Pinjaman Bank Mandiri Sudah Lunas, Didatangi Orang Asuransi Askrindo Katanya Saya Masih Punya Pinjaman

Pada tanggal 31 Oktober 2022, saya sudah melakukan penyetoran pelunasan pinjaman Bank Mandiri. Pada tanggal 06 Desember 2022, saya mendapatkan Surat Keterangan Lunas dan telah menandatangani Berita Acara Serah Terima Agunan.

Tiba-tiba, pada tanggal 05 April 2023, ada orang yang mengaku dari Askrindo datang ke rumah. Kondisi yang ada di rumah adalah orang tua. Orang tersebut menyampaikan kepada orang tua saya, bahwa saya punya pinjaman di bank. Otomatis orang tua shock dan kaget. Untungnya penyakit jantung dan darah tinggi beliau tidak kambuh.

Melalui Media Konsumen ini, saya mau meminta penjelasan dan juga seperti apa alur kerja antar Bank Mandiri dan pihak Askrindo sehingga kejadian ini bisa terjadi? Terus terang ini sangat mengganggu saya dan orang tua saya. Terima kasih.

Andika Darma S.
Trenggalek, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Pinjaman Bank Mandiri Sudah Lunas, Didatangi Orang Asuransi Askrindo Katanya Saya Masih Punya Pinjaman

  • 9 April 2023 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Oknum itu. Gak mungkin kl sdh dikeluarkan surat keterangan lunas dan serah-kembali agunan ada org semacam itu datang kerumah.

    17
    3
    • 11 April 2023 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya simpel, telp si askrindo minta penjelasan. Masalah baru 4 bulan atau sudah lama selesai angsuran, ngak akan kelar2 kalau tidak telp langsung, setelah jelas masalahnya apa bisa tau langkah selanjutnya apa. Atau saat agentnya datang minta surat tugasnya biar bisa di cek masalahnya apa, masalah ke orang tua ya sampaikan saja terima saja suratnya yg penting dia ngak main kasar. Hal gampang di buat sulit.

    • 9 April 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Setuju,pura” minta surat nya yg dr mandiri br poto mrk kl perlu rekam (pura” galau)br kl mrk sdh pulng viralkan biar bank mandiri tau jd kl mrk ngeles ada bukti,knp mandiri tdk koordinasi dgn mrk??

      5
      1
  • 9 April 2023 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Kalau datang lagi kerumah
    Langsung saja teriakin maling
    Orang kayak gitu sampah masyarakat

  • 9 April 2023 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Halah debt colektor mana bisa begitu. Oknum itu bu/pak.laporkan saja ke polisi kalo mereka ancam kalian.lagian kalo mereka datang kerumah saya yang ada mereka bonyok dihajar saya

    • 10 April 2023 - (02:00 WIB)
      Permalink

      Jngn gt bkn selesai mslh nmbh mslh. Duduk perkaranya gak jelas TS jg cm diceritani ortu gak brhadapan lngsung jd orng tsbt gak ngasih pnjelasan detil.

      • 10 April 2023 - (07:32 WIB)
        Permalink

        inti dari keberatan saya adalah saya sudah lunas dari Desember 2022, kenapa setalah 4 bulan baru ada orang Askrindo datang.

        • 10 April 2023 - (18:45 WIB)
          Permalink

          Ya itu mslhnya. Taulah askrindo itu perusahaan naungan plat merah yg kurang sehat sbnrnya. Uang menipis sdh hrs laporan keuangan mereka br gerak. Bnyk bank dibuat g jelas apalagi msyrkt. Tp bener prnh nunggak gak. Kl blm prnh nunggak ya g ush dihiraukan.

  • 9 April 2023 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Sesuai pengalaman saya, kenapa didatangi askrindo bisa jadi ada kemungkinan unit mikro bank tempat bapak kredit pernah mengajukan klaim dana talangan atas kredit bapak ke askrindo dikarenakan adanya tunggakan angsuran yang melebihi 3 bulan. Setelah dana dari askrindo cair, dananya digunakan untuk membayar tunggakan angsuran bapak. Ada kemungkinan pihak askrindo datang untuk meminta pengbalian dana yg pernah diajukan oleh unit mikro ke askrindo. Ada baiknya bapak konfirmasi terkait hal ini ke unit mikro bank tempat bapak dulu pengajuan pinjaman.

    8
    0
    • 10 April 2023 - (07:33 WIB)
      Permalink

      inti dari keberatan saya adalah saya sudah lunas dari Desember 2022, kenapa setalah 4 bulan baru ada orang Askrindo datang.

  • 10 April 2023 - (01:58 WIB)
    Permalink

    Mungkin askrindo sbg pihak asuransi pinjaman dan pinjaman andanpernah nunggak dan askrindo nalangin dulu. Trs skrng br nagih. Mungkin. Kl gak prnh nunggak brrti oknum.

    • 10 April 2023 - (07:34 WIB)
      Permalink

      inti dari keberatan saya adalah saya sudah lunas dari Desember 2022, kenapa setalah 4 bulan baru ada orang Askrindo datang.

      • 10 April 2023 - (10:29 WIB)
        Permalink

        Kalau memang pihak asuransi terbukti pernah menalangi cicilan anda, mau 4 bulan setelah anda lunas, mau 20 tahun setelah anda lunas ….mau sampai kiamat mereka berhak menagih anda…

        Cek aja dulu, cek ulang lagi

        5
        1
    • 10 April 2023 - (16:11 WIB)
      Permalink

      Kalau askrindo nalangin. Pasti nya saat pelunasan pihak bank juga ngasih rincian tambahan karna pernah ditalangin askrindo. Tp cerita tadi seperti oknum tanpa surat tugas. Yg paling pas minta rincian tagihan, tagihan yg mengeluarkan dr mana kan pasti ada kop nya. Dr askrindo atau dr bank. Baru ambil langkah

  • 10 April 2023 - (05:32 WIB)
    Permalink

    urusan anda adalah pihak 1 dan 2, yaitu anda dan bank.. askrindo adalah pihak ke.3 yang mencoba melakukan penipuan dan pemerasan ! jika dibaca dr cerita anda ! tapi kita jg gak tau sih anda ngarang apa beneran, soalnya gak ada bukti

    3
    0
  • 10 April 2023 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Coba sampeyan dtg ke kantor askrindo, tanyakan ada keperluan apa??
    Lebih baik di selesaikan jika msh ada yg blm beres.. soalnya duduk perkaranya msh blm jelas ini..

    • 10 April 2023 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Saya sudah dapat surat keterangan lunas, agunana sudah kembali ke Saya. harusnya sudah clear tidak ada yang belum beres.

  • 10 April 2023 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Dari tadi sampean bilang sudah lunas dan dapat SKL. Tp sampean endak jawab jika ditanya pernah nunggakmelebihi 4 bulan endak? Kalau iya, sampean masoh hutang dengan askrindo dan harus melunasi subrogasi tsb

    1
    2
      • 10 April 2023 - (18:55 WIB)
        Permalink

        Duh begini bapak askrindo itu apa hrs tau dl. Ketika kamu mau ajukan pinjaman itu ada byr asuransi sbsr 50ribu kpd askrindo. Asuransinya itu buat melindungi bank dr nasabah yg galbay. Jd kl ada nasabah galbay diatas 3bulan pihak bank ajukan klaim ke askrindo buat nalangin hutang nasabah 3bln. Jd dibayarin dl sm askrindo. Kl stlh itu nasabah melanjutkan angsuran ke4 k5 sampai lunas ya sdh urusan dg bank selesai. Jaminan dikembalikan. Tp urusan anda sm askrindo blm selesai karena prnh ditalangj. Jd bener prnh nunggak gak. Kl g prnh nunggak brrti mmng oknum. Sebaiknya cek ke aakrindo knp didatangi.

  • 10 April 2023 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Saya sudah dihubungi pihak Bank Mandiri dan sudah diberikan penjelasan atas masalah ini. Jadi saya anggap masalah ini selesai. Sedikit ralat, ternyata bukan dari pihak Askrindo, tapi Askrida. Semoga kedepannya lebih profesional dan tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi. Terima kasih

    2
    2

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjaman Bank Mandiri?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Pinjaman Bank Mandiri Sudah Lunas, Didatangi Orang Asuransi Askrindo K…

oleh Andika dibaca dalam: <1 menit
28