Surat Pembaca

BTPN Jenius Tidak Profesional dalam Menjelaskan Tagihan Retail Interest pada Kartu Kredit

Salam,

Saya ingin membagikan pengalaman buruk saya berhubungan dengan Jenius. Saya menghabiskan waktu 1 jam telpon dengan CS Jenius yang tidak kompeten.

Jadi pada Billing Statement Februari 2024 tertera bahwa saya dikenakan tagihan retail interest sejumlah Rp554,301.

Saya memang kurang bayar saat jatuh tempo Billing Statement Januari 2024 di tanggal 12 Februari 2024. Karena saya hanya bayar Rp30,000,000 sedangkan tagihan yaitu Rp31,863,808 sehingga kurang bayar sebesar Rp1,863,808. Namun pada keesokan harinya (H+1 tgl jatuh tempo) yaitu tanggal 13 Februari 2024 pukul 10.08 WIB saya bayar lagi Rp5,000,000 untuk menutup kurang bayar.


Saya menanyakan ke CS Jenius dari mana perhitungan retail interest bisa sampai sebesar itu? CS menjawab yaitu dari pembelanjaan setelah tanggal Jatuh Tempo karena kurang bayar.

Setelah saya hitung lagi, transaksi yang terjadi dari tanggal 12 Februari 23.59 WIB (tanggal jatuh tempo) sampai dengan tanggal 13 Februari pukul 10.08 WIB (pembayaran lunas) adalah sebanyak 4x transaksi dengan total pembelanjaan Rp900,497. Bagaimana bisa transaksi Rp900,497 dikenakan bunga sebesar Rp554,301?

Saya kembali tanya CS, katanya transaksi yang dikenakan bunga tidak hanya sampai tanggal saya bayar penuh (13 Februari) namun tanggal-tanggal setelahnya sampai keluar billing statement di bulan selanjutnya juga dikenakan bunga walaupun tagihan sudah dibayar penuh di tanggal 13 Februari. Whaat? Bobrok sekali Jenius ini.

Faizal Abdi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “BTPN Jenius Tidak Profesional dalam Menjelaskan Tagihan Retail Interest pada Kartu Kredit”

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Faizal Abdi berjudul “BTPN Jenius Tidak Profesional dalam Menjelaskan Tagihan Retail...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Tagihan 31,8 juta kalo dikali bunga 1,75 persen kira2 sih 556an ribu. Ya kurleb sesuai lah. Biasanya sih cuma ditagih sekali aja untuk bunga, tagih berikutnya ya kalo bulan berikutnya kurang bayar lagi pas jatuh tempo.

    Untuk detil bunga dihitung berapa lama, dari tanggal cetak, tanggal transaksi, tanggal jatuh tempo, atau lainnya itu yang mestinya bisa dijelaskan secara detil oleh petugas BTPN Jenius.

  • Memangnya TS cara menghitung bunga tagihan Kartu Kredit bagaimana? Ada referensi perhitungan bungan dari Jenius yang bisa dibagikan?

  • Intinye buat TS, klo telat bayar ataupun kurang bayar di CC 1 rupiah pun, akan dihitung bunganye dari total pemakaian pada saat tertagih,.. 😅

  • Orang desa baru di kasih kartu kredit y begini..Mao ny aturan Dia Dan itungan dia

    • Orang desa ini punya kartu kredit limit gede. Mungkin pendapatannya sudah masuk kategori orang kota. Sebagai orang ndeso asli, saya minggir dulu, udah nggak pake Jenius lagi.

    • wah saya jg malah baru tau perhitungan bunga nya seperti tu, padahal udh pake bertahun-tahun...wkkww...kirain yg dikenakan bunga itu sisa tagihan yg belom dibayar aja..
      kok ky gak fair yah..
      sayang jg itu TS, cuman kurang dikit doang lunasin nya, nanggung amat...

      • Sudah sangat fair itu dan praktik umum di negara mana pun.

        Pemegang kartu kredit dianggap berutang mulai dari tanggal transaksi, tidak dikenakan bunga atau biaya sampai tanggal cetak tagihan, sudah begitu masih dikasih masa jatuh tempo sekitar 10-15 hari untuk membayar. Kalo dimaksimalkan, bisa berutang tanpa bunga sampai sekitar 40an hari.

        Kalo sampai telat atau kurang bayar ya mohon maaf, menurut saya fair2 saja tagihan kena charge bunga dan biaya misal keterlambatan.

  • terjerat bunga kartu riba, sebaiknya antum segera tutup saja, karena dosanya ngeRIBAnget

  • Semua bank, akibat salah membayar tagihan tidak full payment misalkan kurang 1000 rupiah saja,bunga dihitung dari total semua tagihan...

  • WKWKWK BEGE BIN TO'OL , SUDAH JELAS SALAH MALAH NGOTOT DAN PEDE LAGI BUAT POSTINGAN DI MK
    PADAHAL ADA HP BISA DICARI DULU DARI MANA ASAL BUNGA NYA , BUKAN MALAH KOAR KOAR BILANG BOBROK LA APA LAH , MAU KURANG 1 PERAK PUN TETEP HITUNGAN NYA TOTAL TRANSAKSI BUKAN SISA TRANSAKSI HADEEEE