Apa yang harus dilakukan Konsumen Saat Memiliki Keluhan

Sebagai konsumen paling tidak, sekali kita pernah mengalami kekecewaan terhadap produk yang kita beli. Kekecewaan bisa berasal dari kualitas produk yg tidak sesuai janji, pelayanan yang tidak semestinya, keterlambatan, dll. Adalah wajar bila seorang konsumen merasa kecewa jika hal-hal tsb terjadi karena konsumen membayar untuk produk yang mereka beli. Berikut adalah beberapa tips apa yang bisa dilakukan jika anda sebagai konsumen menghadapi hal tsb:

A. Jika Produk (barang/jasa) dibeli di tempat

  1. Bersikap tenang, tidak perlu marah apalagi panik 🙂
  2. Panggil orang yang melayani anda dan sampaikan keluhan anda dengan baik. Beberapa orang yang melayani anda mungkin tidak bisa memberikan alternatif solusi atas keluhan anda, jangan habiskan waktu berdebat dengannya, minta dia memanggil atasannya atau orang yang memiliki wewenang lebih tinggi (biasanya duty manager), dan sampaikan keluhan anda tsb.
  3. Dalam beberapa kasus, bahkan orang dengan wewenang tinggi di tempat tsb tidak bisa mengambil keputusan karena harus berkonsultasi dengan atasannya/pemiliknya. Jika hal ini yg terjadi, minta karyawan tsb utk menghubung atasannya, namun jika tidak memungkinkan mintalah nomor kontak karyawan ybs dan tanyakan kapan solusi atas keluhan anda akan mendapat tanggapan.
  4. Jika dari tiga langkah sebelumnya anda tidak mendapat tanggapan yg baik, dan jika dirasa keluhannya cukup serius anda bisa menghubungi BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) untuk dilakukan mediasi.
  5. Beberapa konsumen mungkin merasa perlu untuk menuliskan keluhannya di media masa untuk mendapatkan perhatian dari pelaku usaha.

B. Jika Produk (barang/jasa) dibeli melalui pemesanan

  1. Bersikap tenang, tidak perlu marah apalagi panik 🙂
  2. Hubungi penjual produk ybs, baik melalui telepon, email, twitter atau media lainnya. Sampaikan keluhan anda secara rinci dan jelas dan tanyakan solusi apa yang bisa ditawarkan.
  3. Jika penjual tidak memberikan tanggapan yang memuaskan atau tidak memberi tanggapan sama sekali dan jika dirasa keluhannya cukup serius anda bisa menghubungi BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) untuk dilakukan mediasi.
  4. Beberapa konsumen mungkin merasa perlu untuk menuliskan keluhannya di media masa untuk mendapatkan perhatian dari pelaku usaha.

Semoga anda mendapatkan solusi dari masalah anda 🙂

Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 5/5]
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Apa yang harus dilakukan Konsumen Saat Memiliki Keluhan

oleh Redaksi dibaca dalam: 1 min
0