Kartu PraKerja Minim Sosialisasi

Saya Khairuddin, salah satu Driver Ojek Online (Gojek) di Surabaya. Saya penerima dana PraKerja pada gelombang keempat (4). Saya ingin sedikit berbagi pengalaman ketika saya memulai mencoba mendaftar, menunggu, sampai dinyatakan lolos kemudian mengikuti pelatihan dan akhirnya menerima dana PraKerja.

Sejak saat awal mendaftar sebagai calon penerima dana PraKerja, saya sedikit banyak telah menginformasikan kepada setidaknya teman sesama Driver, bahwa pemerintah punya program yang namanya PraKerja. Yang mana ketika kita mendaftar dan lolos verifikasi, kita akan mendapatkan dana bantuan tunai sejumlah Rp600.000 selama empat (4) bulan berturut-turut.

Namun apa yang terjadi? Berita saya itu dianggap Hoax atau fiktif atau bohong atau apalah. Sebulan kemudian ketika dana PraKerja saya yang Rp600.00p tahap pertama keluar, baru kemudian teman-teman sesama Ojol tadi antusias mendaftar.

Artinya, program ini memang sudah menjadi wacana khalayak ramai, tapi kemudian hilang begitu saja tanpa ada info kelanjutannya akan seperti apa. Atau mungkin saya yang kurang update berita ini. Namun yang saya rasakan adalah minimnya sosialisasi dari Pemerintah terkait program ini. Siapa target penerima bantuan ini juga kurang begitu baik diinformasikan. Bahkan jika kita lihat prosesnya, ini semua dilakukan menggunakan gadget.

Pertanyaannya adalah, jika rakyat atau masyarakat awam yang buta atau tidak pandai menggunakan gadget, apa bisa mendaftar dan mendapatkan dana PraKerja itu? Memang, yang namanya PraKerja diperuntukkan bagi masyarakat produktif yang belum atau telah keluar dari pekerjaannya akibat alasan yang beragam. Namun, harusnya program ini secara kontinu harus dilakukan sosialisasi. Siapa target penerimanya dan siapa yang bukan target penerimanya. Dengan begitu setidaknya masyarakat akan lebih mengetahui apa manfaat dan kelanjutannya ketika telah mendapatkan sertifikat keahlian di pelatihan ini.

Semoga tulisan ini sampai ke para pejelajah dunia maya dengan baik dan bisa menjadi setidaknya sebuah informasi yang baik di masa-masa seperti sekarang ini. Terima kasih.

Salam dari saya. Driver Ojol Surabaya.

Khairuddin Kedang (Bang Beta)
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu PraKerja:
[Total:6    Rata-Rata: 2.8/5]
Loading...

5 komentar untuk “Kartu PraKerja Minim Sosialisasi

  • 4 Oktober 2020 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Saya bekerja sebagai buruh pabrik semenjak ada program prakerja saya antusias tuk mendaftar dan di nyatakan lolos,dan mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat. Tapi masalahnya dana insentif yang pertama tgl 12 September belum juga cair,”dana tertahan”. Mohon penjelasannya

    • 5 Oktober 2020 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Ada beberapa penyebab Kak.
      Dianatanya :
      1. Rekening E-Wallet. Jika sudah tersambung, usahakan jangan gonta-ganti.
      2. Jika sudah beri rating dan ulasan, dan dapat serti seperti Kakak, coba hubungi pihak penyelenggara via email atau pesan chat langsung di laman web penyelenggara pelagihan.
      Biasanya ada juga no WA sebagai no keluhan atau bantuan peserta pelatihan.
      Ceritakan semua kendalanya di sana dan Insya Allah akan ada respon baik.

  • 4 Oktober 2020 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Dengan ada nya kartu prakerja sangat membantu penghasilan bagi yang mendapatkan insentif. Pelatihan yang di berikan menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman

  • 5 Oktober 2020 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Mungkin banyak yang merasa hoax, karena juga banyak tersebar kabar bahwa banyak kesulitan yang dialami pendaftar. Mulai dari kesulitan ketika pendaftaran (misalnya upgrade dompet) sampe bahkan di tahap akhir, ketika dana yang tidak turun2 sementara semua CS no response. Bahkan di MK ini pun banyak surat keluhan tentang hal tersebut.

    • 5 Oktober 2020 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Beta melihat ini sebagai kendala umum yang mnag di awal terselenggaranya Program ini tidak disertai dengan sosialisasi maksimal oleh pihak penyelenggara.
      Apa kendalanya. Dan bagaimana solusinya.
      Tinggal bagaimana kita sebagai pelaku, mencari tau secara pribadi menyelesaikan problem itu.
      Mari kita saling bantu menyelesaikan masalah2 itu agar apa yang kita inginkan (dana) cepat cair.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu PraKerja?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kartu PraKerja Minim Sosialisasi

oleh Bang dibaca dalam: 1 min
5