Surat Pembaca

Kecewa dengan Telkom IndiHome yang Mengambil Keputusan Secara Sepihak

Pada Minggu, 27 Oktober 2019 saya membeli paket add-on Speed On Demand IndiHome 50 Mbps /7 hari seharga Rp104.500 (termasuk PPN). Alasan saya membeli dikarenakan FUP IndiHome saya melewati batas pemakaian. Saya menggunakan pembayaran melalui kartu kredit BRI. Pembayaran berhasil tetapi paket add-on tidak aktif karena beberapa detik kemudian setelah bayar, ada keterangan gagal.

Pada saat itu juga tanggal 27-10-2019 saya langsung lapor ke CS Telkom Care di Twitter dan pada saat itu saya hanya mendapat balasan disuruh menunggu dan akan dikoordinasikan. Tanggal 28-10-2019 saya coba hubungi lewat 147 dan saya disuruh mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id. Saya sudah mengirimkan emailnya tetapi mendapatkan balasan yang sama, disuruh menunggu dan akan dikoordinasikan. Saya tiap hari meminta bantuan lewat Twitter sampai tanggal 1 -11-2019, tetapi jawaban sama saja disuruh menunggu dan dikoordinasikan.

Pada Sabtu, 2 November 2019 siang saya telpon 147 untuk meminta kejelasan. Saya menanyakan apakah paket add-on yang saya beli itu aktif di nomor internet saya, jawaban mereka nomor saya add-onnya tidak aktif. Karena ini sudah awal bulan, FUP IndiHome saya sudah ke-reset seperti semula, jadi saya tidak memerlukan speed on demand. Saya pun mengajukan refund saja karena saya butuhnya per tanggal 27 Oktober 2019 kemarin. Saya mendapatkan nomor laporan IN57947222 dan disuruh menunggu konfirmasi selanjutnya. Sorenya saya ditelpon pihak 147 untuk mengirimkan bukti pembayaran saya yang berhasil tapi gagal dan saya sudah mengirimkan.

Pada Senin, 4-11-2019 saya ditelepon lagi dari 147 dari mereka meminta nomor kartu kredit yang saya pakai saat saya bayar dan saya sudah memberikan nomor kartu saya. Besoknya tanggal 5 November 2019 saya ditelepon lagi dari 147, mereka mengatakan untuk dicek diakun MyIndiHome saya untuk refund masuk ke saldo T-Money, tetapi begitu saya cek saldo masih 0. Tanggal 5/11/2019 dan 6/11/2019 dari 147 ada menghubungi saya, tetapi tidak terangkat dari saya. Saya coba menanyakan lewat CS Telkom Care di Twitter untuk laporan saya, tapi saya hanya disuruh menunggu.

Pada Jum’at, 8-11-2019 saya di DM CS Telkom Care di Twitter mereka mengatakan paket SOD yang saya bayar tanggal 27-10-2019 itu sudah aktif per tanggal 6-11-2019 kemarin. Begitu kecewanya saya, padahal saya sudah mengajukan refund dikarenakan saya membutuhkannya tanggal 27-10-2019 kemarin karena FUP saya sdh melewati batas. Kalau diaktifkan per tanggal 6 November 2019 saya tidak membutuhkan itu karena FUP saya masih cukup.

Ahmad Nazir Fikri
Tamiang Layang, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Telkom atas Surat Bapak Ahmad Nazir Fikri

Menanggapi keluhan bapak Ahmad Nazir Fikri di mediakonsumen.com pada tanggal 27 oktober 2019 yang berjudul “Kecewa dengan Telkom IndiHome yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kenapa saya tagian saya jgk naik gmn maksud nya Indihome skarng gk sesuwai dengan omongan gk sesuwai

  • Sya ada sekitar 20an tempat kos2an yg semua berlangganan Indihome, tetapi makin lama makin mengecewakan pelayanannya . Makin parah dan makin ribet saja. Ini rencana mau pindah provider yg lebih murah dan pelayanan lebih mudah.

    • Kalau saran dari saya, akan lebih baik langsung ke plaza telkomnya karena kalau lewat media sosial dari telkom itu kayak komplen sama orang yg bukan dari telkom dan gk jelas. Makanya dari itu kalau ada gangguan atau kendala, saya langsung ke plaza telkomnya dan penyelesaiannya lebih cepat dibandingkan media sosial yg gk jelas dan 147 yg lemot.

  • Saya juga pasang yg 10 mbps sama tv 360 trus selama 3 bulan naik sampe sekarang 440an taunya Internetnya naik jadi 20 mbps tanpa pemberitahuan tanpa izin dari saya.

  • Saya merasakan yang sama juga seperti calon pelanggan yang kewa terhadap Indihome yg lama proses dan kurang kooperatif dalam menyapa calon pelanggan baru. Kalo tidak di pantau dengan cermat nanti terjadi pungli di lapangan perjalanan Indihome.😨😨😨😩😩😩 . sampai saat ini sudah daftar 3 belum juga masuk padahal di sebelah rumah saya sudah pakai akses internet Indihome.