Akses Data Informasi Pembeli untuk Hal Penting Dipersulit oleh Agen Team Terkait Shopee

Saya telah berjualan di Shopee selama 5 tahun dengan penilaian 4.8 dan star + . Setiap perkembangan Shopee saya ikuti dan saya tidak pernah komplain perihal (biaya) admin saya yang tinggi.

Pada 15 Maret 2024, saya mendapatkan akun Shopee saya nomor pembeli disamarkan. Saya khawatir karena saya juga ada kerja sama dengan supplier lain dan saya ada juga program loyalitas. Saya memiliki beberapa supplier dengan supplier yang banyak reseller. Karena saya jujur keterbatasan untuk modal sendiri.

Kebetulan ada pesanan dengan nomor 24032642MJSE4T pembelian 26 Maret 2024. Kebetulan pembeli ini membeli 2 item. Dan hanya satu item yang ada. Setiap ada produk kosong maka kami akan beritahu untuk cari solusi. Akan tetapi respon chat kami tidak dibalas oleh pembeli sedangkan pembeli online.

Saya minta bantuan CS Shopee untuk hubungi pembeli, namun tidak dibalas juga. Hampir setiap hari saya chat sudah 2 hari. Akhirnya terjadi pembatalan otomatis.

Pada tanggal 15 Maret saya sudah isi formulir pengisian nomor pembeli tidak disamarkan. Hari Jumat dengan melampirkan bukti pendukung. Kemudian hari Senin 18 Maret pengajuan toko ditolak.

Saya isi lagi formulir di hari Senin dengan alasan berbeda untuk keperluan database penjual. Pada hari Selasa 19 Maret, kami disuruh isi formulir lagi dengan CS Dinda. Tanggal 22 Maret toko disuruh menunggu. Namun saya masih isi formulir lagi tapi saya isi untuk garansi pembeli karena saya menjual barang elektronik. Namun ditolak juga.

Saya isi formulir hampir setiap hari mulai tanggal 15 Maret hingga 3 April 2024. Semua alasan sudah toko lampirkan dimulai database penjual, faktur penjualan dropshipper, program loyalitas, garansi pembeli, pencatatan penjualan, chat pembeli tidak dibalas.

Setiap hari saya telepon Shopee dari aplikasi pusat bantuan. Saya memohon agar team agen terkait memahami kondisi saya. Padahal teman saya berjualan di Shopee tidak ada menyembunyikan nomor HP pembeli. Kenapa ada pengecualian terhadap toko saya.

Saya sangat kecewa atas kebijakan Shopee. Akses nomor HP pembeli dibukakan. Saya berjualan sudah 5 tahun dan sudah star + dengan performa 4.8.

Ada alasan untuk dibukakan nomor pembeli:

  1. Penjual akan kena penalti karena pembatalan otomatis karena saya juga ada kerja sama dengan supplier lain.
  2. Pembeli terkadang tidak aktif di kolom chat sehabis belanja jika ada pesanan kosong.
  3. Toko ada program loyalitas dengan sistem undian nomor HP pembeli.
  4. Pencatatan nomor pembeli yang sengaja merusak reputasi toko.
  5. Untuk garansi atas produk elektronik juga.

Saya mohon team agen terkait konfirmasi atas masalah saya. Saya mulai 15 Maret pengajuan saya selalu ditolak hingga 5 April 2024 dengan alasan pengecualian tidak valid dan selalu isi formulir. Hampir sudah formulir saya isi tiap hari mulai 15 Maret dan saya juga telepon CS Shopee. Apakah akun saya punya masalah dan pihak Shopee mengatakan tidak ada.

Saya lihat juga kesehatan toko saya dan tidak ada penalti. Sudah lebih 20 kali saya isi formulir terhitung sejak Jumat 15 Maret 2024.

Berikut data dilampirkan:

Saya isi formulir mulai 15 Maret 2024

  1. Saya isi untuk keperluan database penjual dan saya lampirkan bukti pencatatan daftar pembeli saya. Namun ditolak.
  2. Saya isi untuk keperluan garansi pembeli barang elektronik karena saya menjual barang elektronik dan saya sudah lampirkan bukti. Namun ditolak.
  3. Saya isi untuk keperluan dropshipper. Saya isi faktur kwitansi supplier dan chat barang yang dibeli namun ditolak juga.
  4. Saya sudah lampirkan bukti chat pembeli yang tidak dibalas dan pihak CS Shope juga sudah beritahu sama pembeli namun ditolak juga. Sehingga terjadi pembatalan pesanan otomatis.
  5. Bukti program loyalitas pembeli. Saya sudah lampirkan bukti chat pembeli beserta hadiah gift away. Namun ditolak juga.
  6. Bukti pencatatan penjualan juga saya lampirkan namun ditolak juga!

Luisa Nainggolan
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Akses Data Informasi Pembeli untuk Hal Penting Dipersulit oleh Agen Team Terkait Shopee

  • 7 April 2024 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Sebagai pembeli, saya bakal protes ke Shopee apabila no. Hp saya dibuka. Apapun itu alasannya.

    6
    81
  • 7 April 2024 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Coba cek ulasan buyer 04-04-2024: seller suka mengancam, minta uang penambahan melalui transfer pribadi, marah2, blokir chat buyer.

    Dilapor buyer paling, makanya “ditindak”. Serem sih kalo seller pegang no hp buyer takutnya diterror…

    6
    130
  • 7 April 2024 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Tidak seharusnya penjual minta data pribadi pembeli, saya sebagai pembeli juga keberatan kalau dimintai data.
    Solusi produk kosong dan tidak ada jawaban chat, dibatalkan saja transaksinya. Masalah penalti, bukankan memang kesalahan penjual tidak update stok.

    6
    28
    • 7 April 2024 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Mungkin kamu bisa cek saja ulasan dan penilaian toko yah mbak. Coba tanya Shopee star plus itu apa

      1
      3
  • 7 April 2024 - (18:31 WIB)
    Permalink

    sistem stok nya diperbaiki pak / bu
    paling gedek kalau mau order bilang ready, pas checkout taunya habis

    5
    33
    • 7 April 2024 - (22:01 WIB)
      Permalink

      Tidak semua penjual menginginkan tidak ada barang. Namun sebagai pembeli harus saling memahami

      1
      4
    • 7 April 2024 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Masih ada penjual chat saya jika konfirmasi barang kosong. Nah ada formulir juga kan mbak untuk buka akses

      103
      1
      • 8 April 2024 - (20:37 WIB)
        Permalink

        Kalo di blibli, gak bs chat pembeli langsung ke nomor hp. Hanya bs di chat melalui bliblinya. Itu udh berlaku bahkan sblm nomor hp diaembunyikan, seller (dulu) hanya boleh chat ke HP buyer utk masalah pengiriman, tidak termasuk stock kosong karena stock kosong itu termasuk yg akan kena penalty (dulu 1 produk didenda 10rb, skrg cm penalty point). Kalo skrg? Ketauan minta nomor hp buyer dan berkomunikasi di luar blibli, siap2 aja tokonya kena penalty. Sekali lg, nomor hp yg disamarkan/disembunyikan itu karena diatur UU Perlindungan Konsumen, jd gak bs menyalahkan shopee. Kyknya shopee lbh milih kehilangan seller drpd ditegur pemerintah.

          • 9 April 2024 - (11:41 WIB)
            Permalink

            Iya nih kak lg sepi bngt, kebanting sm harga official store kak. Jd susah jualan skrg di blibli. Official store jual harga belinya kita, gak bs cuan donk hahaha

      • 9 April 2024 - (02:40 WIB)
        Permalink

        Setau sy seller yg bs lihat nomor hp buyer itu salah satunya adalah seller yg kirim sendiri barangnya (kurir toko). Kalau yg pake ekspedisi biasanya gak bs. Kalau mau gampang, bs minta ke kurir ekspedisi.

        1
        1
  • 7 April 2024 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Agak laen ini permintaanya. Di shopee memang disamarkan, tp di toped belum sepertinya. Nah jualan saja di toped, gimana?

    4
    30
      • 8 April 2024 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Wah pas di cek , agak serem semua yang bintang 1 di balas pake bahasa yang maaf enggak berkelas, keliatan enggak berkualitas sebagai penjual,
        Udah ga usah banyak ngeles, saya juga seller gak gtu gtu amat, kalo ada yang bintang 1, pertama introspeksi, terus kalau pun mau balas, balas pake bahasa yang enak,
        Minta shopee buka data , wwkwkwkkw situ presiden,

        3
        45
  • 8 April 2024 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Saya fokus disini aja “Kebetulan pembeli ini membeli 2 item. Dan hanya satu item yang ada. Setiap ada produk kosong maka kami akan beritahu untuk cari solusi. Akan tetapi respon chat kami tidak dibalas oleh pembeli sedangkan pembeli online.” Klo produk kosong terus pembeli tidak mau solusi lain selain produk yg diorder, apakah itu salah pembeli? Suka heran sama seller yg nulis stok ready tapi pas di order kosong stoknya.

    3
    3
    • 8 April 2024 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Betul, kalo sy sebagai seller produknya kosong ya mau gak mau hrs batalin sih. Kecuali buyer respon chat ya, kalo lama ya udh lah. Belum rejeki. Toh kalo emang dia msh mau beli bs order ulang.

  • 8 April 2024 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Kalau mau suka² kau buat aja MP web sendiri, pembeli dan seler sdh punya hak masing² kaya tipe seler yg gak terima kritik B1 atau maksa B5 mending afk aja

    4
    45
  • 8 April 2024 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Iseng cek toko penulis, eh serem ternyata, maaf saya blokir, takut gak sengaja cekout nanti. 😂

  • 8 April 2024 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Waduh ada apa ini ramai sekali 😁.

    Tenang saja setelah masuk media konsumen
    Keinginan mu pasti terkabul 😁

  • 8 April 2024 - (23:48 WIB)
    Permalink

    semua marketplace menerapkan amanah undang-undang perlindungan data/privasi.
    1 bintang ada 58 responder, itu extra ordinary serious problem.
    dapet 3 bintang aja puyeng 🤣

    • 9 April 2024 - (00:12 WIB)
      Permalink

      Tapi di shopee ada form data pembeli untuk request kok untuk pelaporan pajak/pembukuan maupun kebutuhan buat yg PO/sistem yg membutuhkan pengerjaan barang yg dijual berupa kerajinan tangan dsb.. Dan itu ada form nya. Bisa di ajukan.

      Mungkin di kasus ini kenapa pihak shopee menolak dibukakan form data pembeli, terus mungkin karena banyaknya laporan pembeli juga itu pengaruh .

      Iya kadang 1 bintang hatter disini banyak bgt 😅😅😅😅.
      Dia ga lihat bintang 5 nya proporsi nya jauh lebih banyak sehingga menciptakan rata rata rating toko diatas 4,7 .

      Bintang 3 mah masih mending ok lah..

      Tiktok lebih kejam lg. Shopee masih ok utk perhitungannya.

      Cuma emang bahasa kasar harus dikurangi. Jgn terlalu menonjol aja sih. 😁. Kadang ada pembeli yg bener2x baik sayang kalo ampe tersakiti juga.

    • 9 April 2024 - (00:38 WIB)
      Permalink

      Tapi di shopee emang menerapkan sistem request data pembeli untuk kebutuhan pelaporan pajak/pembukuan atau yg sistem PO/kerajinan tangan dsb..

      Dalam kasus ini kenapa pihak penjual ditolak requestnya mungkin karena mungkin banyak pelaporan dari pembeli yg real nya. Bukan laporan diluar pembeli real.

      Iya kadang untuk bintang 1 hatternya banyak banget disini. 😆
      Dia lupa kalo bintang 5 dan 4 jauh lebih banyak
      sehingga menciptakan rate produk diatas 4,7 atau rate toko di atas 4,7
      (Kalo yg iqnya tinggi /berpendidikan harus nya paham sih soal perhitungan ini).

      Bintang 3 masih mending.
      Perhitungan di shopee masih ok sih soal ini. Yg saya liat dari pantauan saya justru tiktok terlihat dari vt vt video komplen di tiktokshop.

      Yang perlu di perbaiki untuk semua seller.
      Emang tata bahasa jangan kasar aja sih saat membalas. Pake kata yg tegas tapi bermakna saja.
      Sayang juga bila kebetulan pembeli yg baik tersakiti tidak sengaja oleh kita.

      Salam

  • 11 April 2024 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Ko ada ya pedagang seperti ini?! Serem banget! Seperti Psikopat…

    Ibarat jualan offline terus minta nomor hape pembeli dan ga dikasih… Apa bisa maksa?!

 Apa Komentar Anda?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Akses Data Informasi Pembeli untuk Hal Penting Dipersulit oleh Agen Te…

oleh Luisa dibaca dalam: 2 menit
42