Bus Aneka Jaya Menaikkan Harga Hingga 40 Persen Padahal Infonya Tidak Ada Kenaikan Harga

Sedikit kecewa dengan pengalaman saya naik bus Aneka Jaya dari Surakarta ke Pacitan pada tanggal 7 April 2024. Jadi begini ceritanya, sebelum memutuskan perjalanan ke Pacitan saya sudah cek harga terlebih dahulu di Instagram @anekajaya.official, salah satu postingannya menginformasikan bahwa tidak ada kenaikan harga tarif lebaran artinya Solo Pacitan tetap Rp. 50.000.

Saya naik bus yang dijadwalkan berangkat dari Terminal Tirtonadi pukul 05.10, akan tetapi saya naik bus dari jam 04.30 wah kondisinya sudah sangat penuh, malah saya berdiri dengan jarak sangat sempit dengan penumpang lainnya.

Begitu kondektur mulai memintai uang ongkos saya memberikan uang 100.000 dengan diberikan uang kembalian Rp. 40.000, saya bilang “Mas kurang 10 kembaliannya”, dijawab “Harga Naik”. Padahal saya lihat penumpang sebelah memberikan dengan harga 50.000, apa karena saya orang luar kota ya? makanya dimahalkan?

Karena malas berdebat ya sudahlah saya coba ikhlaskan walau dalam hati “udah mah berdiri, berdesakan, kena kenaikan harga 20 persen lagi.

Kemudian saya menyampaikan keluhan tersebut di akun Instagram Aneka Jaya, ternyata benar bukan saya saja malah ada orang lain yang cerita dirinya mengeluarkan tarif Rp. 70.000 berarti ada kenaikan harga 40 persen dari sebelumnya hanya 20 persen. Tanggapan pihak manajemen hanya sebatas tolong lampirkan bukti foto dan video, duh rasanya tidak etis jika harus merekam.

Lalu saya akan kembali ke Kota Surakarta dengan bus Aneka Jaya lagi karena hanya bus ini satu-satunya lintas Solo Pacitan. Saya naik bus dari Terminal Pacitan sekitar jam 10.00 tanggal 10 April 2024. Saya coba beri dengan uang pas yaitu Rp. 50.000, tetapi benar kondektur meminta lagi uang Rp. 20.000 (tambah 40%).

Karena uang saya terbatas, saya tidak mampu menambah biaya lagi bukan karena pelit tapi kena musibah ATM hilang, kemudian saya bilang ya sudah mas saya turun di Terminal Wonogiri saja, di Wonogiri saya lanjut ke Terminal Tirtonadi pakai bus Trans Jateng.

Jadi, saran saya tolong pihak manajemen PO Aneka Jaya mempertegas tarif ini, jika sudah dikatakan tidak naik, ya jangan naik pas di lapangan, jatuhnya menjadi pungli walaupun nominal kecil. Belum tentu semua penumpang punya uang lebih, khususnya seperti saya ini.

Rahmat A.
Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Bus Aneka Jaya Menaikkan Harga Hingga 40 Persen Padahal Infonya Tidak Ada Kenaikan Harga

  • 16 April 2024 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Bukan salah PO-nya, kebetulan kru kreatif butuh tambahan THR, sedang satpam perusahaan sudah mudik semua.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Bus Aneka Jaya Menaikkan Harga Hingga 40 Persen Padahal Infonya Tidak …

oleh Rahmat dibaca dalam: 1 menit
1