Surat Pembaca

Mau Beli Motor Yamaha Fazzio Secara “Cash” Dipersulit, Namun Kredit Diprioritaskan

Melalui surat ini, saya Pandu Trizky ingin menginformasikan tentang buruknya pelayanan Sales Motor Yamaha. Sebelumnya saya sudah berkeliling ke beberapa dealer yang ada di Kota Serang, Banten & Cilegon, Banten namun untuk unit Yamaha Fazzio diprioritaskan untuk pembayaran secara Kredit. Jika ingin beli cash tidak diperbolehkan dan harus menunggu indent 5 Bulan.

Saya mencoba menanyakan kesediaan unit di dealer via Whatsapp tetap saja tidak ada. Namun saya disuruh jika ingin membeli Yamaha Fazzio disuruh untuk menyiapkan dana sebesar 2,5 juta sebagai uang bantu cari unit bukan untuk DP.

Saya sebelumnya sudah melaporkan ke Customer Service @Yamahaindonesia namun tidak ada jawaban. Padahal menurut artikel di https://amp.kompas.com/otomotif/read/2022/02/10/090200415/konsumen-beli-fazzio-dipaksa-kredit-begini-jawaban-yamaha wajib melaporkan jika menemukan oknum sales nakal.

Apakah sudah sesulit ini membeli motor secara cash? Sehingga orang yang ingin membeli cash tidak dilayani dengan baik terkadang tak diacuhkan juga.

Pandu Trizky
Serang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Daerah banten om, sama saya juga. Mau beli dipaksa kredit. Sekarang Honda juga ikut2an, motor udah dibeli leasing kayanya. Stok tersedia hanya untuk kredit.

    • Ya betul! sebelum ke Yamaha saya juga sudah survei ke Honda namum tetap saja untuk unit pembelian cash masih susah karena unit terbatas namun saya tidak terlalu dipaksakan untuk pengambilan secara kredit. beda sekali dengan yamaha yang secara terang2an & langsung mengabaikan customer ketika tau hendak membeli cash

  • Berarti pepatah
    "uang bisa membeli segala nya "
    Tidak belaku lagi di era jaman sekarang
    "Kredit bisa membeli segala nya"

  • Setiap konsumen pasti pengen perlakuan yg sama dan antri harus fair jgn ada yg di prioritasin, kalo udh kaya gini jatuhnya brand image yg kena jangan heran org pindah ke brand sebelah meskipun produknya b ajah, mending harganya yg di naikin

    • sama saja sih, semua produk yang hype ya begitu. mau mobil motor sama saja.

    • Dari pengalaman saya beli motor Honda Scoopy kemarin... Dari 5 Dealer yg saya kunjungi, untuk pembelian Cash memang harus inden, tapi di Dealer2 tempat saya tinggal, rata-rata inden sekitar 2-3mingguan, nggak nyampe 1 Bulan, dg selisih harga tiap Dealer rata-rata 200-300rban. Untuk motor yg saya beli, dr pembayaran DP (1jt) hingga Motor saya terima, hanya 24hari. Saya tinggal di Jawa timur, dan yg saya kunjungi semuanya Dealer Honda di Kab.Bojonegoro dan Kab. Lamongan. Menurut saya, kenapa Yamaha Fazzio indent nya lama, mungkin karena penjualannya melebihi ekspektasi, karena motor yg digenjot produksinya oleh Yamaha adalah Nmax, ADV & Gear. Dan untuk yg minta 2.5jt, jelas itu oknum Nakal. Untuk pembelian Cash yg indent nya berbulan-bulan itu hanya Yamaha Fazzio atau semua motor Yamaha ya??? Apakah Nmax (Cash) juga harus indent berbulan-bulan???

  • Ulah sales biasa gitu
    Semoga dpt karmanya karna mementingkan riba
    Klau mau beli cash harus kenal sama yg pnya dealer baru bisa gampang
    Dan pasti muka salesnya kyk mayat hidup pucat?

  • Badu tahu ya gan kalau di dealer resmi yamaha begitu? w tahun 2017 beli nmax abs cash di tolak dealer yamaha resmi jakarta barat 3 dealer, jakarta selatan 4 dealer, jakarta timur 3 dealer, ciledug 5 dealer, akhirnya w ke delaer motor campuran bisa cash tp nambah 1jt dr harga OTR ywdh w bayar full kalau motor udh dteng

  • Klo cash ,dealer cm dapat thanks to, tp klo kredit dealer dan sales dapat insentif dr leassing, saran ajah, klo mmg punya uang cash, yo wes ambil kredit ajah 1 tahun, pas sdh masuk 3 bln ,biasanya sdh keluar BPKB, lgs ajah di lunasin percepat selisihnya ga jauh beda, dgn catatan minta diskon sampe 100% dr sales,
    Dealer mmg gitu, klo produk yg banyak peminat susah mmg beli cash,

  • Nggak dimana nggak dimana! Saya tempo hari mau beli nmax cash ngga ready. Kalau kredit ready ?‍♂️

  • Kalau dari pengalaman saya beli motor Honda Scoopy kemarin… Dari 5 Dealer yg saya kunjungi, untuk pembelian Cash memang harus inden, tapi di Dealer2 tempat saya tinggal, rata-rata inden sekitar 2-3mingguan, nggak nyampe 1 Bulan, dg selisih harga tiap Dealer rata-rata 200-300rban. Untuk motor yg saya beli, dr pembayaran DP (1jt) hingga Motor saya terima, hanya 24hari. Saya tinggal di Jawa timur, dan yg saya kunjungi semuanya Dealer Honda di Kab.Bojonegoro dan Kab. Lamongan. Menurut saya, kenapa Yamaha Fazzio indent nya lama, mungkin karena penjualannya melebihi ekspektasi, karena motor yg digenjot produksinya oleh Yamaha adalah Nmax, ADV & Gear. Dan untuk yg minta 2.5jt, jelas itu oknum Nakal. Untuk pembelian Cash yg indent nya berbulan-bulan itu hanya Yamaha Fazzio atau semua motor Yamaha ya??? Apakah Nmax (Cash) juga harus indent berbulan-bulan???

  • Dan heran nya jika artis ato orng terkenal dsngan sorot camera pasti dilayani dan di antar langsung,di dokumentasi transaksinya melalui video ??

  • Sbnarnya sih bayar cash itu lbh menguntungkan dealer dan nasabah. Cepat dapat uang cash. Nggak tunggu lama sampai bertahun. Meskipun kredit itu lebih besar untungnya. Tapi resikonya gede. Kalau konsumen telat bayar atau nunggak. Pasti dah sewa DC nagih2 kan. Main rampas2 an ala preman.

    • dealer terima full kok,yang menunggu sampe bertahun itu leasingnya (yang membiayai). jadi buat dealer sama aja antara cash dan kredit