Pelayanan TIKI yang Mengesalkan

Yth. Media Konsumen,

Saya adalah pelanggan baru TIKI Regular. Saya sering sekali belanja online dan untuk pertama kalinya saya menggunakan layanan TIKI Regular. Yang mana dijelaskan bahwa TIKI Regular mengantarkan paket kita tidak sampai 7 hari. Tetapi sampai saat ini paket saya belum kunjung tiba.

Saya memesan paket dari Surabaya ke Palembang pada tanggal 13 Desember 2015 dan oleh seller dikirimkan pada tanggal 14 Desember 2015. Begitu saya mendapatkan nomor resi pengiriman (030025662729), segera saya cek di www.tiki-online.com. Dan pada saat saya mengecek di website TIKI, saya sangat senang karena begitu cepat sudah di PACKING LIST.

Akan tetapi pada saat saya mengecek kembali di hari ke-5,  pada tanggal 18 Desember 2015, status di website TIKI tak kunjung berubah, tetap saja “packing list”. Saya pikir mungkin sedang system maintenance. Kemudian saya mencoba menghubungi TIKI Pusat yang ada di Jakarta. Namun sudah berulang kali saya menelepon, tidak ada yang menerima telepon itu.

Saya pun mencoba telepon ke TIKI Palembang dengan harapan adanya penjelasan. Namun dengan entengnya dia (CS TIKI Palembang) menjawab “Paket ibu belum kami terima”. Oke, saya pikir mungkin benar belum diterima. Lalu saya coba menelepon langsung ke TIKI Surabaya di mana seller saya mengirimkan paket saya. Dan lagi-lagi saya mendapat jawaban yang enteng juga dari CS TIKI Surabaya “Paket ibu sudah kami kirimkan ke Palembang”, dengan nada yang kasar.

Pada hari ke-6 tanggal 19 Desember 2015, saya coba telepon lagi ke TIKI Palembang dan memberikan nomor resi saya (030025662729) dengan harapan paket sudah tiba meskipun sistem sedang error. Namun saya malah menjadi kesal karena saya masih mendapatkan jawaban yang sama, dan lagi-lagi CS TIKI Palembang menjawab pertanyaan saya dengan nada kasar. Amat sangat disayangkan padahal mereka (TIKI) adalah pelayanan jasa.

Saya sempat bertanya “Kendalanya di mana ya mbak kok bisa telat pengirimannya?” Dengan nada santai si CS menjawab “Mungkin delay pesawatnya bu atau paketnya nyasar”. Dalam hati saya hanya berkata “Wow, enak sekali jawabannya.. Nyasaar broo, kalo udah nyasar kayak gitu gimana pertanggungjawabannya?” Tiap kali saya telepon mereka selalu minta nomor HP. Tapi tetap saja saya yang harus berulang-ulang menelepon mereka. Saya juga bekerja di pelayanan jasa namun saya tidak pernah sekasar itu pada konsumen.

Harapan saya, Manajemen TIKI bisa membina para karyawannya. Bila perlu ditraining ulang agar mereka bisa ramah menanggapi konsumen. Dan yang paling utama, agar bisa maintenance paket-paket para pengguna layanan TIKI. Termasuk untuk paket saya, karena per hari ini pun paket saya belum kunjung tiba dan tidak ada pemberitahuan sama sekali dari pihak TIKI.

Desi Puspitasari
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai TIKI:
[Total:60    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Pelayanan TIKI yang Mengesalkan

  • 27 Februari 2017 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga sedikit kecewa, karena beberapa kali mengalami hal yang sama,, mohon pihak manajemen TIKI boleh lebih memperhatikan cara team nya melayani konsumen dengan lebih baik dan bertanggung jawab, karena kalau sampe kita berani bayar mahal, itu karena kita mengharapkan yg terbaik dan teraman

  • 4 Januari 2019 - (10:27 WIB)
    Permalink

    TIKI paket ONS pembohongan terhadap pelanggan.
    Singkat cerita saya pakai ONS fasilitas yg di miliki oleh TIKI. Pada tracking paket status. SOLO: departed to Wonogiri kamis, 3 januari 2019. 13:26. Pada hari jumat jam 10 pagi saya datangi agen tiki wonogiri beliau bilang paket belum sampai mungkin sore baru datang ,katanya…. Padal jelas status tracking hari kamis solo to wonogiri. Dan ini paket ONS. Artinya saya beli yg paling mahal jasa yg ditawarkan. Tapi nyatanya sama saja dgn reguler. Artinya :
    1. Pelanggan dibohongi oleh status tracking
    2. Pelanggan dibohongi layanan ONS yg dimiliki oleh TIKI
    3. TIKI tidak profesional dan belum mampu atas ONS .

    Pada pembelian paket tsb. lewat toko online jasa lainnya J&T , JNE , POS mereka tidak ada yg menerapkan 1hari. Hanya TIKI yg ada 1hari. Akhirnya saya pilib yg palinv cepat pengiriman TIKI ONS.Tapi nyatanya Bohong. Semoga layanan konsumen ini didengar oleh management TIKI agar memperbaiki kinerja mereka dan tidak BOHONG……….

    • 4 Januari 2019 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Maaf paket saya tsb dikirim oleh toko online pada hari rabu, 2 Januari 2019.lewat TIKI ONS sesuai permintaan saya.

  • 15 Agustus 2019 - (10:00 WIB)
    Permalink

    untuk kesekian kalinya kecewa dengan TIKI kenapa kurir TIKI berani menyerahkan paket kepada penerima tidak sesuai di alamat dan tidak konfirmasi pada penerima asli … dan hal ini tidak terjadi sekali dua kali

  • 15 April 2020 - (09:17 WIB)
    Permalink

    untik TIKI adik saya kirim paket tanggal 09 maret 2020 ke bandung sampai sekarang belum sampai ke rumah setelah saya cek resi barang sudah sampai pada tanggal 11 maret 2020 di Tiki A.H Nasution Bandung. kenapa di selama 4 hari tidak dikirim kirim.
    Saran ke pengguna yang lain mungkin beralih aja ke jasa pengiriman yang lebih terpercaya.

 Apa Komentar Anda mengenai TIKI?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pelayanan TIKI yang Mengesalkan

oleh Desi Puspita dibaca dalam: 2 min
5