Surat Pembaca

Hati-hati dalam Pengajuan KTA PermataBank!

Sistem pengajuan KTA PermataBank terkesan menjebak nasabah. Pada hari Jumat 5 Mei 2023, saya dibantu oleh marketing PermataBank, untuk mengajukan permohonan KTA ke PermataBank sejumlah 250 juta rupiah, dengan bunga 0.88% dan nomor pengajuan: PL23050592377. Pada hari Senin 8 Mei, permohonan saya di-approve dengan nominal Rp150 juta dan dipotong biaya provisi Rp5.769.231, sehingga total yang saya terima sejumlah Rp144.230.769.

Pada tabel yang ditunjukkan oleh marketing kepada saya, bunga yang diberikan oleh PermataBank untuk nominal pinjaman Rp150 juta adalah 0,88% dan di bawah RP150 juta dikenakan 1,79%. Menurut pengertian saya, seharusnya jika nominal pinjaman Rp150 juta, maka bunga yang diberikan oleh PermataBank adalah 0,88 persen, sesuai tabel yang ditunjukkan. Namun bunga yang saya terima adalah 1,79%, sangat jauh dengan bunga yang saya ajukan.

Permasalahannya adalah dana langsung dicairkan oleh PermataBank tanpa persetujuan nasabah. Padahal nominal dan bunga yang diberikan berbeda sangat jauh dengan yang diajukan. Tentu saja saya tidak setuju dengan bunga yang diberikan, karena berbeda sangat jauh dengan yang saya ajukan. Namun pihak PermataBank langsung mencairkan pinjaman ke rekening saya dan tidak diberikan pilihan bagi nasabah untuk menolak pinjaman tersebut.

Saya sudah komplain melalui call center PermataBank. Namun jawaban dari call center tidak bisa dibatalkan. Saya juga sudah komplain kepada marketing. Namun pihak marketing juga tidak bisa memberikan solusi, bahkan tidak membalas pesan terakhir saya, terkesan mengabaikan nasabah. Opsi yang diberikan kepada saya oleh call center adalah pengembalian biaya provisi, tapi tetap KTA tidak bisa dibatalkan.

Menurut saya sistem pengajuan KTA PermataBank sangat tidak transparan dan tidak memberikan pilihan bagi nasabah untuk menolak penawaran PermataBank. Saya terpaksa menerima bunga tinggi yang diberikan PermataBank. Namun saya berharap ada penyelesaian dari pihak PermataBank dan sistem pengajuan KTA PermataBank dibenahi, agar tidak ada korban lagi yang merasa terjebak menerima penawaran PermataBank.

Gerry Harland Kalangi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Gerry Harland

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Gerry Harland Kalangi, berjudul “Hati-hati dalam Pengajuan KTA PermataBank” melalui Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Widih mantap,,
    Minjem 150jt,nerima 144jt,total bayarnya sktr 240-250jt,,
    Disaat nasabah kebingungan begini,ada sales yg kegirangan dapet jackpot hehe
    Suku bunganya 1.7 persen doang ya,tp yg d bayar bisa 100jt-an gitu ya heuheu
    The magic of bunga,nilainya dikit tp bs melejit🤣🤣🤣

    • Ya namanya jg tanpa agunan. Bunga nya itu flat sepanjang periode, dihitung dr besar pokok pinjaman, cicilan terbayar tidak mengurangi bunga. Wajar bunga gede krn resiko bank jg besar.

      Kalau ada asset, sebenernya ngga perlu KTA. Misal punya mobil (yg sudah lunas dan a/n pribadi), dijual aja dan ambil cicilan mobil baru... Bunga 3 tahun jauh lebih rendah.

    • Sy juga ajuin 100jt di aplikasi permata xmobile, yg bunga ny tertera 0.88 dengan tenor bisa smpe 5 thn cicilan 2,5jt/bln. tapi yg di approve 48jt tenor 3 thn cicilan 2,2jt/bulan dipotong biaya provisi 1,8jt terima bersih jadi nya 46,2jt..🤦🤦🤦

      Masalahnya langsung main transfer ke rekening tanpa ada konfirmasi atau telpon dari pihak bank pengajuan mau di ambil atau tidak.🤦🤦

  • (150.000.000/36=4.166.666,666666667)+(1,79/100*150.000.000=2.685.000)
    pokok 4.166.667+bunga2.685.000=6.851.667
    ini mah memang 1,79% diitung manual juga
    semoga dapat tanggapa segera dari pihak terkait

  • Udh kayak pinjol aja ya. Bunga tinggi + biaya provisi tinggi. Balikin aja uang nya. Msh bnyk bank dgn penawaran lbh ringan

  • KTA memang gitu, ada permainan di dalam karena ada fee marketing

    Ngajuinnya berapa, disetujui dibawahnya, malah maén transfer aja. Bukannya konfirmasi.

    Kalo butuhnya 200 disetujui 100, kan harus minjem lagi sisanya di tempat lain, double bunga.

    Mendingan ngga jadi.

    Ada neraka khusus untuk pegawai yang menjebak seperti itu

  • Saya juga kena...
    Kaget kenapa tidak dikonfirmasi tiba2 yg ditransfer beda
    Bunga jg beda
    Ga bs dibatalkan juga
    Menyesal banget sbnrnya.
    Tapi mau gmn lagi

  • Sudah untung ente d aprove segitu banyak tanpa anggunan, tanpa jaminan,lha ane utang 1 juta aja ga pernah d approve🤣🤣🤣

  • Saya juga sering di tawari spt hal ini, tapi sy selalu menolak, karena kurang percaya kalau hy dilakukan via tlp..malahan yg di tawari ke saya tanpa ada biaya provisi dan potongan lain lain tapi bunga yg ditawarkan sama 0.8% an..

  • Dari dulu sistem bank permata paling bobrok menurut gue. Dr jaman pake debit permata mobile X sama Permata Hero card. Ampun selalu kena overlimit. Padahal gak over limit. Rugi 2x auto tutup CC nya.