Negosiasi Keringanan Pembayaran dengan Kredivo yang Tidak Jelas

Bulan September awal, saya mengalami masalah pemasukan saya. Saya bermaksud untuk meminta keringanan pembayaran saya kepada Kredivo. Pada waktu itu pembayaran saya kurang lebih sudah 70% dari total tagihan saya. Kemudian saya menghubungi CS Kredivo dan dijelaskan untuk negosiasi pembayaran bisa dilakukan melalui tim collector Kredivo.

Akhirnya saya menunggu agar saya dihubungi oleh kolektor Kredivo. Namun begitu saya hubungi dan coba negosiasi keringanannya dan menjelaskan masalahnya, tidak ada respons yang jelas terkait permintaan saya. Mulai dari tim collector desk hingga lapangan, hanya ada informasi dari beberapa tim collector, kalau saya ingin negosiasi saya harus mendatangi langsung kantor PT Finaccel Finance Indonesia.

Lalu saya mengikuti informasi itu untuk mengatur jadwal ke alamat kantor yang tertera di surat perjanjian di aplikasi Kredivo. Pada saat itu saya diarahkan ke kantor yang berada di Depo Tower. Pada tanggal 2 November 2022, saya langsung bergerak menuju kantor yang tertera. Namun setelah sampai situ, ternyata untuk pelayanan customer berada di kantor dan gedung lain yang lumayan jaraknya dari kantor yang tertera, yaitu berada di gedung Pensiunan Telkom.

Setelah saya ke tempat saya bertemu leader tim kolektor dari kolektor lapangan yang saya temui. Di situ saya mengajukan negosiasi, tapi tidak ada sama sekali keringanan untuk pembayaran saya dan saya harus tetap membayar sesuai dengan aplikasi dengan denda, yang dikarenakan pelayanan Kredivo yang bertele-tele. Padahal di sini saya benar-benar ada itikad baik membayar, dan hanya meminta keringanan untuk pembayarannya.

Berikut saya sertakan beberapa lampiran buktinya:

Muhamad Fahri
Bekasi, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 11/11/2022): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 


Update (18 November 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhamad Fahri

Terima kasih atas informasi yang Bapak Muhamad Fahri sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 November 2022 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

46 komentar untuk “Negosiasi Keringanan Pembayaran dengan Kredivo yang Tidak Jelas

    • 4 November 2022 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Jangan berani komentar menjatuhkan aja ya, anda gak pernah ngalamin kondisi jatuh ya?. semoga secepatnya anda alami.

      23
      5
      • 4 November 2022 - (12:22 WIB)
        Permalink

        saya pakai kredivo hanya untuk membayar tagihan internet dan BPJS dan membeli barang yang untuk usaha saya

      • 6 November 2022 - (18:23 WIB)
        Permalink

        Sorry bos kalo ente minta keringanan jangan harap bisa kalo lewat online udah ada ketentuan by sistem disitu udah di jelasin kalo emang setuju berarti anda harus siap menanggung bunga denda dll jika telat , kalo saran saya kalo ente mau minjem lewat online usahain buat buka usaha bukan buat foya foya apalagi judi maaf ya bukan shoudzon tapi saya kasih nasehat buat yang lain juga kalo minjem online usahakan untuk buat bikin usaha atau buka toko online yang sekiranya masih bisa balik aset meskipun cuman 50% sekiranya itu bisa nutupin bungan dan cicilan pinjolnya sisanya minjem ke orang terdekat aja atau usahakan mencari pekerjaan dan mempunyai pekerjaan tetap ketika saat memutuskan untuk minjol

        4
        2
        • 6 November 2022 - (19:03 WIB)
          Permalink

          Situ lebih tau kehidupan saya ya kayanya daripada saya sendiri?. Hati hati kalau punya hati jangan suka dengki ke orang, gak ada yang tahu usaha itu bisa lanjut jalan atau engga! Konsekuensi disini kan gua membayar. Dengan apa yang gw terima, kata siapa gak boleh untuk negosiasi. Ojk lebih menyarankan musyawarah negosiasi daripada ninggalin kewajiban menghilang, situ udah kaya ngewaklin kredivo aja bikin statement kaya yang paling tahu segalanya!… Kalau memang tau segalanya coba langsung diskusi lokasi ama saya sini.

          8
          1
          • 6 November 2022 - (19:11 WIB)
            Permalink

            Kayaknya abang ini salah paham deh kan saya bilang kalo lewat online udah by sistem bang jadi kalo mau rubah data secara personal itu ga bisa karna udah pake sistem otomatis , coba pahamin bang ,jangan emosi dulu kalo saran saya kalo mau minjem ke sodara aja kalo mau sistem nunggak gitu soalmya kalo lewat online rubah daata ga bisa secara personal karna sistemnya otomatis. Saya juga ngerti yng abang rasain saya toh pernah pinjol tapi apa daya harus nerima semuanya konsekuensinya saat itu juga sama saya di phk. Karna sebelum kita minjem pasti kita udah baca persyaratanya dan ketentuanya . Jadi harus terima resiko kalo saya mah bukan mau debat bang saya cuman ngasih saran aja ke yang lain kalo mau minjol jangan buat hal yang aneh aneh lebih baik buat usaha gitu bang ya semoga aja abang mendapatkan rezeki yang melimpah untuk melunasi semuanya semoga keluarga abang dan abang sehat selalu.

            2
            2
        • 8 November 2022 - (09:46 WIB)
          Permalink

          jangan harap tidak bisa gimana, selagi berniat baik pasti dilayani baik. udah liat kan tanggapan kredivo gimana?

    • 4 November 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Yahh gimn saya yg pnya pinjol galbay..
      6 aplikasi??? mau jual aset, tpi gak pnya apa” Cman mtr satu”nya buat nyari mkn

    • 6 November 2022 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Itulah hidup kadang di atas kadang di bawah, semua misteri dan tidak ada yg perlu di sesali, dulu gw pernah mengalami hal seperti ini awal waktu si covid datang, keadaan ekonomi hancur karena tidak ada pemasukan akhir nya gw telat bayar dan di teror terus sampai akhir nya ada colector kredivo datang, beruntung nya gw colector yg datang baik dan kasih solusi nya, solusi nya abaikan pembayaran sampai 4 bulan nunggak lalu ajukan keringan pembayaran (bukan potongan yah) contoh angsuran gw 400 ribu karena gw Uda gk sanggup alasan ekonomi maka gw minta keringan pembayaran setiap bulan 100 ribu sampe lunas, saat tanda tangan semua bunga berhenti alias tidak ada bunga berjalan dan akhir nya hutang lunas tanpa jual aset, itu pengalaman gw semoga buat ente ada titik terang,
      Terima kasih

  • 4 November 2022 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Kalau pihak rentenir tetap keukeuh dengan pendiriannya, apa boleh buat namanya juga resiko berhutang sekalipun sudah ada niat untuk membayar. Disini mungkin TS bisa mencoba itikad baik dari keluarga yang sekiranya bersedia membantu menambahi cicilan utang. Jika keluarga tidak ada yang peduli, mungkin ada aset yang bisa dijual atau digadaikan untuk tambahan cicilan.

    Berhutang tanpa punya aset sebagai backup hanya menambah masalah baru. Kedepannya bisa mulai membiasakan untuk menyisihkan sedikit sebagai tabungan untuk keadaan darurat. Sehari 5000 perak setahun sudah terkumpul 1,8 juta. TS merokok? Lumayan tuh uang rokok ditabung untuk memperkaya diri, bukan pemilik pabrik rokok.

    Semoga TS diberikan jalan keluar terbaik untuk masalah ini. Amin.

    18
    6
    • 4 November 2022 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Saya gak ngerokok dan saya gak mau sampai jual aset aset, cukup usahakan dari pemasukan saya ya memang dengan batas tertentu, diterima atau tidak kondisional seperti ini tidak ada yang tahu, Dan saya pun tidak mau. Terima kasih sarannya semoga anda tidak mengalami hal seperti saya.

      12
      6
          • 5 November 2022 - (12:50 WIB)
            Permalink

            Cuma orang bodoh yang suka hutang tapi gak bisa bayar. Punya aset tapi suka pusing gagal bayar. Trus kau mau bayar pake apa kalo tidak punya tapi gak mau jual aset . Mau mencuri atau merampok? Atau mau NGEPET pas malam hari..?

            13
            6
          • 5 November 2022 - (15:55 WIB)
            Permalink

            Gak bs gt pak, namanya utang itu hrs dibayar pada waktunya (sblm ditagih), bukan setelah ada yang. Buat apa punya aset tp gak bs bayar utang?

            4
            4
          • 5 November 2022 - (15:57 WIB)
            Permalink

            Sorry typo, maksudnya utang hrs dibayar sblm ditagih, bukan setelah ada uang. Kalo bs prinsip begitu ya semua org bs2 gak bayar utang donk

            2
            1
    • 4 November 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      Anda DC yah saya ingat kan kembali ngapain jual aset bego amat u .utang sama pinjol ga ada jaminan nya dan tidak bisa sita aset gerti u bego tolol.kecuali pinjam pake jaminan

      20
      3
  • 4 November 2022 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Kalo sisa 30% harusnya dari Kredivo bisa bantu dengan restruktur atau mekanisme lainnya. Nasabah niat baik seharusnya dibantu bukan dipersulit.

    22
    • 4 November 2022 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Namanya juga pinjol, ga akan semudah itu kasih keringanan biasanya.. itikad baik = profit menghilang. Tentu perusahaan akan bertahan.. karena pinjol mau legal/ilegal gunakan dengan bijaksana.. karena legal sekalipun klo ga tahan nafsu bungnya mencekik diri sendiri…

      10
      • 4 November 2022 - (19:12 WIB)
        Permalink

        Kalau ga bisa jgn di bayar susah amat .biar pada bangkrut sekalian .pinjol ga bisa sita aset . kecuali pinjam pake jaminan.ngapain takut . tempat gw mah Ambon nagih rese rese mati di keroyok sekampung

        16
        8
        • 4 November 2022 - (22:13 WIB)
          Permalink

          Kalo yg ini jgn dicontoh ya guys.. apa yg kita pinjam harus kita kembalikan. Apalagi sampe mengancam dengan kekerasan , belajar jadi orang yg bertanggung jawab.. karena hutang dibawa sampe kuburan.. dicari solusinya yang baik, kita usaha dulu, usaha terus lalu angkat tangan dan berdoa padanya agar diberikan solusi dan kemudahan. Dan semoga di kemudian hari ga perlu lagi meminjam, amin

          16
          1
  • 4 November 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Kmren syaa jga di hubungi sama deskcall dri kredivo katanya tgl 29 April 2022 syaa blm bayar tunggakan, padahal saya bayar tepat waktu, dan saya pnya semua bukti pembayarannya

    • 5 November 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      slow ajah, ada duit bayar ajah pokok nya, ga usah hiraukan perkataan depcolecor, anda sudah punya niat baik buat bayar, dalam islam hanya diwajibkan bayar pokok, terserah mau masuk bi cheking atau gak, yg penting bayar ajah pokok nya melalui virtual akun mereka, gw ajah gitu kok bayar pokok, ga perduli bi cheking, itu lebih baik agar kita gak kena jerat Rentenir, paling kalau telat datang 2 kali setelah itu gak ada lagi, dalam uud pinjam meminjam adalah perdata, dan si peminjam tidak bisa dipenjarakan karena ada perlindungan dalam uud , pasal 19 ayat 2 tentang peminjam jika tidak sanggup membayar maka tidak boleh dipidanakan dan pengadilan perdata hanya akan memutuskan berapapun si peminjam bisa nyicil walaupun hanya 50 ribu per bulan, makanya rentenir gak mau ke pengadilan karena takut ada keputusan, jadi kalau di takut takutin ama depcolecor jngn mau, mereka rentenir tau kok apa konsekuensi nya kalau meminjam kan yang tanpa jaminan aset, jurus mereka hanya menggertak, kalau ada yg melewati batas dengan ancaman dan kekerasan tinggal lapor polisi, dan minta uang damai sebanyak banyak nya jika mau cabut laporan

      8
      1
  • 4 November 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Di kondisi sdg jatuh pasti serba sulit apalagi jika kita tdk dapat bantuan dari siapa2 termasuk Kredivo. Karena mungkin kebijakan itu sdh pakem. Satu2 nya cara agar bisa disudahi adalah kita tunaikan kewajiban kita. Agar kita bisa hidup tenang sekalipun dg keadaan yg sangat terbatas

    4
    1
  • 4 November 2022 - (16:49 WIB)
    Permalink

    maaf distu anda minta keringanan dalam bentuk apa? minta diskon pembayaran kah atau minta penangguhan waktu pembayaran/relaksasi? klo minta diskon pembayaran pasti ga akan bisa, misal tagihan anda sebesar 1jt, trus mau dibyr hanya 500rb saja sehabis itu langsung lunas, ga akan mungkin bisa, dan itu akan membuang waktu dan energi saja untuk melakukan permohonan seperti itu walaupun dtng langsung ke kantor jg sama saja, saya rasa semua pinjol akan menolak permohonan anda klo kasusnya sama seperti itu hhe…

    5
    3
    • 4 November 2022 - (19:20 WIB)
      Permalink

      Ngapain di bayar DC tolol bin bego.kalau gw ga bs ngapain gw bayar . ngapain di takitin.pinjol ga bisa sita aset koq cuma jelek di BI tolol u kalau kasih saran begitu.orang ekonomi LG jatuh u kasih sarang kaya gitu u DC yah

      8
      6
  • 4 November 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sudah sangat jelas itu, ditolak alias tidak bisa. Yg tidak jelas malah anda sendiri, minta keringanannya seperti apa, diskon cicilan atau minta cicilan diperkecil dengan menambah tenor cicilan, atau gmn? Atau cuma minta bayar pokoknya saja? Dll.

    3
    2
  • 4 November 2022 - (20:46 WIB)
    Permalink

    saya jg saat ini sdng mengalami hal yg sama…susah sekali untuk mengajukan restrukturisasi pembayaran di kredivo…

  • 4 November 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf pak cmn saran, klo niat bapak sudah baik mau membayar minta keringanan gini aj bilang minta bayar untuk sisa pokoknya saja atau minta penghapusan denda. Bilang gt trs pak setiap debcoll nagih. Dan ingat hati2 klo misal diminta transfer minta transfernya ke rekening kredivo jgn ke user debcoll. Trssetau saya Kredivo g mengenal restrukturisasi kredit, tp klo bapak mau repot bs ajukan lewat OJK klo g salah ada aturan baru ttg rekstur pinjol.

  • 4 November 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Jika tidak mendapat respon dan solusi
    baik dari pihak terkait dari aplikasi yang digunakan maka tidak usah takut, baik itu Pinjol Legal/Ilegal. Apalagi jika terlanjur terjerat jenis-jenis produk Pinjol ilegal dengan potongan dan bunga pinjaman diluar batas wajar yg notabene mengalah-ngalahi rentenir, tenor sangat pendek, ada perpanjangan waktu yg harus dibyr dan atau sebagainya, sehingga dan karena keadaan tidak bisa membayar sesuai termin atau walau sdh jatuh tempo kemudian ada seribu satu macam nomor telpon masuk juga berkirim pesan yang berisi teror/ancaman maka tidak usah takut walau itu sangat-sangat mengggangu privacy, pinjaman tanpa jaminan tidak ada hukum sita-menyita aset. Jika tidak terselesaikan buat aplikasi Legal paling cacat BI checking untuk beberapa wkt apalagi pinjaman dengan nilai hanya 1-4jt rupiah. Terlebih Pinjol Ilegal, non aktifkan saja aplikasi, ganti nomor kontak baru, kok repot amat mikirin bajingan-bajingan yang bukannya membantu malah menyusahkan nasabah yang berpenghasilan menengah kebawah.
    Yang berhutang puluhan, ratusan dan milyaran rupiah sampai merugikan negara saja diluar sana banyak bahkan banyak dari mereka juga kebal hukum. Jadi ambil jalan terbaik saja, tidak usah takut !

  • 5 November 2022 - (05:30 WIB)
    Permalink

    @TS: Emang enak Lo, makanya jangan sok-sok an mau minjem. Awalnya bilang sanggup buat lunasin, sekarang malah puyeng Lo buat lunasin.

    5
    2
  • 5 November 2022 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Ane kredivo belum bayar 7.1 jt, tapi kalau bayar lunas 5.2 jt, udah mau 2 tahun lebih belum bayar karna belum ada uang nya, tunggu team kolektor nya ajah dateng nanti dikasih keringanan kalau mau bayar lunas

    2
    1
  • 5 November 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Aku pake KREDIVO cuma untuk bayar INDIHOME, BELI PULSA LISTRIK, KARTU HALO dan tenor 30 hari. Lumayan bunga 0%. Kita sendiri yang hari bijak menggunakan PINJOL atau Paylater. Jangan beli barang2 yang mahal dan gak begitu penting yang cuma akan jadi beban pikiran…

  • 8 November 2022 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Terimakasih saya ucapkan kepada kredivo karena telah merespon dan menanggapi permohonan saya, dan terimakasih juga kepada media konsumen, karena telah memberikan saya fasilitas media ini,dan untuk semua komentar, perkembangan case ini kredivo sudah memberikan tanggapan dan respon positifnya kepada saya, sekarang hanya tinggal menunggu besaran keringan yang diberikan kepada saya, dan saya akan mendatangi kantor kredivo lagi pada hari kamis esok, untuk menegosiasikannya.

  • 12 November 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Klo udah ga sanggup bayar…
    Mending gagal bayar sekalian,
    Bayar pun percuma slik OJK col5..
    Jangan jual aset buat bayar utang .
    Utang sama pinjol itu ga da hitungannya..
    Duit jin dimakan setan klo pinjol mah, aman dri pencatatan malaikat

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Negosiasi Keringanan Pembayaran dengan Kredivo yang Tidak Jelas

oleh Fahri dibaca dalam: 1 menit
46