Surat Pembaca

Kecewa dengan Collecting Leasing ACC

Saya nasabah ACC, dengan nomor perjanjian 02100102003991931. Per tanggal 27 Desember 2023, saya mengalami keterlambatan selama 17 hari, untuk cicilan ke-6 pembayaran mobil Ayla Type R tahun 2017.

Yang membuat saya kecewa dan tersinggung dengan pihak collecting leasing ACC cabang Cideng, adalah ketika saya mendapatkan schedule pembayaran, yang dilengkapi tulisan tangan berupa bahasa intimidasi dengan huruf kapital: “HARAP DIBAYAR!”.

Padahal saya ini kooperatif, setiap DC ACC telpon selalu saya angkat dan setiap WA DC lapangan selalu saya balas. Tagihan juga saya bayar beserta denda, tidak pernah melewati bulan berikutnya. Apakah memang seperti ini SOP penagihan ACC yang harus kasar dan intimidatif terhadap customer-nya?.

Amin Iskandar
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Kecewa dengan Collecting Leasing ACC”

Sehubungan dengan keluhan Bapak Amin Iskandar di mediakonsumen.com pada tanggal 7 Januari 2024 mengenai “Kecewa dengan Collecting Leasing ACC“, sebelumnya...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • baru angsuran ke 6 sudah kepayahan.
    semoga lancar rejekinya dan jangan telat lagi, supaya tidak berurusan dengan debt collector.

    • Terima kasih atas tanggapan nya, perlu saya info, ini bukan pembelian mobil baru, kredit mobil saya ambil tahun 2017 kemudian sudah lunas tahun 2022, tapi kemudian top up lagi dengan jaminan BPKB ditahun 2023, karena awal menolong marketing ACC yg tidak kenal lelah lebih dari 6 bulan menawarkan top up.

      • Gagal paham sama ini:

        **karena awal menolong marketing ACC yg tidak kenal lelah lebih dari 6 bulan menawarkan top up.**

        Nolong orang tapi nyusahin diri.

        • Coba deh anda ambil kredit di ACC kemudian mobil lunas, setelah lunas sehari bisa ada 4-6 orang marketing menawarkan kembali top up,.

          • ente berhak nolak bang, masak gak enakan terus di iyain, coba tuh marketingnya ada bantu gak waktu ada masalah gini.

            marketing enak target sampe, ente kalang kabut..

          • Jangan jadi Alasan marketing nawarin berkali2 utk ToP Up Pak.. kenyataannya anda butuh uang udh gitu aja!! Pakai ngeles!!
            Baru cicilan ke 2 aja udh nunggak pakai lanjut sampai cicilan ke 6 sama nunggak terus, haduhhh lain kali ga usah mending sekalian dijual unitnya, bebas Hutang Riba..!!!

          • Semua leasing hampir semua begitu, mau lunas aja sudah di tawari topup,
            Sama sama butuh, marketing ketolong, kreditur pun ketolong.
            Kl tidak mau ditagih jangan hutang,
            KL sudah berhutang ya di bayar.
            Semoga cepat lunas, semangat Kaka.

      • Kalau tertib membayar saya rasa tidak akan terjadi hal tersebut diatas. Menolong marketing?!? Sungguh alasan yang sangat menggelikan 😂

    • SOPnya mmng gitu...klo telat ya pasti dpt peringatan.. masih wajar kok...
      Semoga diberi kelancaran tepat waktu dan tdk terlambat dari Jatem pembayaran...
      Ngeri juga angsurannya...

    • Media konsumen kok bisa lolosin komplain yang lebay ,gemoy dan kemayu seperti ini.Isi nya seperti lelucon saja .Tersinggung gara2 HURUF BESAR😊😊.

    • Saya juga kredit di ACC, dengan kondisi blacklist di BI checking, tapi karena dp hampir 50% saya diterima dan sekarang sdah lunas...
      Hampir setiap seminggu sekali selalu di WA kdg ditelpon untuk penawaran kredit lagi dan itu memang cukup mengganggu dan akhirx di WA beberapa hari yg lalu saya balas kalo mobil sdah saya jual...semoga tidak di Wa lagi... hehee...

  • Dari 6 kali history pembayaran, tiap bulan selalu terlambat dan kena denda, giliran di ingatkan sedikit langsung gak terima, udah lah gak usah mobil mobilan lagi, balikin aja mobilnya, biar gak rugi banyak, nanti bakalan macet pas cicilan sudah banyak lebih rugi lagi

    • Terima kasih atas tanggapan nya, perlu saya info, ini bukan pembelian mobil baru, kredit mobil saya ambil tahun 2017 kemudian sudah lunas tahun 2022, tapi kemudian top up lagi dengan jaminan BPKB ditahun 2023, karena niat awal menolong marketing ACC yg tidak kenal lelah lebih dari 6 bulan menawarkan top up setelah kendaraan lunas.

      • itu belum seberapa mas. ACC Emang sadis kalo soal penagihan. Kalo sudah pindah ke external apalagi langsung maen tarik di jalan. Di YouTube ada video nya.

    • Kasihan juga klau masih Angsuran Prematur udah telat,apa lagi klau jatuh temponya Ahir bulan misal tanggal 25,,pas mau pergantian bulan CMO nya kusut banget,kadang saking jaga nama baik biar gak stop jualannya bela2in Nalangin,,curhat CMO

      • tuk TS,,, ga usah di dengarin yg komen2. sy perhatiin rata2 yg komen pd kerja di leasing & DC , banyak tdk membangun semangat anda. Hanya mementingkan profesi pekerjaan mereka lancar.

        • saya baca dan amati . . dan sepertinya 90% yg comen mungking kerja di leasing .. di liat dari comentnya.. maaf sebelum nya.. TS semangat ae pak... gusti pasti kasih jalan klo kita berusaha.. ayam aja ceker ceker bisa cari makan... semangatttt

        • sy pernah jdi nasabah jga di acc cibubur castamernya emang manis di depan ngomongnya
          dan sy tanya ada blokir angsuran bpkb ga klu telat
          jawabnya ga ada tpi nyatanya ada....

          dan yg paling bikin sakit hati pas orang tua sy meningal
          dana untuk angsuran sy pakai dlu untuk biaya pemakaman ibu sy hinga telat 3 hari sy di telepon cs acc
          sy bilang minta waktu hinga 4 hari kedepan dana nya sy pakai untuk biaya pemakaman orang tua sy dlu
          apa coba jawaban cs acc ,,,itu urusan anda pak kewajiban bp harus bayar tepat waktu.....sakit nya bukan main lgi dapet musibah malah di tekan

  • semoga ada rejeki untuk Lunasin , saya yang dari thn 2016 cicil avanza aja lunas di thn 2020, sekarang ambil Innova reborn diesel matic , intinya ambil terus utang biar mumet nya sekalian ...semangat mas pasti bisa ada jalan keluarnyaa

  • Ts yang terhormat mohon di mengerti colection itu di bayar untuk menagih konsumen telat bayar mau sehari anda telat itu sudah masuk tugas colection, kalau tidak mau di tagih jangan melebihi jatuh tempo boss!! gitu aja repott

    • Surat ini dikantor dan dirumah saya terima setelah saya lakukan pembayaran bro...udh bayar masih ditagih pake kalimat kurang enak, denda keterlambatan juga kan saya bayar, bukan gratisan..

  • setiap lembaga pembiayaan ada mekanisme SOP saat nagih. Pertama pasti debitur ditelepon utk diingatkan sebalum jatuh tempo pembayaran oleh desk coll. Lewat jatuh tempo dan belum bayar, pasti ditelepon lagi. Nah biasanya debitur janji janji melulu...dan meleset melulu. Lalu Collection akan mengirimkan somasi dgn mendatangi rumah debitur...beri surat dan riwayat pembayaran.... lagi lagi debitur nggak ada....ya dititipkan org rumah lalu ditulis HARAP DIBAYAR.... terus persoalannya apa dgn tulisan itu.... apalagi anda sejak angsuran ke 2 selalu terlambat.

    Persoalan anda membantu marketing itu bukan jawaban cerdas....kl hutang sdh lunas dan anda merasa nggak butuh berhutang lagi ya nggak usah ngutang...biarkan marketing nya kebingungan utk memenuhi target...nggak ada urusan dgn anda.

    Jadilah debitur yang cerdas...

    • Nama nya juga media konsumen, saya punya hak sebagai konsumen untuk ptotes jika ada yg tidak sesuai dengan SOP, tulisan dengan capslock itu mengganggu apalagi saya tidak hanya terima 1 surat saja, dengan tambahan kalimat yg kurang enak..saya doakan semoga suatu saat nanti ada mengalami nya.

  • Lebay amat bang,
    Dinotice gitu aja dibilang intimidasi 🤣
    Itu masih konteks wajar bang.
    Dan masih sopan sopan juga kok.
    Kecuali dia menggunakan kata kata yang diluar norma. Ini cuma masalah harap dibayar . 🤣

    • Bukan lebay pak mohon maaf, sebagai konsumen saya punya hak juga menyuarakan jika ada hal yg sekira nya mengganggu hak saya sebagai konsumen, saya tidak hanya terima surat seperti itu satu yg dikirim ke alamat rumah, tapi juga ke kantor, yg di tambahkan kalimat menggunakan capslock, sebagai konsumen jika telat konsekuensi denda juga saya bayar..

    • kapok ane urusan di bank acc lgi udah bkn konsumen dan ga ada urasan lgi di acc aja masih di telor

      waktu masih angsuran 1 hari bisa 40x di tlp lebih ganas dari penjol

      ga lgi2 dah

    • Mungkin marketing yg dibantu cantik sekali sehingga terlena bahwa ujung²nya suruh ambil modal pinjaman ...
      Terima modalnya memang enak...
      Tapi angsuran sama bunganya itu yg bikin pusing, dan marketing mana mau tau kalau debitur LG gak pegang uang...

  • Sy di tawari top up sdh 2 tahun ta abaikan terus...emang niat gk mau ngutang lg...ngeri...