Driver Grab Curang, Bukalapak Tak Responsif

Sore sahabat media konsumen, saya sebagai penjual atau seller di Bukalapak sangat kecewa akan pelayanan CS Bukalapak dan driver Grab yang memainkan order fiktif.

Kamis 15 Desember 2022 saya mendapat orderan dengan no transaksi 223417796754, kami dari pihak seller sudah me-request orderan sejak hari yang sama jam 11.35 namun hingga saat ini driver tak kunjung datang.

Saya lihat trackingnya bahwa paket dikembalikan driver, sedangkan driver sama sekali belum ke tempat kami untuk cek barang atau ambil barang atau telepon untuk konfirmasi ke kami sebagai seller. Sehingga dengan sengaja menjalankan orderan secara fiktif untuk mendapatkan ongkos kirim dan tidak turun performa.

Sejak Kamis malam kami sebagai seller coba untuk komplain via BukaBantuan. Namun selalu antre, antre, dan antre lalu putus nyambung. Sampai akhirnya Jumat 16 Desember 2022 kita mendapat balasan dari Bukalapak melalui email untuk melakukan pengiriman via ekspedisi.

Maaf, layanan yang digunakan adalah Grab sameday apa sih salahnya dari Bukalapak membantu penjual/pembeli melakukan request ulang menggunakan Grab atau gojek dari kata sameday aja otomatis cepat sampai ini sudah berhari-hari tidak diambil. Bila seperti ini qt sebagai penjual dapat terancam rate jelek dari pembeli.

Bila di toko online lain CS mereka bisa melayani dengan bs bantu untuk request ulang driver kenapa Bukalapak tidak bisa? Hal ini sangat merugikan penjual dan pembeli sedangkan yang perlu ditindak tegas itu adalah driver Grab yang sudah menjalankan order fiktif.

Kejadian Grab order fiktif sudah saya rasakan beberapa kali, bahkan dalam seminggu ini sudah 2x, terakhir lewat Bukalapak dengan driver atas nama Mu** E** Pr**.

Saya hanya ingin Bukalapak dapat me-request ulang driver Grab atau gojek yang sudah pembeli gunakan kurirnya. Dan dapat menjamin bahwa kita tidak akan mendapat rate jelek dari pembeli karena ini kesalahan murni di kurir pengiriman.

Mulyono
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:123    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan perihal Driver Grab Curang, Bukalapak Tak Responsif

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

46 komentar untuk “Driver Grab Curang, Bukalapak Tak Responsif

  • 18 Desember 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Pake JNT atau Sejenisnya , jangan mengunakan gojek sameday atau grab sameday,, ONGKOS MURAH KE KURIR ATAU DRIVERNYA…

    20
    12
    • 18 Desember 2022 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Saya driver grabbike sangat menyayangkan kejadian tersebut, mengapa pihak grab tidak begitu terlalu terlihat tegas dalam mengambil keputusan untuk driver odong-odong seperti mereka,cek satu persatu akun seperti itu,dan langsung aja pm, daripada merugikan para driver se-jabodetabek yg benar-benar bekerja sepenuh hati, daripada mereka yg hanya mengincar uang tapi berjalan dengan orderan fiktif, bagaimana grab mau maju kalau hanya mengandalkan para driver odong-odong seperti mereka, sedang kami yg bekerja keras dengan keringat dan air mata, selalu di lupakan dan lebih berpihak dengan rating yg tertinggi tapi di balik itu mereka sudah banyak merugikan orang lain.

      34
      3
      • 20 Desember 2022 - (07:09 WIB)
        Permalink

        Bukan driver nya salah tapi PENYEDIA JASA ONLINE yg memberikan Ongkos tidak manusiawi juga tidak pernah memperhatikan keselamatan DRIVER / KURIR.

        3
        3
        • 20 Desember 2022 - (12:31 WIB)
          Permalink

          Kalau suka dengan kebijakan ya silahkan di ikuti dengan baik. Kalau ga suka, SILAHKAN KELUAR DARI MEREKA. Masih banyak driver yang mau kerja lebih baik drpd pemikiran macam anda.

          • 20 Desember 2022 - (16:26 WIB)
            Permalink

            Betul masih banyak DRIVER yang mau kerja tapi tidak dengan sistem seperti itu… Paham ?

    • 20 Desember 2022 - (23:01 WIB)
      Permalink

      Nggak cuma Bukalapak, E-commers lainnya juga begitu. Masa dapet order bawa kerei bambu 2 mtr. Pas komplen ke teman yang kerja di provider ojol, dia mengakui bahwa penjual di e-commers banyak yang ngakalin dimensi pengiriman. Ya sebagai driver ojol, kita kasih rate rendah aja.

      Untuk kasus yang dibahas. Saya turut prihatin atas kejadian tersebut.
      Sebenarnya bukan order fiktif, hanya oknum driver yang nggak mau ambil barang, tp mau dapat duit.

      Doakan saja semoga driver ojol lainnya menjadi amanah ketika mau ambil order.

      Dan Customer juga nggak bodoh dalam buat titik antar nya. Masa titik antar di depan komplek, trus rumah masih jauh.

      Dan jual para penjual di e-commers, tolong donk jangan ngakalin dimensi. Contoh: Bahan buat kue di dusnya tertulis 15 kg x 2 = 30 kg, masa di labelnya 15kg. Kerai bambu 2 meter di bilang 60 cm. Jangan juga order same day bawa bumper mobil. Itu mah penyiksaan.

      Jadi sama sama kita peduli, dan kerjasama , karena kita semua butuh 1 sama lainnya.

      Terima kasih

  • 18 Desember 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Biasanya klo ada driver nakal alasannya klo g brg terlalu besar ato tmpt pengambilan ribet dan seller g bs dihubungi.seperti apartemen ato mall.tapi klo semua g bermslh berarti memang tabiat driver yg g amanah

    19
    3
      • 19 Desember 2022 - (03:49 WIB)
        Permalink

        Ga semua driver online kaya bgtu gan, saya pun berusaha pahami mungkin karena hujan n mungkin jg karena butuh jd dari pada turun performa uda dijalanin aja bis tu bikin kendala…yg disayangkannya CS bukalapaknya aja tidak mau request ulang pencarian driver baru n menyarankan pakai expedisi lain n ongkir qt yg tanggung, uda ngehubungin CSnya antrinya lama n keputus mulu….

        6
        1
      • 20 Desember 2022 - (06:56 WIB)
        Permalink

        Yang harus diperhatikan adalah PENYEDIA JASA ONLINE bukan Driver nya… Kalo PENYEDIA JASA ONLINE memberikan ONGKOS YG SGT MURAH,, maka sang DRIVERpun bisa berbuat demikian.

    • 18 Desember 2022 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Saya juga ex driver grab Sameday bisa menilai kuantitas barang yg ditampilkan, setiap order sameday memiliki maksimal SOP berat dan dimensi barang yg dibawa. Berat max 5kg, dimensi 40x40x40. 1 order sameday ke driver itu membawa 5-8 pickup order dari dan ke benerapa lokasi. Bayangkan jika 1 order pelanggan mengirimkan 1 barang dgn berat/dimensi melebihi SOP, bgmn dgn barang lain yg harus dibawa? kadang2 seller juga banyak mengakali sistem SOP tsb, berat 25kg ditulis 1kg, tinggi 1 meter ditulis 30cm, seller seperti itu gk otak, hanya memgejar ongkos murah tp gk memikirkan keselamatan dan keamanan driver. Jika Seller yg benar lihat ikuti sesuai ketentuan, barang sebanyak itu ada baiknya dikirim pakai GRAB EXPRESS / GOSEND Instant, yg bisa pickup lebih cepat dan langsung ketujuan pengiriman

      53
      • 19 Desember 2022 - (03:09 WIB)
        Permalink

        Itu barang kecil bungkus pakai plastik 35 segede dus aqua aja engga gan, driver awal dy ga datang tp cancel..nah dapat driver kedua n posisi hujan hny selang beberapa menit orderan dijalanin pdhl barang blm diambil…

        4
        1
        • 19 Desember 2022 - (03:12 WIB)
          Permalink

          Itu bukan setebel tisu paseo gan itu tisu warteg yg tipis2 kasar…kl mau ngukur dimensi kita siapin meteran bisa diukur ulang…

          1
          1
      • 19 Desember 2022 - (03:34 WIB)
        Permalink

        Kl secara kubikasi ini masih aman gan, ini bukan setebel tisu paseo, ini tisu tipis yg diwarteg bungkusnya pakai plastik 35…nah kl berat diaplikasi 1kg itu krn dari sistem grabnya..krn kl dilabel itu kirim itu label real kl ditoko kita….bahkan belakangan ini ada grab instan keluhin diaplikasi tulisannya 1kg makanan, bgtu ksini bawa tisu 1 dus..adalagi ditulisan label grab instan di driver jd multi instan

        1
        1
        • 19 Desember 2022 - (08:02 WIB)
          Permalink

          Segede dus aqua, trus lo kirim via sameday dan lo pikir sameday cm 1 brng? Klo driver cancel brng anda ga layak kirim krna ga muat di motor, klo brng anda msuk urutan pertama di jalur sameday psti di bw, klo mau lngang kirim jgn ksh pilihan sameday tp instan, nah ini yg gw bingung brng lom diambil tp orderan jalan, klo dia kelarin berarti dia nekat,laporin ke grab, tp klo dia cancel stlh pick up ga mslh namanya jg lg ujan, lcd hp ketetesan aer auto klik, jd orng usaha sehat2 aja mikirnya, mau kirim sameday volume brng jgn gede2 inget driver samday bw motor roda 2,beda sma jnt jne mrka di gaji bkn argo per km

          2
          5
    • 19 Desember 2022 - (01:21 WIB)
      Permalink

      Ini mah bukan Driver Nakal atau Orderan Fiktif Tapi barangnya Gede Driver Nggk ada yg mau angkut 😅😅😅

      7
      1
  • 18 Desember 2022 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Gak semua driver ojol nakal ya. Kasihan driver yg jujur msh banyak. Biarlah ug nakal akan menanggung akibatnya sendiri

    27
    • 18 Desember 2022 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Betul pak, saya sebagai ex driver sendiri terkadang tidak memikirkan besar-kecil barang asal sudaj sesuai SOP pasti dibawa. Sering saya dapat order masuk dari seller yg gk ada otak, masa kirim aquarium kaca ukuran panjang 1,5 meter masuk ke sameday, dan bukan 1 brg yg masuk tp 2 brg aquarium sekaligus. 1 order sameday dari Jaksel ke Bekasi berisi 7 paket antar jemput, dan 2 diantaranya adalah aquarium tsb. Jika ada polisi siapa yg kena? Jika brg jatuh dan kecelakaan. Siapa yg mau ganti rugi dan tanggung jawab? Apakah semua harus ditanggung driver yg hanya mendapakan 13.000-20.000 dari setiap paket? Apakah sebanding dgn nyawa yg dipertaruhkan?? . Saya pun sebagai seller di toko online tokped dan bukalapak tidak pernah bermasalah dalam pengiriman jika sudah sesuai ketentuan

      15
    • 19 Desember 2022 - (03:20 WIB)
      Permalink

      Memang ga semua driver nakal om, paling dari 100 ada 1 atau 2 yg ky gini…cm memang seminggu ini uda dpt 2x, pertama ini, kedua isi bawa solasi 2inch 10 biji n plastik kantong 6 jg bgtu padahal instan grab posisi hujan dan status dijalanin.. lapor ke CS tokped langsung direqueat ulang dpt driver berikutnya lah ini dibukalapak dy ga bs requsst ulang pakai ekspedisi lain ongkirnya dsuru qt yg tanggung

      2
      1
  • 18 Desember 2022 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Coba Ukur Volumenya, same day volume sudah di tentukan.

    Seller aja yang nakal, ngakalin volume biar bisa same day, padahal harusnya instan.

    23
    1
  • 18 Desember 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Barangnya gede ga?. Kalo gede ya setidaknya pengirim harus berfikir. Nah kalo udah bener pengirimnya kenapa ga call cs grab.

  • 18 Desember 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Inti nya harus ber intropeksi penjual juga banyak yg curang…. Juga bnyk yg nipu pembeli… Di aplikasi bawa cuma 1kg kurang ehhh ngk tau nya segede gaban wkwkwkwk

    15
    1
  • 18 Desember 2022 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Kalau mau mau komentar, pahami dulu statement penjual…. Disitu dijelaskan paket belum diambil…. Artinya driver blm pernah datang utk ambil paket. Kalau driver blm ambil paket, bagaimana dia bisa tahu volume paket terlalu besar?

    13
    5
    • 19 Desember 2022 - (04:22 WIB)
      Permalink

      Dah gpp gan..terima kasih, mudah mudahan Allah sehatin qt yg semua ada disini…aamiiinn

      4
      1
  • 18 Desember 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Jangan Asal Bacot BILANG ORDER FIKTIF BOSS, DRIVER TIDAK DATANG BUKAN BERARTI DRIVER PICK UP TERUS DIKEMBALIKAN, ANDA MEMILIH LAYANAN SAMEDAY KARENA ALASAN MURAH BUKAN ALASAN CEPAT SAMPAI, KALO ANDA SEBAGAI SELLER AJA BOLEH BERFIKIRAN ARGO MURAH KENAPA DRIVER TIDAK BOLEH UNTUK MEMILAH DARI 7 BARANG MANA YG HARUS DI PICK UP SESUAI JARAK DAN ARGO, KARENA SELAMA INI DRIVER JUGA KADANG “DIAKALI” DALAM HAL ARGO!!

    SARAN GUE, PAKAI INSTAN!!

    2
    11
    • 19 Desember 2022 - (03:58 WIB)
      Permalink

      Kl soal argo qt ga bisa bicara dah krn itu uda dari sistem grab..qt jg ga minta cepat n buru2..bukan sameday atau instan gan kl driver uda niat jahat mah ya terjadi…minggu ini jg ada orderan instan grab bawa lakban 2inch 10bh, dy foto pick up gambar jalan lalu dijalanin bis tu dibuat kendala n selesai

      3
      1
  • 18 Desember 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Itu tisu 15 kantong kalo di kubikasikan lumayan besar loh kalo menurut saya, walaupun mungkin ringan tapi volumnya cukup besar dan lagi menggunakan jasa sameday dimana pengirimannya itu ke byk tempat. Kalo menurut saya selagi barangnya ga ilang yah coba di request pickup ulang aja. Ato kasih saran ke buyer untuk ambil instant.

  • 18 Desember 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Kalau sameday selalu bermasalah, mending dinonaktifkan aja. Driver juga kebanyakan ga mau ngambil karena tarif yg terlalu murah. Akhirnya seller juga yg dirugikan karena driver pada curangin status pickup

    1
    1
    • 19 Desember 2022 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Sebenernya ga masalah disameday gan…bila dionline shop lain shope n tokped bila ada problem kaya gini CSnya mau bantu untuk request ulang. Tp ini bukalapak qt disuru cari expedisi lain ongkirnya jg dsuru qt yg tanggung

      1
      1
  • 18 Desember 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Biasa aku belanja online yg ukuran rada besar atau barang yg kemungkinan rawan pecah aku pake jasa instan daripada sameday..

    • 19 Desember 2022 - (03:24 WIB)
      Permalink

      Barangnya kl mau ukr dimensi masih masuk gan n beratnya 2kg…emang lg dpt driver yg amsyiong aja

      2
      1
  • 18 Desember 2022 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Seller gk ada otak, itu barang tissue 15 biji berapa volume kalau di kalikan? Sudah sesuai ketentuan pemakaian smaeday belum, kalau gk ada uang gk usah maksa pakai jasa itu, mending antar sendiri, driver BKN ngurusin lapak elu aja, masih bnyk lapak yg masih patuh peraturan dan manusiawi. Pikir lagi udah gtu koar2 di sini

    1
    7
  • 19 Desember 2022 - (00:22 WIB)
    Permalink

    Saya mau berkomentar.

    Barang besar pasti sudah jelas.

    Bisa jadi bukan kecurangab driver.

    Gini.
    1. Barang yg anda jual volumenya sebesar apa?
    2. Kemungkinan driver itu cancel order sebelum pickup order anda, biasanya akan jadi eror di aplikasi driver. Alias pengambilan berikutnya order hilang. Tapi nyangkut untuk titik kirim.
    3. Sebagai bahan pertimbangan. Harap sesuai SOP. Jangan berbohong dengan volume dan berat.

    Saya driver sameday grab. Kalau kita cancel order. Terkadang eror sistemnya. Jadi otomatis terpickup. Nah karena barang ga bisa diambil/lokasi penjemputan hilang. Maka jadinya akan gagal kirim.

  • 19 Desember 2022 - (04:32 WIB)
    Permalink

    Distatus pengirimannya kan ada tercantum nmr yg bs dihubungi terkait kendala pd pengirimannya gan. Hubungi aja nmr tsb, pasti dibantu. Grab itu klo yg sameday ada kendala biasanya akan dialihkan ke yg instant dgn ongkir yg sama (tdk disesuaikan utk menjadi instant).

  • 19 Desember 2022 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Buzzer ojol banyak banget yah, sudah jelas driver curang belum dateng liat barang dah maen pickup aja. Padahal kalau mau cancel kan harus foto barang dulu.

    5
    1
  • 19 Desember 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Masalahnya itu Bukan di kurir, namun di BUKALAPAK. Kenapa Mereka tidak mampu menengahi masalah Sepele seperti ini?

    Jauhi Bukalapak lah kalo begini, mending si Oranye atau si Hijau saja. Jika terjadi masalah yang sama disana, uda BERES DARI AWAL.

    Bukalapak, kapan Anda mau berbenah? Apa cuma mau berada di Bursa Saham saja cukup kah? Sepertinya begitu ya. 🙂

  • 20 Desember 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Mnrtku singkirkan driver yg bermasalah,,klo mmg benar benar memainkan trik fiktif dan kasar kepada penjual,penumpang,pembeli. lagian sdh terlalu banyak driver grab,,

 Apa Komentar Anda?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Driver Grab Curang, Bukalapak Tak Responsif

oleh yono dibaca dalam: 1 menit
46