Kurir JNT Tidak Mau Antar Paket ke Rumah dan Menyuruh Saya Mengambil Paket di Rumah Kurir

Hari ini tepatnya Kamis 14 April 2022 saya mendapatkan pesan WhatsApp dari kurir J&T yang menyuruh saya untuk mengambil paket di rumahnya. Dia pun mengirim titik koordinat lokasi rumahnya. Nomor resi pengiriman: JP7693209004, JP4322719950 dan JP1365539623.

Ketika saya melihat lokasinya, ternyata jaraknya dari rumah saya sangat jauh dan bahkan lebih jauh lagi dari kantor J&T yang ada di sini. Saya sadar rumah saya sangat jauh, jadi saya meminta untuk menitipkan paket di tempat biasanya kurir dari pihak ekspedisi lain menitipkan paket saya.

Tapi kurir itu tetap menolak dengan alasan bahwa paket yang harus diantarnya sangat banyak, jadi saya yang harus mengambil paket saya ke rumahnya. Jumlah paket saya ada 3 paket. Saya mengatakan bahwa itu adalah risiko dari pekerjaannya dan saya bahkan tidak memintanya untuk mengantarkan paketnya langsung ke rumah.

Tapi kurir itu menolak dan mengatakan bahwa terserah saya kapan mau mengambil paket itu, karena dia tidak sempat untuk mengantarnya. Saya merasa kurir ini sangat tidak bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Setiap pekerjaan memiliki risiko tersendiri.

Karena dia memilih pekerjaan sebagai kurir sebagai pengantar paket, seharusnya dia bertanggung jawab dan mengantar paket itu sampai ke konsumen. Bukannya malah menyimpan paket itu di rumahnya dan menyuruh konsumen untuk mengambilnya di kediamannya.

Sinta
Sambas, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:320    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

74 komentar untuk “Kurir JNT Tidak Mau Antar Paket ke Rumah dan Menyuruh Saya Mengambil Paket di Rumah Kurir

  • 15 April 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Dia gak pnya beban. Soalnya kl sprinter itu upahnya sekian ratus perak per paket antaran.
    Balik lagi ke orgnya apakah bisa menerima amanah pekerjaan dengan baik atau tidak. Terlepas dari fee/upah tsb.
    Seharusnya kalau gak mau nganter, sprinter kasih tau ke konsumen apa adanya. Kemudian konsumen diarahkan ke gudang koordinasi wilayah (per kecamatan) untuk mengambil paketnya.
    Bukan ke rumahnya, ini suatu kekonyolan sprinter yang hakiki.

    Mo dijewer juga susah, sprinter kebanyakan karyawan lepas harian.

    Paling ntar JNT bilang “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya….”

    37
    1
    • 15 April 2022 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Betul saya pernah pakai kurir jnt kalbar memang gak amanah. Masih mending ada chat cs klo saya gak ada sama sekali dan tau2 barang di return dengan alasan alamat salah šŸ˜­

      9
      1
      • 18 April 2022 - (08:32 WIB)
        Permalink

        Sudah… saran saya TINGGALKAN J&T … Jangan kita pernah pakai lagi. NANTI BARU SI KURIR BERTERIAK KARENA TIDAK ADA KERJA !!!

    • 16 April 2022 - (00:44 WIB)
      Permalink

      Maaf sekedar info, sprinter itu yang bagian jemput paket dan kurir itu yg bagian ngantar paket. J&T kalau gak salah Perpaket dapat insentif Rp 1.500

      • 24 April 2022 - (12:33 WIB)
        Permalink

        Kejadian persistent sama dengan saya paket saya ngk mau diantar ke rumah, parahnya lagi, saya coba tanyakan alamat pastinya until jemput paket wa saja ngk dibalas, telpon gk diangkat padahal status wanna online terus, telpon ke cs jnt gk guna, rugi pulsa aja, akhirnya paket aku dikirim balik, yuk sama sama gk usah pakai jnt biar bankrut ini perusahaan, gk amanah dalam bekerja

    • 16 April 2022 - (01:38 WIB)
      Permalink

      Chatnya ga paham.. tapi bentar soalnya baru Nemu saya kasus kaya gini.. ini bisa d perjelas lgi kah? Kurir tidak mau mengantarkan barangkah? Atw cust yg ingin dikirim cepat/segera meski padahal masih ada batas pengiriman waktu maksimal? Masih ngegantung pemikiran saya?

      • 16 April 2022 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Kurir ngga mau ngantar kerumah konsumen. Disuruh ambil sendiri dirumah kurirnya

        • 16 April 2022 - (17:34 WIB)
          Permalink

          Jnt g heran sya.saya jualan d shopee,pelayanan d ekpedisi juga g beres. Barang 2 hari g dproses dengan alasan barang kiriman banyak.
          Lah itu kan dah resiko,g bisa jadi alasan.
          Payahnya mau jnt,atau lainnya g ad kontrol dari atasan. Jadi yg kerja/SDMnya mentalnya tempe.akhirnya saya nonaktifkan jnt d shopee sya. Kalau nanti sudah d pecat,g ad kerja.orang2 yg kerja tsb baru deh berasa/nyesel.

    • 18 April 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Ternyata dimana2 emang begitu ya? Saya jg pernah kecewa dg jnt. Saya laporkan kekecewaan saya pada kantor mereka. Eh, bukannya kurir yg dinasehati, malah saya yg diajari.

      Jnt menganggap bahwa kita konsumen memakai jasa mereka secara gratis. Jd kerjanya “suka2 gue”

    • 16 April 2022 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Seharusnya seperti itu, tapi gitu deh kadang kurir terlalu over buat kejar target antar, akhirnya menghalalkan berbagai cara agar mencapai target tanpa peduli dengan nasib customer. Padahal mereka itu perusahaan jasa bukan barang. Seharusnya kepuasaan pelanggan menjadi prioritas bukan justru malah sebaliknya.

    • 16 April 2022 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Saya sudah bilang sama kurirnya buat bawa paket saya ke kantor aja. Eh malah ngga dibawanya

    • 18 April 2022 - (08:36 WIB)
      Permalink

      SEBENARNYA DENGAN PAKAI SALAH SATU PERUSAHAAN PENGIRIM MELALUI SHOPEE, ADA PERJANJIAN ANTARA SHOPEE DAN PERSH PENGIRIM …. DIANTARA NYA HARUS MELAYANI DENGAN PROFESIONAL SEHINGGA ADA BIAYA NYA (KAN GAK GRATUS!!!). JANGAN BIASAKAN MEREKA KELUAR DARI KEWAJIBAN UNTUK MENGANTAR SAMPAI RUMAH !!!

  • 15 April 2022 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Enak bgt yah, qta yg bayar qt yg repot kurir enak2an nyuruh qta ambiil. Ogah bgt ada kurir begitu. Ongkos ngambil lebih gede dr ongkir. Kurir kek gini ga usa dkasi kerjaan

    17
    1
    • 16 April 2022 - (10:11 WIB)
      Permalink

      Itulah. Kesal banget rasanya. Ini masih blm saya laporin. Saya mau kasih kesempatan dulu. Tapi kalau paket saya masih tetap di simpan dirumahnya baru saya laporin

  • 15 April 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Kdng was was ada ya klo paketan sampe dibawa kerumah kurir, bukanya suzon ya iya klo jujur klo nga jujur takut barang ilang lah /apa ya bgtu… Sepemikiran nga sih gaes dgnku

    • 16 April 2022 - (00:54 WIB)
      Permalink

      SOP nya memang melarang kurir membawa pulang paket dengan alasan apapun. Dan kurir tersebut memang terbukti melanggar SOP perusahaan.

      11
      • 16 April 2022 - (10:11 WIB)
        Permalink

        Katanya itu disuruh buat dibawa pulang. Karena kalau tidak di bawa pulang paketnya bakalan di retur

        • 17 April 2022 - (01:27 WIB)
          Permalink

          Retur terjadi jika sudah diantar dalam 3x per 3 hari tetapi belum diterima. Kalau baru 1x pengantaran dan kurir beralasan takut di retur berarti kurir tersebut memang bermasalah dan mencoba mengelabuhi customer yg awam soal proses pengiriman.

  • 15 April 2022 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Harusnya kurir yang mengantar biar jauh apa dekat,sudah resiko pekerjaan…
    Kok malah seenaknya menyuruh ambil ke rumah….

    • 16 April 2022 - (00:52 WIB)
      Permalink

      SOP nya seperti itu kok dan ada poster nya di kantor mereka dan ada tulisan dilarang membawa pulang paket.

    • 16 April 2022 - (08:31 WIB)
      Permalink

      š™…š™£š™œš™£ š™¢š™šš™£š™œš™š™žš™£š™– š™„š™šš™ š™šš™§š™Ÿš™–š™–š™£ š™¤š™§š™–š™£š™œ š™—š™§š™¤. š™ˆš™šš™£š™©š™–š™£š™œ2 š˜½š™„š™  š™ š™–š™Ŗ š™ š™–š™®š™–, š™Øš™šš™šš™£š™–š™ š™£š™®š™– š™£š™œš™¤š™¢š™¤š™£š™œ

      1
      30
      • 16 April 2022 - (11:09 WIB)
        Permalink

        Saya tidak menghina, cuman nyatanya kan seperti itu, yang menjadi tugasnya malah suruh customer datang ke rumahnya buat ambil barang. Apa tidak belagu itu namanya?

        Dan sudah sepantasnya kurir seperti itu di pecat saja.

      • 17 April 2022 - (01:29 WIB)
        Permalink

        Dimana kata/kalimat dia menghina ? Komen anda itu justru yg menghina. Kalau mau komen pakai data, fakta dan logika. Disini forum bukan obrolan khusus Bocil seperti anda. Komentar anda dengan tegas menunjukkan isi kepala anda yang terbatas dan kerdil.

        4
        1
    • 16 April 2022 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Ekspedisi lain aman2 saja. J&t aja yang bermasalah. Kalau syaa bisa pilih ekspedisi pengiriman ngga akan saya pilih j&t

  • 16 April 2022 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Wah, kalo ada laporan ky gitu ke kantor jnt lgsg, auto pecat tuh kurir. Gada alasan apapun kurir menyuruh konsumen ngambil paket pembeli dirumah kurirnya.

    • 16 April 2022 - (00:52 WIB)
      Permalink

      Laporin via Email. Kalau ke kantor cuman ketemu admin dan itu rekan mereka juga pasti saling melindungi utk nama baik cabang point’ mereka.

      15
  • 16 April 2022 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Btw sy org skw, sering ke Sambas termasuk di daerah ini. Memang daerah ini bisa dibilang cukup masuk ke dalam walau akses jalan cukup bagus akan tetapi kurangnya nama gang & no rumah yg sering membuat kurir kesulitan ngantar. Bbrp kali jg prnh dgr keluhan seperti ini baik itu J&T / JNE. tp kebanyakan disuruh ambil di kantor langsung, jadi kurir udh kasih tau kalau paket udh dikantor. Hal seperti ini sebenarny bisa dilaporkan ke pihak J&T melalui email agar ini tidak menjadi penyakit kurir disana Karna emg sejak dulu seperti ini, tidak mau ngantar sampai ke alamat tujuan Karna lokasi yg emg susah dicari. Klau emg sering pakai J&T, shrus nya mereka mau antar krna sudah hapal lokasi tujuannya. Mending laporin aja deh via email, dijamin dapat SP2 langsung. Masih banyak kok yg mau kerja jadi kurir. Sy juga bisa bantu kalau mau laporin, btw sy juga sering laporin kurir2 nakal soalnya termasuk yg scan paket diterima pdhl blm diantar/lempar paket/nyimpen paket sembarangan dll

    11
    1
    • 16 April 2022 - (02:43 WIB)
      Permalink

      Wah boleh Pak kalau bapak ada info terkait pelaporan terhadap kurir2 seperti ini. Mohon infonya šŸ™

    • 16 April 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Boleh pak. Kalau begitu tolong laporin ya pak. Tadi saya telpon kurirnya tidak masalah katanya kalau saya mau laporin dia

      • 17 April 2022 - (01:45 WIB)
        Permalink

        Buatin aja email nya, mudah kok cara nya

        Karna kalau orang lain yg komplain dikhawatirnya missinformasi.

        Lebih baik yg bersangkutan saja. Dan biasa nya akan dapat telfon dari dari J&T pusat.

        Jangan takut, kita benar kok dan ada buktinya jika kurir menyalahi SOP. Mungkin sudah banyak customer yg mengeluh cuma gak berani speak up ke publik aja. Semoga bisa segera dilaporkan Karna masih ada banyak pengangguran yang perlu pekerjaan dimasa pandemi gini, Karna syarat jadi kurir cukup ijazah, SIM, SKCK, gak perlu tittle, keahlian & pengalaman kerja.

  • 16 April 2022 - (01:01 WIB)
    Permalink

    Saran sy kepada penulis utk segera membuatkan laporan via email ke jntcallcenter@jet.co.id atau jntcare@jet.co.id dilengkapi dgn Data nama penerima, alamat, no resi, Nama kurir lalu bukti foto/video dgn judul KOMPLAIN KURIR TIDAK MAU ANTAR PAKET.

    Saya berani jamin 1*24 jam kurir akan segera menelfon penulis dan meminta maaf karna sudah dihubungi langsung oleh pusat di JKT.

    Coba saja, Karna jika hanya mengandalkan media konsumen sy agak pesimis masalah segera selesai .

    10
    • 17 April 2022 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Kalo saya jadi anda,
      1.laporkan kepada pusat.
      2.saya turuti ,datangi rumahnya sambil bawa orang yg sekiranya bisa menjatuhkan mentalnya.

  • 16 April 2022 - (02:50 WIB)
    Permalink

    Mungkin saja kurirnya waktu itu lagi kurang sehat, apa salahnya dia bilabg begitu.. minta pengertian sama penerima.. i
    kurir jg manusia. Punya hati punya rasa. Jngan samakan dg MOTOR

    1
    36
    • 16 April 2022 - (03:13 WIB)
      Permalink

      Lah kocak bat lu, udh jelas” disitu kurirnya ngotot buat paket diambil dirumahnya, masih aja di belain, udh tau jga salah buat bawa pulang paket. Semisal gabisa nganter jga kan bisa dibalikin ke kantor, gimana sih lu wkwkwk

      14
      • 17 April 2022 - (00:16 WIB)
        Permalink

        Jnt udah ngga heran,,,
        Rata2 kurirnya kuli lepas yang tanpa ikatan karyawan,jadi udah pasti ngga bakal profesional
        SDM nya rendah,untuk masuk jadi kurir jnt ngga butuh ijasah cukup punya SIM C , punya rek BCA,punya hp.

    • 16 April 2022 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Gada alasan apapun tuk menyuruh pembeli ngambil kerumah. Bisa di back up sama kurir lain atau koordinatornya kalau emg tuh kurir sakit.

      • 16 April 2022 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Ya itulah dia.. buat apa sakit di paksain ? Kalo sakit ya libur, cuma jago ngomong doang, tapi otaknya gak dipake

    • 16 April 2022 - (22:34 WIB)
      Permalink

      kalo begitu namanya ******.. kalo sakit ya libur. Jangan dipaksain anter / ambil pekerjaan yang ada tanggung jawabnya.
      Seandainya memang sakit ya libur aja, gak usah ambil paket buat di anter..
      Jadi manusia otak dipake dong, jangan cuma jago omongan

    • 17 April 2022 - (01:34 WIB)
      Permalink

      Domisili saya dengan dgn kota yang dimuat oleh penulis. Itu memang sudah jadi penyakit kurir disana yang tidak mau ngantar paket langsung ke lokasi penerima. Saya berargumen Karna saya punya data dan fakta dilapangan bukan sekedar opini. Kalau kurang sehat dia tidak mungkin masuk, baca lagi chat nya, kurir sedang masuk jam kerja dan lagi mengantar paket yg lain tapi paket si penulis ini yang disuruh ambil dirumah pribadi dia, bukan dikantor. Pahami sebelum berkomentar.

  • 16 April 2022 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Saya kurir shopee expres saya jga pernah menyuruh cs ngabil di gudang karena saya kesel udah 3x saya kerumahnya ga ada orangnya cod lagi di hubngi di tolak ga diangkat padahal perpaket cuma 1800 tapi bensin waktu habis buat satu orang

    • 17 April 2022 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Pembeli COD emang gitu bang, pesan semau nya, giliran paket datang malah menghilang. Kebanyakan gak pada pegang uang, akhirnya ketakutan / cemas ketika paket mau diantar. Seharusnya kalau emang gak ada pegangan uang ya jangan pesan barang. Untung nya MP punya aturan yang akan memblokir Buyer 6 bulan jika menolak 2x COD dalam periode 6 bulan.

  • 16 April 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Kurir j&t tebas memang pemalas sering ngeluh gak sanggup antar paket alasan nya itu mulu overloaded klau gak sanggup jadi kurir resign aja apa susah nya ganti kurir baru

  • 16 April 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Kalau lewat tokped sekalian di report di situ juga biar dihubungkan antara tokped dan jnt nya

    • 16 April 2022 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Sayangnya saya pakai shopee. Kan di shopee ngga bisa pilih ekspedisi. Kalau bisa milih ngga akan milih j&t aku

      • 16 April 2022 - (23:36 WIB)
        Permalink

        Sekedar informasi Shopee masih bisa ganti kurir 1 kali setelah pembayaran, klik aja ubah di bagian pengiriman, tetapi dikasih waktu hanya beberapa menit, tinggal pilih kurir yg tersedia tergantung penjual menyediakan pilihan kurir apa saja.

  • 16 April 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Tadi saya nelpon kurirnya menanyakan keberadaan paket saya, dan yah paket saya masih dirumahnya. Saya tanya kenapa ngga dibawa ke kantor aja pas masuk kerja biar saya ambil di kantor. Dan dia bilang besok bakalan bawa paket saya ke kantor. Ini bukan pertama kalinya di bilang begini kemarin juga diq bilang begitu tapi tetap saja paket saya tidak di bawanya.

    • 16 April 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Udah laporin ke JNT pusat, kelamaan korban lain yang kena begitu.. dia kerja ya resikonya seperti itu.. dia dikasih komisi & gaji ya ada tanggung jawab yang harus di selesaikan

  • 16 April 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Saya bilang akan melaporkannya karena menyimpan paket saya dirumahnya dan tidak mau mengantarnya dia bilang laporin aja kk. Dan yang bikin kesal lagi dia ngga ada kata maaf sedikit pun dan malah nantangin saya

  • 16 April 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Itu kurir tamak dan tidak amanah. Tamak ambil job paket anteran sebanyak mungkin supaya fee nya gede. Tapi gak amanah utk penuhi kewajiban nganternya. Btw itu bahasa daerah mana ya

    • 16 April 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Itu yang bikin kesal tidak bertanggung jawab sekali. Itu bahasa melayu sambas, kalimantan barat

  • 16 April 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Jumlah paket mu 3, si kurir bawa paket banyak! mungkin saja ia kesusahan bawa paket sebanyak itu dan takut dijalan terjadi musibah yang tidak diinginkan dan terpaksa melakukan itu, ambil aman.

    12
    • 16 April 2022 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Kalau begitu seharusnya taroh di kantor saja biar saya ambil sendiri. Ini malah dibawa pulang mana rumahnya jauh lagi

    • 16 April 2022 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Ya kalau paketnya banyak, gk usah dibawa. Taro aja di kantor.. kawan gue juga banyak bang yang kurir-kurir begitu

    • 17 April 2022 - (01:40 WIB)
      Permalink

      Jangan terlalu membuat drama. Saya juga sering ketemu kurir yang bawaannya penuh, keranjang belakang kiri kanan, tas gendong, karung di depan. Dan itu emang tugas serta tanggung jawab mereka. Namanya pekerjaan pasti ada resikonya, nganggur aja punya resiko, resiko diomongin tetangga sama camer hehe

  • 17 April 2022 - (02:01 WIB)
    Permalink

    Intinya salah kurir sih. Ngga ada mungkin2 an.. resiko pekerjaan ya gitu. Dmn tanggung jawabnya. Kalau emg ngga mau nganter sampe rumah tadi dikasih opsi ditaroh di kantor saja tapi tdk di indahkan. Fix, kurirnya yg bermasalah. Ngga harus dikasihani.

  • 17 April 2022 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Jnt sih sdh gk heran lagi, saya juga pernah. Dulu saya lapor langsung ke cs pusatnya, minta tegur cabangnya. Besoknya langsung ada beberapa chat via wa masuk mulai dari atasan, tengahan (bagian admin mungkin) , sampai kurirnya chat mau konfirmasi kasus. Mending sekalian dibawa ke pusat aja kalo kasus mah.

  • 17 April 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Tadi malam saya di telpon sama pihak j&t di sini untuk mengonfirmasikan tentang masalah ini. Jadi saya langsung menceritakannya. Dia langsung menghubungi kurir yang membawa paket saya dan meminta saya untuk datang ke gudang nyimpanan untuk mengambil paket saya
    Alhamdulillah paketnya sudah saya ambil di gudang tadi jam 10:30 pagi. Ketika digudang itu saya bertemu sama kurirnya dan saya mengatakan bahwa, kalau seandainya dia tidak mau mengantarkan paket saya biarkan saja di gudang biar saya ambil sendiri saya ngga mau kalau sampai harus mengambil paket saya kerumahnya.

  • 19 April 2022 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Saran.. kalau rumah jaoh, bise pakai opsi paket ambil sendiri di tempat,

    Misal di alamat yg kite tulis,

    Jalan adisucipto, desa baru, pontianak (ambil sendiri di Kantor JNE/JNT desa baru)

    Saye biase gitu ntuk barang yg spesial, yg nd pengen orang rumah tau..

    Jd begitu notif barang sampai di gudang, pergila ambil, jd barang tu nd sempat ke tangan kurir sprinter

  • 20 April 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Tak kirain cm J&T di wilayahku aja yg bermasalah, trnyta hmpir dsemua penjuru ya. J&T šŸ‘ŽšŸ» trpksa pke jasa mereka krn kdg di shopee cm sediain ekspedisi dr J&T.

    • 23 April 2022 - (22:52 WIB)
      Permalink

      Hai kak. Kami dari *** mohon maaf atas kendala yang kakak alami. Mohon DM kami no resi bersangkutan yaa…

      Dan CASE jadi CLOSE…

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 74 komentar sampai saat ini..

Kurir JNT Tidak Mau Antar Paket ke Rumah dan Menyuruh Saya Mengambil Pā€¦

oleh sukasuka dibaca dalam: 1 menit
74