Surat Pembaca

Kurir JNT Tidak Mau Antar Paket ke Rumah dan Menyuruh Saya Mengambil Paket di Rumah Kurir

Hari ini tepatnya Kamis 14 April 2022 saya mendapatkan pesan WhatsApp dari kurir J&T yang menyuruh saya untuk mengambil paket di rumahnya. Dia pun mengirim titik koordinat lokasi rumahnya. Nomor resi pengiriman: JP7693209004, JP4322719950 dan JP1365539623.

Ketika saya melihat lokasinya, ternyata jaraknya dari rumah saya sangat jauh dan bahkan lebih jauh lagi dari kantor J&T yang ada di sini. Saya sadar rumah saya sangat jauh, jadi saya meminta untuk menitipkan paket di tempat biasanya kurir dari pihak ekspedisi lain menitipkan paket saya.

Tapi kurir itu tetap menolak dengan alasan bahwa paket yang harus diantarnya sangat banyak, jadi saya yang harus mengambil paket saya ke rumahnya. Jumlah paket saya ada 3 paket. Saya mengatakan bahwa itu adalah risiko dari pekerjaannya dan saya bahkan tidak memintanya untuk mengantarkan paketnya langsung ke rumah.

Tapi kurir itu menolak dan mengatakan bahwa terserah saya kapan mau mengambil paket itu, karena dia tidak sempat untuk mengantarnya. Saya merasa kurir ini sangat tidak bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Setiap pekerjaan memiliki risiko tersendiri.

Karena dia memilih pekerjaan sebagai kurir sebagai pengantar paket, seharusnya dia bertanggung jawab dan mengantar paket itu sampai ke konsumen. Bukannya malah menyimpan paket itu di rumahnya dan menyuruh konsumen untuk mengambilnya di kediamannya.

Sinta
Sambas, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin saja kurirnya waktu itu lagi kurang sehat, apa salahnya dia bilabg begitu.. minta pengertian sama penerima.. i
    kurir jg manusia. Punya hati punya rasa. Jngan samakan dg MOTOR

    • Lah kocak bat lu, udh jelas" disitu kurirnya ngotot buat paket diambil dirumahnya, masih aja di belain, udh tau jga salah buat bawa pulang paket. Semisal gabisa nganter jga kan bisa dibalikin ke kantor, gimana sih lu wkwkwk

      • Jnt udah ngga heran,,,
        Rata2 kurirnya kuli lepas yang tanpa ikatan karyawan,jadi udah pasti ngga bakal profesional
        SDM nya rendah,untuk masuk jadi kurir jnt ngga butuh ijasah cukup punya SIM C , punya rek BCA,punya hp.

    • Gada alasan apapun tuk menyuruh pembeli ngambil kerumah. Bisa di back up sama kurir lain atau koordinatornya kalau emg tuh kurir sakit.

      • Ya itulah dia.. buat apa sakit di paksain ? Kalo sakit ya libur, cuma jago ngomong doang, tapi otaknya gak dipake

    • kalo begitu namanya ******.. kalo sakit ya libur. Jangan dipaksain anter / ambil pekerjaan yang ada tanggung jawabnya.
      Seandainya memang sakit ya libur aja, gak usah ambil paket buat di anter..
      Jadi manusia otak dipake dong, jangan cuma jago omongan

    • Domisili saya dengan dgn kota yang dimuat oleh penulis. Itu memang sudah jadi penyakit kurir disana yang tidak mau ngantar paket langsung ke lokasi penerima. Saya berargumen Karna saya punya data dan fakta dilapangan bukan sekedar opini. Kalau kurang sehat dia tidak mungkin masuk, baca lagi chat nya, kurir sedang masuk jam kerja dan lagi mengantar paket yg lain tapi paket si penulis ini yang disuruh ambil dirumah pribadi dia, bukan dikantor. Pahami sebelum berkomentar.

  • Saya kurir shopee expres saya jga pernah menyuruh cs ngabil di gudang karena saya kesel udah 3x saya kerumahnya ga ada orangnya cod lagi di hubngi di tolak ga diangkat padahal perpaket cuma 1800 tapi bensin waktu habis buat satu orang

    • Pembeli COD emang gitu bang, pesan semau nya, giliran paket datang malah menghilang. Kebanyakan gak pada pegang uang, akhirnya ketakutan / cemas ketika paket mau diantar. Seharusnya kalau emang gak ada pegangan uang ya jangan pesan barang. Untung nya MP punya aturan yang akan memblokir Buyer 6 bulan jika menolak 2x COD dalam periode 6 bulan.

  • Kurir j&t tebas memang pemalas sering ngeluh gak sanggup antar paket alasan nya itu mulu overloaded klau gak sanggup jadi kurir resign aja apa susah nya ganti kurir baru

  • Kalau lewat tokped sekalian di report di situ juga biar dihubungkan antara tokped dan jnt nya

    • Sayangnya saya pakai shopee. Kan di shopee ngga bisa pilih ekspedisi. Kalau bisa milih ngga akan milih j&t aku

      • Sekedar informasi Shopee masih bisa ganti kurir 1 kali setelah pembayaran, klik aja ubah di bagian pengiriman, tetapi dikasih waktu hanya beberapa menit, tinggal pilih kurir yg tersedia tergantung penjual menyediakan pilihan kurir apa saja.

  • Tadi saya nelpon kurirnya menanyakan keberadaan paket saya, dan yah paket saya masih dirumahnya. Saya tanya kenapa ngga dibawa ke kantor aja pas masuk kerja biar saya ambil di kantor. Dan dia bilang besok bakalan bawa paket saya ke kantor. Ini bukan pertama kalinya di bilang begini kemarin juga diq bilang begitu tapi tetap saja paket saya tidak di bawanya.

    • Udah laporin ke JNT pusat, kelamaan korban lain yang kena begitu.. dia kerja ya resikonya seperti itu.. dia dikasih komisi & gaji ya ada tanggung jawab yang harus di selesaikan

  • Saya bilang akan melaporkannya karena menyimpan paket saya dirumahnya dan tidak mau mengantarnya dia bilang laporin aja kk. Dan yang bikin kesal lagi dia ngga ada kata maaf sedikit pun dan malah nantangin saya

  • Itu kurir tamak dan tidak amanah. Tamak ambil job paket anteran sebanyak mungkin supaya fee nya gede. Tapi gak amanah utk penuhi kewajiban nganternya. Btw itu bahasa daerah mana ya

    • Itu yang bikin kesal tidak bertanggung jawab sekali. Itu bahasa melayu sambas, kalimantan barat

  • Jumlah paket mu 3, si kurir bawa paket banyak! mungkin saja ia kesusahan bawa paket sebanyak itu dan takut dijalan terjadi musibah yang tidak diinginkan dan terpaksa melakukan itu, ambil aman.

    • Kalau begitu seharusnya taroh di kantor saja biar saya ambil sendiri. Ini malah dibawa pulang mana rumahnya jauh lagi

    • Ya kalau paketnya banyak, gk usah dibawa. Taro aja di kantor.. kawan gue juga banyak bang yang kurir-kurir begitu

    • Jangan terlalu membuat drama. Saya juga sering ketemu kurir yang bawaannya penuh, keranjang belakang kiri kanan, tas gendong, karung di depan. Dan itu emang tugas serta tanggung jawab mereka. Namanya pekerjaan pasti ada resikonya, nganggur aja punya resiko, resiko diomongin tetangga sama camer hehe

  • Intinya salah kurir sih. Ngga ada mungkin2 an.. resiko pekerjaan ya gitu. Dmn tanggung jawabnya. Kalau emg ngga mau nganter sampe rumah tadi dikasih opsi ditaroh di kantor saja tapi tdk di indahkan. Fix, kurirnya yg bermasalah. Ngga harus dikasihani.

  • Rupanya bukan di J & T Sambas kota saja yg kayak gini, di kecamatan juga sama ya.