Gundukan Sampah di Wajah Pantai Baru Kalimantan Barat

Pantai Samudra Indah ini menyedot perhatian masyarakat sebagai ikon wisata baru di kota Singkawang Kalimantan Barat. Sebagai wajah baru yang muncul seharusnya perhatian tercurah pada permasalahan yang kerap kali terjadi di tempat wisata pantai yaitu sampah. Uniknya, sampah yang terlihat pada pesisir Pantai Samudra Indah ini berasal dari laut yang terbawa melalui ombak. Bukan sampah kemasan atau sampah pada umumnya yang akan dibuang oleh pengunjung ke pantai. Jenis sampah yang tergolong kedalam ukuran sedang itu seakan tak ada habisnya.

Bukan hanya mengancam ekosistem laut dan lingkungan sekitarnya, namun keindahan alami dari pantai baru ini juga turut terkikis oleh kiriman sampah yang entah darimana datangnya. Sampah yang tak bertuan tersebut juga tak diurusi oleh si tuan rumah pantai samudra indah. Patroli kebersihan tak terlihat dari pihak pengurus pantai terkait. Padahal pada kawasan tersebut juga terdapat resort yang apabila dibandingkan, kejomplangan kebersihan kedua tempat dikawasan tersebut terlihat sangat jelas.

Perbedaan kedua target Social Economic Status (SES) kedua jenis tempat tersebut memanglah berbeda. Namun, sebelum masuk ke Pantai Samudra Indah ini pengunjung juga membayar tiket masuk seharga Rp10.000 per orangnya. Seharusnya dengan menggunakan uang tersebut, biaya pemeliharaan kebersihan pantai sudah termasuk didalamnya. Namun nyatanya, gundukan sampah tetap terlihat walau pundi rupiah telah terbayarkan setiap kepalanya pada pihak terkait pengelola pantai Samudra Indah tersebut.

Jovita Nathalia
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 4/5]
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Gundukan Sampah di Wajah Pantai Baru Kalimantan Barat

oleh jovita dibaca dalam: 1 min
0