Surat Pembaca

Akses Data Informasi Pembeli untuk Hal Penting Dipersulit oleh Agen Team Terkait Shopee

Saya telah berjualan di Shopee selama 5 tahun dengan penilaian 4.8 dan star + . Setiap perkembangan Shopee saya ikuti dan saya tidak pernah komplain perihal (biaya) admin saya yang tinggi.

Pada 15 Maret 2024, saya mendapatkan akun Shopee saya nomor pembeli disamarkan. Saya khawatir karena saya juga ada kerja sama dengan supplier lain dan saya ada juga program loyalitas. Saya memiliki beberapa supplier dengan supplier yang banyak reseller. Karena saya jujur keterbatasan untuk modal sendiri.

Kebetulan ada pesanan dengan nomor 24032642MJSE4T pembelian 26 Maret 2024. Kebetulan pembeli ini membeli 2 item. Dan hanya satu item yang ada. Setiap ada produk kosong maka kami akan beritahu untuk cari solusi. Akan tetapi respon chat kami tidak dibalas oleh pembeli sedangkan pembeli online.

Saya minta bantuan CS Shopee untuk hubungi pembeli, namun tidak dibalas juga. Hampir setiap hari saya chat sudah 2 hari. Akhirnya terjadi pembatalan otomatis.

Pada tanggal 15 Maret saya sudah isi formulir pengisian nomor pembeli tidak disamarkan. Hari Jumat dengan melampirkan bukti pendukung. Kemudian hari Senin 18 Maret pengajuan toko ditolak.

Saya isi lagi formulir di hari Senin dengan alasan berbeda untuk keperluan database penjual. Pada hari Selasa 19 Maret, kami disuruh isi formulir lagi dengan CS Dinda. Tanggal 22 Maret toko disuruh menunggu. Namun saya masih isi formulir lagi tapi saya isi untuk garansi pembeli karena saya menjual barang elektronik. Namun ditolak juga.

Saya isi formulir hampir setiap hari mulai tanggal 15 Maret hingga 3 April 2024. Semua alasan sudah toko lampirkan dimulai database penjual, faktur penjualan dropshipper, program loyalitas, garansi pembeli, pencatatan penjualan, chat pembeli tidak dibalas.

Setiap hari saya telepon Shopee dari aplikasi pusat bantuan. Saya memohon agar team agen terkait memahami kondisi saya. Padahal teman saya berjualan di Shopee tidak ada menyembunyikan nomor HP pembeli. Kenapa ada pengecualian terhadap toko saya.

Saya sangat kecewa atas kebijakan Shopee. Akses nomor HP pembeli dibukakan. Saya berjualan sudah 5 tahun dan sudah star + dengan performa 4.8.

Ada alasan untuk dibukakan nomor pembeli:

  1. Penjual akan kena penalti karena pembatalan otomatis karena saya juga ada kerja sama dengan supplier lain.
  2. Pembeli terkadang tidak aktif di kolom chat sehabis belanja jika ada pesanan kosong.
  3. Toko ada program loyalitas dengan sistem undian nomor HP pembeli.
  4. Pencatatan nomor pembeli yang sengaja merusak reputasi toko.
  5. Untuk garansi atas produk elektronik juga.

Saya mohon team agen terkait konfirmasi atas masalah saya. Saya mulai 15 Maret pengajuan saya selalu ditolak hingga 5 April 2024 dengan alasan pengecualian tidak valid dan selalu isi formulir. Hampir sudah formulir saya isi tiap hari mulai 15 Maret dan saya juga telepon CS Shopee. Apakah akun saya punya masalah dan pihak Shopee mengatakan tidak ada.

Saya lihat juga kesehatan toko saya dan tidak ada penalti. Sudah lebih 20 kali saya isi formulir terhitung sejak Jumat 15 Maret 2024.

Berikut data dilampirkan:

Saya isi formulir mulai 15 Maret 2024

  1. Saya isi untuk keperluan database penjual dan saya lampirkan bukti pencatatan daftar pembeli saya. Namun ditolak.
  2. Saya isi untuk keperluan garansi pembeli barang elektronik karena saya menjual barang elektronik dan saya sudah lampirkan bukti. Namun ditolak.
  3. Saya isi untuk keperluan dropshipper. Saya isi faktur kwitansi supplier dan chat barang yang dibeli namun ditolak juga.
  4. Saya sudah lampirkan bukti chat pembeli yang tidak dibalas dan pihak CS Shope juga sudah beritahu sama pembeli namun ditolak juga. Sehingga terjadi pembatalan pesanan otomatis.
  5. Bukti program loyalitas pembeli. Saya sudah lampirkan bukti chat pembeli beserta hadiah gift away. Namun ditolak juga.
  6. Bukti pencatatan penjualan juga saya lampirkan namun ditolak juga!

Luisa Nainggolan
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Waduh ada apa ini ramai sekali 😁.

    Tenang saja setelah masuk media konsumen
    Keinginan mu pasti terkabul 😁

  • semua marketplace menerapkan amanah undang-undang perlindungan data/privasi.
    1 bintang ada 58 responder, itu extra ordinary serious problem.
    dapet 3 bintang aja puyeng 🤣

    • Tapi di shopee ada form data pembeli untuk request kok untuk pelaporan pajak/pembukuan maupun kebutuhan buat yg PO/sistem yg membutuhkan pengerjaan barang yg dijual berupa kerajinan tangan dsb.. Dan itu ada form nya. Bisa di ajukan.

      Mungkin di kasus ini kenapa pihak shopee menolak dibukakan form data pembeli, terus mungkin karena banyaknya laporan pembeli juga itu pengaruh .

      Iya kadang 1 bintang hatter disini banyak bgt 😅😅😅😅.
      Dia ga lihat bintang 5 nya proporsi nya jauh lebih banyak sehingga menciptakan rata rata rating toko diatas 4,7 .

      Bintang 3 mah masih mending ok lah..

      Tiktok lebih kejam lg. Shopee masih ok utk perhitungannya.

      Cuma emang bahasa kasar harus dikurangi. Jgn terlalu menonjol aja sih. 😁. Kadang ada pembeli yg bener2x baik sayang kalo ampe tersakiti juga.

    • Tapi di shopee emang menerapkan sistem request data pembeli untuk kebutuhan pelaporan pajak/pembukuan atau yg sistem PO/kerajinan tangan dsb..

      Dalam kasus ini kenapa pihak penjual ditolak requestnya mungkin karena mungkin banyak pelaporan dari pembeli yg real nya. Bukan laporan diluar pembeli real.

      Iya kadang untuk bintang 1 hatternya banyak banget disini. 😆
      Dia lupa kalo bintang 5 dan 4 jauh lebih banyak
      sehingga menciptakan rate produk diatas 4,7 atau rate toko di atas 4,7
      (Kalo yg iqnya tinggi /berpendidikan harus nya paham sih soal perhitungan ini).

      Bintang 3 masih mending.
      Perhitungan di shopee masih ok sih soal ini. Yg saya liat dari pantauan saya justru tiktok terlihat dari vt vt video komplen di tiktokshop.

      Yang perlu di perbaiki untuk semua seller.
      Emang tata bahasa jangan kasar aja sih saat membalas. Pake kata yg tegas tapi bermakna saja.
      Sayang juga bila kebetulan pembeli yg baik tersakiti tidak sengaja oleh kita.

      Salam

  • Ko ada ya pedagang seperti ini?! Serem banget! Seperti Psikopat...

    Ibarat jualan offline terus minta nomor hape pembeli dan ga dikasih... Apa bisa maksa?!

Penulis
Luisa