Hati-Hati dengan Tagihan Air Kelolaan BSD CITY (Bumi Serpong Damai)

Berawal dari tagihan air saya bulan Agustus 2020 yang mencapai Rp.1.438.080 , saya merasa tidak pernah memakai air sebesar itu. Setelah kejadian ini kemudian timbul niat untuk menanyakan tagihan air tetangga-tetangga yang ternyata hampir semua tagihan air para tetangga saya di Kireina Park BSD ini sekitar Rp. 190.000 an. Sementara saya sejak menempati rumah sejak Mei 2019 tagihan air saya rata-rata Rp.400.000 an s/d Rp.500.000 an dan puncaknya tagihan Agustus 2020 yang mencapai Rp.1.438.080.

Padahal pemakaian air kami hanya untuk mandi 4 orang saja (suami/istri/dan 2 anak), itupun setelah covid. Sebelumnya hanya berdua karena anak-anak pada ngekos dan untuk cuci baju kami memakai jasa laundry di luar dan tidak memakai air rumah. Pemakaian air lainnya hanya untuk siram tanaman di lahan yang sangat terbatas, untuk cuci mobil kami juga pakai jasa car wash.

Tanggal 24 Agustus 2020 petugas dari BSD berkunjung ke rumah saya yang hadir  Pak Jatmika,Pak Agus,dan Bu Tuti. Mereka datang untuk mengecek meteran air dan bersyukur meteran air saya normal dan instalasi air tidak ada yang bocor.

Pada tanggal 26 Agustus saya bersurat ke Presiden Direktur Sinar Mas Land (SML) namun belum ada respon, surat diterima oleh Bu Frisqa di receiving room.

Pada tanggal 27 Agustus 2020 petugas dari BSD berkunjung ke rumah saya untuk melakukan “TERA” meteran air. Dan menurut petugas, meteran air saya normal. Kembali saya sampaikan ke petugas BSD memang dari awal pun meteran air saya normal,yang tidak normal adalah tagihan air saya setiap bulannya

Berikutnya pada tanggal 7 September 2020, berkirim surat kembali ke Direktur finance perihal: Komplain tagihan air, namun belum juga ada respon.

Sejak saya tinggal di BSD hampir 15 bulan petugas catat meter air dari BSD tidak pernah saya kenal dan tidak pernah izin ke saya untuk memasuki lahan/properti saya. Yang seharusnyalah secara etika sewajarnyalah petugas catat meter air tersebut izin dahulu ke saya selaku pemilik rumah dan bisa dilakukan pengecekan air bersama , jadi ada transparansi.

Puncak tagihan air saya yang tidak normal di bulan Agustus 2020 membuat saya untuk mengecek sendiri meteran air saya setiap harinya jam 07.05 AM , dan dari hasil pencatatan harian saya selama 21 hari ini rata-rata pemakaian air saya 1m3 s/d 1.2 m3 setiap harinya yang jika diasumsikan per-meter kubiknya Rp. 8.000. Asumsi saya pakai air 1.2m3 setiap harinya dan harga per-meter kubik Rp.8000 maka tagihan air saya per-bulan 1.2 m3 x 30 hari x Rp.8000 = Rp. 288.000.

Yang saya sesalkan sampai dengan surat ini saya buat belum ada tindak lanjut dari BSD atas ke-tidak normalan tagihan air saya dan belum ada refund atas pembayaran tagihan air yang selama ini saya bayarkan

Arifin Hakim Siregar
Kireina Park Nusaloka, BSD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:27    Rata-Rata: 4.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Hati-Hati dengan Tagihan Air Kelolaan BSD CITY (Bumi Serpong Damai)

oleh Arifin Hakim Siregar dibaca dalam: 2 min
0