Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang Logis

Sebelumnya saya pengangguran, yang baru saja mencoba berkarir di dunia GrabCar terutama daerah Bali, semenjak Desember 2022 lalu. Yang mana bagi saya terasa menyenangkan sekali bisa bekerja freelance dan menghasilkan pundi-pundi uang berkecukupan, walaupun hanya dengan mobil sewaan.

Singkat cerita, mobil sewa yang saya daftarkan di GrabCar mengalami kecelakaan pada bulan Januari kemarin. Mau gak mau saya harus repot ganti mobil lain, dengan plat kendaraan yang berbeda alias plat luar Bali (di luar pengetahuan saya, bahwasanya harus menggunakan plat mobil asli Bali untuk GrabCar).

Bagi saya seharusnya ini wajar saja kan, driver mengganti kendaraan tanpa harus repot-repot datang kantor untuk mengubah data kendaraan yang terdaftar. Toh sama saja, pengguna alias driver juga tiap hari verifikasi wajah sebelum bertempur di lapangan dan saya selaku mitra GrabCar juga sudah menginfokan ke customer mengenai kendaraan yang beda tersebut.

Singkat cerita, akun saya dikenai SP dan harus dinonaktifkan sementara, hanya karena laporan customer tentang plat yang berbeda. Ini bagi saya tidak logis sama sekali, saya selaku mitra sudah berjuang habis-habisaan di jalan, tapi Grab seenak jidat saja menonaktifkan akun saya. Akhirnya saya datangi kantor Grab untuk mengaktifkan kembali. Keesokannya sih akun saya sudah aktif, tapi saya belum bisa ganti data kendaraan dengan plat Bali karena di rental sedang tidak tersedia.

Saya iseng-iseng saja coba daftar kendaraan yang saya pakai (plat luar Bali) via aplikasi, supaya akun saya gak kena teguran lagi. Eh malahan akun saya diblokir Grab secara sepihak tanpa penjelasan apa pun. Saldo saya masih ada sekitar R500 ribu di dalam akun. Bagaimana pula perusahaan sebesar Grab bisa dengan seenaknya memblokir akun mitra termasuk saldo uang di dalamnya tanpa penjelasan lebih lanjut?

Bisa bayangkan berapa banyak driver Grab yang kena PUTUS MITRA hanya gara-gara urusan sepele gini dan harus merelakan saldo uang yang dikumpulin dengan keringat dan jerih payahnya dimakan Grab? Miris memang, tapi begitulah faktanya. Pihak manajemen Grab tidak tahu kondisi lapangan, tapi tahunya cuma menuntut mitra harus memberikan performa terbaik.

Saya dengar-dengar juga akun Grab lain ada yang kena PUTUS MITRA lantaran gak aktif selama 6 bulan. Emangnya kita ini karyawan kontrak yang harus terikat 24 jam siaga? Saya sudah kirim email ajukan banding untuk kasus saya (tanggal 8 Februari 2023 akun saya PUTUS MITRA dan langsung saya email). Namun sampai sekarang sudah berapa email saya kirim malah tidak ada balasan.

Bravo deh untuk perusahaan sebesar Grab, begitu caranya memanipulasi rakyat Indonesia ini bekerja bagaikan robot untuk mereka. Suka tidak suka, seenak jidatmu saja langsung blokir akun orang termasuk uang di dalamnya. Sudah berapa banyak uang driver yang pihak Grab telan tanpa kejelasan?

Saya kira tadinya join GrabCar bisa jadi pekerjaan tetap dengan penghasilan yang melimpah untuk saya, malah saya sudah bela-belain diri untuk kredit mobil baru, hanya demi memanjakan pelanggan Grab yang terhormat. Miris, bagaikan air susu dibalas air tuba.

Terima kasih banyak deh untuk pengalaman-pengalamannya (mobil baret, lecet, jok kotor kena muntahan, tabrakan, makian dari pelanggan, dll), yang sudah diberikan selama 2 bulan saya bekerja sebagai GrabCar driver. Kiranya sudi pihak Grab mengembalikan akun saya supaya bisa aktif kembali, tapi ya sudahlah masih banyak driver-driver bermutu dibanding saya.

Kangga Hendra Pranata Putra
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

133 komentar untuk “Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang Logis

  • 10 Maret 2023 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Malam bosq,
    Sekedar menyampaikan apa yang AQ ketahui.
    – Untuk pelanggaran memang udah melanggar kode etik untuk kedua kalinya dan penilaian Customer itu hak prerogatif dari grab untuk customer.
    – Sedangkan untuk saldo yg ditelan hanya bisa diajukan pengembalian apabila PM akibat Non-Kecurangan/Pelanggaran itu sudah jelas tertuang dalam regulasi kemitraan.
    – Saran saya daripada saudara lapor kiri kanan sebaiknya dananya di iklaskan saja karena laporanmu tidak akan ditanggapi. Hasilnya kau malah akan terus2 dapat hujatan.
    Cobalah daftar di kompetitor atau usaha yg lain?

    • 10 Maret 2023 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Coba kang ikuti aja alurnya..apa yang diinginkan grab, lengkapi administrasi nya kemudian laporkan kembali surat2 kendaraan yg sesuai plat. Kan di situ ada keterangan 14 hari kerja setelah ajukan banding insya Allah akun aktif dan saldo masih ada

    • 10 Maret 2023 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Inilah yg mestinya semua driver sadari mesti berjuang bersama , buka mata deh driver disebut ” Mitra ” tapi pada kemnyataan nya kita tidak diberi hak selayaknya mitra .
      Kita ga ambil orderan semestinya tidak ada pengurangan point’ dan suspend sementara. perasaan dulu grab iklanin jadi driver grab sambilan ,klo sambilan brarti mestinya bebas mau ambil ga ambil order ga ada pengurangan point’ , belum lagi iming2 bonus tapi pas udh mau tinggal 1 atau 2 orderan dikasi orderan gak seperti normal penjemputan yg jauh lah , driver ada Deket titik tujuan bukan di titik jemput lah, dsb . Mana kata mitra ? Ga masalah klo mau cara bgini tapi brarti grab/gojek wajib kasih gaji bulanan selain dr komisi orderan.

      • 10 Maret 2023 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Ini orang enggak tahu aturan, maunya seenaknya sendiri. Aturan itu dibuat buat keamanan dan kenyamanan semua. Masa anda enggak paham sih? Bagus konsumennya melaporkan. Bagusnya pelakunya dibanned di semua aplikasi. Dari komentar-komentarnya kelihatan pemahamannya kurang mengenai aturan, maksud dan tujuannya.

  • 10 Maret 2023 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Saya justru menyayangkan mengapa ada cust yg melaporkan. Sbg pengguna, bbrp kali sy di info driver kl mobil yg di pake berbeda. Bagi saya ngga masalah.

    • 10 Maret 2023 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Buat keamanan dan kenyamanan. Juga untuk menghindari mitra menggunakan mobil yang bukan jadi haknya (mobil punya majikannya dipakai untuk usaha). Jadi pahami itu.

  • 10 Maret 2023 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Ada dua kesalahan yg anda lakukan di sini:
    – melanggar ToS dengan ganti kendaraan tanpa konfirmasi
    – mecoba membuat akun ganda

    Jangankan mitra, saya aja sebagai pelanggan kena suspend hanya karena saya gantian login dua akun di 1 hp (satunya akun istri saya) dan sampai sekarang saya nggak bisa daftar grab lagi, padahal udah beberapa tahun…

  • 10 Maret 2023 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Saat mendaftar grab ada syarat dan ketentuan akan tunduk dan patuh terhadap peraturan internal grab dll.. Jd secara legal grab bebas..
    Secara sosial.. Menurut saya sepertinya grab melakukan hal yang benar.. Tempramen dan nada bicara anda ga cocok jd sopir grab mgkn lebih cocok msk ke leasing bagian penagihan haha

    • 10 Maret 2023 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Ini kasus sebenarnya saya sedih juga sebagai sesama Driver online, Jika masalah Ganti Mobil tanpa Confirmasi terlebih dahulu pasti salah dan itu melanggar..
      Namun saya lebih tertarik masalah uang yg ikut di ambil pada saat aku di Non aktifkan..ini jelas2 Suatu hal yg sangat mengecewakan,terlepas ada atau tidak adanya aturan dari Pihak Grab. Namun jika kita rulut masalah uang tersebut kurang lebih begini…
      1.Uang yg ada di Akun itu jelas Hak mutlak Pengemudi karena Grab Sudah ambil Jatah persentasenya..artinya Tidak ada uang Grab di sana.
      2.Uang di akun itu adalah hasil kerja keras driver menjalankan Tugas nya melayani dan antar Customer.
      3.Uang itu di dapat dengan Modal Driver sendiri..Yang Bensin, toll jika ada, dan tenaga.
      4.Coba bayangkan 500 ribu itu bersih jika sdh masuk Dompet Tunai berapa Ritase yg di jalankan, pasti banyak dan itu sangatlah lelah.
      5.Jadi Klo uang di akun jika Grab Ambil atas dasar Apa??..mari kita buka Ruang perdebatan.
      Namun saya saran Pada Mas Yg sedang mengalami masalah, kami sesama pejuang Aspal tentu sangat Empati pada dasarnya pada Saudara..namun harapan saya..jaga baik 2 kata2 Saudara. Agar support pada anda tetap bergulir dgn baik..etika dan sopan. Santun tetap harus di jaga jika Anda ingin di kasihi orang lain… Salam Satu Aspal.

      • 10 Maret 2023 - (14:17 WIB)
        Permalink

        Nah kalo ini bahasa manusia yg enak buat diajak berbicara..
        1. Seperti kata mas nya ganti mobil jelas salah, dan setiap kesalahan ada konsekuensinya
        2. Betul 500rb nya hak driver karna didapat dr modal driver sendiri.. Dan grab sudah ambul jatah persentase sendiri
        3. Nah seperti yg sy sebutkan di no 1.. Konsekuensinya jd susah ngambil uang yg notabene hak driver
        4. Harapan sy akun yg diputus permanen biasanya sih sulit dibuka kembali.. Dan kalo penulis berbahasa santun dan baik tentu kita mendukung uang saldonya kembali..
        5. Seperti yg sebutkan di no 4… Penulis ga layak buat dapat empati atau dukungan.. Tempramental sepertinya tdk cocok menjadi driver karna nyawa penumpang taruhannya

      • 12 Maret 2023 - (13:04 WIB)
        Permalink

        Mnurut gw sbg ex driver n penumpang ya..
        Dulu gw cari sampingan jd driver grab, gocar n uber, gw jg pnya mobil disewain ke driver lain. Gw n driver gw jg ikut komunitas taksol.
        Aturan ttg penggantian mobil atau driver yg beda ada ketika kita daftar sbg keamanan konsumen. Begitu jg saat akun dibekukan, jelas saldo kita gkn bisa diambil. Kerja dmn pun sama, ada aturan yg hrs kita ikuti.

        Akun grab gw jg dulu kena suspend krn dilaporin akun dgn alasan ga sopan. Knp gw ga sopan? Krn penumpang saat gw tagih duit parkir yg jelas2 gw bayar di depan muka penumpang, malah penumpang tsb lempar duit logam 3 rb (Gw dh ngerasa ini dh keterlaluan, kalo penumpang cuma gedein volume tape, kaki angkat, ketus sih bwt gw biasa).. makanya gw pungut duit receh itu, gw lempar balik pas penumpang lg jalan. Bsknya akun gw di suspend, gw dtg ke grab dan jelasin perkaranya, ga lama akun dipulihkan.

        Bbrp bln kemudian akun gw di banned permanen, krn laporan penumpang beda foto driver n foto akun. Yap betul, akun dipake driver gw 1 bln krn mobil driver gw gda mobil (diperbaiki krn kecelakaan). Gw pikir drpd akun driver gw yg di PM (krn dia bnr kerja cuma jd driver taksol), mending akun gw aja krn gw cuma sampingan. Gw ga banding krn emg gw salah.

        Sbg penumpang, gw srg nemuin akun beda, mobil beda, bahkan type mobil beda. Bwt gw sndiri g mslh, tp kalo bini atau anak yg naek pasti gw suruh cancel krn gw khwtr terjadi sesuatu yg g diinginkan. Tanggapan driver pasti marah2 kalo dicancel (krn turun performa), gw jg sering kesel klo penumpang cancel. Lu sbg driver dah bnr infokan penumpang bhw mobil beda, tp penumpang jg pny hak bwt cancel krn merasa ga aman. Apa lu g mrh saat di cancel penumpang? Ga semua penumpang bisa terima akun/mobil berbeda (itu realitanya).
        Jadi kesimpulannya smua perusahaan punya peraturan, smua konsumen pgn keamanan n kenyamanan, driver jg pnya hal bwt banding, tp ga smua banding bisa diterima.

  • 10 Maret 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sya lebih nyesek dada. Belum pernah daftar jadi mitra Grab/ Go car,tapi tiba2 ada mitra lain yg sudah pakai data saya. Giliran saya mau daftar tidak bisa. Gimana nih terlanjur ambil kredit mobil.

  • 10 Maret 2023 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Penumpang yg laporin lu emang *******, gw pernah di uber,gojek,sering jd pengguna juga.jadi tau gimana di lapangan. Jd driver mobil n motor.. pengguna di sini sering kasih titik aj ga akurat. Di telpon ga bales, tapi di cancel ngamok.. cuma beda kendaraan asal udah infoin ya gpp,kalo mau sebagai penumpang lu naik. Kalo ga lu cancel. Lu naik tapi kasih bintang 1. Bangsat ga tuh?kalo sebagai penumpang lu kan bisa cancel. Banyak penumpang online brengsek anak nya muntah di mobil ga mau bersihin,malah ngomel2 ac nya kedinginan,anjay ga tuh manusia bangsat kaya gitu?kalo dingin norak naik angkot aj,ga usah pake ac. Model penumpang *******

  • 10 Maret 2023 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Grab emang *******, ***** ***** ..
    Akun gua juga di nonaktifkan sementara cuma Krn vermuk di tempat yg pencahayaan kurang,gak seperti GOJEK di tempat gelap pun kamera aplikasi mendukung ..

    Setelah saya ajukan banding nggu selama 14 hari kerja tetep aja gk ada balasan atau akun di aktifkan kembali ..

    Grab semena² terhadap mitra driver nya ????

  • 10 Maret 2023 - (12:57 WIB)
    Permalink

    harusnya laporan sih ke Grab klo km ganti kendaraan (update data kendaraan), berpengaruh juga ke bintang konsumen, karena yg membuat ke akun mu kesuspend itu laporan dari konsumen, kalo gw yg jadi konsumen lu ya gw kasih review beda kendaraan dari aplikasi

  • 10 Maret 2023 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Semenjak kejadian penumpang di rampok dan di bunuh plat tidak sesui dengan yang di aplikasi pasti di blokir

    • 10 Maret 2023 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Assallam wr wb, klo sy liat wajar aja sih om nya begitu yg pertama krn om baru 2 bulan terjun di dunia ojol jd pengetahuan blm banyak yg akhirnya akun nya kena PM, sy juga mitra grab & gojek ( motor ) seumur2 sy jd mitra sy ga berani bawa penumpang krn plat nya berbeda dgn di aplikasi, krn sebaik2nya cs di luar blm tentu di dlm nya baik, lbh baik cari aman ( main paket atw food ) sy salut sm om nya beda plat nmr tp nekad bawa penumpang ( kan udh di peringatin 1x tp om msh bandel ) coba dh om iseng2 baca KODE ETIK GRAB di situ ada semua 2w 4w ..
      Mslh uang 500rb hangus mungkin msh bs di urus om coba aja ke gdc grabnya, aturan setiap om dpt duit jgn di simpan di dompet tunai brp pun jumlahnya, lbh baik pindahkan aja ke ovo ata NOREK setiap om hbs narik jd klo ada kejadian gini om ga repot2 ngurus uang om .. wassallam

  • 10 Maret 2023 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Dari awal sudah di jelaskan. sebagai Mitra
    bukan pegawai jadi harus terima apa yang sudah jadi keputusan Grab. salam 1 aspal?

  • 10 Maret 2023 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Setelah dilihat permasalahannya ini sudah sangat jelas yang salah si driver, klo ga mau diatur bikin usaha sendiri saja, sudah salah kok malah ngeyel

    • 10 Maret 2023 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Laaah… Aturan resmi grab memang plat kendaraan harus terdaftar dan tidak boleh ganti-ganti seenak jidat. Alasannya tentu saja demi keselamatan bersama. Sangat bahaya bagi customer untuk masuk ke dalam mobil yg tidak sesuai dengan yang tertera di aplikasi.

      Anda yang nakal dan salah duluan karena menggunakan mobil rental, di mana plat pasti berubah ubah setiap hari. Tidak mungkin si pemilik rental bisa memberikan mobil yang sama untuk anda pakai terus. Ini bukan masalah plat luar Bali. Nomor plat berbeda sedikit sudah langsung melanggar syarat dan ketentuan.

      Anda yang nakal, anda yang marah dan merasa dizolimi…

  • 11 Maret 2023 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Narik becak aja bang ckck orang lw tinggal ganti plat diaplikasi aja gt aja repot bang
    Jngan onbid kl pelatnya beda itu mah bunuh diri . Seandainya kl data pengemudi b3da terjadi kejahatan dilapangan terus ente mau dilibatin kgak hari gini bnyak kejahatan dmn2x

  • 11 Maret 2023 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Anda sudah melanggar kode etik grab yang tidak boleh menggunakan kendaraan yang tidak sesuai dengan yang terdaftar di aplikasi. Sudah diperingatkan masih juga dablek (mokong) sehingga layak kena PM.

  • 11 Maret 2023 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Jd inget sy, trip korporat sy jg blm di bayar oleh grab ke sy smpai skrg, alasannya tunggu 3 hr kerja, padahal wkt itu sdh 17 hr kerja, setiap tlp ke ktr grab sj hbis pulsa 20rb an krna ga ada no yg gratis untuk dihubungi dan berulang x tlp trus. Sy mitra grab thn 2016 termasuk uber & gojek. Jika orderan lebih besar potongan pun lebih dr 25%.
    Terkadang ongkos tarip terlalu murah, bhkan ojek mtr pun pasti ga mau.
    Kondisi seperti sekarang ini, pd wkt bbm naik jd 10rb, driver yg dibebani. Mungkin lebih bijaksana ongkos tetap murah tapi potongan jg hrs dikurangi, karna driver itu ujung tombak transport online, dr mrk perusahaan mendapatkan penghasilan & keuntungan. Ya klo pandai bersyukur pasti berfikir seperti itu.
    Driver jg hrs merawat mbl’y krna dgn mbl bs beraktivitas.
    Inti’y hidup itu ada aturan yg baik & benar. Yg hak dan yg bathil. Keburukan yg ditanam mk kehancuran akan didapat.
    SEMOGA ORG2 YG DZOLIM DIBERIKAN HIDAYAH NYA… AMIIIN

  • 12 Maret 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Sudah ada baiknya biarkan aplikator yang menjawab, sebaiknya penulis ajukan perdata masalah saldo anda. Tapi sebelumnya email lagi pihak grab disertai buku tabungan dan identitas anda.semoga berhasil.

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 133 komentar sampai saat ini..

Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang L…

oleh Kangga dibaca dalam: 2 menit
133