Cerita Pengalaman Belanja Online, Berkali-kali Dikirim Ukuran Tidak Sesuai Pesanan

Sebetulnya saya tidak tahu bagaimana saya harus bercerita. Tapi ini cerita mengenai kerugian dalam berbelanja online. Membeli belanja online dipilih karena barang memang ditemukan hanya pada toko online tertentu atau karena memang sedang masa pandemi seperti ini. Mungkin bukan hanya saya yang mengalami hal ini. Hal yang saya maksud kali ini adalah tanggung jawab penjual kepada pembeli. Dalam hal membeli barang-barang online kita memang melihat rating dan komentar pembeli, tapi nyatanya itu juga tidak menjamin.

Jadi, langsung saja saya akan bercerita mengenai pengalaman saya berbelanja di salah satu toko online, dalam hal ini adalah sepatu. Jadi saya membeli sepasang sepatu karena saya suka modelnya. Saya pesan sepatu tersebut dengan size cukup besar memang yakni 44. Tapi hal ini sudah dikonfirmasi terlebih dahulu ke toko dengan menanyakan stoknya. Dan pihak toko menjawab ada. Barang pun diproses lalu tiba di rumah.

Saya senang saat barang datang dan ingin segera mencobanya. Namun ketika akan dicoba, ternyata sepatu yang dikirimkan size-nya salah. Bukan size 44 tetapi size 41. Saya ajukan komplain dan barang diretur dan tentu saja apa yang membuat hati tambah panas? Ongkos kirim pengembalian barang saya yang harus membayarnya. Padahal kesalahan size dikirimkan oleh penjual. Pihak toko berjanji akan mengirimkan kembali barang dengan size yang benar.

Setelah lewat beberapa hari, akhirnya mereka mengirimkan barang penggantinya. Entah apa yang membuat mereka menghabiskan waktu berhari-hari. Dan saat barang baru yang datang, ternyata size masih salah dan lebih parah. Saya menerima sepatu dengan size 38, semakin kecil. Bagaimana size 38 bisa masuk sementara size 41 saja sudah tidak muat?

Hal yang menjadi masalah bagi saya adalah bukan hanya ongkos kirim yang saya harus bayar untuk mengembalikan barang tapi waktu yang dihabiskan. Terlebih lagi mereka terkesan lambat ketika mengirim barang baru dan itu pun masih salah. Akhirnya saya mengirimkan kembali barang itu dan meminta pembatalan dan uang saya dikembalikan. Saat saya menulis artikel ini, uang refund belum masuk. Menurut saya, ini sangat mengecewakan.

Di sisi lain ada juga pengalaman mengenai pembelian yang diproses begitu lama, saya tidak tahu apakah barang tersebut benar sesuai order atau tidak karena barangnya belum sampai juga sekarang (pihak toko lambat dalam memproses). Batas waktu yang diberikan oleh situs toko online begitu panjang dan toko melayani dengan lambat. Memang, sebagai konsumen kami bisa memberikan rating, tapi tetap tidak mengembalikan kerugian waktu dan uang yang sudah dikeluarkan.

Daniel Tatang
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mau ikut nimbrung.
    Kl seller mengirim barang tidak sesuai pesanan dan deskripsi, saya lebih baik kembali uang.
    Alasannya pertama kali saja sudah tidak jujur, maka kemungkinan besar selanjutnya pun akan tetap tidak jujur.

  • sebut dan tunjuk aja toko onlinenya serta providernya di sini supaya jelas dibantu...

    • Betul juga. Untuk beberapa barang sebaiknya offline ya.. apalagi sepatu, bisa dicoba dulu

  • Permasalahannya sangat tidak jelas, jadi kecewa kepada siapa? toko yang kerjanya asal asalan atau ecommerce yg belum mengembalikan dana refund. Yang baca smua bgng ini sesi curhat mau dikomenin apa... kalo belanja online ya aturannya memang bgitu Pak, toko yang kerjanya berantakan banyak, makany ada rating dari pembeli yang menyatakan bahwa tokonya tidak bisa dipercaya.

    Yah sebagai pembeli kalo sudah kecewa ya jangan beli disana, lagian kalo salah penjual ya jangan tanggung ongkir pengembalian, kalo saya mendingan saya lgsg minta refund saja.

    • Ke tokonya sih.. karena toko-toko lain belum pernah ada masalah. Dana refund sedang diproses. Dan nggak akan lagi belanja di toko itu, atau untuk sepatu sebaiknya offline sepertinya.

      • Aku pernah juga salah warna di e-commerce oren, tapi ongkirnya gratis kok, kl di oren sesuai kebijakan, barang yg cacat , tdk sesuai gambar, atau tidak sesuai pesanan bisa di retur dan ongkir tidak ditanggung oleh buyer (pas dikirim ajukan pengembalian dan foto barang yg tdk sesuai) kl misal dr pihak toko minta bayar ongkir sendiri, kamu bisa diskusi dg hak konsumen kamu. Ini kl di oren y g tau kl yg lain.

  • Kurang lengkap ceritanya. Belinya di marketplace apa, nama tokonya apa, screenshot bukti pesanannya.

  • paling males kalau disuruh nanggung ongkir bolak balik
    kesalahan di seller kenapa jadi buyer yg nanggung semua

  • Klo curhat jangan disini mas, disini tempatnya komplain agar masalah diharapkan bs secepatnya diselesaikan, yg dilapor bs berbenah diri dan yg lain jg bs lebih waspada, langsung tunjuk batang hidungnya, sebutkan siapa, nama toko, tgl brp trx, marketplace mana.

    Nulis panjang lebar jd ga ada gunanya.

  • Sebenarnya ini minta penyelesaian dr toko mana, marketplace mana?
    Gak jelas

  • Gimana bisa mendapatkan tanggapan dari pihak yang di permasalahkan, kalau nama toko nggak disebutkan. Apakah takut sebutin nama tokonya, atau jaga privasi