Surat Pembaca

Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang Logis

Sebelumnya saya pengangguran, yang baru saja mencoba berkarir di dunia GrabCar terutama daerah Bali, semenjak Desember 2022 lalu. Yang mana bagi saya terasa menyenangkan sekali bisa bekerja freelance dan menghasilkan pundi-pundi uang berkecukupan, walaupun hanya dengan mobil sewaan.

Singkat cerita, mobil sewa yang saya daftarkan di GrabCar mengalami kecelakaan pada bulan Januari kemarin. Mau gak mau saya harus repot ganti mobil lain, dengan plat kendaraan yang berbeda alias plat luar Bali (di luar pengetahuan saya, bahwasanya harus menggunakan plat mobil asli Bali untuk GrabCar).

Bagi saya seharusnya ini wajar saja kan, driver mengganti kendaraan tanpa harus repot-repot datang kantor untuk mengubah data kendaraan yang terdaftar. Toh sama saja, pengguna alias driver juga tiap hari verifikasi wajah sebelum bertempur di lapangan dan saya selaku mitra GrabCar juga sudah menginfokan ke customer mengenai kendaraan yang beda tersebut.

Singkat cerita, akun saya dikenai SP dan harus dinonaktifkan sementara, hanya karena laporan customer tentang plat yang berbeda. Ini bagi saya tidak logis sama sekali, saya selaku mitra sudah berjuang habis-habisaan di jalan, tapi Grab seenak jidat saja menonaktifkan akun saya. Akhirnya saya datangi kantor Grab untuk mengaktifkan kembali. Keesokannya sih akun saya sudah aktif, tapi saya belum bisa ganti data kendaraan dengan plat Bali karena di rental sedang tidak tersedia.

Saya iseng-iseng saja coba daftar kendaraan yang saya pakai (plat luar Bali) via aplikasi, supaya akun saya gak kena teguran lagi. Eh malahan akun saya diblokir Grab secara sepihak tanpa penjelasan apa pun. Saldo saya masih ada sekitar R500 ribu di dalam akun. Bagaimana pula perusahaan sebesar Grab bisa dengan seenaknya memblokir akun mitra termasuk saldo uang di dalamnya tanpa penjelasan lebih lanjut?

Bisa bayangkan berapa banyak driver Grab yang kena PUTUS MITRA hanya gara-gara urusan sepele gini dan harus merelakan saldo uang yang dikumpulin dengan keringat dan jerih payahnya dimakan Grab? Miris memang, tapi begitulah faktanya. Pihak manajemen Grab tidak tahu kondisi lapangan, tapi tahunya cuma menuntut mitra harus memberikan performa terbaik.

Saya dengar-dengar juga akun Grab lain ada yang kena PUTUS MITRA lantaran gak aktif selama 6 bulan. Emangnya kita ini karyawan kontrak yang harus terikat 24 jam siaga? Saya sudah kirim email ajukan banding untuk kasus saya (tanggal 8 Februari 2023 akun saya PUTUS MITRA dan langsung saya email). Namun sampai sekarang sudah berapa email saya kirim malah tidak ada balasan.

Bravo deh untuk perusahaan sebesar Grab, begitu caranya memanipulasi rakyat Indonesia ini bekerja bagaikan robot untuk mereka. Suka tidak suka, seenak jidatmu saja langsung blokir akun orang termasuk uang di dalamnya. Sudah berapa banyak uang driver yang pihak Grab telan tanpa kejelasan?

Saya kira tadinya join GrabCar bisa jadi pekerjaan tetap dengan penghasilan yang melimpah untuk saya, malah saya sudah bela-belain diri untuk kredit mobil baru, hanya demi memanjakan pelanggan Grab yang terhormat. Miris, bagaikan air susu dibalas air tuba.

Terima kasih banyak deh untuk pengalaman-pengalamannya (mobil baret, lecet, jok kotor kena muntahan, tabrakan, makian dari pelanggan, dll), yang sudah diberikan selama 2 bulan saya bekerja sebagai GrabCar driver. Kiranya sudi pihak Grab mengembalikan akun saya supaya bisa aktif kembali, tapi ya sudahlah masih banyak driver-driver bermutu dibanding saya.

Kangga Hendra Pranata Putra
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jd inget sy, trip korporat sy jg blm di bayar oleh grab ke sy smpai skrg, alasannya tunggu 3 hr kerja, padahal wkt itu sdh 17 hr kerja, setiap tlp ke ktr grab sj hbis pulsa 20rb an krna ga ada no yg gratis untuk dihubungi dan berulang x tlp trus. Sy mitra grab thn 2016 termasuk uber & gojek. Jika orderan lebih besar potongan pun lebih dr 25%.
    Terkadang ongkos tarip terlalu murah, bhkan ojek mtr pun pasti ga mau.
    Kondisi seperti sekarang ini, pd wkt bbm naik jd 10rb, driver yg dibebani. Mungkin lebih bijaksana ongkos tetap murah tapi potongan jg hrs dikurangi, karna driver itu ujung tombak transport online, dr mrk perusahaan mendapatkan penghasilan & keuntungan. Ya klo pandai bersyukur pasti berfikir seperti itu.
    Driver jg hrs merawat mbl'y krna dgn mbl bs beraktivitas.
    Inti'y hidup itu ada aturan yg baik & benar. Yg hak dan yg bathil. Keburukan yg ditanam mk kehancuran akan didapat.
    SEMOGA ORG2 YG DZOLIM DIBERIKAN HIDAYAH NYA... AMIIIN

  • Grab juga telah menelan hasil jerih saya di grabfood
    Habis pulsa ratusan ribu tdk ada solusi

  • Sudah ada baiknya biarkan aplikator yang menjawab, sebaiknya penulis ajukan perdata masalah saldo anda. Tapi sebelumnya email lagi pihak grab disertai buku tabungan dan identitas anda.semoga berhasil.

1 3 4 5