menghubungi pihak Shopee melalui telepon CS Shopee di 1500702. CS mengatakan bahwa ia akan memprioritaskan paket saya dan mengusahakan agar paket saya sampai pada hari tesrsebut.

Pada saat malam hari, pihak Shopee Express menghubungi saya dan menanyakan apakah saya bisa menerima paket pada tengah malam. Karena saya tinggal di sebuah apartemen, maka saya mengatakan bahwa akan selalu bisa terima karena ada security yang berjaga 24/7. Pihak Shopee Express berbuat seolah-olah dia akan mengantar barangnya.

–31 Agustus 2019–
Sabtu dini hari saya bertanya kepada security apakah ada paket saya sampai, nyatanya tidak ada. Terus terang saya sudah merasa tertipu. Karena SAMEDAY memiliki arti harfiah “hari yang sama”. Maka jasa SAMEDAY tidak boleh dan akan melanggar apabila waktu pengiriman melebihi 1×24 jam.

–2 September 2019–
Hari ini saya melakukan komplain lagi kepada pihak Shopee pada siang hari dan malam hari. Pihak Shopee memutarbalikan fakta terkait SAMEDAY, ia mengatakan bahwa SAMEDAY juga memiliki leadtime/waktu tunggu dan sebagainya.

Saya hanya mendapatkan permohonan maaf, dan pihak Shopee tidak bersedia melakukan refund segera. Pihak Shopee mengatakan bahwa ia tidak mendapat informasi yang jelas dari Shopee Express dan bahwa seakan-akan Shopee dan Shopee Express adalah entitas terpisah.

Untuk prosedur refund, Shopee mengatakan harus menunggu konfirmasi seller, menunggu 3×24 jam dan sebagainya TANPA bisa memberikan status/kejelasaan keberadaan barang saya.

Hingga saat ini, status barang saya tidak jelas, pengiriman dilakukan oleh kurir yang tidak memiliki nomor telepon (CEK GAMBAR).

Statusnya seakan fiktif. Atau memang benar benar fiktif. Dan pihak Shopee sungguh enggan untuk memberikan keterangan apalagi aksi konkrit sebagai bentuk tanggungjawab.

Saya akan meneruskan laporan ini ke media lain, bahkan ke jalur yang lebih serius, mungkin saya akan mencoba melayangkan surat SOMASI agar penyedia layanan tidak lagi bertindak sewenang-wenang terhadap pelanggan. Karena ini JELAS merupakan PENIPUAN yang dilakukan oleh perusahaan besar terhadap konsumen kecil, dalam bentuk pengiriman palsu dan penahanan uang tanpa tanggung jawab yang jelas.

Terima kasih pembaca dan MediaKonsumen!

Regards.

Harlin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • UPDATE....
    Setelah kmren habiskan waktu utk tlp sana sini berkenaan dengan barang sy yg laporannya sdh diterima tapi tdk ada org rumah yg menerima...
    Akhirnya...hari ini sore tadi barang sy sampai ke rumah oleh kurir si cepat...
    Kasus selesai...tapi harus pikir² lagi pake shopee express..

    SARAN : klo alamat kita bukan di kota nya mending jgn pake shopee express...krn kantor nya hanya ada di kota2 besar saja...klo masuk ke kecamatan lbh sering dialihkan ke si cepat..
    Sekian..moga bermanfaat

        • Hari ini pun sama..saya begitu juga..
          Pesan dari 18 desember dan sampai saat ini belum sampai juga...
          Wow sekali..sungguh buat kecewa..
          Yg jelas ini dari pihak sicepat nya yg ada dilokasi kapuk DC..
          Hrusnya ditanggal 21 barang sya sampai tapi smpe.
          Klo hanya krna gratis ongkir..
          Smua terkendala gini..
          Gak usah buka promo...

      • Saya ke sini gara2 saya pesan brg yg ga sampe ke rumah pdahal keterangan di shopeee brg sudh di terima pukul 21:26. Kecewa sangat berhari2 nunggu pas udh waktu nya brg ga jelas ada dimna. Ini entah kurirnya yg males ngirim atau gimna deh.

        • Saya juga sangat kecewa dengan shopee.
          Pesanan saya dengan no. Pesanan : NoNo. Pesanan : 201212D8EC49RD .
          Meskipun nominal barangnya tidak seberapa buat mereka tapi nominal 355.000 lumayan berarti buat saya karena harus ektra kerja untuk mendapatkan nominal sebesar itu. Kronologi nya Saya order tanggal 12-12-2020 dan tanggal 14 - 12- 2020 pukul 21:26 di aplikasi shopee saya ada notif pesanan sudah di terima. Padahal sampai saat ini pesanan saya sama sekali belum sampai untuk pesanan tersebut. Logika nya pukul segitu saya sedang berada di rumah tapi tidak ada sama sekali kurir yang datang.
          Kapok dan sangat kecewa.

          • Update.
            Setelah usaha sana sini akhirnya bisa mendapat kan kontak salah satu kurirnya kemudian di hubungkan dengan PIC nya. Kemudian di konfirmasi sama kurinya dam barangnya bisa datang dengan selamat.

          • Itu cara menghubungi pihak shopee nya gimana yaa kalo boleh tau? Karna pesanan saya dengan nomor pesanan 2012313PP7DM2B dan no. resi ID016480889441 juga belum dateng, udah 5x statusnya "paket anda telah tiba di hub transit" terus, tidak ada keterangan barang sudah sampai di kota mana mana nya, saya jadi khawatir kalo nanti barangnya tidak sampai. Tolong pihak shopee pertanggungjawaban nya

    • Ini saya jg lg pesan camera ,saya pesan dari tggl 1 nov 2020 yg seharusnya udah sampai tgl 3 ,trus di perpanjang lg sampai tggl 9 nov 2020 dan sekarang udah tggal 7 tp di keterangan pengirimannya masih di hub transit tggal 6 blm berubah2 tggal nya samai sekarang harusnya ini sudah di hub transit tggal 7. Tp masih 2 hari lg wktunya klo lewat drpda tggal yg di tentukan berti aplikasi ini sudah tidak bisa di percaya lg.

      • Ini saya juga mengalami hal yang sama, paket saya dengan no resi ID00318577178B belum juga sampai2. Keteranganya juga ngak jelas, sdah brhari2 masih sja hub transit, seharusnya paket saya sudah sampai tpi sampai saat ini tidak jelas paket saya ada dimana.
        Nggak lagi lah pake shopee express

          • Saya mengalami hal yg serupa.
            Baru kejadian semalam tgl 20 Juli 2021 Jam 21.15 WIB
            Pesanan saya sudah diklik diterima sama kurir Shopee, tapi saya sama sekali tidak menerima pesanan.
            Sy komplain sama penjual, katanya tidak mudah untuk ngecek ini, harus sabar.
            Saya memperpanjang garansi shopee.
            Tolong shopee express untuk di cek lagi pesanan saya.
            Dengan Nomer pesanan : 210719B4GQFDBC
            Resi : ID019628741037

            Kemana saya harus menghubungi kurir shopee yg mengirim.
            Saya sudah bertahun2 pake shopee gak pernah ada masalah, baru sekarang ini. Saya bener2 kecewa..
            Karna kita tidak bisa melacak nomer telp kurir shopee yg mengirim pesanan kita.

    • Halo kak, itu Kaka nelfn siapa ya?? Gmna prosedur nya , saya juga baru pesen laptop ni pake shopee express standard masih di hub transit truss udah dua hari, jadi agak parno inii :( takutnya kejadiannya sama kek yg lain jugaa. Mungkin ada yg bisa bantuu

      • barangnya belom sampe ya mas?saya lihat sih dari resi orang orang rata2 6-8 harian utk sampe dari di pickup sama kurirnya,saya juga mengalami hal yang sama nih pesen hp tgl 15 November dan dikirim 16 November pdhl hp nya untuk kerja dan butuh cepat tak sangka sopi xpres begitu lambat ,paket ga gerak 2 hari di hub transit dan harusnya tgl 20 nov 2020 ini sudah sampai sesuai estimasi dari sopinya sendiri.Pengen positif thinking tapi gimana ya keburu kesel karna udah lewat estimasi dan pastinya kalo barang sejenis elektronik hp,laptop,tv ataupun yang bernilai lebih mahal pastinya kita khawatir ya kan mas paketnya udh dimana,sampe mana,kapan sampe tujuan.

      • Kak apa udah kejelasan?
        Saya juga baru pesan barang nih buat anak saya tapi statusnya sama kaya yg Kaka bilang...ada cara lain

        • Sama ka...saya jga gtu. Gak nyampe2. Nomer resi ID00152571765C barangnya diem aja d pusat sortir bekasi, udh 2 hari gak jalan juga.

      • Saya juga mengalami kak, terus bagaimana caranya mnegurus biar bisa dialihkan ke s cepat, udah 2 minggu paket ku di hub transit terus?mohon balasannya kak soalnya ada 3 paket dan 2 minggu itu loo

    • Aq juga pesan barang buat kado anak sampai saat ini status masih hub transit
      Was...was banget ini sama barangnya
      Anak nunggu2 juga ???

    • Permisi
      Nama :Ahmad yusup(ay223070)
      No prsanan: 201215M5NXGM6K
      Ekspedisi : Shopee express standard
      Saya baru memesan paket tgl 15/12/2020, kemudian dikirim tgl 16/12/2020 lalu sampai dihub transit tgl(nggak ada keterangan kota) 17-18, kemudian saat ini tgl 19 dalam pengiriman kurir(juga nggak ada keterangan kota dlsb)awalnya saya biasa aja tpi biasanya plng 3 hari sampai lalu saya keforum ini ternyata shopee express banyak yang kecewa sebelum kelamaan saya mau tanya kejelasan paket saya dan mohon agar amanah dalam menjalankan pekerjaan
      Terimakasih.

  • Halo, saya juga mengalami kasus pengiriman fiktif. No resi ID00629647128A dan no pesanan 201026BVVWGGQ1 . Sejak tanggal 27 oktober 2020 paket sudah diambil kurir dari penjual, tanggal 28 oktober 2020 paket sudah berada di pusat sortir dan telah sampai di hub transit. Tanggal 29 oktober 2020 paket masih berada diketerangan hub transit sampai sekarang tanggal 31 oktober 2020 pun paket saya belum ada kejelasan sampai dimana, bahkan status pengiriman tidak berubah sama sekali alias tetap di hub transit. Tolong sekali cs shopee barangnya memang tidak seberapa tapi baru kali ini saya kecewa dgn jasa kirim yg diberikan shopee, padahal sudah bertahun tahun saya jd pengguna shopee. Kalo kaya gini terus pasti bakal banyak yg ga seneng sm shopee

    • Tgl pengiriman kita sama kak aku jg lagi nunggu paket ku jkt ke plg yg mentok di Hub transit udah 3harian dngn no resi ID00266562614A Aku awalnya ga sadar kalo penangan an nya lewat shopee express krna biasanya pake j&t aku pesen barang lain juga yg dri semarang ke plg malah udah smpe ke palembang , aku khawatir banget emang barang nya ga sebrapa harganya tp itu isinya Makanan dan takutnya rusak berjamur atau hncur , beneran baru kali ini nunggu paket sampe di pantau mulu

      • Gmna Paketnya udah sampe kak?? Aku juga baru pesen laptop lewat shopee express standard, udah dua hari di hub transit trus :( agak parno ini liat komen" yg lain

    • Saya kemarin begitu juga kak tapi barang sampai juga, pesan barang harga cuma 99 perak packingannya kecil juga tapi tetap sampai, pesan tgl 24 Oktober nyampenya tgl 31 Oktober. Sempat kepikiran barang udh kececer atau gimana. Tgl 30 okt nanya sama seller yg jual katanya lagi proses kirim, eh besoknya udh nyampe. Jadi menurut sy kalo mau cepat mending pake kurir jnt aja kk, soalnya udh brp kali pake jnt prosesnya cepat dan bisa dipantau brng udh dimana.

    • Saya kemarin begitu juga kak tapi barang sampai juga, pesan barang harga cuma 99 perak packingannya kecil juga tapi tetap sampai, pesan tgl 24 Oktober nyampenya tgl 31 Oktober. Sempat kepikiran barang udh kececer atau gimana. Tgl 30 okt nanya sama seller yg jual katanya lagi proses kirim, eh besoknya udh nyampe. Jadi menurut sy kalo mau cepat mending pake kurir jnt aja kk, soalnya udh brp kali pake jnt prosesnya cepat.

  • Sama banget kejadiannya, aku juga ngga ngeh kalau pakai shopee express, karena ngga pernah ngekhawatirin itu juga. tanggal pengiriman sama dan keterangan telah sampai di hub transit berulang terus. nomor resi ID00217345853A . Sampai sekarang belum bergerak.

  • Resi ID00655910259A
    Status 31 oktober 2020 Telah diterima pick up hub
    Update 2 November 2020 belum berubah

    Barang elektronik pula :(( semoga tetes sampai gpp lah telat drpd ilang. Habis ini Shopee express masuk blacklist lah. Cs shopee juga udh kek tembok Responnya. Sellernya kurang proaktif. Heu

  • Saya sebagai penjual di shopee juga sudah dirugikan dengan shopee express dan itu terjadi di pengiriman pertama kali menggunakan shopee express. Pembeli membeli bubble wrap 4 roll dari saya, dan sudah dipickup oleh shopee express, tetapi yang terkirim ke pembeli cuma 1 ROLL. Sudah komplain ke shopee pun tidak ada ganti rugi malah shopee menutupi kurir yang pickup bubble wrap tsb karena shopee tidak mau memberikan no telp kurir yg pickup barang saya. SHOPEE EXPRESS MALING

  • Ini jujur baru kejadian. Jadi paketku udah 5/6 hari gak sampai dan aku emang baru pertama kali ngegunaiin shopee express standart. Hari ini diperkirakan udah sampai dan masih tulisan ‘telah tiba di hub transit’ bingung kan hub transitnya dimana udah dicari kemana mana pun gak ada. Aku Chat customer service shopee aja. Kemarin aku ngechatnya. Trus kata dia bakal di kasih tau ke shopee express dia minta email aku. Tapi gak ada masuk sampai hari ini. Gak nyerah aku call seller nya tuh. Dan dia bilang belum ada balasan dari agennya. Aku chat lagi cs shopee. Allhamdulillah langsung di minta email dan langsung dikirim saat itu juga. Dia bilang shopee express lagi bermasalah jadi diambil alih sama si cepat. Dia ngirim email itu isinya resi paket di sicepat. Langsung ku cek di cek resi sicepat dan ternyata dari awal paketku tuh gak ditangani shopee express tapi sicepat. Pas cek disana jelas paket ku ada dimana. Dan udah sampai di daerah ku dan lagi dikirim kurir. Saranku mending desak aja cs shopee nya minta tanya lokasi paketnya berada. Untuk masalah paketku itu masa garansinya masih ada ya…kalo yang udah lewat seminggu apalagi sebulan aku kurang tau. Semoga membantu

    • Permisi kak mau tanya sama paketku jga sdh 4/5 hari belum datang, tulisanya “telah tiba di hub teransit “ berulang kali sampai 4x dan gk jelas berada di mna ? kalau boleh tau kk nelpon CS shoopenya ya? pengiriman dari mana ke mana itu ka?

      • Sama aku juga gitu sampai 4×. Chat aja cs shopeenya. Aku ngechat cs shopee itu sampai 3 kali baru dikirim email yang isinya resi paketku di sicepat. Aku pengiriman dari pulau Jawa ke Kalimantan. Semoga paket kamu cepet sampai ya....

    • lagi ngalamin masalahnya paketku itu makanan takutnya rusak atau berjamur gitu, ga lagi deh pake shopee express

  • Saya juga mengalami hal serupa, dengan resi ID00901054403B. Sudah tiga hari paket saya berstatus paket anda telah tiba di hub transit. Jadi khawatir bagaimana keadaan paket saya, padahal pesanan paket saya yg lain telah sampai dengan jasa pengiriman yg beda.

  • Waduh nyesel pakai Shopee Express Standard
    Pesan tgl 12-11-2020 resi ID00794382336B
    Baru dikirim tgl 15-11-2020 butuh waktu 3 hari untuk kirim, gila kan!!!
    Dan status sekarang tgl 16-11 masih diterima dipusat sortir [Kapuk DC] jadi Kapok DC lah.
    Seringnya memang pakai J&T atau JNE, karena gampang di tracking, karena Shopee Express ada promo jadi nyoba & al hasil nyesel. Bareng-bareng kita black list Shopee Express!!!

  • Duh yaAllaah, karna buru" aku sampai lupa ngecek pakai expedisi mana, ,trnyata yg ke klik expedisi shopee express.
    Dan alhasil sangaaaaat mngecewakan. Pesan udh di kirim dr tgl 17 nov sampai 20 nov masih di hub transit. .kapokkkkk beribu kapookkk

    • senasib mbak,saya kira shoope xpress secepat namanya,eh malah stuck di hub transit 3 hari paketku dan harusnya tgl 20 november 2020 sudah sampai tujuan tp gada kabar lanjutan dari expedisinya

  • Halo. saya pesan barang dengan
    No pesanan 201120GGYM6KJD resi ID00044917888B pake shopee express di status pengiriman sudah di terima pihak keluarga serumah. Tapi keluarga saya tidak ada yang menerima paket nya. Di telpon di no yang tertera di shoppe express 0211500702 tidak bisa menggunakan layanan. Pertama kali nya pake ekspedisi ini dan kecewa bngt bngt.

    • Gimana kak, paketnya sudah sampai belum?
      Saya juga mengalami hal yang sama.
      Keterangan : paket sudah diterima a. n saya. tapi saya belum terima dan keluarga juga gak ada yang terima