Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang Logis

Sebelumnya saya pengangguran, yang baru saja mencoba berkarir di dunia GrabCar terutama daerah Bali, semenjak Desember 2022 lalu. Yang mana bagi saya terasa menyenangkan sekali bisa bekerja freelance dan menghasilkan pundi-pundi uang berkecukupan, walaupun hanya dengan mobil sewaan.

Singkat cerita, mobil sewa yang saya daftarkan di GrabCar mengalami kecelakaan pada bulan Januari kemarin. Mau gak mau saya harus repot ganti mobil lain, dengan plat kendaraan yang berbeda alias plat luar Bali (di luar pengetahuan saya, bahwasanya harus menggunakan plat mobil asli Bali untuk GrabCar).

Bagi saya seharusnya ini wajar saja kan, driver mengganti kendaraan tanpa harus repot-repot datang kantor untuk mengubah data kendaraan yang terdaftar. Toh sama saja, pengguna alias driver juga tiap hari verifikasi wajah sebelum bertempur di lapangan dan saya selaku mitra GrabCar juga sudah menginfokan ke customer mengenai kendaraan yang beda tersebut.

Singkat cerita, akun saya dikenai SP dan harus dinonaktifkan sementara, hanya karena laporan customer tentang plat yang berbeda. Ini bagi saya tidak logis sama sekali, saya selaku mitra sudah berjuang habis-habisaan di jalan, tapi Grab seenak jidat saja menonaktifkan akun saya. Akhirnya saya datangi kantor Grab untuk mengaktifkan kembali. Keesokannya sih akun saya sudah aktif, tapi saya belum bisa ganti data kendaraan dengan plat Bali karena di rental sedang tidak tersedia.

Saya iseng-iseng saja coba daftar kendaraan yang saya pakai (plat luar Bali) via aplikasi, supaya akun saya gak kena teguran lagi. Eh malahan akun saya diblokir Grab secara sepihak tanpa penjelasan apa pun. Saldo saya masih ada sekitar R500 ribu di dalam akun. Bagaimana pula perusahaan sebesar Grab bisa dengan seenaknya memblokir akun mitra termasuk saldo uang di dalamnya tanpa penjelasan lebih lanjut?

Bisa bayangkan berapa banyak driver Grab yang kena PUTUS MITRA hanya gara-gara urusan sepele gini dan harus merelakan saldo uang yang dikumpulin dengan keringat dan jerih payahnya dimakan Grab? Miris memang, tapi begitulah faktanya. Pihak manajemen Grab tidak tahu kondisi lapangan, tapi tahunya cuma menuntut mitra harus memberikan performa terbaik.

Saya dengar-dengar juga akun Grab lain ada yang kena PUTUS MITRA lantaran gak aktif selama 6 bulan. Emangnya kita ini karyawan kontrak yang harus terikat 24 jam siaga? Saya sudah kirim email ajukan banding untuk kasus saya (tanggal 8 Februari 2023 akun saya PUTUS MITRA dan langsung saya email). Namun sampai sekarang sudah berapa email saya kirim malah tidak ada balasan.

Bravo deh untuk perusahaan sebesar Grab, begitu caranya memanipulasi rakyat Indonesia ini bekerja bagaikan robot untuk mereka. Suka tidak suka, seenak jidatmu saja langsung blokir akun orang termasuk uang di dalamnya. Sudah berapa banyak uang driver yang pihak Grab telan tanpa kejelasan?

Saya kira tadinya join GrabCar bisa jadi pekerjaan tetap dengan penghasilan yang melimpah untuk saya, malah saya sudah bela-belain diri untuk kredit mobil baru, hanya demi memanjakan pelanggan Grab yang terhormat. Miris, bagaikan air susu dibalas air tuba.

Terima kasih banyak deh untuk pengalaman-pengalamannya (mobil baret, lecet, jok kotor kena muntahan, tabrakan, makian dari pelanggan, dll), yang sudah diberikan selama 2 bulan saya bekerja sebagai GrabCar driver. Kiranya sudi pihak Grab mengembalikan akun saya supaya bisa aktif kembali, tapi ya sudahlah masih banyak driver-driver bermutu dibanding saya.

Kangga Hendra Pranata Putra
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

133 komentar untuk “Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang Logis

  • 9 Maret 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    “..Bagi saya seharusnya ini wajar saja kan…”
    ——————————————————

    Menurut anda ganti kendaraan yg berbeda saat mendaftar itu wajar?

    Tipe model anda ngga cocok bekerja dengan orang lain, apalagi hanya level Mitra kerja.
    Kalau semua aturan harus dengan “ukuran wajar” dengan “kacamata” anda, lebih baik Dagang, atau buka usaha mandiri. Suka -suka sendiri terapkan aturan dan batas kewajaran dengan standart anda

    cuma saran lho..

    155
    31
    • 9 Maret 2023 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Lahh, lu baca dengan baik apa kagak tol? Heran gua.. Udah dijelaskan mobil nya sewa dan lagi accident.. Goblok lah lu, bikin panas aja. Baca dulu yang benar baru komentar bos..

      19
      154
      • 9 Maret 2023 - (11:19 WIB)
        Permalink

        Oalah, ini cuma saran Om ..
        diterima atau nggaknya saran, kan konsekuensi di terima oleh anda sendiri ..

        Btw tulisan & nalar berlogika anda sudah memperlihatkan kepantasan & layaknya anda menjadi Mitra atau nggak…

        terima kasih

        111
        8
        • 9 Maret 2023 - (12:04 WIB)
          Permalink

          Oke lah orang pintar, makasih saran nya. Tapi saya lebih ke mempertanyakan saldo saya yang di tahan.. Dikira enak apa kerja mati2an malah saldo di tahan juga kalo mau putus mitra.. ?

          7
          65
          • 10 Maret 2023 - (06:21 WIB)
            Permalink

            Udah ada aturan smuanya jika akun putus Mitra maka ketentuan saldo angus

            12
            2
          • 10 Maret 2023 - (15:17 WIB)
            Permalink

            Tapi seriusan deh, emang grab ngelakuin hal yang benar dengan putus mitra, karena yg ada merugikan mempertahankan mitra yg attitude nya seperti anda.

            13
            1
        • 9 Maret 2023 - (19:16 WIB)
          Permalink

          Kalau mitra, melakukan kesalahan wajar saja pihak grab merujuk pada rule of the game yg mereka buat, mitra bisa apa….inilah kelemahan buat mitra. Tetapi kalau uang mitra yg ada diaplikasi diambil oleh pihak grab itu luar biasa ?????. Apakah ada aturannya yg menjelaskan mengenai pengambilan uang mitra apabila putus kemitraan ????? Kalau ada aturannya , mitra lagi yg di rugikan….ini adalah bentuk ketidak adilan dari pihak grab ke mitranya. Seharusnya uang mitra yg ada di aplikasi dikembalikan karena memang sdh haknya mitra, bukan haknya grab.

          41
          3
          • 14 Maret 2023 - (18:42 WIB)
            Permalink

            Yang saya tau saldo driver tidak di ambil,hanya di tahan sementara,nanti juga uangnya akan di transferkan ke rekening yang di kaitkan di akun drivernya,setelah ada pemberitahuan dari grabnya

        • 10 Maret 2023 - (01:45 WIB)
          Permalink

          Simak lagi om sebelum komentar, dia sudah bilang kalau sudah menginfokan kepada penumpang bahwa plat mobil dia berbeda dengan aplikasi, jadi anda bisa menyimpulkan kalau yang ga cerdas itu penumpangnya. Seharusnya penumpangnya bisa cancel driver karena ga sesuai data aplikasi. Demi keamanan tentunya, jangan buat statemen sepihak sebelum berfikir cerdas

          16
          5
          • 12 Maret 2023 - (06:11 WIB)
            Permalink

            Hidup punya aturan bro….kl gk mo repot ikut aturan, lepas aja,gk usah gabung sama yang beraturan

        • 11 Maret 2023 - (18:55 WIB)
          Permalink

          Saya Pelanggan setia Grab sejak 2017 sampai sekarang. Saya mau cerita tentang pengalaman saya pesan grab car yg berbeda plat dgn yg tertera. Tapi driver juga lgsg telfon untuk menginformasikan bahwa beda mobil. Saya sampaikan tdk apa2. Kejadian ini bukam satu dua kali.

          Ada juga yg arogan saat bonceng saya, kala itu saya pesan roda 2 nya.
          Beberapa kali kejadian itu trjadi.

          NAMUN SEMUA ITU SAYA TETAP MEMBERIKAN PENILAIAN TERTINGGI.
          MENGAPA DEMIKIAN?
          YG SAYA PIKIRKAN ADALAH BAGAIMANA DRIVER TETAP BEKERJA DAN ADA PEMASUKAN.
          SAYA ANGGAP MUNGKIN DIA LAGI BANYAK BEBAN HIDUP BERAT.

          TERIMA KASIH

      • 9 Maret 2023 - (12:05 WIB)
        Permalink

        Dari sini saya jadi tau kenapa anda sebelumnya pengangguran. Lebih cocok jadi wiraswasta aja om.

        42
        9
          • 10 Maret 2023 - (23:57 WIB)
            Permalink

            Mamposss

            2
            2
          • 11 Maret 2023 - (08:17 WIB)
            Permalink

            Setelah gw baca² komen² lu yg sebagian tampremen gw mau ajak lu kerja ama gw..!!
            Lu Bali nya dimana?!! Kirim alamat lengkap lu by email gw… ?

            Syarifwahyudi424@gmail.com

            Gw demen nih ama manusia kaya lu gini buat di reqrut.. ??

      • 9 Maret 2023 - (13:10 WIB)
        Permalink

        hadeh, sendiri yang melanggar SOP malah cari cari pembenaran di MK. Begini akibat kalau otak sekecil otong.

        33
        11
        • 9 Maret 2023 - (13:48 WIB)
          Permalink

          Sotoy lu tod, gimana sih kalian baca surat diatas? Gk ada yg paham ya.. Ampun deh.. Mendingan diam aja dari pada menuh2in komentar dsini, yang saya tunggu itu balasan dari Grab, bukan dari otak monyet kayak lu..

          7
          61
          • 10 Maret 2023 - (23:58 WIB)
            Permalink

            Hahaha mamposs lo miskkinn hahah mamposss

      • 9 Maret 2023 - (15:53 WIB)
        Permalink

        Dilihat dr tata cara bahasa anda menyampaikan atau membalas diskusi, saya rasa anda layak di PM. Bahasa anda kasar, emosian & kelihatannya arogansi. Kasian penumpangnya klo karakter anda seperti itu.
        Mengenai saldo udah ada s&k, apabila PM maka dompet credit/tunai hangus. Coba dipelajari dan dibaca lg peraturan di saat anda mendaftar.

        71
        5
      • 10 Maret 2023 - (06:08 WIB)
        Permalink

        Pantes sih kalo dipecat. Kek begini atitudnya. Hhhh Sudah tau budak korporat ya nyadar diri ikuti aturan. Yang buat aturan itu Master bukan budak. Kalo melanggar ya tanggung akibatnya. Ga bisa bayangin deh kalo ada customer yang nanya terus jawabnya ketus begini ya wajar anda kena sikat grab wkwkkwkw. Sepertinya dilingkungan anda tidak ada yang mengajari sopan santun maka dari itu sekarang anda dapet pelajarannya. Dari tatabahasa anda sepertinya umur anda masih belia sekali. Masih butuh banyak belajar.

        15
        4
      • 11 Maret 2023 - (04:56 WIB)
        Permalink

        Kayaknya situ lebih cocok narik becak apa kuli panggul, lebih sesuai dengan karakternya. Kalau saya yg jadi ketua komunitaspun males ngurusin anggota yyg model begini buat banding. Semua ada aturannya, anda yang seenak jidat nglanggar aturan kog nyalahin orang lain.

        4
        2
    • 9 Maret 2023 - (10:39 WIB)
      Permalink

      bener. kalo msh kerja sm orang, ya harus tunduk jg sama peraturannya.
      kalo ga mau disetir, ya buka usaha sendiri, meski omzetnya msh kecil, tp sudah merdeka. bisa menentukan wajar tidaknya menurut pandangan sendiri

      48
      1
    • 15 Maret 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Bagi yg bukan driver lebih baik nyimak,ilmui dulu baru lakukan..saya sbg driver memahami hal tsb,bukan hanya mengenai putus mitra,dlm segala hal memang kebijakanya selalu merugikan driver..minim reward max punishment dlm pekerjaan,belum lg kl ada keluhan dr konsumen,sll ngambil keputusan sepihak tanpa mendengarkan dr pihak driver,perusahaan internasional rasa warung lesehan,memanjakan konsumen bukan harus dg cara membunuh driver

    • 17 Maret 2023 - (12:10 WIB)
      Permalink

      @alf Beuhh, Tulisan rendahan, belom baca dengan jelas, udah komen. Situ buzzer rp yah.

  • 9 Maret 2023 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Ya elu yang seenak jidatlu, peraturan dibuat untuk keamanan, baik penumpang /driver sendiri.
    Lu yang menyepelekan,
    Lu pikir ganti kendaraan tidak laporan, gak ada resiko besar ????
    Ada BAMBANG…

    Udah salah, ngotot blok

    44
    4
    • 9 Maret 2023 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Anjirr2.. Gampang banget lu komen tod kalo gk ngerasa di posisi orang kayak gimana.. Tod tod.. Makasih deh komentar nya tod.

      7
      57
      • 10 Maret 2023 - (09:54 WIB)
        Permalink

        Klo liat Bahasa ente sie emg ga Pantes di bidang jasa…lbh Cocok Jd DC ente cuuyyy Wkwk Wkw

        6
        1
        • 10 Maret 2023 - (12:15 WIB)
          Permalink

          Iyah bener
          Masa’ jadi Driver Aplikator gak tau dan belajar dari yg SUDAH diPM2in Gr..C… Itu beraaaat broo

      • 11 Maret 2023 - (13:22 WIB)
        Permalink

        Pantes aja Lo di PM, bahasa Lo aja kelihatan kaya orang yang tidak berakal. Syukurin jadi pengangguran. Hahahaha…

        2
        1
    • 10 Maret 2023 - (01:55 WIB)
      Permalink

      Sekarang tidak perlu lagi harus datang ke kantor untuk menginfokan pergantian kendaraan, cukup melalui pusat bantuan, disana ada layanan tambahkan unit kendaraan, permasalahannya ada di plat yang bukan zona daerah Bali. Diharuskan ke kantor untuk mutasi plat kendaraan sebelum menggunakan dalam pencarian orderan grab, sehingga menyebabkan kesalahan kode etik yang berujung PUTUS MITRA

      9
      1
  • 9 Maret 2023 - (11:27 WIB)
    Permalink

    saya sering merasa tidak aman dan nyaman bila pesan grabcar dengan plat yg berbeda dengan aplikasi , takut sewaktu2 ada masalah susah dilaporin.

    58
    1
    • 9 Maret 2023 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Iyah betul sekali…
      Saya sendiri ogah misalnya pesen grab car, plat nomor ya tidak sesuai dengan aplikasi.

      41
      2
    • 9 Maret 2023 - (12:13 WIB)
      Permalink

      Ya udah itu kan dari pov nya anda sebagai customer.. Hak masing2 kok.. Lagian saya sebagai driver juga udah kasih tau di awal sebelum menjemput orang nya.

      4
      45
      • 10 Maret 2023 - (06:25 WIB)
        Permalink

        Itu slh ny byk kok pkai daptar akun lgi krna akun yg satu brmslh kan gk bs satu Mitra dua akun di bendera yg sama

      • 10 Maret 2023 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Saran gw selaku driver online, gak ada salahnya mendaftar di berbagai aplikasi saingan sperti gojek, maxim, indriver dan sejenisnya tuk jaga2 jika kejadian kayak gini terjadi lagi. Btw konsumen ttp beranggapan dirinya adalah raja. Driver lama sedikit lgsg kasih bontang 1, tp klu driver cepat sampai konsumennya lama nyamperin. Kita komen pun diaplikasi tdk akan ditanggapi. Masalah saldo klu kena PM biasanya angus. Tp ada kawan gw jg kena PM dia bisa mencairkan saldonya sbsar 730 rb dengan membawa berkas2nya ke kantor. Sekedar saran, sebelum ke kantor cari back up dlu ama komunitas online. Biasanya ketua mereka siap membantu, apalagi jika kita terdaftar sebagai bagian dri komunitas mereka. Klu bisa komunitas yg udah cukup di kenal oleh pihak grab nya dan aktif. Mudah2an bisa selesai permasalahan lu bro…?

    • 9 Maret 2023 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Sama driver juga tidak nyaman kalau yg naik bukan yg punya akun , malah temen yg punya akun ,

      15
      7
  • 9 Maret 2023 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Udah salah ngotot, mending protes kekantornya langsung, protes diasana aja, protes disini buat apa?
    Kamu sendiri menyalahi SOP, harusnya sebelum melakukan sesuatu tanya dulu, saya liat kamu melanggar 2 kali ya langsung diblokir pihak grab jadinya kan

    32
    3
    • 9 Maret 2023 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Izin beli, sebelumnya beli ikut komunitas atau bertanya ke temam2 di Bali untuk prihal nopol ga ya? Jadi begini beli untuk plat nomer yang berbeda wilayah tidak bisa di ganti by aplikasi harus datang ke GDC, dan GDC di Bali beli sendiri sudah tau lokasi nya di mana, alangkah baiknya berkomunitas beli biar banyak pengetahuan, masalah uang beli yang berada di dalam deposit coba beli datangi kantor GDC di lokasi beli bawa buku tabungan, KTP, KK, dan materai untuk reambesmennya … Ingat ya beli datang langsung ke kantor jangan via email atau pun call biar beli ga salah paham. Terimakasih

      17
      • 9 Maret 2023 - (13:52 WIB)
        Permalink

        Baik, terimakasih atas saran dan perhatiannya. Masih mendingan komentar anda yang lebih waras di banding netizen yang lain ??

        4
        34
        • 9 Maret 2023 - (20:48 WIB)
          Permalink

          S’y lbh parah lg. S’y Di PM, putus mitra cuma krn sy cancel cs org sipit. Sdh muter2sy cari Rmhnya, sdh bnyak wkt dan Bensin terbuang,akhirnya s’y cancel. Çs nya marah, tdk terima, lapor pd grab. Besoknya sy di PM. Padahal s’y mitra hijau, mitra yg baik dan Jujur. Tdk pernah melakukan Kesalahan. Cuma gara2 s’y cancel aja langsung di PM, tanpa ksh peringatan dulu. Saldo s’y tdk dikembalikan grab.
          Veri Satria
          HP:0852175117**

          1
          23
          • 10 Maret 2023 - (11:10 WIB)
            Permalink

            Sudah layak anda kena PM, sudah rasis ga tahu diri lagi.

            15
          • 10 Maret 2023 - (14:45 WIB)
            Permalink

            Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkw rasis ??

    • 9 Maret 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Baca dulu baik2 pahami baru komentar deh, aduh ampun deh netizen.. Saya nunggu balasan dari Grab aja, bukan komentar dari kalian yang sok pintar semua.

      3
      33
    • 9 Maret 2023 - (13:50 WIB)
      Permalink

      Sudah saya email ajukan banding, belum di balas2.. Lagian lu kira di kantor ada siapa? Cuman CS woii.. Dan CS juga nyuruh nunggu balasan email.. Lu kira kayak di jakarta ini yang ada jajaran direksi nya nongkrong di kantor?

      3
      22
    • 9 Maret 2023 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Thread ini buat nunggu balasan dari Grab, bukan buat netizen yang cuman bisa berkomentar..

      3
      40
      • 9 Maret 2023 - (19:49 WIB)
        Permalink

        Dari Anda Merespon Komen Orang Aja Bahasanya Udh Gak Baik, Anda Harusnya Punya Adab. Bagaimana Pihak Grab Mau Respon Kalo Adab Anda Buruk Ke Semua Orang….

        21
        3
          • 17 Maret 2023 - (13:15 WIB)
            Permalink

            Bernada Gimana? @Safey Carey

            Anda Bisa Baca Kan Banyak Komentar Selain Saya Yang Menyayangkan TS Bikin Postingan Tapi Terlihat Buruk Dalam Menjawabnya. Saya Hanya Bilang Adabnya Coba Diperhatikan Kalo TS Mau Direspon Balik Sama Pihak Grab.

      • 10 Maret 2023 - (23:29 WIB)
        Permalink

        Klo beli ga mau dikomentarin jangan posting di media konsumen, pasang iklan baris di koran aja beli ?

  • 9 Maret 2023 - (13:15 WIB)
    Permalink

    Saran aja nih buat TS. Kalau anda bukan bos atau pembuat regulasi, tunduk lah dengan aturan mainnya. Jika identitas kendaraan berubah, maka ada aturan main yang tentu saja bukan demi tujuan”kewajaran” anda.

    Wajar saja akun anda di blokir karena anda belum lapor perubahan kendaraan sebelumnya. Ibaratnya anda mencoba daftar dua kendaraan untuk satu akun. Kenapa tidak berpikir untuk daftar di perusahaan saingan?

    Terlepas dari kendaraan sebelumnya rusak akibat lain atau karena toleransi “kewajaran” anda, nampaknya anda lebih cocok jadi bos ketimbang jongos. Saya setuju dengan saran om @Alf anda lebih cocok berdagang. Nganggur juga nggak cocok karena nggak “wajar”.

    26
    3
  • 9 Maret 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Abang grab nya jahara. ?
    Kalau cow seperti saya sih bodoh amat beda plat no, asal sama² mobil bisa sampai. Tapi coba bayangkan sebagai kaum perempuan, sayapun tidak akan mengijinkan teman/saudara wanita saya untuk naik. Khususnya jika sendirian.

    16
    • 9 Maret 2023 - (13:44 WIB)
      Permalink

      Maaf ya, yang saya permasalahin itu saldo yang di tilap, bukan soal beda kendaraan. Lagian saya ganti kendaraan juga udah kasih tau ke calon customer yg bakalan naik..

      2
      22
      • 10 Maret 2023 - (23:36 WIB)
        Permalink

        Memangnya ketika daftar tidak baca2 aturan2nya, klo PM itu saldo angus, biasanya pihak terlapor akan respon jika terlapor memang salah, klo tidak salah ya tidak akan respon, lalu anda bisa berbuat apa? Jelas anda melanggar aturan, kalau lapor polisi pun jelas anda yang salah, trus mau bagaimana?

  • 9 Maret 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Sdh peraturan anda butuh ya ikuti. Kagak ya berhenti aja dan terima didepak dengan segala konsekuensinya

    15
    1
  • 9 Maret 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Dilihat dari bahasanya keliatan kualitas si TS aka mantan driver ini. Kok bisa ya Grab kecolongan nge hired orang gak berpendidikan kayak gini. Tapi untung deh Grab cepat sadar dan saya yakin dimanapun TS bekerja pasti bakal jadi sumber masalah.

    31
    4
    • 10 Maret 2023 - (14:47 WIB)
      Permalink

      Wkwk orang Bali memang ngomong gitu, manggil temannya saja bilang jing apalagi ke customer wkwkwkwkkwkwkwkwk

      2
      3
  • 9 Maret 2023 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Bingung mo komentar apa… Semua udah jelas tertulis sama si driver… Udah di buka sendiri kesalahan2 nya. Tapi masih nanya salahnya dimana? Fahami aturan dimana pun anda kerja. Ini perusahaan jual jasa, keamanan penumpang itu nomer satu. Kalo aturan nya harus lapor jika ganti plat, ya lapor lah…. Kalo masih mau bermitra disitu… Bukan bikin aturan sendiri, udah kasih tau penumpang lah, repot lah, kalo ngga mau ikut aturan ya jangan bermitra.. bikin saingan taksi sendiri aja. Bebas aturan sendiri. Sampe sini faham ngga logika nya om?? Sekarang kalo masalah uang, anda bawa semua berkas, bukti dll ke kantor nya, laporan disitu tanya yang jelas prosedur nya. Kalo memang suruh tunggu proses ya tunggu.. tanya estimasi waktunya berapa lama.
    Buat pelajaran anda aja. Dimana pun namanya aturan perusahaan itu harus di ikuti bukan di tabrak.
    Kalo misalnya anda di begal di tengah jalan, sampai luka berat/tewas/mobil hilang/hancur, apa asuransi bisa menjamin kalo nomer mobil nya beda?

    36
    1
  • 9 Maret 2023 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Bukannya kalo putus mitra, semua saldo yg terendap di akun memang tdk bs dicairkan. Apa TS tdk tau ttg hal ini? Aplikasi sebelah pun juga sprti itu

    14
    2
  • 9 Maret 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Anda iseng2 mengubah plat tanpa lapor ke aplikator.
    Jadi jangan salahkan kalo aplikator “iseng2” nge PM anda
    Hahaha
    Jangan pake kacamata kuda dari sudut pandang sendiri makanya

    24
    2
  • 9 Maret 2023 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Syukur deh udah putus mitra, serem juga ntar kalo pengen ke Ubud dari Kuta/Legian atau Denpasar tiba2 dapat driver macam orang stress gini, pasti cara nyetirnya juga amburadul. Duh!

    29
    3
  • 9 Maret 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Yang sabar aja om,jika baru kredit mobilnya jika mau nerus daftar ke aplikasi lain saja,tapi di rubah sikap dan prilakunya supaya bisa kerja dengan nyaman dan panggang,tapi aplikatornya juga nggak baik menurut saya,karena saya juga mengalaminya tahun 2017,setelah jalan 11 bulan,sedang online dan sudah dapat 5 trip,di matiin untuk makan dan sholat zhuhur,terus nggak bisa aktive lagi,tanpa pesan,tanpa peringatan tanpa tlp dll nya,saya sangat kecewa karena masih kredit mobil nya,akhirnya daftar ke Go**r sampai sekarang dan mobil sudah lunas..Yang sabar ya om…

    10
    1
    • 9 Maret 2023 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Iya pak, terimakasih masukannya.. Saya bingung makhluk2 laknat diatas komen nya pada gk nyambung.. ? Semuanya pada sok pinter gk jelas, gk ngerasain posisi BU itu kayak apa kali ya..

      3
      29
  • 9 Maret 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Serakah banget y, saldo 500 rb masih tega jg diembat , apa masih kurang potongan – potongan tarif yg gk jelas, tarif 19 rb dipotong 4 rb biaya jasa + 1 rb biaya tanam pohon , sisa 14 rb dipotong lg 20 % , tinggal 11.200 buat si driver.

    5
    7
    • 9 Maret 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah bos, mendingan kalo di PM ada dikasih tau juga tuk tarik sisa saldo nya.. Lah, ini kan di babat abis.. ? Dan lagian saya juga baru 2 bulan di Grab, mana saya tau soal saldo di telan juga kalo kena PM..

      1
      19
  • 9 Maret 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Dulu temen saya grab bike langsung di pm tanpa ada peringatan dan teguran, pas datang ke kantor buat ditanya alasannya katanya karena terlalu banyak cancel orderan, dan uang saldo deposit yg setengah juta lebih cuma bisa dicairkan setengahnya…
    Mungkin itu siasat grab buat nerima Mitra baru dan membuang mitra lama cz saya tau temen jarang cancel orderan karena tiap ngojol nongkrong bareng sama saya…

    5
    5
    • 9 Maret 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Gk ngerti dah bos, yang pasti sejawat driver pasti paham gimana capeknya nyari customer, apa lagi ternyata saldo di tilap gitu aja, di PM tanpa ngasih penjelasan atau pemberitahuan dulu.. ? Itu diatas komentar2 gk jelas semua dari otak2 gk bermutu.. Thread nya bahas apa, komentar nya apa.. ?

      1
      20
  • 9 Maret 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Grab gak bakal nanggepinlah keluhan driver sampah macam gini. Buang2 waktu dan energi. Lagian lu yang salah trus lu pula yang teriak2 merasa dizolimi. Dasar manusia primitif

    29
    2
  • 9 Maret 2023 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Orang seperti ini emang lebih cocok jadi pengangguran.
    Di Bali masih banyak driver yang jauh lebih beretika daripada orang ini.
    Satu kata buat lu “MAMPUS”. ?

    25
    1
  • 9 Maret 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    I know you’re not okay dan dalam masa2 sulit. Saat ini nominal segitu cukup berarti buat anda. Saya tidak akan menjudge tentang attiitude anda. Namun dari respon dan diksi anda di kolom komen jujur saya kehilangan simpati. Bahkan untuk rule panduan berkomunikasi sederhana yg terdiri atas dua kalimat di forum ini pun sulit untuk anda penuhi.

    Sebagai konsumen Grab, saya pun tidak akan mengijinkan jika anak saya diantar/dijemput mobil dengan spesifikasi plat nomor ataupun driver yg berbeda dari aplikasi karena rawan modus kejahatan.

    Kalo masalah saldo bisa anda gugat secara perdata, kecuali jika ada kontrak mitra yg menyebutkan sebaliknya ketika terjadi wanprestasi. Pasti di wilayah anda ada paguyuban driver yg bisa memediasi perkara ini. Saya sendiri setiap membuat ikatan kerja bisnis dengan klien pasti membaca secara detail tentang MoU terutama klausul mengenai wanprestasi. Disitulah konsekuensi ketika gagal memenuhi kewajiban saat bermitra bisnis dengan pihak lain. Dan dari screenshot anda pihak grab sudah memberikan peringatan dan bimbingan. Tidak serta merta memutus tanpa alasan. Solusinya pun sudah jelas, anda diberi waktu 3 hari untuk banding jika apa yg dituduhkan pada anda tidak benar.

    Dan sebagai catatan pihak grab pun pasti mempertimbangkan ketika anda berada diposisi benar dan mendapat tekanan dan dukungan masif dari netizen. Berkaca dari hal2 viral lainnya, arogansi tidak akan berdampak apa2 dan hanya akan menenggelamkan kita jauh lebih dalam.

    Semoga anda diberi kesabaran, jalan keluar, dan rejeki dari sumber lainnya.

    36
    1
      • 9 Maret 2023 - (22:49 WIB)
        Permalink

        Semoga saja support grab tidak membaca komentar anda di MK ini, karena komentar anda tidak pantas dan pasti kena PM.
        Perbaiki akhlak anda, jadi orang yang sabar.
        Suspend 1 level cs pasti bisa buka, suspend 2 pasti level spv yang bisa buka suspend driver, di suruh nunggu max 14 hari malah komentar aneh2. Emang yang kena suspend cuma anda.

        • 10 Maret 2023 - (04:22 WIB)
          Permalink

          Betul. Awalnya respect tapi melihat balasan komentarnya bahkan cenderung bernada kasar. Hmmm….

          13
  • 9 Maret 2023 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Hiraukan komentar negatif, yang pada dasar nya mereka itu para cepu grab itu sendiri. Untuk bro kangga, gw penumpang grab tapi pun pekerjaan sampingan gw juga sbgai driver juga. Gw turut prihatin atas kejadian ini ke lu bro, skrng saran gw iklasin aja uang yg 500rb aja anggap aja lu ber-amal ke pihak aplikator yg kedepan nya rejeki lu pasti akan lebih besar dr itu. Lu daftar GOCAR, MAXIM, INDRIVER kapan pun bisa Langsung aktif..inget bro kita ini mitra, kapan pun lu bsa on bid. Sukses selalu bro, hiraukan kaalimat kalimat para cepu grab yg merka dasarnya adala para pecundang itu u sendiri.

    5
    20
    • 10 Maret 2023 - (01:10 WIB)
      Permalink

      Ya pantes kalau anda bela penulis. Karena anda pasti tipe manusia yang satu ras dengan penulis.
      Suka goblok-goblokin orang di dunia maya, berasa paling ngerti dan paham, padahal tipikal pecundang teriak pecundang.
      Ketika telunjuk anda nunjuk ke orang lain, ada jari yang lainnya yang mengarah ke diri anda sendiri.
      Maka jangan pecundang teriak pecundang.

      15
      2
      • 10 Maret 2023 - (09:05 WIB)
        Permalink

        Saya memaklumi kalo situ adalah seorang CEPU GRAB. U belum pernah hidup susah jadi begini, gw memaklumi. Klo mau ngopi bareng sama gw kita diskusi di jakarta atau dikantor Grab u mau gak? selesaikan dengan waras.

        2
        13
  • 9 Maret 2023 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Saya setuju dengan Kak Effend. Pastinya sebagai perusahaan sebesar Grab peraturan yang dibuat tentunya untuk kebaikan kita bersama (termasuk lebih mudah dilacak polisi apabila ada laporan ketidakamanan). Dari sisi penumpang saya pun takut apabila plat nomor aplikasi berbeda dengan plat nomor mobilnya. Apalagi kalau perempuan sendirian. Kalau saya GrabBike masih tidak takut karena saya lebih mudah didengar masyarakat apabila saya berteriak minta tolong apabila terjadi sesuatu.

    Mengenai dana yang hangus, saya kira tertera dalam perjanjian antara driver dan Grab pada saat pembukaan akun? Mungkin perjanjiannya terlalu panjang dan detail sehingga seringkali terlewatkan oleh pihak Driver.

    Kalau saya boleh saran sih, kakak bisa mencoba Indriver (atau aplikasi lain). Di surabaya lagi naik daun loh.
    Seringkali saya berbincang dengan driver Indriver mereka sangat senang karena orderan mereka banyak dan total pendapatan juga hampir sama atau lebih banyak dari Grab Gojek.

    Apabila tidak cocok dengan sistem Grab pindah ke aplikasi lain saja saran saya toh juga sudah banyak kompetisinya. Dari segi Grab pun juga hilang 1 mitra dari jutaan mitra juga tidak ada bedanya. Win-win solution jadinya ? tetap semangat semuanya yahhh. Tuhan memberkati.

    2
    3
    • 10 Maret 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Perusahaan sebesar grab bikin peraturan untuk kebaikan bersama ya.. ini kayak negara kita yg besar bikin peraturan untuk kebaikan bersama.. dan semua rakyat bahagia, ever after hehe padahal…

    • 10 Maret 2023 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Secara peraturan emang salah kode etik, tapi dia udah info kendaraan beda ke konsumen berarti kan tandanya dia udah bijak udah ngasih info, memang konsumen itu raja tapi kalo rajanya engga bijak gimana?, aplikator memang cuma hanya dengar satu sisi karena konsumen raja, seandainya itu kendaraan sama tapi konsumen iseng report hasilnya pasti sama, jadi intinya sopan, toleransi, percaya dan bijaksana masing masing, memang kalo tidak percaya sama driver cancel order atau engga usah dikasih rating. Cmiiw

      2
      5
  • 10 Maret 2023 - (01:01 WIB)
    Permalink

    Semua ada aturan mainnya. Klu masing-masing pihak bs nahan diri, tentu kejadian berbeda. Mitra ma Aplikator harusnya saling support, artinya Mitra jg harus paham, klu ada perubahan segera di infokan, karena demi kebaikan bersama. Klu tetap salahkan Aplikator juga percuma, kita gak Khan bs menang, karena mereka punya hak veto dan gak bs di veto balik. Hebat Khan ..

    • 10 Maret 2023 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Menurut Pendapat Saya, setiap Perusahaan itu ada aturan yg mengikat, jadi kalau kita mau join dgn perusahaan tersebut semisal Grab, kita harus mengetahui aturan yg Grab buat. Kita wajib tunduk, kalau kita tidak bisa Ngikutin ya.. Kita dgn legowo pindah haluan alias keluar dari perusahaan tersebut.

      Buat Grab, buat lah peraturan yg adil bukan menang di KAU saja, apalagi peraturan sepertinya menindas dan menzolimi.. Roda kehidupan berputar terus, Perusahaan yg bertindak tdk adil dgn menggunakan Otoritas nya dan kesewenang wenangnya membuat peraturan selalu berpihak merugikan orang lain pasti tdk akan bertahan lama.. Persaingan akan semakin ketat, orang orang sudah semakin maju dan pintar.. Waktu akan membuktikan semuanya..

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 133 komentar sampai saat ini..

Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang L…

oleh Kangga dibaca dalam: 2 menit
133