Setelah Serah Terima Rumah di BSD Sinarmasland, Sudah 1,5 Bulan Lebih Belum Ada Perbaikan

Saya menuliskan surat ini karena tidak mendapatkan ketidakjelasan solusi dan jawaban dari pihak CS Sinarmasland BSD dan agar bisa menjadi pembelajaran bagi konsumen BSD City yang lain.

Pada tanggal 31 Agustus 2022, saya melakukan serah terima rumah Tabebuya Inspirahaus dengan pihak BSD diwakili Ibu T***. Saya menyetujui serah terima dengan beberapa item yang masih perlu diperbaiki. Apalagi pihak BSD menginformasikan pada saya maksimal 14 hari untuk penyelesaian perbaikan rumah saya. Pada saat serah terima juga diinformasikan bahwa garansi maksimal 3 bulan jika ada keluhan, kecuali bagian atap garansi 1 tahun. Lalu pada tanggal 1 September 2022, saya mendapatkan nomor tiket keluhan saya dari email CS Sinarmasland.

Pada tanggal 24 September 2022, saya mengunjungi lagi rumah saya untuk melihat progress-nya dan betapa terkejutnya saya karena tidak ada satu pun dari keluhan saya yang dikerjakan. Karena air PAM sudah terpasang, saya pun mencoba menyalakan air PAM.ย Hanya perlu waktu tidak sampai 5 menit, saya mendapati bagian dinding di atas area mesin cuci bocor parah sekali, kanopi retak, dan masih banyak keluhan-keluhan lain. Akhirnya saya ajukan keluhan lagi ke pihak CS Sinarmasland dan saya diberikan nomor tiket keluhan yang berbeda dengan yang awal, sehingga total saya mendapat 2 nomor tiket keluhan.

Sejak itu saya jadi lebih sering email/WhatsApp hingga telepon ke CS Sinarmasland untuk menanyakan update perbaikan rumah saya. Karena saya sangat kecewa dari terakhir kunjungan, saya tidak ada perbaikan sama sekali. Padahal sudah hampir 1 bulan dari tanggal saya komplain.

Pada tanggal 15 Oktober 2022, saya mengunjungi rumah saya lagi dan betapa kecewa dan marahnya saya melihat rumah saya belum ada Satu pun perbaikan dari awal keluhan saya. Padahal sudah 1.5 bulan lebih sejak tanggal keluhan saya. Malah dinding yang bocor semakin berjamur, kanopi makin lebar retakannya, dan keluhan-keluhan lain.

Saya telepon CS saat itu juga dan hanya bisa memberikan jawaban template “Masih dalam proses”. Dalam proses apa? Rumah saya saja sama sekali tidak diperbaiki. Padahal masa garansinya saja hanya 3 bulan. Sungguh saya merasa sangat dirugikan dan tidak didengar oleh pihak Sinarmasland.

Apa artinya pihak Sinarmasland punya divisi Customer Care jika tidak bisa memberikan solusi untuk konsumennya? Saya sebagai konsumen merasa sangat kecewa dan marah dengan pihak BSD yang tidak bisa memenuhi janji perbaikan mereka maksimal 14 hari kerja.

Jawaban CS pun hanya template, tidak bisa memberikan solusi sama sekali, bilangnya hanya akan menghubungi bagian terkait, tanpa kepastian kapan rumah saya mulai dikerjakan perbaikannya. Padahal ini sudah 1,5 bulan lebih dari tanggal saya ajukan komplain. Apa mau menunggu rumah saya retak dan berjamur semua baru diperbaiki?

Saya juga merasa sangat dirugikan, karena saya berencana mau menempati rumah ini pada akhir bulan Oktober ini. Pihak Sinarmasland seolah-olah menyepelekan saya, karena saya sudah melakukan serah terima. Di sini juga letak kebodohan saya, harusnya tidak mudah percaya dengan omongan pihak yang serah terima yang menjanjikan 14 hari kerja.

Saya jadi berpikir jangan pernah mau serah terima bila ada cacat meskipun hanya 1 bagian. Jangan sampai seperti saya menerima begitu saja rumah tidak layak huni dan tidak ada kepastian sampai sekarang saya menulis surat ini kapan rumah saya dikerjakan perbaikan.

Saya tunggu respons solutif dari pihak Sinarmasland untuk keluhan saya di kedua no tiket yang telah saya ajukan sebelumnya. Bukan respons template atau sekedar menjawab tanpa solusi.

Renny Yunita
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BSD City:
[Total:52    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan BSD City Terhadap Surat Ibu Renny Aulia

Melalui surat ini, kami selaku pengelola kawasan BSD City menanggapi berita atau informasi yang tayang pada mediakonsumen.com pada tanggal 17...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Setelah Serah Terima Rumah di BSD Sinarmasland, Sudah 1,5 Bulan Lebih Belum Ada Perbaikan

  • 19 Oktober 2022 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Halo mba, saya juga penghuni Tabebuya Inspirahaus dan mengalami kendala yg sama dengan perbaikan yg tidak kunjung dilakukan. Sungguh saya juga kecewa dengan pembelian rumah ini

  • 19 Oktober 2022 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Ini bukan kesalahan dan kebodohan anda mba, ini murni kelalaian dan adanya sop yg tidak dijalankan oleh kru sinarmas….kasus ini menjadi pelajaran buat kita semua, developer sebesar ini aja bisa memalukan seperti ini, apalagi developer yg kecil dan baruยฒ….

  • 17 November 2022 - (07:03 WIB)
    Permalink

    Halo mba Renny, terima kasih atas postingannya. Saya jg salah 1 yg sudah diundang ke serah terima pada tgl 24 oktober. Saat itu banyak hal yang harus diperbaiki, saya menolak melakukan serah terima dan meminta perbaikan. Sampai hari ini, tidak ada update dari developer, padahal dijanjikan hanya 16 hari. Saya pun sudah lelah menghubungi cs, karena mendapat jawaban template, yaitu mohon maaf dan akan meneruskan ke bagian terkait. Saya ingin masuk di awal desember, namun sampai saat ini tidak ada kejelasan kapan saya akan serah terima kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai BSD City?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Setelah Serah Terima Rumah di BSD Sinarmasland, Sudah 1,5 Bulan Lebih โ€ฆ

oleh Renny Aulia dibaca dalam: 2 menit
9