Surat Pembaca

Sudah Datang ke Kantor Kredivo, tapi Tidak Membuahkan Hasil

Dear Media Konsumen,

Mohon maaf sebelumnya, saya sudah tidak tahu bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah ini. Berawal dari tagihan yang belum bisa saya selesaikan, setelah sebelumnya saya selalu lancar dalam menyelesaikan tagihan di Kredivo. Namun karena kondisi keuangan saya yang sedang tidak stabil, hingga pada akhirnya ada tunggakan.

Padahal sebelumnya saya malah ada kelebihan bayar untuk Kredivo sebesar Rp6 juta, sebelum tagihan saya macet. Namun mereka sangat sulit untuk mengembalikan. Jangankan dikembalikan, keluhan saya hanya dijawab oleh mesin chat mereka.

Tagihan saya saat ini Rp9 juta. Mungkin bagi yang lain nilainya amat sangat kecil, akan tetapi tidak untuk saya. Nilai tersebut sangat besar. Saya beritikad baik untuk membayar, akan tetapi mereka tidak memberikan jalan keringanan sama sekali.

Sebelum adanya tunggakan tersebut, saya sebelumnya sudah meminta pihak Kredivo untuk memberikan keringanan pembayaran, tetapi hanya di-reply via email oleh customer service probation, yang saya rasa hanya talk service tanpa solusi.

Akhirnya saya datang ke kantor Kredivo yang berada di Slipi. Gedung Kredivo tersebut amat sangat tertutup, dari pintu satpam sudah ditanya-tanya. Jika tidak ada kepentingan yang mendesak, tidak diperbolehkan masuk, begitu pesan yang saya dapatkan dari satpam yang berada di kantor Kredivo Slipi. Logikanya, jika tidak ada kepentingan buat apa saya datang ke kantor tersebut?

Setelah di dalam, saya sudah janji temu dengan leader debt collector bernama F****, dengan anak buahnya bernama samaran Zas. Saya meminta bantuan Pak F untuk meringankan cicilan saya sebesar R500 ribu per bulan (saat itu tagihan saya Rp9 juta). Akan tetapi setelah berjam-jam negosiasi di ruangan yang sengaja dibuat tertutup oleh Kredivo tersebut (seperti bilik-bilik kaca kedap suara), tidak membuahkan hasil. Pak F saat itu dengan arogannya memutuskan saya tetap harus membayar utang saya sebesar R9 juta.

Yang saya ingin tanyakan, apakah mereka memang men-setting kondisi kantor sedemikian tertutup? Tidak ada akses untuk nasabah yang kreditnya macet untuk mendapat keringanan. Lalu cara mereka dalam memutar dan mendapatkan uang bagaimana? Apa bunga yang ditetapkan lebih tinggi dari lembaga keuangan lainnya?

Kemudian saya kembali mencoba datang ke kantor customer service Kredivo yang berada di Tomang. Lagi-lagi saya mendapatkan jawaban yang tidak sama sekali ada jalan keluarnya. Keadaan kantor amat sangat tertutup, saya hanya dimintai keterangan dan dibuatkan form penerimaan pengaduan (terlampir) saat itu.

Melalui surat ini saya mohon bantuannya agar supaya saya bisa menyelesaikan masalah saya, dengan kemampuan maksimal yang saya bisa. Apakah Kredivo hanya mau terus terusan menagih dan membayar debt collector yang tidak ada attitude-nya sama sekali? Lalu memperkerjakan staf yang tidak bisa memberikan jalan keluar baik untuk saya maupun Kredivo?

Andai saja pengajuan cicilan saya disetujui oleh Kredivo, mungkin bulan ini saya sudah mencicil 3 atau 4 kali. Namun mereka lebih memilih untuk mengeluarkan gaji untuk debt collector dan membayar uang bensin mereka, yang tentunya merupakan biaya tambahan bagi Kredivo.

Demikian surat saya ini, saya mohon bantuannya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Artha Ramadhan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Artha Ramadhan

Menanggapi surat keluhan yang dikirimkan oleh Ibu Artha Ramadhan, yang diunggah pada Media Konsumen pada 20 April 2023 dengan judul...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • bayar saja sesuai kemampuan kamu, karena udah gk ada cara lain lagi, yg penting kamu berusaha untuk mencicilnya, jika kamu minjam sebesar itu, bunganya kejam banget ..itu menurut cerita buronan pinjol?.. belum lagi biaya / potongan admin yg besar. misalkan pinjam 6 jt, bayar 8jt .. jika udah lunas tobatlah ya.. jangan lagi dekatin rentenir, gk enakan kalau udah terjerat utang begini, malam hari gelisah, siang hari cemas dan penuh ketakutan , nanti kamu bisa berumur pendek karena faktor pikiran dan hati, skrng kamu harus sampai memohon kekantor minta belas kasihan mrk..? semoga kamu bisa melunasinya, minimal harus bisa bayar pokoknya..

    • Sy pernah di datangi DC kredivo akhirnya ya cuma jalan satu2 nya bayar no nego mereka,setelah lunas hapus akun kredivo

    • saya pun saat ini punya masalah yang sama, ada cicilan paylater total 9jt, dan saya sedang ajukan keringanan cicilan, saya di tlp CS tadi siang dan suruh menunggu 20hari untuk investigasi. entah gimana hasilnya kalo punya saya

  • Kelebihan bayar 6jt? Dan anda blg 9jt amat sangat besar, tp 6jt ga ya.
    Akh, ga pcya sy.

    • Kredivo bisa bayar melebihi tagihan, nanti masuk saldo Kredivo. Kalau dulu ga bisa dilihat di aplikasi, harus tlpon CS buat tanya saldonya. Saya dulu juga begitu, bayar selalu lebih. Waktu tutup akun dibalikin 3 jutaan. Mungkin TS seperti itu, tiap tagihan bayar dilebihin sedikit². Ngumpul 6 jutaan.

      • Bijak meminjam itu penting, kita harus bisa menghitung kemampuan, jangan terjebak gaya hiduo, giliran bayar ga mampu.
        Saya pakai kredivo dari awal terbit, buat saya bunganya paling rendah dibanding aplikasi lain.
        Balik lagi BIJAKLAH MEMINJAM...sebab hutang harus dibayar

        • Dear sakti ,

          Terimakasih atas saran nya , jika tidak ingin menyikapi dengan bijak tidak mungkin datang ke 2 kantor kredivo . Semoga menjadi pelajaran buat saya dan semua .

          Terimakasih

      • Wah parah ini memang pinjaman online kredivo, pihak kredivo mempersulit nasabah, kredivo ini aplikasi legal berkedok ilegal, dc nya ngancem, collection ngancem di suruh cari pinjaman untuk melunasi hutang yang dimana gali lubang tutup lubang.. Sudah nggak usah bayar saya sudah telat 3 bukan nggak ada titik temu dengan kredivo. Laporkan aja aplikasi ini

        • Dear Rozi ,

          Semoga kita semua dijauhkan dan tidak terjadi hal seperti ini lagi .

          Terimakasih
          Artha Ramadhan

    • Dear mulya,

      Maaf sebelumnya tentu angka 6 dan 9 pasti lebih besar 9 , dan perlu di ketahui untuk 6 jt yg saya bayarkan kelebihan adalah uang modal saya berdagang , jadi ketika limit tsb tidak bisa di gunakan usaha saya stack dan terjadi seperti ini . Semoga mulya tidak mengalami hal yg sama seperti saya yg harus menjadi tulang punggung bagi anak2 saya juga ibu tunggal dari mereka .

      Regards,
      Artha Ramadhan

      • Saya tulang punggung bagi ibu dan adik sy, dan inshaAllah itu tdk akan terjadi.
        Sy cm agak krg percaya, anda bayar brpa lebihannya dari tagihan sampai bs dpt angka 6jt jika di akumulasikan?

        • Dear Mulya ,

          Semoga Allah terus melancarkan rejeki mulya , untuk kelebihan bayar 6 jt sebelumnya di tagihan termin lalu , tapi itu sudah selesai , yg sekarang cicilan baru dengan sisa pinjaman nya 9 jt lagi .

          Regards,
          Artha Ramadhan

  • ya begitulah pinjol klo sama yang pinjam uang.. saya dulu nggak pinjam berbulan-bulan aja sampai ditelpon dari marketing kredivo ditawari promo2..

    • Dear Joseph ,

      Semoga tidak terjebak rayuan promo2 nya . Dan selalu di lindungi Tuhan YME .

      Regards,
      Artha Ramadhan

  • Saya pun pertanggal 27 maret 2023 kemarin kena tipu, modusnya ada orang buka jasa upgrade limit kredivo, alhasil akun kredivo saya dibajak,, dan kena tipu total dengan bunganya jadi 11,6juta,, saya sudah nelpon pihak cs kredivo, namun tetap harus dibayarkan,, nyesek rasanya harus bayar cicilan yang bukan punya saya selama 1 tahun..

    • Itu gak ada pa buka jasa gedein limit kredivo udah pasti mau nipu, data ente yang di Pake buat minjem sama aja kasih kartu ATM beserta PIN

    • Dear Chaca ,

      Coba di laporkan saja ke pihak kepolisian , jangan mau bertanggung jawab atas hal yg tidak kita lakukan.

      Regards,
      Artha Ramadhan

  • anda dtg ke kantornya sm sj bunuh diri kak,klo mmg dpt perlakuan tdk menyenangkan dr DC videoin aj kakbisa jd bukti kita buat laporan,,bila perlu ga usah dibyr lg paling cuma bi checking doang,itung2 ngurangin utang riba kak??

    • Dear Kak Nur ,

      Yang datang ke rmh selalu ketemu dengan ayah dan ibu saya yg sudah tua . Akhirnya orang tua saya jadi mengetahui permasalahan saya . Rasanya bukan lagi mau videokan si debt collector , tapi saya mau lakukan hal lebih dari itu. Pasti mengerti ya kak , perasaan orang tua saya , hancur pastinya . Tapi saya masih ingat dengan kewajiban saya .

      Semoga tidak terulang kembali kejadian ini ya kak nur , doakan sayaa kakk ...

      Regards,
      Artha Ramadhan

      • Dear Pak Artha.

        Kondisi Anda kurang lebih sama dgn saya. Setelah sebelumnya menggunakan Kredivo selalu lancar dan bayar tepat waktu, tapi saat gagal bayar karena kondisi keuangan sedang memburuk, kita sbg debitur tidak akan pernah mendapatkan yg namanya Restrukturisasi Pembayaran Pinjaman dikarenakan aturan dari Kredivo yg sangat tegas (wajib bayar lunas sesuai yg tertera di aplikasi).

        Kondisi debt collector yg datang ke rumah pun saya alami dan di rumah hanya ada ibu saya yg sudah manula, sedangkan saya sedang bekerja. Miris rasanya lihat DC dtg dgn caranya yg kasar dan membentak orang tua/ keluarga debitur seperti itu.

        Niatan kita baik, mau melakukan pembayaran kewajiban dgn pelunasan pinjaman, tapi dgn cara premanisme, terror, dan tidak adanya kebijakan restrukturisasi seperti itu, ga heran banyak yg akhirnya memilih ga bayar.

        Bnyk yg akhirnya memilih bahwa lebih baik dana yg tersedia digunakan utk bertahan hidup, daripada dibayarkan ke Kredivo yg tidak membantu sama sekali.

  • Tidak ada jalan lain. galbay kan saja.
    Jangan mau diinjek sama pinjol.
    Anda mau diinjek sama pinjol = mental anda sama dengan mental org ingin dijajah.

    • galbay bukannya malah tambah serem nih? ditagih terus sama debt collector, masuk blacklist, dsb.

    • Dear Dhan ,

      Accept sir , rasanya memang oriented mereka ke mental nasabah yg galbay .

  • TS bilang pernah kelebihan bayar 6jt, sekarang TS punya tunggakan 9jt,.
    Ya tinggal bayar sisanya saja dong klo emng benar pernah ada kelebihan bayar... Gitu aja kok repot

    • Dear Kreasi,

      Mohon maaf sebelumnya , saya menjadi pengguna kredivo bukan baru sebentar , jadi sudah beberapa.kali saya pinjam , ambil limit langsung bayar lunas , bahkan sebelum jatuh tempo saya sudah bayarkan , lalu ketika saya ada masalah dan stack mereka tidak ada jalan keluarnya sama sekali . Jadi bukan 6 jt lalu sisa 3 jt tagihan .

      Regards,
      Artha Ramadhan

  • Mending antum kumpulin duit dulu, dah tekumpul baru samperin tuh kredivo. Bilang gw mau nego lunas sanggup segini, ntar tawar2an tuh ngeyel2 aja lah yg penting bisa lunas.

    • Dear Jack ,

      Kan dendanya terus berjalan lho afwan .

      Regards,
      Artha Ramadhan

  • Kredivo telat sehari aja dendanya 1x angsuran. Jadi harus bijak dan pandai-pandai kalau memang mau ambil risiko memakainya