Kapan Pos Indonesia Akan Membuka Kembali Layanan Surat Tercatat ke Negara di Eropa?

Melalui Media Konsumen ini, saya ingin mengajukan keluhan dan pertanyaan, mengapa pelayanan Pos Tercatat ke negara-negara eropa seperti Belgia, Rusia, dll ditutup sudah hampir dua tahun ini? Sampai saat ini tidak ada kabar dan kejelasan kapan pelayanan pos tercatat dari Pos Indonesia akan kembali dibuka.

Selama ini kalau saya ingin mengirimkan surat tercatat di Pos Indonesia, selalu disarankan memakai layanan EMS atau Post Export. Saya keberatan dengan biaya kirim EMS atau Pos Export yang sangat mahal, karena saya cuma kirim surat yang isinya prangko untuk tukar menukar dan nilainya jauh dibawah ongkos kirim EMS/Post Export.

Mohon tanggapan dari Pos Indonesia, kenapa pelayanan surat tercatat ke luar negeri ditutup begitu lama? Sementara negara lain yang sempat menutup pelayanan pos tercatat luar negeri seperti Pos India dan Pos Brazil sudah membuka pelayanan pos tercatat ke luar negeri.

Jawaban yang saya terima dari CS Kantor Pos tidak memuaskan dan tidak tahu harus menjawab apa atas pertanyaan saya ini. Sementara saat ditanyakan ke Halo Pos, sering tidak ada jawaban.

Mohon Pos Indonesia menjawab masalah saya ini, kapankah pos indonesia akan membuka kembali pelayanan kiriman surat tercatat ke negara negara Eropa seperti Belgia, Russia, dll? Apakah pelayanan surat tercatat ke negara Eropa dihapus karena konsumen disarankan memakai EMS/POS EXPORT yang biayanya sangat mahal itu?

Sekedar informasi, biaya pos tercatat ke luar negeri dari pos indonesia sudah lebih mahal dari China Post, Singpost, Russian Post, dll. Cuma kalau dibandingkan dengan biaya pos tercatat dari negara negara Eropa Barat, USA dan Kanada, memang biaya kirim pos tercatat dari Pos Indonesia lebih murah. Maklumlah biaya hidup di Indonesia lebih murah dari negara Eropa Barat, USA dan Kanada. Namun jika dibandingkan dengan negara yang selevel perekonomiannya atau negara seperti China, Taiwan, Singapore, Thailand, India, dll, biaya kirim pos tercatat dari Pos Indonesia lebih mahal. Mengapa bisa lebih mahal? Mohon jawabannya.

Demikian keluhan saya untuk pos indonesia. Mohon jawaban dari pejabat tinggi Pos Indonesia mengapa pelayanan pos tercatat ke negara Eropa dari Pos Indonesia, ditutup hampir 2 tahunan dan belum ada sinyal dibuka lagi. Padahal negara lain yang sempat menutup pelayanan posnya, sudah kembali dibuka.

Semoga keluhan saya bisa segera ditangani oleh Pos Indonesia dan segera membuka kembali pelayanan surat tercatat ke Belgia, Russia dan negara Eropa lainnya.

Alessandro Torbeni
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pos Indonesia:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Kapan Pos Indonesia Akan Membuka Kembali Layanan Surat Tercatat ke Negara di Eropa?

  • 7 Oktober 2021 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Kalo beli barang yg ukurannya kecil di Ali Express, pengiriman dari Cina ke Indonesia pake pos tercatat bisa gratis ongkir, meskipun nyampenya lama. Kalo kita yg ngirim ke Cina via Pos, kira2 berapa yah ongkosnya? 🤔

    • 7 Oktober 2021 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Memang aman ya kalau lewat Pos? Saya pengalaman 2x kejadian beli barang di ebay dan amazon, barangnya hilang antara di bea cukai dan pos. Tracking nya sih sudah masuk ke Indonesia, tapi sudah tidak bisa dilacak lagi, ditanyakan ke kantor pos dibilang masih tertahan di bea cukai, ditanyakan ke bagian bea cukai dijawab sudah dikirimkan ke kantor Pos. Dan itu sudah sebulan dari tgl yg seharusnya sudah diterima. Dan setiap 3-4 hari saya tanyakan. Akhirnya saya nyerah, mungkin ada ‘orang yg sangat berkekurangan atau kebanyakan utang’ di kantor pos/bea cukai yg sampai segitu ilegalnya butuh barang orang lain untuk dijual.

 Apa Komentar Anda mengenai Pos Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kapan Pos Indonesia Akan Membuka Kembali Layanan Surat Tercatat ke Neg…

oleh Alex dibaca dalam: 1 menit
2