Surat Pembaca

Pengiriman Fiktif Shopee Express

Selamat Malam,

Saya Ismail Rizky Harlin. Bila ada pihak yang meragukan kredibilitas saya, silahkan google nama saya.

Saya melakukan pembelian di Unilever melalui Shopee dengan no order: 19082721152MRQY dengan menggunakan kurir ShopeeExpress SAME-DAY service pada Selasa, 27 Agustus 2019 malam hari. Saya memilih Shopee atas rekomendasi istri saya. Sebagai pengguna setia marketplace “sebelah” dengan total transaksi yang tinggi, saya awalnya cukup ragu dengan Shopee karena nuansa situs web yang kurang terlihat serius.

–30 Agustus 2019–
Setelah menunggu lebih dari 2 hari, barang yang seharusnya sampai pada Rabu 28 Agustus 2019, masih belum sampai hingga Jumat 30 Agustus 2019. Saya melakukan komplain dengan menghubungi pihak Shopee melalui telepon CS Shopee di 1500702. CS mengatakan bahwa ia akan memprioritaskan paket saya dan mengusahakan agar paket saya sampai pada hari tesrsebut.

Pada saat malam hari, pihak Shopee Express menghubungi saya dan menanyakan apakah saya bisa menerima paket pada tengah malam. Karena saya tinggal di sebuah apartemen, maka saya mengatakan bahwa akan selalu bisa terima karena ada security yang berjaga 24/7. Pihak Shopee Express berbuat seolah-olah dia akan mengantar barangnya.

–31 Agustus 2019–
Sabtu dini hari saya bertanya kepada security apakah ada paket saya sampai, nyatanya tidak ada. Terus terang saya sudah merasa tertipu. Karena SAMEDAY memiliki arti harfiah “hari yang sama”. Maka jasa SAMEDAY tidak boleh dan akan melanggar apabila waktu pengiriman melebihi 1×24 jam.

–2 September 2019–
Hari ini saya melakukan komplain lagi kepada pihak Shopee pada siang hari dan malam hari. Pihak Shopee memutarbalikan fakta terkait SAMEDAY, ia mengatakan bahwa SAMEDAY juga memiliki leadtime/waktu tunggu dan sebagainya.

Saya hanya mendapatkan permohonan maaf, dan pihak Shopee tidak bersedia melakukan refund segera. Pihak Shopee mengatakan bahwa ia tidak mendapat informasi yang jelas dari Shopee Express dan bahwa seakan-akan Shopee dan Shopee Express adalah entitas terpisah.

Untuk prosedur refund, Shopee mengatakan harus menunggu konfirmasi seller, menunggu 3×24 jam dan sebagainya TANPA bisa memberikan status/kejelasaan keberadaan barang saya.

Hingga saat ini, status barang saya tidak jelas, pengiriman dilakukan oleh kurir yang tidak memiliki nomor telepon (CEK GAMBAR).

Statusnya seakan fiktif. Atau memang benar benar fiktif. Dan pihak Shopee sungguh enggan untuk memberikan keterangan apalagi aksi konkrit sebagai bentuk tanggungjawab.

Saya akan meneruskan laporan ini ke media lain, bahkan ke jalur yang lebih serius, mungkin saya akan mencoba melayangkan surat SOMASI agar penyedia layanan tidak lagi bertindak sewenang-wenang terhadap pelanggan. Karena ini JELAS merupakan PENIPUAN yang dilakukan oleh perusahaan besar terhadap konsumen kecil, dalam bentuk pengiriman palsu dan penahanan uang tanpa tanggung jawab yang jelas.

Terima kasih pembaca dan MediaKonsumen!

Regards.

Harlin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Parah, apalagi sekarang sistem pemilihan jasa kurir dibuat otomatis oleh Shopee... sy jg tdk tahu belanja terakhir sy ternyata menggunakan SPX yg dipilihkan otomatis oleh sistem yg Menurut sy jasa kirim milik shopee ini tdk profesional dan blm merata... JNT tetap number one!

  • Shope Express Busuk, Masak 4 Hari Barang Cuman Ngendon Di Tempat Sortir, Padahal Barang Dari Jakarta Kirim Ke Surabaya, Ini Sudah Hari ke 5 Masih Tetap Di Tempat Sortir Paket Ga Di Kirim Kirim, Memang Busuk Ini Shope

  • Buat saya pengalaman pahit terulang lagi, dulu circa 2018 saya melakukan pembelian barang di shopee dengan kejadian yang kurang lebih sama dengan yang sekarang ini saya alami, hanya saja dengan nilai nominal yg lebih kecil. Waktu itu, Akhirnya sebulan lebih saya mendapatkan uang saya kembali (refund) karena barang dinyatakan terkirim tapi tidak pernah sampai! Sistem shopee yg sangat lambat dan tim resolusi yang jawabannya template, tidak solutif, buang2 waktu, sangat beda dengan toko sebelah. Akhirnya itu kali terakhir saya belanja di shopee. Lebih sering di toko sebelah sampe skrg dpt status paling tinggi.

    Berganti tahun berharap ada perubahan, Tahun 2022 ternyata masih sama aja parahnya si shopee express ini ya. Saya beli barang tanggal 12 maret 2022, estimasi tiba tanggal 15 maret 2022. Saya komplain ke cs tanggal 15/16 maret. Tanggal 17 maret barang dinyatakan sampai. Dengan bukti foto paket siang2 (tapi terkirim tjam 23:02)??? Komplain lagi hari ini tgl 18 maret 2022. Disuruh refund daaan menunggu lagi 3x24jam.

    Nomor resi: SPXID025337708833
    Nomor pesanan: 220312N49F9YRG

    Shopee express ini bisa terkena pasal penipuan dengan memasukkan status fiktif (bukti screenshot saya simpan). Usaha yang menipu tidak akan pernah berkah.

    Dikurangilah ya gimmick macem2, prioritas benerin servisnya, kalo customer senang, maka bisnis juga semakin lancar, dapat doa dan harapan.

    Ini komplain media konsumen sudah 8 halaman panjangnya. Bisa untuk bahan refleksi ya buat shopee.

1 6 7 8