Pembuktian CCTV ATM LINK Cuma dengan Snapshoot tapi BNI Klaim Transaksi Sukses

Hallo selamat pagi untuk semuanya,

Sesuai judul diatas, saya ingin cerita permasalahan saya. Saya nasabah BNI Cabang Harapan Indah Bekasi. Pada tanggal 12 Oktober 2020 sekitar pukul 15.00 wib saya melakukan transaksi tarik tunai di ATM Link (BTN) dengan nominal langsung Rp 2.000.000. Ketika saya pencet nominal 2 juta rupiah ATM bunyi sedang menghitung uang, ketika berselang 5 menit cuma struk ATM yang keluar dan uang tidak keluar dan saldo saya terpotong. Saya tunggu sampai 5 menit uang juga tidak keluar. Dan langsung detik itu saya telepon BNI Center dan sudah dapat nomor laporan dan menunggu 14 hari (No Laporan 12284429553).

Selang 14 hari saya call BNI Center, kata “CS BNI mengatakan kalau transaksi normal dan uang keluar, mungkin bapak pas meninggalkan ATM, uangnya keluar”

Saya tidak terima dan ini menurut saya mengada-mengada dan dibuat-buat. Alasannya tidak masuk akal. Saya info ke CS BNI, waktu transaksi tunai itu ATM saya tunggu sekitar 10 menit dan ATM sempat saya tendang karena emosi uang Rp2.000.000 tidak keluar. Saya

minta ke CS juga jika memang uang itu keluar tolong dibuktikan dengan rekaman CCTV yang ada di ATM. CS hanya bilang “Silahkan bapak datang ke BNI terdekat untuk mengajukan banding”.

Tepat tanggal 2 November 2020 saya ambil cuti untuk mengurus kasus ini. Saya banding ke BNI Cabang Harapan Indah dan menunggu 14 hari kerja, disurat permohonan itu saya harus menunggu 14 hari kerja lagi untuk proses banding, dan ditanggal 12/11/2020 saya coba call BNI Harapan indah 021-8871858 tapi tidak pernah diangkat, akhirnya saya putuskan untuk mendatangi Bank BNI dan meminta izin pulang setengah hari. Dan tepat tanggal 13/11/2020 pukul 14.30 saya tiba di BNI Harapan indah, dan dibantu satpam untuk menanyakan proses banding saya, dan diterima baik oleh Pimpinan BNI Cab.Harapan Indah.

Laporan Banding

Saya menanyakan perihal proses banding saya sudah sampai ditahap mana prosesnya karena informasi ke saya selama banding tidak ada telp, sms atau wa. Dan pimpinan BNI memberikan alasan bahwa pengajuan banding dalam tahap proses. Saya menanyakan perihal masalah ini kenapa begitu lama, jika memang alasan BNI transaksi sukses, saya cuma ingin buktikan rekaman CCTV nya ke saya. Dan hari itu juga pimpinan BNI request permintaan CCTV ke BNI Pusat untuk diminta ke pihak ke 3 (Bank BTN).

Saya menanyakan perihal ini kenapa baru sekarang meminta CCTV, saya banding itu ke Bank BNI terdekat untuk meminta CCTV tapi pimpinan memberikan alasan kalau CS yang kemarin salah memberikan informasi di MRO nya. Dan lagi lagi ini membuat saya jengkel sekali, hanya permasalahan kecil seperti ini harus bertele-tele dan tidak ada kejelasan. Saya juga menanyakan kepada pimpinan BNI, selama kurang 14 hari kenapa tidak ada informasi ke saya tentang masalah saya. Beliau meminta maaf karena tidak ada komunikasi, dan saya memaklumi itu karena mungkin terlalu banyak nasabah yang bermasalah, dan pempinan berjanji ke saya akan segera memberikan informasi jika sudah ada update dari BNI Pusat.

Tepat tanggal 16/11/2020 pukul 9an BNI Harapan Indah Pimpinan BNI telepon saya dan memberikan informasi kalau sampai saat ini mereka berusaha meminta CCTV ke BTN dan sesuai janji beliau akan memberikan update informasi prosesnya sudah sejauh mana dan saya tanyakan juga ini mau sampai kapan hanya meminta rekaman CCTV aja begitu lama dan beliau tidak bisa memberikan kepastian dan hanya menyuruh menunggu saja. Di pikiran saya hanya satu, bagaimana masalah ini cepat selesai dan uang saya kembali.
Akhirnya saya coba telepon ke CS BTN (1500286) tanggal 17/11/2020 jam 7.33 menanyakan perihal permintaan CCTV, dan cs info: – harus meminta surat keterangan dari pihak kepolisian dan harus meminta surat keterangan dari pihak BNI (saya pusing harus mengurus beginian). Dan ini membuat tambah kerjaan saya harus izin kerja lagi untuk mengurus hal seperti ini.

Setelah saya push tiap hari di twitter @BNICustomerCare dan 1x 2 hari saya datang ke BNI Harapan indah, tanggal 3 Desember 2020, CCTV dari pihak ketiga (BTN) memberikan CCTV. Dan saya jengkel sekali yang diberikan cuma snapshot (screenshot) hanya menampilkan wajah saya ketika di ATM (filenya bentuk word). Saya tanya ke pimpinan BNI videonya mana, uang yang di tampilan di snapshot mana? Jika memang pihak BTN mengatakan transaksi normal dibuktikan dong dengan video atau uang yang ditampilkan di ATM saaat pengambilan. Pihak BNI Harapan Indah tidak bisa mennjawab dan saya lihat pusing.

Saya mencoba meminta file word snapshotnya tapi pihak BNI tidak mau memberikan filenya dan akhirnya pihak BNI Harapan Indah berjanji untuk meminta video rekaman CCTV kepihak BTN. Saya heran aja pihak Bank BTN begitu bodohnya hanya memberikan snapshot untuk pembuktian yang katanya transaksi sukses hanya memberikan foto wajah saya, yang menurut saya very very stupid.

Uang 2 juta itu sangat saya butuhkan buat makan dan hidup karena selama pandemi ini cari uang begitu susah tapi seolah-olah Bank BNI dan Bank BTN mau bermain-main dengan nasabah. Saya sudah tekankan kepada pihak BNI Harapan Indah, sampai kemanapun kasus ini akan saya tempuh karena memang uang itu benar-benar tidak keluar.

Subur
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • hmm klo udah menyangkut cctv menang instansi mana pun jd sulit sepertinya,krn menyangkut "privasi" mereka, dan setahu saya menang ada undang undang yg melindungi rekaman cctv jg, oleh karena itu mereka menyebutkan perlu surat dr kepolisian, 😞😞😞😞

  • Saya juga heran kinerja pegawai bank milik pemerintah ini sepertinya rada lelet dan seperti robot. Saya juga pernah komplain ke BRI mengenai permasalahan rekening dan butuh waktu berbulan-bulan baru bisa selesai.

  • Iya ini masalah nya dari bank BTN sebenarnya yg ga kooperatif dan bertele-tele memberikan laporan ke BNI
    Makanya lebih baik ambil uang di ATM di ATM bank kita aja jangan di ATM bank lain walau ada embel embel link
    Karna jika terjadi suatu masalah ya begini ni yg bikin males kita
    Proses berbelit-belit

    Saya juga pernah mengalami hal yg sama saat melakukan penarikan atm BNI nominal 2,2 juta tapi untungnya saya narik di ATM BNI jadi uangnya bisa kembali dalam waktu 14 hari kerja

  • Aku juga pernah narik uang d ATM BCA gak keluar uangnya, tapi saldo kepotong, 100rb, itu besar buat saya.
    Langsung saja saya telp Hallo BCA, dan akan segera di proses dalam waktu 12hari kerja.
    Dan ternhata, baru 2 hari kerja saldo saya telah kembali hehehehhe i love BCA

    • Iya sama ane juga pernah di bca tapi katanya tunggu aja sehari juga normal. Wah degdegan juga nunggunya eeeh ternyata besoknya benar balik lagi dalam rekening

  • pendapat saya, ini diluar kuasa bank saudara.

    saudara melakukan penarikan di mesin atm milik bank lain. jadi sebaiknya saudara meminta pembuktian kepada pihak bank lain tsb. karena kewenangan pembuktian dan wewenang akses cctv dll milik bank lain itu.

    bahwa yang bisa membuktikan mesin atm itu rusak atau tidak bukan dari bank milik saudara tapi dari pengelola dan penanggung jawab atm tsb.

    sebagai informasi, mesin atm milik bank biasanya dikelola oleh beberapa vendor khusus. sehingga jika saudara runut, pihak yang perlu diklarifikasi semakin panjang.

    vendor atm, bank lain tsb, dan bank saudara.

    Senada dengan komentar yang lain diatas, saudara perlu memaklumi, bahwa saudara tdk bisa serta merta meminta akses video cctv tampa ada putusan dari pengadilan, meskipun ada laporan dari kepolisian dll.

    Karena menyangkut informasi dan kepentingan bank dan nasabah lainnya.

    Sehingga, saudara perlu memaklumi bahwa proses masalah saudara, terlebih dengan meminta rekaman cctv simple. Perlu adanya pelaporan, proses analisis dan administrasi, perlu adanaya audit, dan tentang jenjang kewenangan dll dari masing-masing pihak sehingga jika dikali dengan jumlah pihak terkait, hasilnya adalah waktu yg dibutuhkan cukup lama.

    Sebaiknya saudara kembali diskusi dengan pihak bank saudara dan pihak bank terkait untuk proses penyelesaiannya.

  • Salam Buat semua pembaca Media Konsumen,

    Setelah menunggu 2 bulan lebih dan saya push hampir tiap hari akhirnya tgl 05/12/2020 uang saya dikembalikan pihak BTN, terima kasih Bank BNI dan Media Konsumen untuk kasus saya ini bisa selesai dengan baik...kepada pihak BTN yg membaca media ini tolong tingkatkan pelayanannya dan tingkatkan cctv di atm juga dan ATM nya jangan sering error dimaintenance sesering mungkin...
    Kepada pembaca yg lain, jika tarik tunai kalau bisa cari ATM sesuai dengan bank yg kita pakai, jika tidak urgent usahakan jangan pakai atm embel2 link, karena jika terjadi msalah pasti ngurusnya susah dan ribetnya minta ampun, dan sudah saya alami sendiri...
    Semoga ini jadi pelajaran buat kita semua baik dari pihak bank ataupun dari kita sebagai customer...Thanks GBU