Penggantian Barang Hilang Akibat Kecurian di The Riviera at Puri Belum Diganti Pengembang

Saya selaku pemilik rumah di The Riviera at Puri Blok K1 (bukti kepemilikan terlampir untuk redaksi), menyesal membeli dan memiliki rumah di Riviera The Puri tahun 2021, dimana developer-nya adalah Keppel join dengan Metland.

Baik tim sales-nya, sampai dengan pengelola dan developer cluster ,tidak ada itikad dan tanggung jawab baik sama sekali dari awal. Padahal rumah yang dijual itu bukan rumah murah meriah atau subsidi, karena termasuk rumah di atas Rp5 miliar.

Rumah saya berada di fase 3 dari total fase 4 developer Keppel bangun, dan diserahterimakan pada akhir bulan Oktober. Pada tanggal 11 November 2021 saat saya sedang cek rumah saya, ternyata rumah saya dan beberapa rumah tetangga kebobolan maling. Rumah saya sendiri kehilangan beberapa stop keran wastafel merk Grohe, yang nilai satuannya sekitar Rp2 jutaan per item, dan total hilang 4 item. Juga beberapa keran shower merk TOTO juga hilang, yang saya hitung kehilangan saya senilai 15 juta rupiah.

Hal ini saya laporkan langsung ke pengelola Keppel (yang bertanggung jawab atas perumahan Riviera The Puri ini) pada tanggal yang sama. Yang bertindak sebagai wakil Keppel ini adalah Pak Willy. Dan Pak Willy menyatakan pihak Keppel akan bertanggung jawab atas kerugian saya dan beberapa rumah lainnya, dengan menyediakan penggantian kehilangan item tersebut.

Perlu saya infokan, dari sejak serah terima, pemilik perumahan fase 3 diwajibkan membayar IPL (maintenance fee) langsung 6 bulan berturut. Sehingga saya sudah membayar dari bulan November s.d. bulan Mei. Jadi kewajiban dari pihak saya sudah lunas, tapi hak saya sebagai pemilik rumah di sana belum sama sekali diberikan.

Perlu diketahui, developer Keppel tidak sama seperti dengan developer lainnya, yang melakukan serah terima dengan fasilitas keamanan dari cluster perumahan yang ada. Developer Keppel sangat luar biasa, meminta IPL 6 bulan, tapi fasilitas penting, yaitu fase 3 deretan rumah yang baru serah terima, baik lampu penerangan jalan ataupun CCTV jalan pun tidak ada.

Bahkan akses dari luar pun bisa masuk ke dalam perumahan dengan loncat dari tanah kali yang belum dikeruk. Security pun tidak ada lalu lalang di deretan perumahan saya pada saat itu. Info yang terakhir, ternyata pihak pembobol itu dari para pekerja Keppel yang bekerja di fase 4.

Sementara itu tanggung jawab yang sudah disebutkan oleh Pak Willy selaku wakil dari Keppel, saya kejar terus tiap bulannya, dan selalu dijawab sedang diproses. Saya jujur tidak paham apa yang diproses berbulan-bulan, sehingga sampai bulan akhir Maret (total 5 bulan) pun, saya menanyakan tanggung jawabnya ke atasannya yaitu pak Adit selaku Estate Manager. Dan kali ini pak Adit memastikan bahwa akhir April pasti ada, karena memang sudah diproses.

Mendengar atasannya bicara, saya lebih tenang, dan berharap sebelum libur lebaran 2022 ini kehilangan barang saya akan digantikan.

Akan tetapi sampai detik sekarang, tanggal 23 April, mau 6 bulan kehilangan saya, tanggung jawab pihak Keppel pun tidak ada niat baiknya sama sekali. Karena 1 minggu sebelumnya, saya sempat menanyakan ke Pak Willy, dan dia sendiri mengakui masih juga diproses, tapi barang tidak dikirim. Karena memang bagian finance developer Keppel belum membayar pesanannya.

Tepatlah sesuai dugaan saya, masa pesan baru berbulan-bulan, tapi barang tidak sampai-sampai, dan sudah saya duga, pasti belum dibayar, makanya barang tidak dikirim-kirim.

Untuk para calon pembeli, dipersilahkan coba saja datang ke The Riviera at Puri, coba tanyakan kepada para pemilik rumah di situ, mereka sampai sekarang menunggak iuran IPL selama 6 bulan, karena tanggung jawab pengelola Keppel tidak dipenuhi sampai sekarang.

David Hadyanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Perumahan The Riviera at Puri:
[Total:50    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Keppel Land Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Hadyanto

Menanggapi keluhan pelanggan The Riviera at Puri atas nama Bapak Hadyanto melalui Surat Pembaca mediakonsumen.com pada tanggal 24 April 2022...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Penggantian Barang Hilang Akibat Kecurian di The Riviera at Puri Belum Diganti Pengembang

    • 24 April 2022 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Uda tiap bulan dikejar.. sampai uda 6bulan.. bentar lg mau ulang tahun 1tahun kehilangan

      • 25 April 2022 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Kalau menurut saya sih ya. Biasanya kalau mengulur waktu, tidak diproses.
        Biasanya kalau niat memproses itu paling telat 30hr kerja.
        Developer sebesar itu rasanya mustahil tidak mengganti kerugian konsumen karena mempertimbangkan reputasi perusahaan.

        Antara dua kemungkinan indikasinya:
        1. Tidak disampaikan/direcord masalah konsumen. (Diumpetin issue nya)
        2. Penggantian telah dilakukan, tapi dananya diselewengkan oleh oknum. (Dikorup)

        • 27 April 2022 - (08:46 WIB)
          Permalink

          Well, sepertimya memang developer yang menunda-nunda, dari pusat, instruksinya seperti itu

  • 24 April 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Pengembang berharap pemilik rumah malu utk nagih2 terus krn pemilik orang kaya. Harga rumahnya aja lebih dr 5 M. Kalo pemilik udah ganti sendiri barang yg hilang mereka senang nggak diuber uber lagi.
    Akhirnya lepas tanggung jawab.

    Pertanyaannya emang rumah nggak dikunci?

    • 24 April 2022 - (21:24 WIB)
      Permalink

      Kita ga pernah malu utk menagih pak.. tiap bulan dikejar terus.. tapi tetap jawaban setiap bulan itu selalu cuma diproses, uda dipesan tapi belum dibayar2, yah pantas ga dikirim barangnya dari supplier.

      Rumah semua dikunci.. masuknya dari atas atap rumah

      • 25 April 2022 - (08:45 WIB)
        Permalink

        Developer Keppel sangat luar biasa, meminta IPL 6 bulan, tapi fasilitas penting, yaitu fase 3 deretan rumah yang baru serah terima, baik lampu penerangan jalan ataupun CCTV jalan pun tidak ada.

        Bahkan akses dari luar pun bisa masuk ke dalam perumahan dengan loncat dari tanah kali yang belum dikeruk.

        Btw sebelum mutuskan beli rumah apa ngga sempat survey dulu pak, misal fasum fasosnya udah dibangun apa belum, termasuk keamanan lingkungan sekitar, ngeri juga itu kalo orang bisa nerobos lompat dari urukan tanah, ckckck..

        • 25 April 2022 - (10:35 WIB)
          Permalink

          saya bantu jawab ya. pada saat beli, bagian tanah kali itu dijanjikan sebagai riverview yg akan dibangun indah dgn jogging track dan penghijauan. Ternyata sekarang mereka ngakunya itu tanah pemda dan mereka ga bisa kelola. sehingga sekaran

          • 25 April 2022 - (10:38 WIB)
            Permalink

            sekarang jadi perkebunan liar dan banyak orang lewat untuk mancing maupun berkebun. kacaunya tembok pembatas komplek cuma setinggi pinggang (bukan setinggi 3mete) karena rencana kan mau buat pemandangan riverview. kita sudah wanti2 utk bikin cctv atau kawat duri atau tinggikan tembok. namun mereka ga mau dan selalu mengulur2 waktu. mungkin sampai fase 4 beres, lalu mereka hengkang byebye

  • 25 April 2022 - (03:29 WIB)
    Permalink

    Pindah saja om
    Rumah yg sekarang jual lagi
    Masih banyak hunian yg nyaman aman
    Contoh tempat tinggal saya sekarang
    Sangat nyaman
    Walaupun mewah Alias Mepet Sawah
    Tapi serasa tinggal di Bulan

    • 25 April 2022 - (10:42 WIB)
      Permalink

      sebetulnya lokasi riviera ini sangat bagus dan strategis. tinggal di sini enak. hanya saja pengelolanya itu yg kacauu ancurr, yg penting cuan semaksimall mungkin. IPL bulanan kami lebih tinggi dari PIK loh hehe

  • 25 April 2022 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Posisinya pak willy itu apa ya ceo atau meneger, mungkin perlu ke posisi lebih atasnya lagi dari pak willy. Mungkin sudah pengajuan tapi dari pihak atasannya belum approve. Dimanapun tempatnya perusahaan mengeluarkan uang itu setengah mati ngurusnya. Intinya tetap dikejar sampai ke pihak owner ☺☺☺. Semangat

    • 25 April 2022 - (12:04 WIB)
      Permalink

      sudah pak ditrobos sampe ke atas2 namun dipersulit terus. kita bahkan sudah pernah spam komen di instagram keppel indonesia dan keppel singapore. akhirnya mereka delete smua komen dan restrict komen. biar ga ke ekspose. sempet ada representative pusat diskusi dgn warga. namun malah ditantang balik kitanya 🤣

  • 25 April 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Sedih yahh.. developer gede tapi cari untung ga bener..

    Saya lg tunggu keluar surat pembaca saya di 2 media lg..

  • 26 April 2022 - (13:17 WIB)
    Permalink

    padahal ini keppel sama metland loh… nama besar belum tentu baik… skarang developer mah susah maunya aja narik IPL doank tapi fasilitas gak diperhatikan. apa gunanya nama besar tapi securitas gak ada? terima kasih pak atas informasinya… surat pembaca yang seperti ini yang berguna jadi kita bisa menjaga diri dari penjual tidak bertanggung jawap.

  • 26 April 2022 - (17:08 WIB)
    Permalink

    Makanya sebenarnya rumah uda jadi dan pengelolanya bagus itu baru ketahuan setelah berjalan.
    Cuma masalahnya harga uda digoreng naik terus

    Yang beli indent itu kan bener buta dan patokan nama developer, cuma setelah beli yah berdoa aj developer bagus sesuai yg dijanjikan.
    Walau dalam sikon saya ini, kena zonk

    • 6 Mei 2022 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Uda diganti per akhir april. stelah 6 bulan. Dari awal november..
      Itu mungkin karena dikejar tiap bulan. Dan mungkin jg karena ada media konsumen disini, jadi pihak developer baru mau ganti setelah ini berita tersebar secara nasional (tidak mau muka dan nama perusahaan jelek

 Apa Komentar Anda mengenai Perumahan The Riviera at Puri?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Penggantian Barang Hilang Akibat Kecurian di The Riviera at Puri Belum…

oleh David Hadyanto dibaca dalam: 2 menit
20