Transfer dari CIMB ke Digi Salah Nomor Rekening, Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Uang?

Kronologi kejadian:

Pada tanggal 12 December 2020 (16.28) saya melakukan transaksi melalui Octo Mobile, mau melakukan transfer dari CIMB niaga milik saya ke Digi (DBS) bank milik saya. Disebabkan saya mau menempatkan deposito di DIGI bank jadi pengiriman yang saya lakukan angkanya lumayan besar untuk kapasitas ekonomi saya.

Nama: E** Juni***
No rekening CIMB: 700057679***
Dengan jumlah sebesar XX juta rupiah.

Setelah berhasil saya lihat dari SMS yang masuk kenapa nama penerimanya bukan nama saya. Nama yang tertera adalah

Nama: Muhammad R*** F*****
No rekening: 1705593***

Setelah saya check lagi, ternyata saya melakukan salah pengetikan 2 no paling belakang rekening Digi bank tersebut.

Pada saat itu juga tanggal 12 Desember 20 hari Sabtu, saya sudah menghubungi call center CIMB NIAGA (14041). Dinyatakan transaksi sudah berhasil dan tidak bisa ditarik kembali. Diharapkan untuk menghubungi bank Digibank (DBS). Tetapi sudah dibuatkan permintaan pengaduan dengan ibu Hafi (Call center CIMB Niaga) .

Saya menghubungi pihak Digibank (DBS), dari pihak Digibank (DBS) menyatakan bahwa prosedur yang dibutuhkan adalah harus ada surat bilateral dari CIMB Niaga kepada Digibank (DBS). Transaksi ini harus dilakukan antara level dengan bank. Walaupun saya sebagai nasabah CIMB dan Digibank (DBS), tapi Digibank (DBS) harus mendapatkan surat billateral dari CIMB Niaga.

Senin tanggal 14 Desember 20, saya pergi ke bank CIMB cabang kelapa gading dekat area apartement WGP. Menurut CS tersebut, Dikatakan tidak ada yang bisa dilakukan karena surat pengaduan sudah dibuat, tunggu saja. Pada hari yang sama, saya berbicara dengan CS Digibank dan menjelaskan serta memberikan bukti bukti. Dari CS Digibank bisa melihat bahwa benar ada transfer dari CIMB niaga milik E** kepada DIGI Muhamad R*** dan benar no rekening tersebut beda 2 no tersebut.

Dibutuhkan surat bilateral dari CIMB Niaga untuk melakukan apapun juga. Tapi akhirnya setelah berkali kali saya jelaskan kembali baru mau dibuatkan surat pengaduan dari sisi Digibank untuk saya. Tapi ditekankan tidak ada aksi yang real bisa dilakukan tanpa surat bilateral dari CIMB Niaga.

Rabu tanggal 16 Desember 20, saya telpon CIMB Niaga cust service dan dibilang untuk pembuatan surat bilateral diharapkan pergi ke cabang. Ketika saya complain kenapa tidak dari hari Senin, CSnya hanya bisa bilang ini acuannya diharapkan pergi ke cabang saja. Saya pergi ke cabang CIMB Kelapa Gading depan MKG kelapa Gading.

Di sini cs yang menerima bilang “ibu, mustinya dari awal minta dibuatkan surat bilateral.” Saya jawap “ini Prosedurnya seperti apa? Saya sudah ke cabang CIMB depan WGP dan menjelaskan kejadian salah transfer saya tapi diminta untuk menunggu saja.” Disini CS cabang CIMB membuatkan surat bilateral dimana saya berikan bukti-bukti kesalahan transfer saya ke CS tersebut. Menurut cs tersebut surat bilateral dibuat dalam system CIMB sehingga tidak bisa dibagi copynya kepada saya.

Dalam pembuatan surat bilateral ini diberikan no pengaduan baru. (CS CIMB Niaga bilang no pegaduan yang lama tidak perlu lagi bu). Ketika saya tanyakan langkah selanjutnya. Diminta tunggu saja karena nanti ada internal divisi yang mengirimkan surat billateralnya ke Digibank. Tenggat waktu yang diberikan sampai tanggal 22 Desember 20.

Dari sisi Digi bank ketika saya tanyakan tentang pengaduan saya tersebut. Digi menyatakan sudah berhasil berkomunikasi dengan pemilik rekening pak Muhamad R*** tersebut. Dan bapak Muhammad setuju untuk mengembalikan. Tapi dari DIGI tidak bisa melakukan apapun tanpa surat bilateral dari CIMB Niaga.

Hari ini tanggal 22 Desember 20 saya hubungi Whatsapp CIMB Niaga resmi dan bilang investigasi dimundurkan menjadi 45 hari.

whatsapp hasil komunikasi dengan wa resmi CIMB Niaga
whatsapp hasil komunikasi dengan wa resmi CIMB Niaga

Dari surat ini saya meminta tolong apa lagi yang harus saya lakukan untuk memproses pengembalian kesalahan transfer tersebut. Tindakan internal apa lagi yang harus dilakukan CIMB sehingga membutuhkan tambahan waktu tersebut.

Eda
Kelapa Gading, Jakarta Utara, 14240

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:5    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Eda

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Eda yang berjudul “Transfer dari CIMB Niaga ke Digi Salah Nomor Rekening, Bagaimana Cara...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Transfer dari CIMB ke Digi Salah Nomor Rekening, Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Uang?

  • 27 Desember 2020 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Klau boleh saya memberikan saran, knp anda tidak langsung saja menghubungi pihak yang sudah anda salah transfer dgn begitu lebih cepat. Tentu dengan meminta data nasabah( jika boleh sesuai aturan pastinya, tapi itu sudah krn data nasabah di lindungi).. Dan jika bisa saya baca di sini, intinya anda salah transfer, dan senormal anda adalah melaporkan ke bank tujuan dan banj asal anda.. Untuk cimb niaga dan digi bank saya kira mereka pasti akan membantu, tetapi ya memang akan ribet prosesnya krn antar instansi perbankan.. Krn buka merek yang bermasalah, tetapi anda yng salah nomer rek. Di sisi cimb niaga, sudah ada pengamanan dgn ikripsi dan setelah anda memasukkan norek pasti ada keterangan ke siapa anda akan mengirim, dan anda sudah klik proses, brarti artinya anda “mengiyakan” dlm bahasa sistem. Dan dr pihak Digi bank hanya sebagai bank penerima ya hanya menerima uang, mereka tdk masalah. Mungkin itu kaca mata saya.. Dan yang menerima uang anda saya pikir dia orng yang baik semoga tidak menganggap itu uang kaget.. Dan buat anda terus saja berusaha dan semoga bisa, seharusnya bisa. Sekali lagi dr sistem perbankan ini tidak ada kesalahan sistem.. Krn sekali lagi.. Perbankan sudah ada pengamanan dan konfirmasi sebelum nasabah mengirim,beda kasus jika anda sudah yakin benar tetapi sistem lagi down.. Itu beda kasus.. Terima kasih

    • 27 Desember 2020 - (23:01 WIB)
      Permalink

      Pak, maaf jika boleh bertanya tapi bagaimana caranya meminta data nasabah, mungkin bapak ada pengalaman? karena saya sudah minta kepada bank tapi tidak bisa diberikan karena sesuai ketentuan ojk perlindungan konsumen, data tidak bisa diberikan. dan mencari di google atau facebook no rekening ini tidak muncul dimanapun juga dan nama yang dimiliki adalah nama majoritas orang indonesia, kekuatiran saya dengan melakukan hal seperti ini adalah hanya memancing tindak kriminal. terima kasih atas saran bapak

      • 28 Desember 2020 - (03:48 WIB)
        Permalink

        Memang susah meminta data nasabah krn memang ada prosedur dan kebijakan nya. Dan data nasabah di lindungi oleh undang2. Saran saya ya ikuti arahan dr pihak bank saja dan tetap berharap ada jalan keluar dan juga berdoa agar orang yg menerima orang tsb adalah orang baik, krn jika anda mencari2 cara untuk memperoleh data tsb, memang bisa di indikasikan kriminal, walau memang anda yang mengalami sendiri. Tentu setiap bank ada proses yang harus dilakukan, dan anda tidak ada pilihan lainnya. Sekali lagi di sini bank tdk bersalah dan bank penerima jg tdk masalah, sistem perbankan keduanya juga tdk down atau bermasalah, dan ini murni kekeliruan anda yang tdk berhati2 dlm pengiriman.
        Bersabar saja, dan ikuti proses bank

  • 29 Desember 2020 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Saya hanya mau memberi tahu bahwa untuk kasus salah transfer dari CIMB ke DIGI bank tersebut sudah diselesaikan. Dana sudah dikembalikan kemarin sore. pada tanggal 28 dec 20. Kemarin, saya ditelpon pihak CIMB bahwa surat pemberitahuan dari CIMB sudah dikirim ke Digi bank, dan sudah ditanyakan kelanjutannya. Pada hari yang sama juga, Digi bank menelpon saya untuk memberi tahu proses untuk pengembalian sudah diproses. Sekitar 16 hari dari hari kejadian, dana sudah kembali kepada saya.
    Saya mau mengucapkan terima kasih kepada CIMB Niaga dan Digi bank DBS yang sudah bekerja sama dan dengan cepat membantu saya. Dan saya juga sangat amat berterima kasih kepada Pak Muhammad yang memiliki akun Digi/DBS (yang saya salah transfer) tersebut yang memiliki itikad dan moral yang baik. Sangat amat berterima kasih juga kepada Media konsumen yang membantu untuk menyuarakan suara hati saya. Dan terima kasih juga untuk advise yang saya terima di dalam surat pembaca ini.

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Transfer dari CIMB ke Digi Salah Nomor Rekening, Bagaimana Cara Mendap…

oleh Eda Soeharjono dibaca dalam: 2 min
5