Surat Pembaca

Negosiasi Keringanan Pembayaran dengan Kredivo yang Tidak Jelas

Bulan September awal, saya mengalami masalah pemasukan saya. Saya bermaksud untuk meminta keringanan pembayaran saya kepada Kredivo. Pada waktu itu pembayaran saya kurang lebih sudah 70% dari total tagihan saya. Kemudian saya menghubungi CS Kredivo dan dijelaskan untuk negosiasi pembayaran bisa dilakukan melalui tim collector Kredivo.

Akhirnya saya menunggu agar saya dihubungi oleh kolektor Kredivo. Namun begitu saya hubungi dan coba negosiasi keringanannya dan menjelaskan masalahnya, tidak ada respons yang jelas terkait permintaan saya. Mulai dari tim collector desk hingga lapangan, hanya ada informasi dari beberapa tim collector, kalau saya ingin negosiasi saya harus mendatangi langsung kantor PT Finaccel Finance Indonesia.

Lalu saya mengikuti informasi itu untuk mengatur jadwal ke alamat kantor yang tertera di surat perjanjian di aplikasi Kredivo. Pada saat itu saya diarahkan ke kantor yang berada di Depo Tower. Pada tanggal 2 November 2022, saya langsung bergerak menuju kantor yang tertera. Namun setelah sampai situ, ternyata untuk pelayanan customer berada di kantor dan gedung lain yang lumayan jaraknya dari kantor yang tertera, yaitu berada di gedung Pensiunan Telkom.

Setelah saya ke tempat saya bertemu leader tim kolektor dari kolektor lapangan yang saya temui. Di situ saya mengajukan negosiasi, tapi tidak ada sama sekali keringanan untuk pembayaran saya dan saya harus tetap membayar sesuai dengan aplikasi dengan denda, yang dikarenakan pelayanan Kredivo yang bertele-tele. Padahal di sini saya benar-benar ada itikad baik membayar, dan hanya meminta keringanan untuk pembayarannya.

Berikut saya sertakan beberapa lampiran buktinya:

Muhamad Fahri
Bekasi, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 11/11/2022): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 


Update (18 November 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhamad Fahri

Terima kasih atas informasi yang Bapak Muhamad Fahri sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 November 2022 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Jika tidak mendapat respon dan solusi
    baik dari pihak terkait dari aplikasi yang digunakan maka tidak usah takut, baik itu Pinjol Legal/Ilegal. Apalagi jika terlanjur terjerat jenis-jenis produk Pinjol ilegal dengan potongan dan bunga pinjaman diluar batas wajar yg notabene mengalah-ngalahi rentenir, tenor sangat pendek, ada perpanjangan waktu yg harus dibyr dan atau sebagainya, sehingga dan karena keadaan tidak bisa membayar sesuai termin atau walau sdh jatuh tempo kemudian ada seribu satu macam nomor telpon masuk juga berkirim pesan yang berisi teror/ancaman maka tidak usah takut walau itu sangat-sangat mengggangu privacy, pinjaman tanpa jaminan tidak ada hukum sita-menyita aset. Jika tidak terselesaikan buat aplikasi Legal paling cacat BI checking untuk beberapa wkt apalagi pinjaman dengan nilai hanya 1-4jt rupiah. Terlebih Pinjol Ilegal, non aktifkan saja aplikasi, ganti nomor kontak baru, kok repot amat mikirin bajingan-bajingan yang bukannya membantu malah menyusahkan nasabah yang berpenghasilan menengah kebawah.
    Yang berhutang puluhan, ratusan dan milyaran rupiah sampai merugikan negara saja diluar sana banyak bahkan banyak dari mereka juga kebal hukum. Jadi ambil jalan terbaik saja, tidak usah takut !

  • @TS: Emang enak Lo, makanya jangan sok-sok an mau minjem. Awalnya bilang sanggup buat lunasin, sekarang malah puyeng Lo buat lunasin.

  • Ane kredivo belum bayar 7.1 jt, tapi kalau bayar lunas 5.2 jt, udah mau 2 tahun lebih belum bayar karna belum ada uang nya, tunggu team kolektor nya ajah dateng nanti dikasih keringanan kalau mau bayar lunas

  • Aku pake KREDIVO cuma untuk bayar INDIHOME, BELI PULSA LISTRIK, KARTU HALO dan tenor 30 hari. Lumayan bunga 0%. Kita sendiri yang hari bijak menggunakan PINJOL atau Paylater. Jangan beli barang2 yang mahal dan gak begitu penting yang cuma akan jadi beban pikiran...

  • Terimakasih saya ucapkan kepada kredivo karena telah merespon dan menanggapi permohonan saya, dan terimakasih juga kepada media konsumen, karena telah memberikan saya fasilitas media ini,dan untuk semua komentar, perkembangan case ini kredivo sudah memberikan tanggapan dan respon positifnya kepada saya, sekarang hanya tinggal menunggu besaran keringan yang diberikan kepada saya, dan saya akan mendatangi kantor kredivo lagi pada hari kamis esok, untuk menegosiasikannya.

  • Klo udah ga sanggup bayar...
    Mending gagal bayar sekalian,
    Bayar pun percuma slik OJK col5..
    Jangan jual aset buat bayar utang .
    Utang sama pinjol itu ga da hitungannya..
    Duit jin dimakan setan klo pinjol mah, aman dri pencatatan malaikat