Kecewa dengan Pelayanan Bank Mandiri

Saya adalah nasabah Bank Mandiri KCP Weda, Maluku Utara, yang sangat tersinggung atas perlakuan seluruh pegawai di Bank Mandiri KCP Weda. Pukul 08.30 WIT, saya datang ke sana ingin melakukan penyetoran/pembayaran, tetapi saya diminta keluar dengan alasan mereka ingin melakukan briefing internal.

Maksud saya, saya ingin menunggu di ruang tunggu yang disediakan, tetapi malah diminta menunggu di luar kantor oleh salah satu pegawai, yang saya tidak tahu berada di sebelah mana, dengan cara mengeraskan suaranya. Barulah beberapa saat kemudian, sekuriti dari Bank Mandiri berdiri dari duduknya dan mengatakan kepada saya “Pelayanan dimulai jam 09.00, silahkan menunggu di luar“.

Mohon untuk ditanggapi secara serius hal ini, karena sudah rahasia umum, KCP ini dikeluhkan masyarakat sekitar. Hanya saja kami tidak punya akses untuk melakukan pelaporan hal-hal menyangkut pelayanan. Kami berharap solusi dari pihak Bank Mandiri dengan hal ini, sehingga ada efek jera yang dapat disaksikan staf yang lainnya.

Ali Chandra
Kota Ternate Selatan, Maluku Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:95    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Ali Chandra

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan terima kasih atas masukannya. Perihal tersebut, dapat kami sampaikan kembali bahwa...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Bank Mandiri

  • 15 September 2021 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya di setiap bank memang pasti ada briefing internal di pagi hari sebelum bank buka sih. Saya sendiri pernah mengalami masuk ke dalam bank ketika ada briefing internal. Saya kira banknya sudah buka dan banyak orang di dalam yang sudah mengantri. Ternyata itu adalah pegawai bank yang sedang dibriefing. Waktu itu securitynya memberitahu saya dengan sopan bahwa banknya masih tutup dan dipersilakan untuk menunggu di luar.

    13
    6
    • 15 September 2021 - (23:08 WIB)
      Permalink

      Briefingnya 1 jam ?

      Briefing kok sampai makan waktu layanan hingga 1 jam, ya kalau pembicaraan sudah beres kurang dari itu ya langsung aja mulai kerja.

      Kalo memang akan Briefing sampai puas hingga 1 Jam. Seharusnya petugas bank itu datangnya lebih pagi. Hapus saja itu tulisan – Jam Layanan pukul 08.00 – , Ganti dengan – Jam Layanan Selesai Briefing -.

      12
      4
      • 16 September 2021 - (07:50 WIB)
        Permalink

        Di atas tidak disebutkan briefingnya 1 jam lho. Darimana bisa ambil kesimpulan briefingnya 1 jam?

        Jam operasional bank selama pandemi berubah sesuai dengan peraturan PPKM dari pemerintah untuk mengatasi Covid-19. Bank hanya bisa mengikuti ketentuan yang sudah dikeluarkan pemerintah.

        Briefing internal itu dilakukan sebelum bank beroperasi. Itu dilakukan oleh semua bank setiap harinya karena itu adalah hal yang wajib dilakukan. Coba datangi bank terdekat di pagi hari, pasti mereka melakukan briefing terlebih dahulu sebelum mulai beroperasi. Dan selama briefing tersebut tidak boleh ada nasabah yang menunggu didalam, pasti diminta menunggu di luar.

        10
        2
        • 16 September 2021 - (09:25 WIB)
          Permalink

          @Andri

          Semua panca indera yang lo punya itu mbok di pakek toh mas. Biar bisa ambil kesimpulan.

          – Di Kaca Kantor Bank Mandiri itu ada kertas tertempel, informasinya dibaca bukan cuma di pelototin doang.

          Itu jelas tertulis Layanan Pukul 08.00

          – Nasabah datang Pukul 08.30

          – Sekurity mengatakan Layanan di mulai jam 09.00 karena sedang Briefing.

          Kesimpulannya ya Briefing makan waktu 1 Jam dong.

          Trus sekarang giliran w tanya sama Lo. Dimana Lo bisa ngasih kesimpulan ini :

          “Jam operasional bank selama pandemi berubah sesuai dengan peraturan PPKM dari pemerintah untuk mengatasi Covid-19. Bank hanya bisa mengikuti ketentuan yang sudah dikeluarkan pemerintah.”

          Apakah ada informasi itu di SP ini ? Tidak ada kan. Lo hanya men-generalisasi saja. Padahal tidak semua tempat seperti itu.

          W baru seminggu yang lalu ada urusan dengan CS di Bank BRI, w datang Jam 8 lewat 5 menit. Sudah rame banget malah dapet antrian nomor 32. Malah orang orang yang duduk di depan Teller sudah banyak yang beres di Layani. Disitu W merasa datang Kesiangan.

          Bukan sebaliknya dengan Nasabah Mandiri di SP ini, dia sudah datang Kesiangan Jam 08.30, tapi seperti datang terlalu pagi karena belum ada Layanan yang bisa didapatkan.

          7
          6
          • 16 September 2021 - (09:49 WIB)
            Permalink

            Itu bukan kertas, tapi sticker permanent yang tidak mudah dicopot.

            Selama PPKM, bank melakukan perubahan jam operasional di kantor cabangnya. Salah satunya bank Mandiri yang jam operasionalnya menjadi: 09.00-15.00. Hal seperti itu sudah banyak diberitakan salah satunya di bawah ini:
            https://money.kompas.com/read/2021/06/30/082349426/jadwal-terbaru-operasional-bank-selama-pengetatan-ppkm?page=all

            Bank Mandiri berbeda dengan bank BRI. Bank BRI tetap buka jam 08.00 tapi tutupnya lebih awal yaitu jam14.00. Sedangkan bank Mandiri Buka jam 09.00 dan tutup jam 15.00.

            Malah kalau kita datang ke bank dan masih sepi harus curiga, kenapa masih sepi. Apakah banknya sedang tutup atau jam operasionalnya masih lama. Orang yang mau ke CS bank pasti sudah mengantri jauh sebelum jam operasionalnya. Jadi jangan kaget datang pukul 08.05 tapi sudah banyak antrian di dalam. Saya sudah sering banget ngalamin kayak gitu.

            5
            2
          • 16 September 2021 - (10:11 WIB)
            Permalink

            @Andri

            “Itu bukan kertas, tapi sticker permanent yang tidak mudah dicopot.”

            Lo copotnya pakek bibir doang kali ya. Makanya susah banget, ya iyalah. Pakek tangan dong mas nyopotnya.

            Mas Andri ini orangnya suka membanding bandingkan dengan kemampuannya sendiri. Ketika dia tidak bisa menganggap semua orang juga tidak bisa.

            Ketika dia melihat info tertentu, menganggap info itu berlaku secara general.

            Mas andri lupa kalau didunia ini ada Ruang dan Ada Waktu. Ruang dan Waktu itu sepaket.

            1
            2
        • 16 September 2021 - (09:39 WIB)
          Permalink

          @Andri

          Lo juga seharusnya meresapi pernyataan Nasabah yang ini :

          “Mohon untuk ditanggapi secara serius hal ini, karena sudah rahasia umum, KCP ini dikeluhkan masyarakat sekitar. Hanya saja kami tidak punya akses untuk melakukan pelaporan hal-hal menyangkut pelayanan.”

          Itu artinya, Bobroknya layanan KCP Weda di alami oleh banyak orang bukan hanya penulis SP ini saja.

          Dari pernyataan itu terindikasi bahwa Penulis sudah gregetan karena jeleknya Pelayanan di alaminya ketika sedang urgent urgent nya.

          KCP Weda Bobrok.

          • 16 September 2021 - (09:46 WIB)
            Permalink

            @isdebe
            Terima kasih banyak atas tanggapan dan kepeduliannya. Kami sudah melakukan mediasi dan ada kunjungan dari Pihak KCP Weda, sekaligus melakukan permohonan maaf kepada saya pribadi. Sekiranya masalah ini tdk melebar menimbulkan masalah yg lain lagi diluar pertemuan yg kami lakukan. Ucapan terima kasih banyak atas dukungan Bapak Ibu sekalian. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua yg bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

            3
            1
    • 16 September 2021 - (10:23 WIB)
      Permalink

      @Andri

      Kalo dipikir ulang dan seksama. Ternyata masalah ini cuma sepele.

      Informasi Layanan yang tertulis Pukul 08.00 itu sebenarnya sudah tidak berlaku. Dan harus dicopot. Informasi itu tertulis di Stiker Permanen.

      Semua orang berusaha mencopot Stiker itu dengan Bibir, makanya susah.

      Ini ku beritahu solusinya : Coba copot stiker itu pakai Tangan. Dan segera ganti dengan Informasi terbaru ya.

      Terima kasih mas andri sudah memberikan keterangan inti dari masalah ini sehingga masalah yang tadinya rumit menjadi sepele. Dan bisa ditemukan solusi yang sangat telat.

      Copot Stiker itu pakai Tangan ya, jangan pakai Bibir lagi.

      1
      2
      • 16 September 2021 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Masalah sepele karena merasa tersinggung dan keberatan ketika diminta menunggu di luar karena staff banknya sedang melakukan briefing sesuai dengan standar banknya.

        Itu adalah hal yang biasa. Saya sendiri pernah dua kali diminta menunggu di luar ketika tiba-tiba masuk ketika mereka sedang briefing. Itu sudah menjadi tugas securitynya dan SOP banknya untuk tidak memperbolehkan pengunjung masuk terlebih dahulu, tidak perlu sakit hati.

        Sticker permanen tidak bisa dicopot, harganya cukup lumayan untuk buat lagi. Lagipula ada petugas bank yang bisa ditanya apakah banknya sudah buka dan sudah boleh masuk atau belum. Dan bisa jadi di sana ada informasi tambahan waktu aktif banknya yang luput dari penulisnya. Jadi, kenapa jadi masalah? Tinggal tunggu di luar hingga pukul 09.00 lalu masuk ketika banknya sudah buka. It is that simple.

        2
        1
    • 15 September 2021 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas tanggapannya, dan terima kasih atas respon yang sangat baik dari Pihak KCP Weda dengan permohonan maafnya kepada saya sebagai nasabah. Saya pun secara pribadi memohon maaf atas miskomunikasi yg terjadi, perlu saya klarifikasi bahwa ini keluhan saya secara pribadi dan yang sedang menjalankan bertugas dinas oleh karena kebutuhan yang mendesak. Kesalahan yang lain bahwa saya tidak mengetahui jam operasional pelayanan nasabah selama ini. Sekali lagi ucapan terimah kasih atas tanggapannya untuk pihak Bank Mandiri dan semoga hal ini bisa menjadikan pelajaran bersama.

      3
      3
      • 15 September 2021 - (21:28 WIB)
        Permalink

        Kesalahan yang lain bahwa saya tidak mengetahui jam operasional pelayanan nasabah selama ini.

        salah bagaimana ?

        • 15 September 2021 - (22:03 WIB)
          Permalink

          selama pandemi ada perubahan jam operasional, berbeda dengan yang sdh baku selama ini, seharusnya pintu jangan dibuka dl atau lebih sopan lagi bila ingin “mengusir” nasabah, salah paham aja sih sebenarnya

      • 15 September 2021 - (23:13 WIB)
        Permalink

        Itu bukan Miskom, tapi memang Laporan anda itu sesuai Fakta. Jam layanan pukul 08.00 seharusnya konsumen sudah di layani pada jam itu.

        2
        5
        • 16 September 2021 - (10:25 WIB)
          Permalink

          selama ppkm mandiri di daerah saya juga buka jam 9 bos , lu ga pernah ke mandiri kali haha

          2
          1
        • 17 September 2021 - (07:37 WIB)
          Permalink

          Ini pengangguran @isdebe dari @Muhammad ganti nama jadi @Umur trus sekarang ganti nama lagi jadi @isdebe, beda packaging tapi isinya tetap sampah. Get a life dude!

      • 16 September 2021 - (09:42 WIB)
        Permalink

        Terima Kasih, karena tulisan anda, semua masyarakat indo tahu bahwa Pelayanan KCP Weda Bobrok.

        3
        1
  • 16 September 2021 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Koment sy untuk nasabah terkait dan juga untuk pihak Bank. Untuk Bank, kalau memang nasabah belum di perbolehkan masuk sebaiknya pintu jangan di buka dulu, atau tempatkan security di pintu untuk memberi tahu bahwa jam operasional blm di mulai, sehinggabmencegah nasabah masuk. Bila perlu, ada pengumuman yg tertempel juga, kalau tidak ingin melepas stiker lama yg mungkin itu aturan standard baku dan akan tetap akan berlaku ketika masa pandemi ini berkahir bisa kan bikin pengumuman baru yg mungkin tidak permanen itu di taruh diatas pengumuman stiker lama, bisa berupa kertas sementara atau apalah yg penting nasabah tahu. Mencegah nasabah masuk lebih bagus daripada meminta nasabah menunggu di luar ketika sudah di dalam.
    Untuk nasabah terkait, anda sudah terlanjur masuk karena mungkin tidak di cegah security di pintu masuk,juga karena mungkin tidak ada pengumuman atau tidak baca pengumuman perubahan jam opersional di luar, ya sudah karena anda sudah terlanjur masuk dan di dalam di beritahu jam kerja belum di mulai dan di minta menunggu di luar ya sudah lakukan saja, anda tidak perlu baperan kecuali anda di bentak2 atau memintanya tidak dgn sopan barulah wajar anda tersinggung. Menunggu di dalam jelas tidak boleh karena briefing adalah untuk internal, bisa jadi ada informasi2 atau intstruksi yg hanya untuk internal dan tidak boleh di ketahui orang luar.

  • 16 September 2021 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Untung gw nasabah setia BCA. Pelayanan bagus. Gak ada tuh brifing2 gt, karena sebelum jam operasional brifingnya.

    Nih ya, gw mau buka rekening mandiri di bekasi, KTP Jakarta selatan. Eh malah ditolak, alasan harus sekota, padahal BCA bisa. Pas gw mau buka rekening ke KCP gandaria city jaksel, ditolak dengan alasan harus satu kecamatan. Lah kecamatan gw jagakarsa, gak ada tuh bank mandiri disini. Karena gw ngerasa gak butuh mandiri, jd ya sampe sekarang gw gak buka mandiri.

    Klo memang pelayanan buruk, dah pindah aja ke bca. Toh klo cuma setoran bisa ATM setor tarik, atau pembayaran bisa MBCA atau klikbca. Daripada hati mangkel, mending pindah aja. Mandiri cuma buat transfer gaji lewat. Gt aja

    3
    2
    • 17 September 2021 - (14:54 WIB)
      Permalink

      Kalo mau buka mandiri pakai tabungan mandiri now aja kak. Admin bulanan cm 2.500 trus biaya kartu 4.500. Trus 6 blan awal grtis biaya admin yg 2.500.
      Mandiri tabungan now bukanya langsung di aplikasi livin kak. Nga prlu ke bank. Krtu debit jg dikirim ke rmah. Pengalaman pribadi syaa yang buka mandiri tanpa harus ke bank. Karena sya jg sma pas mau buka nga bs karena beda ktp dgan domisili skrg.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Bank Mandiri

oleh Ali Chandra dibaca dalam: 1 menit
24