Surat Pembaca

Driver Grab Curang, Bukalapak Tak Responsif

Sore sahabat media konsumen, saya sebagai penjual atau seller di Bukalapak sangat kecewa akan pelayanan CS Bukalapak dan driver Grab yang memainkan order fiktif.

Kamis 15 Desember 2022 saya mendapat orderan dengan no transaksi 223417796754, kami dari pihak seller sudah me-request orderan sejak hari yang sama jam 11.35 namun hingga saat ini driver tak kunjung datang.

Saya lihat trackingnya bahwa paket dikembalikan driver, sedangkan driver sama sekali belum ke tempat kami untuk cek barang atau ambil barang atau telepon untuk konfirmasi ke kami sebagai seller. Sehingga dengan sengaja menjalankan orderan secara fiktif untuk mendapatkan ongkos kirim dan tidak turun performa.

Sejak Kamis malam kami sebagai seller coba untuk komplain via BukaBantuan. Namun selalu antre, antre, dan antre lalu putus nyambung. Sampai akhirnya Jumat 16 Desember 2022 kita mendapat balasan dari Bukalapak melalui email untuk melakukan pengiriman via ekspedisi.

Maaf, layanan yang digunakan adalah Grab sameday apa sih salahnya dari Bukalapak membantu penjual/pembeli melakukan request ulang menggunakan Grab atau gojek dari kata sameday aja otomatis cepat sampai ini sudah berhari-hari tidak diambil. Bila seperti ini qt sebagai penjual dapat terancam rate jelek dari pembeli.

Bila di toko online lain CS mereka bisa melayani dengan bs bantu untuk request ulang driver kenapa Bukalapak tidak bisa? Hal ini sangat merugikan penjual dan pembeli sedangkan yang perlu ditindak tegas itu adalah driver Grab yang sudah menjalankan order fiktif.

Kejadian Grab order fiktif sudah saya rasakan beberapa kali, bahkan dalam seminggu ini sudah 2x, terakhir lewat Bukalapak dengan driver atas nama Mu** E** Pr**.

Saya hanya ingin Bukalapak dapat me-request ulang driver Grab atau gojek yang sudah pembeli gunakan kurirnya. Dan dapat menjamin bahwa kita tidak akan mendapat rate jelek dari pembeli karena ini kesalahan murni di kurir pengiriman.

Mulyono
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal Driver Grab Curang, Bukalapak Tak Responsif

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau sameday selalu bermasalah, mending dinonaktifkan aja. Driver juga kebanyakan ga mau ngambil karena tarif yg terlalu murah. Akhirnya seller juga yg dirugikan karena driver pada curangin status pickup

    • Sebenernya ga masalah disameday gan...bila dionline shop lain shope n tokped bila ada problem kaya gini CSnya mau bantu untuk request ulang. Tp ini bukalapak qt disuru cari expedisi lain ongkirnya jg dsuru qt yg tanggung

  • Biasa aku belanja online yg ukuran rada besar atau barang yg kemungkinan rawan pecah aku pake jasa instan daripada sameday..

    • Barangnya kl mau ukr dimensi masih masuk gan n beratnya 2kg...emang lg dpt driver yg amsyiong aja

  • Seller gk ada otak, itu barang tissue 15 biji berapa volume kalau di kalikan? Sudah sesuai ketentuan pemakaian smaeday belum, kalau gk ada uang gk usah maksa pakai jasa itu, mending antar sendiri, driver BKN ngurusin lapak elu aja, masih bnyk lapak yg masih patuh peraturan dan manusiawi. Pikir lagi udah gtu koar2 di sini

  • Saya mau berkomentar.

    Barang besar pasti sudah jelas.

    Bisa jadi bukan kecurangab driver.

    Gini.
    1. Barang yg anda jual volumenya sebesar apa?
    2. Kemungkinan driver itu cancel order sebelum pickup order anda, biasanya akan jadi eror di aplikasi driver. Alias pengambilan berikutnya order hilang. Tapi nyangkut untuk titik kirim.
    3. Sebagai bahan pertimbangan. Harap sesuai SOP. Jangan berbohong dengan volume dan berat.

    Saya driver sameday grab. Kalau kita cancel order. Terkadang eror sistemnya. Jadi otomatis terpickup. Nah karena barang ga bisa diambil/lokasi penjemputan hilang. Maka jadinya akan gagal kirim.

  • Distatus pengirimannya kan ada tercantum nmr yg bs dihubungi terkait kendala pd pengirimannya gan. Hubungi aja nmr tsb, pasti dibantu. Grab itu klo yg sameday ada kendala biasanya akan dialihkan ke yg instant dgn ongkir yg sama (tdk disesuaikan utk menjadi instant).

  • Buzzer ojol banyak banget yah, sudah jelas driver curang belum dateng liat barang dah maen pickup aja. Padahal kalau mau cancel kan harus foto barang dulu.

  • Masalahnya itu Bukan di kurir, namun di BUKALAPAK. Kenapa Mereka tidak mampu menengahi masalah Sepele seperti ini?

    Jauhi Bukalapak lah kalo begini, mending si Oranye atau si Hijau saja. Jika terjadi masalah yang sama disana, uda BERES DARI AWAL.

    Bukalapak, kapan Anda mau berbenah? Apa cuma mau berada di Bursa Saham saja cukup kah? Sepertinya begitu ya. :)

  • Mnrtku singkirkan driver yg bermasalah,,klo mmg benar benar memainkan trik fiktif dan kasar kepada penjual,penumpang,pembeli. lagian sdh terlalu banyak driver grab,,