Masalah Pengembalian “Down Payment” Perumahan Cinnamon Hills

Dear Management PT. Manakib Rezeki/Manakib Realty
CC: Elang Group

Sekitar 1 tahun lalu saya tertarik mengambil perumahan subsidi Cinnamon Hills di daerah Cilebut karena sesuai dengan kemampuan untuk bulanan dan pembayaran down payment. Dan pada bulan Juli 2019 saya melakukan pembayaran booking fee sebesar Rp. 1.000.000,-

Sekitar 3 bulan saya mengajukan berkas-berkas dan mempersiapkan uang DP lalu saya bayarkan ke pihak administrasi sebesar Rp. 7.900.000,-

Setelah membayar DP diinfokan oleh Bu April disuruh menunggu untuk proses selanjutnya, akan tetapi beberapa bulan tidak ada kabar. Akhirnya saya kontak Bu April akan tetapi dibilangnya tanpa ada info tertulis ataupun pemberitahuan/konfirmasi tanpa saya sebagai customer bertanya, bahwa perumahan subsidi telah habis info dari bank.

Dari info dadakan tsb, diberitahukan proyek subsidi dialihkan ke komersil dan tentu saja dengan tambahan biaya mulai dari booking fee, DP, dan mungkin biaya-biaya lainnya. Kemudian saya minta cancel/refund karena tidak tertarik dengan perumahan komersil tsb dan info dari Bu April akan dikembalikan 100% dalam waktu minimal 1-2 bulan ke depan yang akan ditransfer langsung ke rekening saya tanpa harus saya datang ke kantor developer.

Lalu saya datang ke kantor pengembang pada tanggal 02 September 2019 bertemu dengan Bu April dan mengisi formulir pengembalian (refund) atas down payment yang telah dibayarkan.

Setelah 3 bulan berlalu, saya masih belum menerima refund lalu saya konfirmasi ke Bu April dan dialihkan ke bagian CRM untuk menanyakan progress pengembalian tsb.

Setelah itu saya kontak bagian CRM untuk menanyakan perihal tsb, dan hanya dijawab dengan “Iyaa kami mengerti dengan kendala yang dialami pak, namun kami akan tetap mengusahakan untuk bisa diproses secepatnya”

Akan tetapi sampai dengan saat ini sudah jalan 6 bulan tidak ada kejelasan kapan uang DP saya akan dikembalikan karena itu saya sangat merasa dirugikan.

Akhir kata saya melalui media konsumen ini semoga pihak pengembang dapat membaca langsung tulisan saya.

Terima kasih.

Mulyawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Masalah Pengembalian “Down Payment” Perumahan Cinnamon Hills

  • 7 April 2020 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Jangan sekali kali mau membayar Down payment ke Developer kalau blm ada wawancara / kejelasan tertulis dari pihak bank mengenai persetujuan KPR.

    Down Payment merupakan pembayaran di muka sebagian dari harga total, tidak wajib dibayar kalau belum terjadi akad/persetujuan pembelian, kecuali Booking Fee

    Kalau DP belum apa apa sudah ditagih, udah pasti akal akalan Developer untuk mutar uang. Mudah mudahan beres masalahnya

  • 6 Mei 2020 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi aja mas…
    Masuk ke ranah penipuan itu mas..
    Nnti langsung bawa bukti pembayaran ke polisi,nnti bilang mau buat laporan polisi trkait dengan penipuan….
    Nnti bisa di jelaskan kronologis ke polisinya dengan bawa bukti pembayaran dll….
    Kl bisa segera di proses,agar tidak berlarut larut…sekaligus memberi pelajaran jg ke developer yg nakal…

    • 9 Mei 2020 - (23:13 WIB)
      Permalink

      ini jatuhnya pidana atau perdata gan?
      kl mau balik uangnya ane googling katanya mesti masuk ranah perdata ya?
      kl pidana katanya uang ga balik, bener apa engga gan?
      saya sbnrnya ga mau bikin ribet, yg penting uang kembali aja jg uda cukup dan cukup tau aja developer ky gini ga lagi2 deh..

  • 27 Mei 2020 - (18:51 WIB)
    Permalink

    update 27 Mei 2020, pengembalian dana sudah dikembalikan..

    ini cara solving keluhan gimana ya?
    pihak develop meminta saya menghilangkan postingan ini by WA, setau saya hanya bisa beri tanggapan kan ya oleh pihak develop?

    Tolong koreksi jika ada yg mengerti, terima kasih..

        • 28 Februari 2021 - (14:05 WIB)
          Permalink

          Salam kenal semua, saya berencana mau membeli properti di manakib realty ini, tapi setelah baca komentar dan pengalaman kok saya jadi ragu? Apa developer ini trusted atau enggak ya? Terima kasih.

  • 12 Juli 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah membeli rumah Samudera Residence by Elang Group juga sampai sekarang tidak ada kejelasan. beli rumahnya sekitar 2015 di citayam. developernya tidak bisa dihubungi, kalau didatangi ke kantor bilang harus bikin janji. nomor crm juga sudah tidak aktif. kalau ada yang punya nomornya boleh di share

 Apa Komentar Anda mengenai Elang Group?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Masalah Pengembalian “Down Payment” Perumahan Cinnamon Hills

oleh mulyawan dibaca dalam: 1 menit
13