Surat Pembaca

Denda Berhenti Berlangganan IndiHome yang Sangat Memberatkan

Saya selaku pemilik usaha kecil, merasa sangat diberatkan oleh denda berhenti berlangganan IndiHome. 3 bulan yang lalu, saya mencoba peruntungan untuk membuka Warung Kopi di rumah saya. Saya mendaftar untuk berlangganan IndiHome, dengan nomor internet: 152318285703 atas nama adik saya. Namun ternyata usaha saya tidak berkembang dan harus menutup warung tersebut, karena pendapatan yang tidak sesuai.

Saya merasa koneksi Wi-Fi sudah tidak diperlukan lagi, karena saya juga sudah tidak mampu untuk membayar biaya bulanan. Daripada saya tidak bisa bayar, saya berencana untuk menghentikan langganan IndiHome saya, Namun saya sangat terkejut, saat dijelaskan bahwa saya harus membayar denda sebesar Rp1 juta.

Saya sudah tidak mampu bayar biaya bulanan, makanya saya ingin berhenti berlangganan, tapi kenapa malah kena denda begitu besarnya? Mohon kiranya ada kebijakan dari pihak IndiHome. Apa memang satu-satunya cara untuk berhenti adalah dengan menunggak?

Mohon bantuannya. Terima kasih.

Gilang Fredyansyah Rizani
Kec. Ngoro, Kab. Jombang, Jawa timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Ridwan Arif Cahyono

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Sehubungan dengan surat Bapak Ridwan Arif Cahyono, Jombang-Jawa Timur, di Media Konsumen tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Gw sempet pake cb* dan setelah 3 bln ga di pakai lg krn rumah kosong. Di kasih solusi suspend. Internet mati, dan kena biaya admin 20rb + ppn tiap bln. Perangkat ga di cabut. Mau aktifin lg tinggal call aja ke call center..

    Kontrak 12 bln memang terlalu berat untuk perorangan.. paling ga kontrak 3 bln lah.. kan kerugian paling kabel aja. Perangkat yg di pasang kan di ambil lg..

  • Hmm sdh di kasi solusi kan sm telkom, denda unt fixed line wajar mah.. narik fiber ke rumah / usaha pelanggan emang bisa gratisan ? Belum lagi teknisi dll nya, kalo gak mau repot ya pake yg model wifi aja.. jgn yg model fixed line .. kalo yg model itu paling juga berat di pertamakalinya... Ini aja unt pemasangan pertama kalo kan mayan tuh biaya pasang indihom nya.. 500k kan.. jd wajar sih denda cabut 1 jt... Cuma saran sih kalo mau gak berat ke pelanggan di depositkan aja misal bulan ke 1 tagihan + deposit 50% sisanya di prorata sampe 12 bln.. sekalian kan menyaring pelanggan yg komplain kel gini... Cuma ya itu hitungannya secara marketing jd gak kompetitif ?... Kalo ngak ada denda bisa tekor dong... Bisa terjadi tuh belum 1 bln sdh minta di cabut dg alasan gak bisa bayar... Kadang kita gak mikir modal mereka buat narik fiber, tenaga kerja dll nya... So far indi ini termasuk terbaik sih.. walaupun hrg lebih mahal... #hanya opini saya sebagai pelanggan yah#

    • tujuan indihome memberlakukan denda ya untuk menghindari kelakuan pelanggan model yg bikin surat ini
      peraturan denda itu baru diterapkan kalo ga salah baru 3 tahun terakhir akibat banyak yg mau masang indihome saat ada promo tapi begitu promo dicabut langsung banyak yg mengajukan pemutusan padahal belom ada 3 bulan pemasangan
      indiehome juga biaya investasi besar saat akan masang sambungan internet ke tempat anda bukan hanya sekedar narik kabel doang
      dan soal denda 1 juta kan ada di S&K nya masa ga dibaca si sebelum memutuskan buat masang

  • Itulah kenapa yg namanya "Syarat dan Ketentuan" dibuat. Tujuannya supaya tidak ada keluhan seperti ini. Jangan salahkan sales klo anda klo ada kasus seperti ini. Anda bisa ngeluh ke sales jika apa yg ditawarkan tidak sesuai dengan yg didapat. Kedepannya semoga lebih cermat dan bijak dalam menggunakan produk yg berisi label "Syarat dan Ketentuan berlaku"

  • Kalo ada kasus ginian pasti pada nanya "emang gak baca s&k nya?" prett lah. gak bakal ada yg mau baca s&k banyak begitu tulisannya kecil lagi. Emang lu pada baca semua s&k pas bikin rekening di bank?
    Seenggaknya sebelon pasang cari tau dulu di internet kebijakan indihome. Gw gak pernah baca s&k indihome, tapi tau kalo sebelon 1th kita berhenti kena denda 1jt. Bulan ke 13 tagihan kita dipotong dari deposit awal. Di google banyak yg kasih tau hal2 kaya gini

  • Percuma komplan ke pihak indohome..saya tau mungkin anda lagi kekurang uang untuk membayar denda.tpi saya hanya memberi nasehat.bersabar lah dan jadi pelajaran.jika ingin usaha pastikan lebih teliti surat perjanjian tersebut dan jangan lupa sering bertanya..klo untuk denda mau ga mau ya bapak harus bisa melunasi.semoga aja biaya hanya segitu dan ga naik naik.klo misalnya harga naik lagi laporkan ke pihak berwajib.untuk dari segi kesalahan yg salah itu bapak bukan PIHAK INDOHOME.SEMOGA SAJA PIHAK INDOHOME MEMBERI KERINGANAN ATAU BAPAK DISURUH BAYAR 50% DRI HARGA PENAGIHAN..

  • Semoga bisa jadi pembelajaran buat kita semua. Saya yakin kebanyakan pelanggan indihome pasti tidak mengetahui tentang denda ini, karena sales tidak pernah memberitahu tentang syarat dan ketentuannya. Sales hanya ingin dapat pelanggan sebanyak-banyaknya, pokoknya yang penting pelanggan mau pasang, nggak peduli kedepannya gimana.

    • Dikasih tau kok mas, saya sebelum pasang dikasih tau terlebih dahulu terkait kontraknya

  • kalau langganan nggak sampai 12 bulan penuh emang kena denda mas. ada di kontrak kok. biasakan baca dulu.

    kalau untuk konsep bisnis kecil menengah kayak warung gini emang benernya pakai skema prepaid. jual vouchernya kalau emang mau internetan, jadi pakainya ya emang sesuai kebutuhan pelanggan aja.

  • Saya pernah ditawari sales Indihome karena kebetulan di depan rumah ada pemasangan baru kabel optiknya.Sebelumnya minta penjelasan dari sales-nya bagaimana teknis pemasangannya, sistem pembayaran, benefit pelanggan,hak dan kewajiban serta resikonya bila mau putus langganan karena suatu hal.Syukurnya sales Indihomenya kooperatif dan menjelaskan panjang lebar informasi termasuk denda Rp 1 juta ini bila berhenti sebelum masa kontrak.Hingga akhirnya saya putuskan tidak berlangganan Indihome dengan alasan belum mampu menyisihkan biaya bulanan yang bagi saya lumayan besar dibandingkan internet prabayar.Rupanya sales-nya pandai merayu kalau indihome menyediakan layanan internet prabayar yang menyesuaikan kebutuhan konsumen yaitu Telkomsel Orbit.Kena juga, akhirnya beli modem Telkomsel Orbit, yang tidak terikat s & k.

  • Bukannya diawal daftar sudah dikasih tau jika berhenti berlangganan sebelum 12 bulan kena pinalti 1 juta rupiah?
    Atau tidak mendengarkan penjelasan dan cuma mengangguk iya iya saja?
    Saya konsumen indihome juga, pas mau pemasangan dikasih tau ketentuan2nya kok, termasuk penalti jika berhenti berlangganan sebelum 12 bulan.

  • Memang begitu kalo langganan internet ato tv berbayar
    Wajib langganan setahun, kalo putus sebelum setahun pasti di denda sama penyedia layanannya

    Jadi mau gamau tahan dulu setahun
    Downgrade paket mungkin bisa jadi salah satu cara biar tidak terlalu membebani atau bayar dendanya kalau memang mau lepas selamanya