Surat Terbuka untuk Wuling, Asuransi Tugu Pratama dan BAF Terkait Kejadian Kecelakaan Kendaraan

Surat ditujukan kepada:
1. WULING Indonesia
2. Asuransi TUGU Pratama Indonesia
3. Busan Auto Finance (BAF)
4. Rekanan Perbaikan Mobil dari TUGU

Pelayanan spare part mobil WULING susah dan lama, TUGU Pratama hanya janji – janji dengan konsumen , dan BAF yang tidak mau tahu kondisi apapun tentang mobil saya yang hancur akibat kecelakaan dengan estimasi 5 bulan baru selesai.

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen yang selalu hadir untuk membantu masyarakat dalam menghadapi masalah pelayanan yang sering kali terasa tidak adil dan sulit mendapatkan penyelesaian yang baik dari oknum dan perusahaan tertentu. Dengan adanya Media Konsumen, ketidakadilan ini dapat diatasi.

1. WULING Indonesia

Pertama, saya mengalami kejadian di mana mobil saya, yaitu Cortez Tipe S CVT tahun 2022, mengalami kecelakaan dan mengalami kerusakan cukup parah sehingga mobil terbalik dan roda keempatnya ada di atas. Saya dan suami berada di dalam kendaraan saat kejadian tersebut terjadi di tempat parkir pada tanggal 1 Juni 2023.

Kejadian tersebut bahkan sempat terekam dan tersebar di media sosial seperti TikTok, dll. Mobil tersebut masih sangat baru, hanya memiliki jarak tempuh sekitar 5.000 km, dan baru digunakan selama 6 bulan dengan penggunaan yang jarang, hanya di hari Sabtu dan Minggu.

Dengan kejadian separah itu dan mobil yang terbalik, saya masih bersyukur bahwa kecelakaan tersebut tidak menimbulkan korban, terutama karena saya sedang hamil 4 bulan. Saya mengakui bahwa saya membeli mobil Wuling karena harganya yang terjangkau, dan kualitas Wuling Cortez yang memiliki bodi yang cukup kuat menjadi penyelamat dalam situasi tersebut. Tanpa perlindungan Tuhan, mungkin keadaannya bisa lebih buruk.

Sebagai orang awam yang baru memiliki kendaraan mobil, setelah saya membaca informasi dari pencarian, saya ingin mengetahui mengapa airbag mobil tidak keluar dalam situasi tersebut. Saya kurang paham mengenai sensor airbag pada mobil Wuling Cortez dan bagaimana seharusnya airbag keluar ketika mobil mengalami benturan hebat, bahkan sampai terbalik seperti yang saya alami.

Untuk melengkapi informasi, saya akan lampirkan gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa airbag pada mobil Wuling Cortez tidak keluar selama kecelakaan.

Tapi dengan kejadian ini, semua saya belajar lebih hati-hati memilih kendaraan dan tetap jatuh cinta terhadap Wuling Cortez yang kenyamanan dan kelegaannya luar biasa, serta harga murah terjangkau. Awalnya takut dengan produk China, tetapi dengan kejadian ini, saya mohon kepada Wuling Indonesia bisa mengganti mobil saya dengan yang baru karena saya trauma dengan mobil yang sekarang ini.

Dan karena saya juga sudah cukup sabar menunggu, hingga surat ini saya buat per tanggal 30 Juli 2023, mobil saya belum diperbaiki karena spare part Wuling yang susah dan lama. Bahkan, ditolak 4 bengkel.

Sedangkan cicilan saya tetap harus dibayarkan, dari tanggal 1 Juni sampai surat media terbuka ini terbit, belum ada perbaikan. Hanya menunggu spare part saja lama. Estimasi menunggu spare part 2 – 3 bulan, perbaikan mobil 2 bulan. Ini sudah memakan waktu 5 bulan. Semua selesai, tetapi tagihan saya berjalan terus. Di mana pihak Leasing BAF tidak mau tahu kejadian apa pun.

2.  Asuransi TUGU Pratama Indonesia

Nomor kontrak Asuransi Tugu saya : 1911000022021000001 – 004542 saya lampirkan di bawah

Saya awalnya sangat mengapresiasi Tugu yang memberikan pelayanan sangat cepat ketika mobil saya mengalami kecelakaan. Pukul 10.00 siang, dan pada pukul 16.00 mobil saya sudah di-towing menggunakan truk dari Tugu. Saya lampirkan fotonya untuk dibawa ke rekanan Tugu.

Mobil saya mengalami kejadian pada tanggal 1 Juni dan telah berganti bengkel beberapa kali karena menolak memperbaiki mobil merek Wuling dengan alasan susahnya mendapatkan spare part. Akhirnya, beberapa kali ditolak dan pindah-pindah bengkel, akhirnya ada satu rekanan bengkel Tugu di daerah Ciputat yang mau menerima. Namun, bengkel tersebut tidak bisa memberikan perkiraan selesai perbaikan, dengan alasan di atas bisa memakan waktu beberapa bulan.

Saya ingin bertanya kepada pihak Tugu Indonesia mengenai klaim seperti ini yang memakan waktu lama, apakah tidak ada solusi pergantian mobil baru? Bahkan waktu lalu, pihak asuransi menyarankan untuk asuransi tipe comprehensive yang tidak perlu membayar lagi, tapi mobil hilang dan nama tetap black list di Bank Indonesia selama 5 tahun. Mobil saya sudah kita bayarkan selama 6 bulan dan DP yang sangat besar, total uang masuk hampir ratusan juta.

Selama ini, saudara saya yang menghubungi pihak asuransi Tugu Indonesia hanya mendapatkan janji-janji tentang kapan selesai mobil diperbaiki.

Saya juga ingin mengetahui tentang perihal Klausul Biaya Pengganti Transportasi yang seharusnya tertera di polis saya, saya lampirkan isinya. Tetapi, kenapa saya tidak bisa mendapatkannya? Mohon pencerahannya, bagaimana cara untuk mendapatkan hak di atas ini, dan sampai kapan mobil saya harus diperbaiki?

3. Busan Auto Finance (BAF) nomor kontrak : 116170002205

Meminta tolong kepada BAF yang mana kita sudah bayar tepat waktu dan menurut saya BAF adalah salah satu leasing termahal dan sangat menyesal dengan iming-iming dan dari BAF.

Harga mobil hanya 230 jutaan, tetapi saya harus bayar menjadi 330 juta lebih dengan DP 40 juta dan cicilan 4,8 juta selama 60x.

Tetapi dengan kejadian seperti ini, BAF lepas tangan dan tetap membayarkan tepat waktu, kalau tidak mau mobil diambil dan kena BI Checking.

Mohon untuk kebijaksanaan dari pihak Finance BAF.

Melda Simanungkalit
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Surat Terbuka untuk Wuling, Asuransi Tugu Pratama dan BAF Terkait Kejadian Kecelakaan Kendaraan”

Dengan Hormat, Menindaklanjuti keluhan yang disampaikan Ibu Melda Simanungkalit melalui Media Konsumen dengan judul “Surat Terbuka untuk Wuling, Asuransi Tugu...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Surat Terbuka untuk Wuling, Asuransi Tugu Pratama dan BAF Terkait Kejadian Kecelakaan Kendaraan

  • 1 Agustus 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    setau sy airbag ga keluar krn moncong mobil masih utuh. dia akan keluar kalo mobil nabrak hingga moncong remuk & membahayakan pengemudi. utk kasus ini, tidak dijelaskan bagaimana kronologinya, namun mobil bisa terbalik dgn 4 roda di atasnya. Jelas airbag ga keluar.
    Untuk permintaan penggantian mobil baru dari wuling sy rasa hal ini mustahil, karena wuling bukan pihak asuransi, dan krn ini kecelakaan (human error), bukan krn kesalahan/cacat produksi.
    BAF sbg pihak leasing, tentu tidak mau tau kendaraanmu seperti apa. hilang pun dia bodo amat. yg penting bayar.
    satu2nya pihak yg harus kamu kejar yaitu pihak asuransi. yaitu asuransi TUGU Pratama Indonesia. bukan wuling, bukan pula BAF.
    sekian

    11
    2
    • 1 Agustus 2023 - (14:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak masukannya …. justru saya mau tau kenapa tapi kalau wuling untung bodinya tebel jadi saya juga ga permasalahin.. tapi untuk sparepart wuling itu kenapa susah padahal ada di cikarang dengan jakarta gak jauh” tapi saya sampai 2 bulan di pegang aja belum sama bengkelnya..

      3
      1
      • 1 Agustus 2023 - (22:39 WIB)
        Permalink

        ikut sedih dan empati atas kecelakaan anda dan suami..semoga kedepan kita dijauhkan dari musibah2 seperti ini..semoga cepat selesai kesulitan2 nya…

      • 3 Agustus 2023 - (07:13 WIB)
        Permalink

        Lah yang pilih Wuling Anda, giliran sparepart susah nyalahin asuransi & nyalahin leasing. Marahin Wulingnya lah jual mobil sparepart ga ada, bukan malah dipuji habis-habisan mobilnya bagus. Beli kijang kek kalau mau banyak part. Makanya kalau pilih mobil jangan cuma murah tapi aftersales service nya diperhatikan juga.

          • 5 Agustus 2023 - (11:28 WIB)
            Permalink

            Lah drpd wuling mblo, masi mending mending toyota dmana2, sparepart susah mah relatif

      • 7 Agustus 2023 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Kalau kendaraan hilang ya BAF harus bantu, tp kalau rusak itu tetap lanjut cicilannya. Kalau asuransi tugu tidak heran seperti itu. Pengalaman saya sendiri pakai asuransi tugu yang ribet itu sebenarnya pihak surveyornya yang dimana dulu saya maunya harus melalui surveyor kalau mau klaim asuransi padahal pihak asuransinya bisa melakukan klaim online. Sabar2 saja kalau berurusam dg asuransi tugu

  • 1 Agustus 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    masih berpikir keras, bagaimana caranya mobil di parkiran bisa terbalik dengan 4 roda di atas..
    Klausul biaya transportasi sepertinya dipatahkan oleh kalimat, “tidak termasuk masa tunggu”
    Biasalah asuransi, kalau bisa gak bayar klaim kenapa harus bayar klaim..

    3
    1
  • 1 Agustus 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Saya ga paham dengan isi cerita
    Sehingga ga bisa komentar banyak
    Mungkin bisa di jelaskan detil kronologi nya

  • 1 Agustus 2023 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Disengaja? Tidak ada foto awal ketika mobil masih dalam posisi terbalik. Disebut “kecelakaan” tapi tidak ada perincian kenapa mobil bisa terbalik pada saat parkir. Disebut viral tapi tidak ada disertakan video atau link yang menunjukkan insiden bersangkutan. Jika ditabrak (melibatkan kendaraan lain) maka urusannya ke asuransi lebih terang benderang. Dugaan awal saya, pengemudi tidak kompeten dengan transmisi matic, niatnya bergerak maju meninggalkan parkiran tapi malah justru mundur, terperosok atau menabrak tanggul, dan mobil terbalik. Karena kesalahan sendiri tapi ingin penggantian mobil baru. Evil smart.

    5
    1
  • 1 Agustus 2023 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Tapi, Cortez itu kan harganya bisa disaingi sama Innova Reborn, kenapa dia tidak memiliki suku cadang dan kualitas bodi yang baik? Padahal sepek mesinya kalah jauh. Airbagnya tidak bisa berfungsi

  • 2 Agustus 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Klausula penggantian biaya disitu jelas, syaratnya panel di bawah 3, karena klausula itu diadakan dgn maksud klaim kecil tetapi pengerjaan lama, sehingga diberikan kompensasi biaya transportasi. Tetapi untuk klaim yang sudah pasti lama karen panel yg rusak jumlahnya lebih dari 3, maka klausula tidak berlaku.

    Dan memang mobil pengganti biasanya jarang diberikan. Kalaupun ada dgn isi klausula dgn syarat yang cukup ketat. Dan itupun ada batasan harinya. Dan umumnya lagi, itu harus dgn tambahan premi. Asuransi yang dibeli via kredit leasing umumnya tidak menyertakan fitur² tsb karena untuk menghemat premi. Ada klausula itu saja untuk di polis leasing saya jarang sekali melihatnya. Yang begituan biasanya permintaan lewat broker baru dikasih.

    Masalah sparepart lama sebaiknya kejar pihak bengkel. Tanya bengkel pesannya dimana. Kalau di Wuling langsung, berarti memang lama. Karena kerusakan² parah seperti itu umumnya tidak tersedia sparepartnya yg cukup, karena bukan merupakan fast-moving parts. Karena kalau ke asuransi, mereka prinsipnya hanya membayar tagihan dari bengkel rekanan.

    Kalau BAF mereka tidak peduli dgn kondisi mobil. Kecuali mobilnya rusak total, maka penggantian asuransi adalah uang penggantian seharga mobil, yang tentunya akan digunakan untuk melunasi cicilan baru kemudian jika ada sisanya diberikan ke nasabah.

    4
    1
  • 2 Agustus 2023 - (07:34 WIB)
    Permalink

    1. Tidak jelas kronologis gimana, sedang ini mempengaruhi asuransi dalam memberikan penilaian. Tidak ada asuransi cair dalam kasus bunuh diri dan pembakaran lho
    2. Sparepart mobil wuling maupun korea emang suka lama krn bengkel resmi jg blm banyak
    3. Saat perbaikan pasti cicilan kudu ttp jalan, ga ada excuse apapun sesuai kontrak. Bukan berarti ga bs dpake trs ga bayar. Itu mah kl sewa.
    4. Asuransi punya kebijakan masing2 dlm klaim apapun, apalagi kl bukti kurang lengkap dan yah emang dsini mah byk ga dcairin nya drpd beres klaim nya.
    5. Better kl mw “naik kelas” pake mobil, siapin mental dan amunisi duit dulu. Krn kejadian kek gini ga mgkn bs dhindari. Jangan krn kejadian tertentu trs jd mandeg cicilan dan kacau semuanya

    Bersyukur TS masi selamat apalagi dlm keadaan hamil. Semoga bayi ga kenapa2 ya.

  • 2 Agustus 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Lagi parkir diem ko tiba tiba kebalik wmpe roda diatas 😀😀
    Apa saat parkir ada Hulk lewat jadi tuh mobil dibalikin Ampe roda diatas
    Coba ceritain utuh kronologinya jangan dipotong potong

    2
    2
  • 2 Agustus 2023 - (11:47 WIB)
    Permalink

    semoga lekas selesai permasalahan nya dan jadi pembelajaran buat kita semua
    semoga TS sehat2 selalu di berikan kemudahan dalam permasalahan nya

    aamiin

    1
    1
  • 2 Agustus 2023 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Kalau kecelakaannya bukan karna nabrak yg mengenai bumper depan, airbag tidak akan mengembang. Karna sensornya mendeteksi benturan dari depan. Bukan benturan dari atas kap mobil sperti kasus terguling tanpa nabrak dengan bumper. Kalau asuransi type TLO, dilihat bentuk mobil habis kecelakaan kayaknya gak bakal diganti. Karna kerusakan blm mencapai 70% dari harga mobil. Biasanya mobil cicilan asuransinya hanya TLO. Tp dilihat ada comprehensive gak tau itu all risk atau apa?

  • 2 Agustus 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    wuling itu terkenal dengan produknya yg suka mati tiba-tiba dan susahnya mencari suku cadangnya, di dealer aja bias indent 6-8 bulan, bayangkan aja ngmna rasanya menunggu itu.
    beli mobil yg umum dipakai orang aja, klo mrek masih baru yakin lah pasti lama proses perbaikannya..semoga cepat ketemu solusinya

    1
    1
  • 2 Agustus 2023 - (19:18 WIB)
    Permalink

    kl lihat dr bekas dimobil,kayanya itu mobil di tabrak dari samping sampai berguling makanya bisa kebalik roda diatas. bersyukur TS yg lg hamil tidak apa2.
    mudah2an claim nya lancar dan tidak terlalu lama setelah muncul disini

  • 9 Agustus 2023 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Menurut saya;

    1. Jangan langsung menyalahkan Asuransi, Dapat diibaratkan Asuransi adalah penolong saat terjadi musibah, Asuransi akan membayar kerugian sesuai nominal dan penyebab kejadian yang diperjanjikan, termasuk biaya sewa mobil pengganti.

    2. Lamanya waktu, coba runut dari waktu kejadian, laporan ke Asuransi/Leasing, survey dari Asuransi & Bengkel, Estimasi terbit (biasanya dari bengkel dan supplier part), SPK Asuransi ke Bengkel, sampai dengan pengerjaan di Bengkel. akan kelihatan jelas NYANGKUTNYA dimana.

    3. Leasing sudah berbaik hati, dapat di ibaratkan meminjamkan kendaraan (Lease / Sewa Beli) kepada Anda, adalah kewajiban Anda menjaga baik-baik, selama belum lunas, itu belum menjadi milik konsumen, masih milik Leasing. Kalau masalah itungan cicilan perbulan dls, harusnya konsumen lebih cermat diawal kontrak.

    Pengalaman saya dan temen-temen saya, biasanya nyangkut di Estimasi Bengkel yg lama, akibat Kode Part dan Part susah / Indent DLS, menyebabkan SPK Asuransi juga lama (efek domino), tapi Asuransi yang selalu dikambinghitamkan.

    Maaf saya bukan dari Asuransi Tugu, tapi saya bisa merasakan apabila menjadi Asuransi Tugu.

    Silahkan tinggalkan komentar tambahan bila saya salah.

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka untuk Wuling, Asuransi Tugu Pratama dan BAF Terkait Keja…

oleh Melda Simanungkalit dibaca dalam: 3 menit
21