Kualitas Hard Disk Eksternal Seagate Mengecewakan

Yth Seagate Indonesia,

Melalui Media Konsumen ini, saya ingin menyampaikan keluhan tentang kualitas hard disk Seagate, khususnya hard disk eksternalnya. Pada tahun 2021, saya membeli hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB, yang pada tahun 2022 lalu sempat digaransi replace karena ada bad sector, dan health status-nya di software HDD Sentinel sudah merah.

Setelah di-replace, hard disk tersebut kembali rusak, ada bad sector, bahkan beberapa file backup saya menjadi corrupt. Padahal saya sudah sangat berhati-hati dalam pemakaian hard disk-nya.

Sebagai pembanding saya punya hard disk eksternal merk WD yang dibeli pada tahun 2013 saja masih baik-baik saja, tidak pernah error, dan health statusnya masih 100%, walaupun sudah berumur 10 tahun lebih. Lah, ini merk Seagate yang baru berumur 2 tahun saja sudah bermasalah berkali-kali, bahkan sudah direplace, pun baru setahun sudah rusak lagi. Saya juga punya 2 hard disk eksternal Seagate lainnya yang dibeli tahun 2011 dan 2018 pun juga sama error-nya.

Berikut bukti screenshot health status hard disk Seagate dan WD yang saya miliki:

Saya sangat kecewa sekali dengan produk harddisk Seagate yang rentan error dan tidak reliable untuk dijadikan media backup begini.

Saya berharap semoga ada solusi dari Seagate Indonesia atas hard disk eksternal saya yang error tersebut, karena masa garansinya sudah habis di bulan Maret 2023 lalu.

Terima kasih.

Lucky Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Kualitas Hard Disk Eksternal Seagate Mengecewakan

  • 24 Oktober 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    2021 beli hdd 4tb cuma 1.375.000? Bahkan harga di detik ini pun jauh lebih tinggi dr itu. Berhub toko nya tersensor, sy ngga bisa pastikan, tapi kecurigaan besar anda sudah jd korban penjual hdd oplosan/bongkaran.

    6
    4
    • 24 Oktober 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Setuju, agak mencurigakan harganya. Cuma replacenya itu di seagate atau lewat toko? Kl lewat toko itu jelas mencurigakan. Pernah punya, rusak saya komplain ke tokonya, tokonya langsung menyarankan ke seagate dan memang diganti baru.

      3
      3
    • 24 Oktober 2023 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Anda salah. Walaupun harganya menurut anda sangat murah tapi ada stiker hologram MFI di boxnya, bahkan harddisknya diterima & direplace oleh pihak Mitra Care selaku service center resmi Seagate.

      1
      8
      • 24 Oktober 2023 - (18:28 WIB)
        Permalink

        Mestinya tidak mungkin bisa diterima di service center resmi ya, karena berdasarkan S/N nya, ketiga produk Seagate kamu tidak tercover garansi indo.

        Berikut buktinya (Warranty Information Not Available) :

        Produk AndaBarraCuda 2.5″ Hard Drive 4TBNomor ModelST4000LM024Nomor SeriWCK7FJPH

        Warranty Information Not Available. Please contact support.

        Informasi berdasarkan 24/10/2023, 18:19:05

        Produk AndaMobile HDD 2TBNomor ModelST2000LM007Nomor SeriWDZARWG3

        Warranty Information Not Available. Please contact support.

        Informasi berdasarkan 24/10/2023, 18:20:57

        Produk AndaNomor ModelST9500325ASNomor SeriS2WK3GPD

        Warranty Information Not Available. Please contact support.

        Informasi berdasarkan 24/10/2023, 18:22:10

        — DAN INI HDD SEAGATE SAYA – –
        (walau garansi expired, tetap ada recordnya kapan)

        Produk AndaHard Disk Portabel Backup Plus Hitam 1 TBNomor ModelSTDR1000300Nomor SeriNA75CTF5

        Warranty Expired 23 Februari 2017

        Informasi berdasarkan 24/10/2023, 18:23:13

        7
        3
        • 24 Oktober 2023 - (18:43 WIB)
          Permalink

          Lah kok bisa yg 4TB pun ga terdaftar padahal itu harddisk replace dari Mitra Care sendiri. Bukannya stiker hologram MFI di boxnya menunjukkan itu berlaku garansi resmi Seagate indo? Seingat saya 2 harddisk Seagate lainnya pun ada stiker hologram penanda produk resmi indo juga.

          1
          4
          • 24 Oktober 2023 - (18:50 WIB)
            Permalink

            Ga tau gan kalo itu, tapi silahkan crosscheck aja S/N nya di web seagate. Hasilnya seperti itu di saya. Jika hdd tsb sudah ga terpake, coba dibongkar deh casingnya biar tau isinya

            2
            3
        • 24 Oktober 2023 - (23:02 WIB)
          Permalink

          Saya meragukan kalau barang yang anda beli itu asli walaupun ada stiker MFI nya.
          Seharusnya kalau memang barang asli dan tercover garansi Seharusnya terbaca di sistem waranty seagate.
          Karena dijaman sekarang ini banyak produk seagate yang statusnya refurbis atau sudah dipakai dan di gunakan lagi dengan mereset firmware dan status hardisk bisa dimanipulasi oleh oknum² yang tidak bertanggung jawab. Dan diberikan segel mfi yang saya kira segel itupun mudah dibuat.
          Jadi saran saya sebaiknya untuk mendapatkan kualitas barang yang bagus dan ori utamakan beli di official store yang terpercaya dan sn terdaftar di website seagate.
          Karena garansi resmi selalu terbaca kapan barang itu dibeli dan kapan habisnya masa garansi.
          Jadi lebih bijaklah memilih barang dan toko dimana anda membeli

        • 24 Oktober 2023 - (23:41 WIB)
          Permalink

          Btw saya baru ingat kalau harddisk saya terbaca di websitenya Seagate kok buktinya di tulisan artikel di atas saya menyebutkan garansinya sudah berakhir Maret 2023 lalu itu hasil pelacakan di website Seagate. Saya ga paham agan di atas lihatnya di website mana kok bisa ga muncul informasinya.

  • 24 Oktober 2023 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Gw dulu beli yg 1Tb. Baru 2 minggu rusak. Terus di ganti baru, seminggu kemudian rusak. Penyakit nya sama. Bad sector. Piringan hdd muter tapi gak kebaca, sekalinya kebaca, datanya rusak. Akhirnya beli yang polosan, colok ke docking malah awet banget. Cuma ya gitu. Gak boleh kebentur. Kebentur langsung rusak. Skrng gw perlahan dan mulai pindah ke SSD. Untuk data penting wajib ssd. Kalau pun mau pakai HDD, harus raid 1 biar aman.

    • 25 Oktober 2023 - (02:13 WIB)
      Permalink

      @Paman
      Tidak disarankan data penting CUMA disimpan di SSD. Simpan backup di HDD, DVD, atau layanan cloud terpercaya. Hindari media backup NV storage lain seperti MicroSD, Flashdisk, dll. SSD itu sekalinya matot tidak bisa di recovery. Saya 2x mengalami SSD matot karena faulty controller (dua-duanya Phison). SSD tidak terdeteksi bahkan di level BIOS sehingga mustahil di recovery. Just my 2¢.

    • 25 Oktober 2023 - (13:04 WIB)
      Permalink

      Hati2 SSD ada kelemahannya, karna HDD masih andalan server2. dan SSD digunakan untuk OSnya, agar baca tulisnya cepat ngga delay…. saya aja pakai NAS dan OSnya pakai baru pakai SSD, HDD jika ada kerusakan dia akan berpindah data ke HDD satunya, jika menggunakan system NAS.

  • 24 Oktober 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Murah amat beli HDD seagate 4TB segitu, sama kayak gw beli HDD seagate 2TB tahun 2016 harganya segitu juga 😅

    • 25 Oktober 2023 - (04:20 WIB)
      Permalink

      Itu pas replace nya langsung ke service center atau lewat toko yang jual? Klo lewat toko yg jual fix itu hardisk palsu. Tapi klo replacenya langsung anda bawa sendiri ke service center berarti asli.

      Biasanya penjual/toko bilang gini “Untuk claim garansi bisa dikirim lewat toko ya kak, nanti kami bantu claim ke service center”. Padahal gak pernah dibawa ke service center.

      Untuk stiker MFI banyak yang jual palsunya di toko online, dengan kata lain adanya stiker tersebut gak menjamin itu barang ori.

      Lalu bagaimana dengan nomor seri dan merek yang ternyata pas di cek di aplikasi kok sama?
      Sebenarnya hardisk palsu itu bisa hardisk dengan merek yang sama namun itu bekas pemakaian dari PlayStation atau server yang sudah terpakai selama bertahun-tahun. Kemudian dijual murah kepada pemalsu dan direset day menjadi 0 kemudian diberi kemasan layaknya hardisk ori. Di China banyak yang jual hardisk bekas PS atau server dengan harga 10 kali lipat lebih murah, dan itu yg dipakai oleh pemalsu.
      Jadi nomor seri dan merek pas di cek di software memang asli, tapi bekas pemakaian bertahun-tahun yang direset day sehingga kelihatan garansi seperti baru, padahal dalamnya bobrok.

      Lalu cara bedain hardisk palsu atau ori gimana?
      Simpel sebenarnya.
      1) harga dibawah rata-rata atau standar
      2) Sebelum beli tanya ke penjual “bisa diclaim garansi langsung saya bawa ke service center tanpa melalui toko atau tidak?”
      Klo jawaban sellernya “harus melalui toko” fix itu barang palsu.
      3) setelah unboxing barang coba langsung cek dengan cara format, klo tidak terjadi eror berarti asli. Jadi jangan buru-buru pencet barang diterima.
      4) Agak ribet, coba copy file melebihi kapasitas hardisk, lalu format. Klo masih baik-baik saja berarti ori.
      5) Cara paling ribet dan gak rekomen karena menghilangkan garansi. Bongkar hardisknya cek apakah ada aluminium foilnya, lalu cek kebisingan piringan pakai aplikasi berapa db hasilnya, lalu cek apakah ada karat.

      Saran klo mau beli barang elektronik apapun jangan beli yang harga dibawah standar atau rata-rata ( kecuali klo ada promo).

      Tq.

      • 25 Oktober 2023 - (13:04 WIB)
        Permalink

        Replacenya di SC resmi. Kalau menurut saya harga tidak menjamin 100% produknya original. Bisa saja ada yg jual di harga standar padahal barang refurbish. Demikian juga yg jual lebih murah belum tentu barangnya pasti refurbish asalkan lebih murahnya ga ekstrem misal ada yg jual harddisk 2TB baru di harga <500rb ternyata isinya flashdisk.

    • 25 Oktober 2023 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Beli di oficial store atau tidak ? Ada kemungkinan barang yg di beli garansi nya udah jalan sebenarnya garansi bisa di ubah sesuai tanggal pembelian produk dri pihak penjual atau input sendiri

  • 25 Oktober 2023 - (03:04 WIB)
    Permalink

    Hasil tangkapan layar dari HD Sentinel itu sebetulnya menunjukkan MTBF dari HDD bersangkutan (berdasarkan health dan lifetime) sudah mendekati akhir masa bakti. Jika masa pemakaian baru beberapa tahun, ada indikasi HDD hasil refurbish atau recycle (mungkin dari pemakaian server intensif) dengan dipoles ulang dan controller sudah diutak-atik (tanpa merubah S/N).

    • 25 Oktober 2023 - (04:38 WIB)
      Permalink

      Bagaimana mungkin harddisk replace dari SC resmi adalah hasil refurbish? Apalagi boxnya kondisi segel waktu diserahkan ke saya.

  • 25 Oktober 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Kalo maen BACKUP an, lebih baik SEAGATE EXOS karena durability lebih baik dan memang di design untuk running 24/7.

    HDD portable jaman sekarang, untung”an ada yang awet dan umur pendek.

  • 25 Oktober 2023 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, tahun 2022 lalu saya membeli hardisk ultra touch 2TB sampai harus berkali-kali menukarkan hardisk tapi masalahnya selalu sama yaitu bed sector.
    Setelah Penukaran ke-5 baru bisa digunakan hardisknya, rasanya ingin uang kembali saja lalu pindah ke WD, tapi pihak seagate tidak bisa.

    • 25 Oktober 2023 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Bukannya garansi replace Seagate ada batasannya maksimal 2x saja ya? Mitra Care di kota saya bilangnya begitu.

      • 26 Oktober 2023 - (16:50 WIB)
        Permalink

        Saya menukarkan di Cempaka Mas, Jakarta
        Mereka bilang di penukaran ke-6 jika masih bermasalah, masih bisa ditukar kembali

  • 25 Oktober 2023 - (16:22 WIB)
    Permalink

    beli ginian atau segala memory card, jangan pernah di toko biasa. krn lebih byk imitasinya ketimbang ori nya. belilah selalu di official store krn terjamin keasliannya

  • 3 November 2023 - (08:52 WIB)
    Permalink

    saya juga ada merk WD dan seagate, nyatanya merk WD lebih kuat daripda seagate (opini saya sebagai pemakai)

    • 3 November 2023 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya jg begitu. Parah ini merk padahal dulu begitu recommended.

 Apa Komentar Anda mengenai Hard Disk Eksternal Seagate?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Kualitas Hard Disk Eksternal Seagate Mengecewakan

oleh Lucky dibaca dalam: 1 menit
26