Surat Pembaca

Terdampar di Batam Akibat Salah Pesawat dalam Penerbangan LION Air Pontianak – Jakarta

Tanggal 09.09.2022 saya connecting flight dari Ketapang ke Jakarta via Pontianak, dengan kode penerbangan IW1347 pukul 15.45 dan JT 687 pukul 14.00. Setelah panggilan untuk boarding, saya masuk gate 3 dan petugas merobek potongan tiketnya. Ketika berjalan di lorong, tidak ada satu petugas pun yang mengarahkan. Sesampai di pesawat, saya tunjukkan tiket saya ke pramugari dan saya dipersilahkan duduk di kursi 27F.

Setelah sekian lama terbang, pesawat mendarat. Saya baru tahu kalau pesawat yang saya naiki turun di Batam, bukan Cengkareng di Jakarta sesuai tiket saya. Saya tanyakan ke pramugari perihal ini dan dilanjutkan ke petugas LION di Batam.

Setelah diskusi dan koordinasi dengan petugas di Batam dan Pontianak, mereka hanya bertanggung jawab pada pembelian tiket Batam-Jakarta untuk penerbangan keesokan harinya. Sementara itu saya harus menginap di Batam, karena sudah tidak ada tiket ke Jakarta. Jadilah saya terdampar di Batam.

Padahal saya sudah janji keesokan harinya dengan istri dan anak saya untuk bisa mengantar ke kampus mengikuti ospek. Sementara itu biaya menginap di hotel dan taksi PP harus saya bayar sendiri!! Sudah jatuh ketiban tangga, itulah kira-kira yang terjadi pada diri saya.

Rasanya aneh ketika saya salah naik pesawat kenapa pramugari tidak melihat kertas boarding saya dengan teliti??? Kalau saya salah naik pesawat harusnya jumlah penumpang menjadi kelebihan karena bertambah penumpang dari flight lain??? Kenapa tidak dicek jumlah penumpangnya???

Saya tunggu respons pihak maskapai LION perihal keluhan saya ini.

Sudarwanto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya selalu ikutin artikel ini dan saya menunggu balasan dari si penulis…kenapa komen orang lain di balas tapi komen saya gk dibalas???

    Pak sudarwanto yang terhormat

  • teman2 sekalian baca kan sebelum komentar, ada tulisan,
    "Mohon bijak dalam memberikan komentar. Mari berdiskusi dengan saling menghargai".
    tulisan itu sangat bagus dipahami. Jujur sy adalah pembaca yg suka membaca artikel2 di MK ini sbg pembelajaran utk saya. Tapi semakin kesini sy lihat media ini jadi ajang untuk membully org yg memberi tulisan disini. Kita semua adalah konsumen disini, apa yg membuat anda merasa lebih hebat dan seenaknya mengata2i penulis MK? Bukannya dari tulisan2 mereka kita bisa belajar. Pengalaman adalah guru yg sangat berharga dan di MK kita bisa mendapatkannya dgn gratis. Untuk apa kalian sok mengata2i penulis MK, utk membuktikan perasaan diri kalian paling hebat? org kena musibah akan menulis disini, bukan orang yg dapat rejeki nomplok. Kolom komentar idealnya sbg sarana berdiskusi yg sehat, tanpa perlu menggunakan kata2 kasar dan menyudutkan penulis.
    biarpun penulis salah misalnya, tidak perlu dikata2i kasar, dia tidak ada salah apa2 ke kalian yg menghardiknya. Semoga iklim komentar di MK bisa menjadi sehat ke depannya, sehingga media ini bisa ttp menjadi pilihan utk konsumen mencari keadilan sebagai konsumen tanpa perlu merasa takut dibully apabila menulis disini.

  • pertanyaannya cuma 1 , kenapa bapak doang yg ke sasar, yang lain kenapa di arahin oleh petugasnya. anda dimana pada saat boarding, apa anda telat?? kalau boarding selesai biasanya saya liat petugas nya pada ngumpul di depan pintu pesawat. makanya jangan lari dari rombongannya.lain kali kalau tidak yakin dengan pesawatnya tanya ke pramugarinya, apakah benar ini tujuan kesini ??? begitu pakkk, udah tau baru pertama kali naik pesawat jgn pd pd aja naik pesawat dah kek naik angkot, ada pepatah mengatakan . malu bertaya sesat di jalan. sesat kan jadinya bapakk, jangan salahkan 1 pihak ,semua nya salah,
    untuk pihak maskapaipun kalau ada sekiranya penumpang yg kebingunggan seperti bapak ini , di cek boarding pass nya, ga semua orang sering naik pesawat, terutama untuk bapaknya, kalau ada pemberitahuan2 di dalam pesawat di dengan sebentar pak, biasanya saya kalau naik peswat pilotnya suka memberikan informasi penerbangan tujuan begitupun pramugari nya. jadikan pengalaman ya bapakk. dah tauu kann naik pesawat gmana skrg. untuk kedepan lebih hati2 lagii, ga ada yang benar disini. semuanya salah

  • Numpang nanya ke bapak yg nyasar. Apakah barang di bagasi bapak sampai ke Jakarta atau ke batam?
    Biasakan tanya pramugarinya saat mau cari tempat duduk, ini pesawat kemana ya?

  • Lion group sebagai maskapai penerbangan LCC pasti merasa mau bagaimana pun pelayanan kami kalian sebagai customer akan terima saja