Surat Pembaca

Oknum Kurir Pos Indonesia yang Suka Memeras Konsumen!

Pada tanggal 15 Desember 2020 pukul 12.39 kurir Pos Indonesia cabang Jakarta Barat Daan Moogot 20 bernama Gun*** dengan nomor HP 0812195333** datang mengantarkan paket saya dari Cina, dan meminta uang Rp120.000 kepada pembantu saya. Saya lalu menghubungi kurir tersebut melalui HP pembantu saya, saya tanya: “Biaya apa Rp 120.000?”. Dia bilang itu untuk biaya bea cukai. Saya bilang “Ini di website hanya Rp27.000”.

Kemudian dia minta bukti tersebut dan saya kirim ke nomor HPnya. Setelah ada bukti screenshot dari website beacukai.go.id lalu dia meminta biaya tambahan sebesar Rp35.000 sebagai biaya admin, yang jika ditotalkan jadi Rp62.000.

Saat dikasih, kurir tersebut meminta dengan kasar uang sejumlah Rp70.000 yang akhirnya diberikan oleh pembantu saya, karena pembantu saya ketakutan akan perilaku dia. Perilaku layaknya preman yang tidak mengenakan masker di masa pandemi ini (foto terlampir).

Saya lalu membuat keluhan secara tertulis di website Pos Indonesia. Namun bukan permintaan maaf yang saya dapat, akan tetapi malah TEROR!! Gun*** meneror saya melalui chat Whatsapp, telepon dan voice note. Saya komplain lagi, tapi tidak ada tanggapan secara resmi dari Manajer Kantor Pos Jakarta Barat Daan Mogot.

Mengenai masalah ini saya sampaikan pula di group komplek rumah saya, dan ternyata banyak yang mengalami hal seperti saya. Ini pengalaman tetangga saya:

“Ya pengalaman saya juga. Waktu terima paket dari Korea, dia minta ke ibu saya 550 ribu. Terus ibu saya telrpon saya. Saya bilang pak mana invoicenya? Karena setahu saya pakai pos indo kalau dia kirim barang selalu bawa invoice kalau ada biaya bea masuk dan admin. Dia bilang lupa invoice taruh dimana. Terus saya bilang nanti dulu saya cek dulu biaya. Habis beberapa lama baru keluarin invoice bilang terselip. Nominal di invoice 450 ribu. Jadi dia nambah 100 ribu sendiri.” 

Ternyata banyak sekali yang telah komplain akan kurir tersebut, tetapi tidak ada tanggapan dari Kantor Pos Jakarta Barat Daan Mogot. Hanya ada tanggapan permintaan maaf dari customer service saja. Saya ingin ada tanggapan serius dari manajer Kantor Pos Indonesia. Saya yakin bukan saya saja yang telah menjadi korban dalam kenakalan oknum pihak kantor pos.

Yuliana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Pos Indonesia atas Surat Pembaca Ibu Yuliana

Dengan Hormat, Menanggapi keluhan Ibu Yuliana pada MediaKonsumen.com tanggal 16 Desember 2020 tentang pungutan bea untuk kiriman dari luar negeri....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya jg sama dgn pengalaman bu yulia、maju trus bu、jgn kendor membela konsumen、saya jg sama bermslh dgn pos indonesia lewat paket ems、kna biaya 1jt pengiriman paket dr jepang、g terima akhirny di kembali lgi ke jepang。

  • Pos indonesia itu bobrok pegawainy g bermoral、cos mskny jg lewat ordal biasany udh bkn rahasia lgi msk nyogok jtaan biar bs jd pegawai pos indonesia

    • @Enny

      Jangan asbun gitu buk. Persepsi harus ada Dasarnya. Jangan asal mengeluarkan unek unek. Tidak baik.

  • @muhammad situ sotoy amat nuduh gw asbun、situ oknumny ea、kok tersinggung gw ikutan komplain jg & buka rahasiany rekrutment karyawan kantor pos?、g bener loe ketauan ea、klo mo buka rahasia jgn ragu2 pake lempar batu sembunyi tangan main nuduh2 orng sembarangan aj 、ketauan tuch kerjaan loe g bener nkang provokasi orng、loe kerja jg by nyogok tuch、beuhh‼️