Masalah Insentif PraKerja

Berhubung tidak adanya saluran untuk komplain, baik itu pertanyaan atau keluhan, dalam program kartu PraKerja, untuk itu saya tulis di Media Konsumen. Semoga menjadi perhatian pihak terkait. Masalah pemberian insentif, dimulai ketika pemberian insentif selanjutnya, setelah pemberian insentif pertama.

Proses pemberian insentif pertama sangat bagus, malahan dua hari sebelum jadwal yang tertera di dashboard kartu PraKerja, insentif sudah ditransfer kepada peserta. Namun giliran insentif berikutnya, masalah mulai muncul. Ketika insentif survey, uang sebesar Rp50.000, di jadwal yang tertera seharusnya tertanggal 16 September 2020, baru ditransfer kepada peserta tanggal 29 September 2020. Berarti molor 14 hari dari jadwal.

Dan sekarang memasuki pemberian insentif kedua, yang di jadwal di dashboard PraKerja tanggal 1 Oktober 2020, sampai detik ini saya tulis keluhan di Media Konsumen belum juga ada dana insentif masuk ke akun OVO saya. Saya sudah coba sampaikan melalui email CS kartu PraKerja, tapi email selalu gagal terkirim karena ditolak sistem. Sekalipun dijawab, jawaban dibalas melalui mesin, yang jawabannya itu-itu saja apapun masalah dan pertanyaannya.

Perlu diketahui, saya sudah menyelesaikan semua pelatihan dan mendapatkan 3 sertifikat di kartu PraKerja. Yang menjadi pertanyaan saya atas masalah tersebut adalah, apa masalahnya ada di sistem Tim PraKerjanya atau di pihak OVO sebagai penyalur dana insentif tersebut?

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Erlan Martin
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Program PraKerja:
[Total:83    Rata-Rata: 4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

29 komentar untuk “Masalah Insentif PraKerja

    • 4 Oktober 2020 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Sama juga pak saya jadwal insentifnya tgl 3 tapi sampe sekarang msh sedang proses… Kapan ya????

      • 4 Oktober 2020 - (17:04 WIB)
        Permalink

        Kepada pihak terkait tolong penjelasannya Karena tidak adanya media bagi peserta untuk complain,complain melalui email selalu di tolak sistem atau sekalipun di jawab oleh mesin bgt pun jg cs di medsos baik twiiter ,ig prakerja tdk pernah di tanggapi Dan tolong jawabannya jangan Karena akibat permintaan Dan minat peserta tinggi mengakibatkan pemberian insentif molor

        • 6 Oktober 2020 - (00:56 WIB)
          Permalink

          Saya Gelombang 4, harusnya tanggal 4 september lalu sudah menerima. Namun kenyataannya sampai detik ini insentif pertama belum juga cair. Ingin menghubungin CS juga sepertinya CS hanya fake belaka, sebulan sudah saya menelfon CS hanya dalam antrean. Mau mengadu juga ga tau kemana. Sepertinya CS hanya kedok belaka, email juga tidak ada kepastian. Fitur live chat juga hanya bot saja. Sepertinya pihak prakerja harus mengubah system. Jika kekurangan CS, rekruit kami yang pengangguran dan lebih baik membuat CS prakerja area provinsi saja karena jika CS pusat melayani jutaan peserta setiap harinya pasti tidak akan bisa terlayani. Bukan seperti ini caranya jika mau PHP peserta, kami juga modal Data dan waktu. We need solution, nasib kami menggantung seperti insentif kami yg statusnya “dalam proses” “dijadwalkan”. Jika ada petisi tentang insentif tolong kabari saya, saya siap tandatangi dan share kepada para peserta lain.

          • 6 Oktober 2020 - (12:59 WIB)
            Permalink

            Ide bagus tuh bagaimana kalau ada in petisi buat semua yg belum cair setelah di tandatangani oleh semua kita serahkan surat tersebut ke anggota Dewan,kemnaker serta bapak presiden jokowidodo ,karena yg bagi mereka sepele hanya soal waktu tinggi antrian jadwal tidak bagi peserta ,peserta banyak kehilangan kesempatan baik itu melamar Pekerjaan atau usaha karena masalah Dana insentif yg di janjikan dalam jadwal pencairan nya molor, Ayo kita tunggu rekan rekan senasib untuk merealisasikannya

        • 6 Oktober 2020 - (16:03 WIB)
          Permalink

          Yg di perlukan sekarang ini, kejelasan cairnya dana sekarang, karena dr pihak prakerja tidak ada pemberitahuan lebih lanjut, dan tidak ada kepastian, seharusnya saat ada masalah pencairan, ada pemberitahuan melalui email, atau website prakerja itu sendiri, sehingga kami sebagai penerima, gak merasa di PHP in, seharusnya pihak prakerja harus siap dr hal² yg dapat menunda ini dana. Kami sebagai penerima sangat memerlukannya.
          Semoga pihak prakerja bisa lebih baik lagi kedepannya

          • 15 Oktober 2020 - (19:26 WIB)
            Permalink

            Lah kan sudah di beritahu di Website nyaa makanya di teliti lagi kalo Baca

      • 4 Oktober 2020 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Ini pencairan nya lwat bu apa klo lwat link .lngsung cek aja di link ny jng di prakerja nya. Klo di prakerja ny msih di proses cma di link udah ada saldonya. Klo blum msuk jga smpai skrang mungkin ada kslahan saat pngisian data. Terimaksih.

    • 4 Oktober 2020 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Sama pak saya jadwal insentif nya tgl 26 sseptember tapi sampek skr di dasbornya masih dalam pengecekan,,kita harus bagaimana ya supaya insentifnya cair

    • 4 Oktober 2020 - (23:23 WIB)
      Permalink

      Punya saya dan beberapa teman saya juga mengalami nya,,molor dari seminggu lalu sampai skrg,,kurasa d prakerja bermasalah

  • 4 Oktober 2020 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Bukan masalah besar dan kecil nya nominal intensif.. tapi di masa seperti ini semua sangat² berharap.
    Dan sudah bisa di pastikan hampir setiap saat anggota prakerja membuka dasbord nya.karna bisa jadi hanya itu harapan mereka saat ini.bersabar ya teman² karna kita tidak bisa melihat system mereka bahkan kita tidak bisa melihat bagai mana cara kerja mereka.
    Untuk semua pihak prakerja terkait kami ucapkan terimakasih.

  • 4 Oktober 2020 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Jadwal insentif prakerja punya istri aku.. tgl 3ktober..sedang proses….sampai saat ini belum masuk….tapi saya lihat dimedsos lain..temen aku yg jadwal insentif sama.cair tgl 2….mudahan2 realisasinya cepat..

  • 4 Oktober 2020 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Tgl 3 yg katnya saya mendapatkan intensif 600 tp dlm proses mlu. Curiga saya jangan jangan di itu. Semoga engga yaa

  • 4 Oktober 2020 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Sama, bahkan saya pakai BNI. Dalam pengecekan terus dari jadwal pencarian tgl 1 Oktober 2020, mungkin besok hari Senin, di transfer nya, positif aja lah .

    • 5 Oktober 2020 - (00:16 WIB)
      Permalink

      Sama mas…sy jg jadwal insentif 1 oktober …dr tgl 28 September msh dlm pengecekan smpai detik ini..gak tau ini smpai kpn😌sy sdh coba email cs prakerja yg ad di dashboard tp gagal… kalaupun di balas ya kykx sistem yg bls jwabanx itu2 sj antrian tinggi

  • 4 Oktober 2020 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum,berbagi pengalaman sy buat teman-teman yg mempunyai keluhan perihal insentif Prakerja maupun insentif survey Kebekerjaan. Pengalaman sy klo mo komplain via email jangan keemail CS kartu Prakerja,tapi akan lebih efektif komplain via email support@kemenaker.go.id dengan komplain sesuai subjek,misalnya: insentif survey,subjeknya: Survey Kebekerjaan. Kemudian komplain sesuai keluhan,disertai bukti screenshot keluhan.Inshaa Allah,dengan cara ini akan direspon lebih cepat 2-3 hari kerja akan dibalas via email,kemudian 1 hari kerja akan terlihat perubahan didashboard kartu Prakerja! Mudah-mudahan bermanfaat buat teman-teman, terima kasih.

  • 4 Oktober 2020 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya cuma mau kasih masukkan aja pada saat saya mengisi survey, memang dari aplikasi prakerja memperingatkan paling lama masuk dana nya ya 14 hari kerja selain wekkenf dan libur.. jadi ya sabar aja tidak masalah.. saya aja insentif pertama dijadwalkan 15 September tetapi saya terima tanggal 21 September dan menurut saya sih itu tidak masalah karena apalagi itu bantuan.. bukan gaji kita.. mohon maaf kalau tersinggung

    1
    2
  • 4 Oktober 2020 - (19:45 WIB)
    Permalink

    sama dengan saya dari tanggal 28 sampai sekarang masih dalam pengecekan….padahal insentif pertama lancar bahkan sebelum tanggal yang di jadwalkan udah cair…tp kenapa insentif yang k’2 masih dalam pengecekan..terimakasih

  • 5 Oktober 2020 - (01:11 WIB)
    Permalink

    Setau saya tim prakerja tak pernah bohong,, mereka juga hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, saya adalah alumni gelombang 1 prakerja.. Banyak yang saya pelajari dari sistim prakerja.. Sampai dengan saat ini tim manajemen prakerja sangat butuh pengertian dan kesabaran kita menunggu insentif cair ke rekening masing-masing.. Jadi mohon bersabar..,, semua insentif atau hak kita gak akan di biarkan bgtu saja..
    Hanya perlu waktu untuk menunggu ,, saya sangat bangga dan salud dgn pelaksana program kartu prakerja.. Semoga kalian semua di beri kemudahan untuk menyelesaikan segala keluhan dari para peserta kartu prakerja.

    • 6 Oktober 2020 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Prakerja nih niat ga sih membantu rakyat indonesia. Kl hanya kedok belaka mending terus terang aja

  • 5 Oktober 2020 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Setelah sy menulis ulasan keluhan di media konsumen hasil nya setelah sy cek di dashboard bukan nya malah baik tetapi status jadwal menjadi “menunggu di proses” yg tadi nya dalam pengecekan entah apa maksudnya dari Tim prakerja, bukan kah peserta berhak di beri ruang Tanya jawab atas permasalahan, karena program yang sangat baik bagus Dan membantu seperti program prakerja yg di gagas bapak presiden

  • 5 Oktober 2020 - (09:34 WIB)
    Permalink

    sama seperti yang saya,setelah tanya dan liat di IG prakerja.go.id memang banyak yang molor dalam percairan gan..

  • 6 Oktober 2020 - (02:32 WIB)
    Permalink

    Untuk apa di dasbord insentif pra kerja tertera tanggal pencairan dana insentif?? 6 hari di tunggu2 dana insentif, ragam berganti pemberitahuan. Yang ngk dalam proses lah, dua hari lagi di cek, dalam pengecekan lah.. dua hari lagi di cek, di jadwalkan lah.. dua hari lagi ngk tau apa isi nya. Mending tanggal pencairan jangan di cantumkan.. ku menangis.. bagaikan..

  • 6 Oktober 2020 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Prasangka buruk: manajemen kartu prakerja sudah standar nasional, gajih besar, tapi tidak mampu memberi pelayanan. Berkesan mengabaikan amanah, hanya bisa berdalih dan meminta bersabar, tanpa solusi yg jelas.
    Prasangka baik: sebaik apapun manajemen pasti punya kelemahan. Kita menghargai jerih payah mereka dan solusinya memang bersabar.
    Prasangka mana yg sebenarnya kita nga tau. Mungkin keduanya benar. Kedua prasangka tsb pasti ada balasannya.Tapi selama mental kita kuat dan yakin rejeki itu dari Allah bukan dari manusia, kita bisa tetap survive.

  • 6 Oktober 2020 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Ini saya seharusnya tanggal 5 oktober tapi tulisan nya masih saja DIJADWALKAN itu kenapa yaa, saya sudah kirim email malah katanya gagal suruh tunggu 45 jam, ini gimana dehh, tolong jelasin dong

 Apa Komentar Anda mengenai Program PraKerja?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Masalah Insentif PraKerja

oleh Erlan Martin dibaca dalam: 1 min
29